Review Ekspedisi SAP Express…. Express Apaan! Keong Iya!

Balik lagi nulis artikel seputar jasa kirim-kirim di Indonesia, entah kenapa ada aja hidup saya diisi dng beragam kisah jasa pengiriman gnian yak.

Yang akan saya ungkep…eh..ungkap kali ini adalah pengalaman pribadi saya beberapa hari lalu, tepatnya sih 1 hari lalu yang pada akhirnya…produk dari toko ol sampe juga ke rumah saya.

Cerita bermula dari saya lagi clingak clinguk di toko online pas dapat vocer belanja Rp.50rb dari hasil tukar poin, dan sudah cukup lama saya butuh barang yang bernama senter! Hei… jng dikira saya gk cari senter di kota saya ya, tapi sudah saya cari dan sayangnya saya tdk menemukan yg pas dari sisi perbandingan kualitas dan harga. Akhirnya saya putuskan coba cari di toko online, saya cek akun..dan pas..dapat tambahan poin, ditukarlah jd vocer belanja 50rb ntuh.

Singkat kata saya beli itu senter led isi ulang berdaya 5 watt, saya bayarlah dan sampe di bagian akhir saya baru tau ternyata seller akan mengirimkan dengan ekspedisi bernama SAP Express! Eee…bujug dah…apaan neh…baru pertama ini saya tau ada ekspedisi itu, sepertinya mitra/rekanan baru di toko online itu. Dan namanya juga free ongkir, hanya seller yang bisa menentukan opsi ekspedisi yang digunakan.

Belanja pertama kali di tokopedia pakai vocer/kupon: TPFER3ITFQ
dapat cashback Rp.30.000 hanya untuk kamu!

Ok, singkat kata saya bertransaksi 28 maret 18, dan sehari berikutnya 29 maret 18 saya sudah dapat nomor resi paket ini. Mulailah saya googling utk cari website jasa ekspedisi ini, dan ketemulah webnya ada di sap-express.id. Namanya sih SAP Express, tapi motonya pake tagline Pelopor Kurir Android Pertama di Indonesia! Heh…masuk akal hari gni??

Langsung dah dari hp saya masukkan no.resi (AWB) di web itu dari menu Cek Paket, dan ternyata belum di entry. Ok, saya masih bersikap biasa aja, mungkin butuh waktu beberapa jam lagi baru bisa dilacak.

Dan sampe beberapa jam lagi, sampe beberapa hari kemudian, resi baru bisa dilacak tanggal 2 April 18, eee…busyeett.. lalu ngapaen aja itu resi dari tgl 29 maret baru nongol di tanggal 2 april?

Makin kaget lagi, ternyata barang yang sudah siap dikirimkan, resi nongol tgl 29 maret, eh..baru diambil kurir ekspedisi ini tanggal 2 April!! Padahal jelas dari nomor AWB itu udah resi kemitraan B2B dng toko ol itu. Artinya, disini ada jeda tgl 29 maret – 2 april paket saya di seller baru bisa diambil kurir! Lah disini saya udah gregetan, ngapaen pake acara nunggu selama itu buat si kurir ambil paketnya di seller/toko ol itu!??

Dilanjut lg ceritanya..

Sejak resi sudah bisa dilacak, tiap hari sejak tanggal 2 april saya pasti cek resi itu, dan ternyata…resinya baru diupdate lagi di tanggal 6 april! Sampe disini saya sudah dobel gregetannya! Ngapaen dari tanggal 2 resi baru diupdate lagi tanggal 6 dan status barang masih di kota yang sama!? Artinya disini itu barang dianggurin 3-4hari di kota yang sama yaitu jakarta! Lah… selama itu ditunda dikirim keluar?

Tanggal 7 april… paket baru dibawa keluar dari jakarta menuju cabang sap express di Solo, jawa tengah dan data entry-nya masuk di tanggal 9 april.

Lalu tanggal 10 april, paket ngetem sehari di Jogja, dan barulah di batas waktu terakhir hantaran yang diberitahukan toko online yaitu barang akan diterima paling lambat di tanggal 11 april, dan ternyata beneran…paket saya sampe di rumah di tanggal terakhir batas waktu hantaran yaitu tanggal 11 april, dan itupun yang menerima Ibu saya karena saya sedang kecapekan jd tidur siang.

Beeuh coba klo saya pas lg melek, saya wawancara dulu kurirnya!

Jadi itungannya kirim 1 barang dengan berat 1kg dari jakarta barat ke kota saya nyampe-nya selama:

29 Maret – 11 April = 14 hari alias 2 minggu!! 👿

Sekedar tambahan, saya sempat cek ongkir di web SAP Express ini, biaya kirim dari jakarta barat (palmerah) ke kota – kecamatan alamat saya per 1kg adalah Rp.22.500,-

Dan ternyata, 1kg dng ongkir Rp.22.500 sampe-nya 2 minggu!!!!!!! 😤

Dan menariknya lagi, di tanggal 3 april, saya terpaksa pesan senter baru di bukalapak (walo 1 watt doank-merek sama) dan dikirim pake ekspedisi N*NJ* dan paket saya terima di tanggal 6 april, artinya cuma 3 hari doank! Yang 1 watt untuk keluarga dirumah, yang 5 watt utk dibawa saya bermotor keluar kota. Dan sama-sama free ongkir, ternyata yang nyampe duluan yang dari ekspedisi N*NJ*.

