Review Ekspedisi SiCepat, Kurir Petir?

Kisah awal perkenalan saya dengan ekspedisi si cepat ini bermula ketika dilan kecemplung got depan sekolah saat melirik si milea…eh..eh..salah! Jadi kisah ini bermula pada jaman dahuluuu…. di tahun 2017 saya mengenal ekspedisi si cepat ini dari bukalapak. Tak kenal maka tak sayang, saat itu lagi ada promo free ongkir dari ekspedisi ini, dan pas saya udah kumpulin uang jauh hari incar barang dan ternyata si seller pake si cepat, dan saya coba-lah pake ekspedisi ini.

Saya sudah menggunakan jasa si cepat ini beberapa kali, dan semuanya free ongkir! Bahahaha… lumayan 😀 beli barang gak seberapa tapi dapat free ongkir.

Saya paling senang kalo belanja ol itu ada promo free ongkir, apalagi klo nilainya mengcover biaya standard pengiriman dari seller ke kota saya 😀

Berikut adalah catatan rekam medisnya:

1. Dua x gagal hantaran tepat waktu sesuai lead time yang dijanjikan.

Saya tidak pakai si cepat lagi sejak tidak ada free ongkir ekspedisi ini. Jadi semua kejadian pas lagi free ongkir.

Rata-rata waktu hantaran dari jakarta ke kota saya adalah 3 hari, sedangkan waktu hantaran dari jakarta ke pangandaran adalah 6 hari (1x saya kirim paket ke anak temen saya di pangandaran).

Penilaian saya untuk ekspedisi Si Cepat:

Sisi Plus:

1. Untuk kirim dari jakarta ke kota saya, 3 hari hantaran (rata-rata saya terima di hari ke-3) termasuk cepat. Si Cepat mengambil jalur selatan sama seperti ekspedisi TIKI, dimana semua paket dari jakarta sebelum berakhir ke kota saya di drop semua di kota Purwokerto, dan dari hitungan waktu pengiriman dari jakarta-purwokerto, sepertinya pake moda kereta api dari jakarta?

2. Perusahaannya di mata saya termasuk peduli pada kurir! Mengapa saya bisa katakan ini? Karena saya masih ingat ya pertama kali saya terima sendiri paket si cepat, kurirnya yang masih anak muda 20 tahunan, pake sepeda motor, bawa tas merah seukuran tas gunung 65-70 liter, pake helm merah dan semuanya itu ada logo dan tulisan Si Cepat. Sepertinya saya juga pernah lihat salah satu kurirnya pake jaket merah si cepat klo saya gk lupa. Untuk saya, ini adalah tindakan kepedulian pada kurir, selain berusaha memproteksi kepala si kurir, juga membantu memberikan wadah untuk memuat paketan dengan kapasitas besar dan nyaman selain jelas menunjukkan eksistensi dan profesionalisme perusahaan di mata end user. Tidak banyak memang kurir yang menggunakan (disediakan) identitas resmi perusahaannya atau bisa dikatakan berani diadu dengan kekuatan identitas pos indonesia semua serba oranye dari motor, jaket, helm. Jadi, ketika saya menerima paket dari kurirnya si cepat, saya lebih merasa yakin karena identitas perusahaan yang dikenakan si kurir.

Belanja pertama kali di tokopedia pakai vocer/kupon: TPFER2632
dapat cashback Rp.30.000 hanya untuk kamu!

3. Websitenya termasuk mobile friendly, ya walau belum efisien ini itu-nya tapi pelacakan tidak pernah gagal 1x pun untuk paket saya.

4. Status pelacakan resinya termasuk rapi, bagus dan jelas. Di tiap akhir proses akan menghantar ke alamat penerima, status resi juga memberi keterangan paket sedang dibawa kurir. Di tiap pemberhentian paket di lokasi tertentu juga ada keterangannya.

