Hari Gni Nyepelein Behel Motor?

Sebenarnya saya gak kepikiran awalnya untuk membahas soal behel motor, tapi sejak kemarin pas ada kesempatan uji coba aerox 155 di jalan raya temanggung, saya makin melek soal pernapasan. Yup, saya menambah tarikan napas dan menahannya beberapa detik hanya untuk sekedar dapat menaikkan posisi aerox 155 ke standard tengahnya yang kisahnya dapat anda baca disini.

Dan kebetulan saya juga punya beberapa pengalaman pribadi yang berkesan tentang betapa besar manfaat behel motor di motor yang pernah saya gunakan.

Behel motor ini adalah salah satu fasilitas aksesoris (saya anggap ini fasilitas aksesoris bukan komponen utama) yang disematkan di beberapa motor yang biasanya terdapat di bagian ujung belakang pantat motor alias biasanya diposisikan di belakang ujung jok.

 

Behel motor ini umumnya terpasang ke struktur rangka motor, tapi biasanya jarang ada yang permanen alias bisa dibongkar pasang. Saya tidak begitu ingat semua motor yang pernah saya gunakan apakah ada behel motor itu ato tidak. Tapi yang jelas behel motor ini memiliki fungsi yang tidak bisa dianggap sepele.

cari behel motor atau breket box motor terjamin gratis ongkir disini, diskon 5%, free return bila tdk puas!

Menurut wikimasferry nih, manfaat behel motor passenger diantaranya:

1. Memberikan fungsi keamanan bagi penumpang motor, si penumpang dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan grip kestabilan tubuh dengan memegang behel motor saat diatas motor. Karena tidak semua penumpang bisa mendapatkan kondisi bisa berpegangan pada tubuh pengendara motor (biasanya sih meluk perut yak), katakanlah ada sesuatu yang diletakkan diantara punggung pengendara dan perut penumpang dan lingkar tangan tidak muat/tidak optimal untuk memeluk perut pengendara, behel motor adalah solusinya.

2. Selain itu, behel motor dapat memberikan manfaat untuk membantu meringankan tenaga kita saat akan memposisikan motor di standard tengah. Selain ringan, juga lebih aman. Saya pernah beberapa kali angkat motor yang dicopot behel motornya, jadi saya harus seperti me”meluk” erat bagian pantat body motor dan mengangkatnya, ini agak riskan, kawatir bagian body tertentu jadi kena tekanan besar dan penyok jika keseringan.

3. Behel motor juga memiliki fungsi lain yang amat sangat berharga, yaitu sebagai media untuk menjembatani motor utama menarik motor kedua yang mati/mogok diperjalanan. Ya ini pernah terjadi kepada saya dan adik saya. Jaman saya pakai jupiter z1, saya pernah menarik mio karbu 2010 adik saya yang cvt-nya jebol (bisa anda baca disini).

Lalu pengalaman pribadi pertama saya adalah di bulan desember 2016 lalu dimana saya mendapatkan revo fi di semarang, dan motornya mogok, apesnya saya adalah saya selesai transaksi jam 7 malam, jadi bengkel ahas sudah pada tutup. Beruntunglah saya setelah menunggu beberapa jam, ada pengendara motor yamaha byson, masih muda pengendaranya, memboncengkan satu perempuan muda dan anak balita. Dan itulah pertama kali saya mendapatkan posisi sebagai korban motor mogok yang harus ditarik dari semarang sampai kota parakan yang memakan waktu 3 jam dan baru sampai kota parakan pukul 00.30 wib! Entah kenapa sebelum kejadian saya sudah feeling butuh tali pengikat, dan saya sudah menyediakannya, ternyata memang sangat berguna, tali pengikatnya dipasang di behel motor byson, melingkari revo dan menarik revo dan saya, total 3 penumpang di byson dan 1 penumpang revo, kalau ditotal sih itu ada 300kg untuk semua penumpangnya x.

 

4. Behel motor yang terpasang pada rangka bagian buritan body motor tentu terpasang dengan beberapa lubang untuk pemasangan baut behel motor-nya. Nah lubang behel motor pada rangka motor itu ada gunanya juga, jika anda hendak memasang box motor, anda pasti butuh pemasangan breket box motornya! Ini tentu manfaat tambahan untuk motor dengan rangka yang sudah terpasang fitur behel motor-nya. Menurut saya agak mustahil bila motor tanpa lubang behel bisa terpasang breket box motor, entah bila berani ambil resiko membuat lubang breket sendiri di rangka motor? Itupun jika rangka motornya memang bagus/tebal dan masih ada sisa untuk dilubangi untuk pasang breket.

 

5. Manfaat terakhir yang saya dapatkan adalah, behel motor dapat membantu me”ngunci” posisi pantat penumpang. Anda mungkin pernah ya merasakan naek motor yang ada behel motor, kadang kita sebagai penumpang mundur sedikit di jok, dan pantat sampai menyentuh behel motor, buat saya ini manfaat positif. Karena dengan pantat menyentuh behel motor, kita sebagai penumpang jadi tau batas aman kita bisa mundur dari jok dan tetap dapat meletakkan pantat dengan grip yang bagus. Bayangkan bila tidak ada behel motor, yang kita tau pantat mundur mundur aja dari jok, bahkan bisa mentok ke ujung body buritan hahahaha ๐Ÿ˜€ akibatnya ketika motor menanjak ya melorot dah si penumpang kalau tidak berpegangan ke pengendara motor. Jadi behel motor disini mencegah pantat keblablasan slip dari jok motor. Hanya saja memang tidak semua behel motor di motor bentuknya pas dengan “irama” pantat penumpang ๐Ÿ˜€

cari behel motor atau breket box motor terjamin gratis ongkir disini, diskon 5%, free return bila tdk puas!

Itu adalah sebagian manfaat kegunaan behel motor passenger pada motor, untuk saya pribadi adanya behel motor passenger adala salah satu bentuk fitur keamanan. Entah mengapa akhir” ini produsen motor sudah membuat ‘trend’ baru dimana behel motor dirasa tidak perlu dipasangkan di motor mereka, mungkin mereka bukan real bikers sejati jadi tidak dianggap penting? karena buat mereka estetika design/bentuk motor itu lebih penting? entahlah apa maksud produsen motor itu yak.

Paling tidak sekarang beberapa calon pemilik motor baru jadi mikir, loh…ini angkat motor pake standard tengah gmana? loh…ini ntar pasang breket box gmana? loh…ini ntar pantat istri saya melorot dari jok gmana? loh ini ntar klo mo bantu narik motor mogok gmana…talinya diiket ke leher pengendara?

Semoga tulisan ini bisa jadi pertimbangan keselamatan dan keamanan berkendara untuk anda.

Salam.

Iklan

3 respons untuk โ€˜Hari Gni Nyepelein Behel Motor?โ€™

    1. Saya rasa kita sepakat behel motor itu jauh lbh banyak manfaat positifnya bila ada di motor drpd tidak ada.

      Safety riding memang perlu, tp saya rasa blm sampai mikir ke soal manfaat behel motor itu.

      Safety riding mungkin tidak berlaku untuk emak emak naek matic sein kanan belok kiri ๐Ÿ˜„

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s