Penilaian saya untuk ekspedisi SAP Express:

  • SISI PLUS:

KAGAK ADA!!!! 👎

  • SISI MINUS:

1. Harus super extra sabar, ternyata ada ekspedisi yang lebih parah daripada ekspedisi wahono! Paket wahono saya ke 1 kota 1 propinsi terlama adalah 11 hari, wahono dari jakarta barat ke kota saya per 1kg Rp.15.000 nyampe 5 hari, sedangkan ini SAP Express dari jakarta barat ke kota saya barang 1kg dng ongkir lebih mahal Rp.22.500 nyampeknya 2 minggu alias 14 hari!!

2. Harus super extra pantengin status lacak resi, karena informasi status resi masih gak terang benderang alias masih samar. Status resinya kurang jelas untuk pengguna jasa sap express. Beberapa data malah null. Bahkan data status paket keluar terakhir untuk dihantarkan ke alamat tujuan pun tidak ada keterangan yang jelas, seharusnya diberitahukan: Paket Keluar – Dibawa Kurir Menuju Alamat Penerima, bukannya cuma ditulis info kurir dan nama kurir doank tp gk ada keterangannya!!

3. Webnya kadang tidak respond untuk query (permintaan/menampilkan data) resi AWB baik dari browser hp atau dari browser di komputer.

4. Webnya berat untuk fitur menampilkan lokasi pengiriman dan tujuan, seharusnya tidak ditampilkan semua daftar area, seharusnya kolom data tunggal autosearch aja!

5. Dari tanggal 29 Maret sampe hari terakhir tanggal 11 April saya pantengin webnya, fitur chat gratisan tawk-to gak ada 1 pun operator yang online di jam kerja harian!

6. Saya cek app android mereka di playstore ternyata udah kiamat update terakhir 22 november 2015 dan bisa dilihat banyak yang kecewa pake app mereka dan jasa mereka, dan anehnya lagi ada 2 app sap express yang bisa anda cek disini dan disini.

oli motor murah asli berkualitas free ongkir plus voucher 25rb cek disini masbro

Ini adalah rekor baru untuk pengiriman barang 1 kg dari jakarta ke kota saya yang sebelumnya paling lama selama 8 hari kini ada ekspedisi yang berhasil meraih juara pertama sebagai ekspedisi paling lambat hantar paket yaitu ekspedisi SAP Express selama 14 hari!!! 👎👎👎

Yang bikin saya gregetan adalah kenapa kurirnya lama ambil jemput paket ke alamat toko ol ini yang mana barang sudah disiapkan tanggal 29 tapi baru dijemput kurir di tanggal 2 april! Kampreeett!! Dan kenapa barang di hold selama 4 hari barulah di tanggal 7 april barang dikirim ke cabang solo jateng!? Ngapaen itu barang ngetem 4 hari di gudang agen sap express jakarta?

Bahkan toko ol-nya pun sampe mengirimkan saya sms di tanggal 9 april yang berisi permintaan maaf untuk menunggu paket saya yang dikirimkan dengan ekspedisi ini!

Dear customer, jangan coba-coba dah kirim barang darurat dng ekspedisi ini, ngenes! Karena buat saya ekspedisi ini sudah meremehkan waktu hantaran, ibarat…hei..kalau masih ada waktu, ngapaen cepet-cepet dihantarkan? Sumpah ini ekspedisi bikin saya panas mendidih sampe ubun-ubun! 😤

Jadi disini pertanyaan saya sederhana: Apa makna EXPRESS pada perusahaan SAP Express?

Dear ekspedisi Wahana, selamat! Anda punya teman baru bernama SAP Express!

NB: untung 🔦 senternya berkualitas, terbukti kuat nembus kabut sampe jarak 300m, jd lumayan adem hati ini.

 

SEKERAS-KERASNYA KATA-KATA YANG SAYA GUNAKAN, MASIH JAUH LEBIH BAIK DARIPADA MEREMEHKAN PELANGGAN JASA ANDA DAN MEMBAWA KERUGIAN PELANGGAN DI RANAH HUKUM!

Iklan

15 respons untuk ‘Review Ekspedisi SAP Express…. Express Apaan! Keong Iya!

  1. Kwkwkwkkk… Ternyata banyak memakan korban, bukan cm sy yg kena,. Bli barang di warung online simerah berponi, dr tgl 30 Agustus baru nyampe 14 September, itu jg karena sy komplain ke operator, hr berikut dpt telepon dr operator warung online klo paketan DITOLAK, busyettttt…. Blm ada konfirmasi dr kurir, tracking diaplikasi jg masih dikirim dr gudang ke kota tujuan…
    Trs td sy cb tanya kekurirnya alasan ditolak karena sudah nanya warga sekitar gak ada yg tau, bahhhh…. Alibi kah itu? Hanya dia yg tau..