5. Termasuk ekspedisi yang berkinerja ritme kerja ringkas dan hantaran cepat. Ini saya buktikan sendiri paket berisi oli motor dikirim dari seller yg sama di bekasi ke alamat saya, oli pertama dikirim pakai si cepat, sampai dalam 3 hari, sedangkan oli kedua yg dipesan dikirim pake JNT (krn free ongkir si cepat sudah habis) sama” jalur darat ternyata sampai dalam 5 hari.

Sisi Minus:

1. Kurang Agen: Saya belum pernah menemukan agen ekspedisi ini dekat dengan lokasi saya ataupun di kota, ternyata lokasi kurirnya ada di bagian penghujung keluar kota, kalau dari pusat kota sekitar 12-14km lah waktu saya tanya ke salah satu kurirnya. Walau memang bisa free pickup tp jarak yang terlalu jauh jd makan waktu untuk menunggu kurir datang juga.

oli motor murah asli berkualitas free ongkir plus voucher 25rb cek disini masbro

2. Belum Stabil: Dua kali saya menerima paket si cepat ditujukan ke saya dan 1x ke pangandaran diluar batas waktu hantaran. Padahal kalau kirim ke kota saya itu cuma 2 jam dari purwokerto yg metupakan based distribusi terdekat ke arah kota saya dan yang ke pangandaran telat 1hari. Artinya walo ritme pengirimannya udah teratur tp sptnya msh ada kendala distribusi paketnya, entah mungkin kendala kurang armada atau human factor. Ini jd catatan minus.

Sejauh ini untuk saya pribadi, ekspedisi Si Cepat di tahun 2017 termasuk ekspedisi yang MENARIK di mata saya untuk penghantaran dari jakarta ke kota saya (karena satu jalur), sedangkan untuk pengiriman dari jakarta ke pangandaran yang memakan waktu 7 hari utk saya Si Cepat termasuk dibawah rata-rata (walo si cepat memberi lead time 6 hari). Memang susah sih mengirimkan paket ke kota/daerah yang letaknya agak menjorok jauh dari jalur utama, ya seperti pangandaran ini, saya cek memang gak semua ekspedisi sepertinya mau mempermudah akses ke kota ini jadi ongkirnya juga mehong. Tapi saya pernah mengirimkan dari jakarta ke pangandaran, pake ekspedisi lain dan bisa dibawah 1 minggu, tepatnya 4-5 hari saja sampe ke penerima.

Buat saya, perusahaan logistik menggunakan nama Si Cepat dengan logo petir yang digunakannya ini termasuk siap diadu, baik secara mental dan performa, mungkin pake logo petir supaya setiap pekerjanya ibarat the flash x yak…harus serba cepat 😀

Ini ibarat seorang anak diberi nama yang berat, jadi seperti beban tersendiri (mungkin). Tentu ini bukanlah beban yang ringan, karena setiap pengiriman selalu diberikan lead time waktu hantaran paket ke penerima, kebayang gak kalau keblablasan diluar lead time? Tentu gak pantas donk pake nama si cepat? Nah, susahnya adalah menjaga performa hantaran selalu dibawah lead time atau dibatas terakhir lead time, ini perlu kerja keras, jangan sampe kalau sudah semakin tinggi pengiriman barang lead time yang sudah dijanjikan malah diterobos.

Saya belum pernah mencoba menggunakan Si Cepat untuk pengiriman dari kota saya ke kota lain jadi belum bisa menambahkan info disini untuk kecepatan pengirimannya.

Kalau dari pengalaman saya, Si Cepat ini cocoknya disandingkan bersaing face-to-face dengan TIKI untuk kecepatan, karena satu jalur pengirimannya, cuma beda di harga saja, harganya untuk jakarta atau bekasi ke kota saya spt harga JNE.

Well, semoga performanya bisa semakin cepat dan handal untuk kirim ke daerah diluar jalur utama dan tentu harga gak semakin mahal, maka Si Cepat bisa jadi salah satu pilihan yang baik jika masih bisa menaati lead time hantarannya 🤸

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.