    Suka

  2. Kasus yang sama. Saya juga pesan online dari salah satu MP. Tercantum kurir adalah j*. Pada pelacakan di jd barang terkirim tgl 1 September, namun ternyata tidak ada update. Setelah dicek lewat web j*, barang sudah tiba di Jogja tanggal 5 Sept. Tanggal 8 Sept pagi cek barang dalam proses pengantaran, namun sorenya barang tidak tiba malah status berubah jadi gagal terkirim karena rumah kosong. Padahal kami sekeluarga hari itu ada di rumah dan tidak ada konfirmasi lewat telpon dari kurir. Setelah dilacak ke j* ternyata mereka mengalihkan pengantaran ke sap express. Kalau lihat harganya yg hampir sama dengan kurir2 terkenal lainnya, saya pikir MP mesti mengevaluasi kerjasama dg mereka. Mungkin karena gratis, kontraknya jadi sangat murah? Tapi apa sebanding dg harga yg harus dipertaruhkan karena hilangnya kepercayaan pelanggan. Buat apa gratis ongkir kalau kirimnya lama dan bikin gregetan karena masih kudu kontak sana-sini?

    Suka

    1. Ya sama, sekitar 3 mingguan lalu saya belanja di JD, kurir yg keluar itu First Logistik tapi hanya bisa dilacak di website J-EXPRESS. Nah pada hari ke 4 status gak berubah setelah tiap hari dilacak, lalu hari ke-6 lapor ke cs jd.id dan hari ke-7 barang baru masuk kota saya dan hari ke-8 dihantarkan ke saya. Jadi routingnya panjang ternyata paket sharebuy JD.ID saya dilempar ke SAP EXPRESS dan yg hantar ke tempat saya ternyata bukan kurirnya J-Express tapi kurir lepasnya SAP EXPRESS itupun status baru di-update 1 jam setelah saya lapor cs jd.id dan paket bisa diteruskan lagi.

      Suka

  3. Barusan ngalamin ada kiriman doc dari bank di Jkt ke Semarang dikirim pake SAP. Hrsnya sehari nyampe. Dikirim Senin minggu lalu ditunggu2 gk ada kabar ehh baru nyampe stengah jam lalu. Semingguuu lohhhh pdhl kalo mcm T*KI pk YES besoknya lgsg terima. Dan kampretnya si kurir boong ktnya kemaren sabtu udh anter tp di rumah gw gk ada org yg bukain pdhl dia gedor2 pager. Berani mati bnget kan. Gw blg kok gak telp aja , ehh dia gelagepan. Emang parah abis.

    Suka

  4. no resi: PE-248940-1

    aku pesen buku di periplus juga, pakai yang memang gratis dari sana. di web sih terdaftar sudah diterima. tapi waktu itu saya memang tidak ada di rumah. seringkali, kalau ada paket dan tidak ada orang selalu dititipkan di satpam. nah, saya bingung tuh itu paket terkirim ke mana. ternyata setelah saya cek, paket itu terkirim ke kode pos 40114 bukan 40214. saya masih belum tau dari pihak mana yang salah input karena saya sudah coba menelfon contact person head office (yang lucunya tidak terdaftar nomornya????) dan kantor cabang bandung (sudah saya telfon 3 kali, semuanya sedang sibuk), Mungkin karena sekarang sedang libur Eid al-Adha kali ya 😦

    menurut saya, biasanya kan paket ditanyain “apakah ada yang bernama xxxx di rumah ini” kalau tidak ada ya jangan dikasih atau diterima wkwkwkwk. apalagi kalau kode pos dan alamat tidak cocok.. untungnya staff perdiplus mau ngecekin ke sapnya. duh moga-moga cepat terselesaikan masalah ini

    Suka

        1. No resi saya: PE-250754-1

          Tp emang sih agak lelet dibanding kurir lain yang pas hari yg sama udh dikirim ke cabang terdekat kita. Saya lihat dri sistem trackingnya butuh sehari baru sampe ke tangerang. Yang lucunya, no resi baru bs ditrack satu hari setelah paket sudah diambil oleh kurir dri penjual.

          Suka

          1. Nah semoga dengan adanya nomor resi ini pihak terkait bisa menyadari bahwa ini keluhan asli dari customer asli.

            Dan semoga pihak ekspedisi bisa mendengar keluhan dan memperbaiki kinerjanya.

            Adil untuk kedua pihak.

            Dan sptnya pengalaman anda sama dengan saya setelah di pick up kurir butuh waktu agar resi dapat terlacak.

            Suka

  5. Luar biasa, sampe hari ini belom dateng.
    Di rumah ada orang terus.
    Baru kali ini paket dari dalam negeri bisa 1 minggu lebih.
    Terus itu dari CGK, biasanya dari jakarta cuna 3 hari (kurir lain)

    2018-07-02 13:15:01
    KANTOR PUSAT/CGK_LUDY
    upload_10-22june_2018_xlspart23.xls

    2018-07-06 23:52:37
    KANTOR PUSAT/CGK_SETIAWAN_CMO
    PLM

    2018-07-07 11:35:05
    KANTOR CABANG PALEMBANG/MARLI_PLM
    null

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.