Review Modem USB Advan DT-100 4G LTE

Sekitar dua mingguan ini, saya mulai (balik lagi) pakai operator seluler XXX, inipun tidak disengaja dan perdana-nya diberikan oleh adik saya yang masih kosongan tanpa isi tanpa paket internet bundling. Denger denger sih operator yg satu ini kecepatan internetnya bagus di wilayah saya, 3G ok, 4G juga ready.

Dan karena hp saya belum sampai 4G, maka saya hanya memanfaatkan paket koneksi 3G dari operator itu dan ternyata kecepatannya termasuk baik, gak ok banget sih, tapi ya baik, stabil rata-rata, dan yang terpenting…sinyal 3Gnya full bar dibandingkan kartu axis yg selama ini menemani saya internetan. Akhirnya saya mempensiunkan si axis dan mulai pendekatan dengan paket internet operator XXX. Well, harga emang saling sikut, tapi satu hal yg pasti si axis mentok di 2bar, operator XXX fullbar dan merata di banyak area di kota saya, sabar..ini ujian memang.

Sampai akhirnya saya mulai melihat paket internet 4G yg ditawarkan operator XXX, dan sialnya…saya tergoda…iman runtuh…tapi ya mo gmana lagi, kalau dihitung-hitung pengeluaran dng axis jauh lbh gede drpd paket 4g yg ditawarkan operator XXX ini, akhirnya dari sini saya mulai berpikir… untuk ambil hematnya aja.

Mulailah saya hunting modem usb 4G di beberapa toko online, alasannya simpel…lagi musim diskon, musim free ongkir, musim cashback de el el. Akhirnya dapat modem Advan DT-100 4G, ini adalah modem usb yang sudah support hingga 4G. Singkat kata saya dapat di salah satu toko online dng harga 329rb, saya tebus dng diskon vocer 50rb gratis ongkir dan tidak berapa lama paketnya saya terima.

Ketika paket saya terima, saya mulai curiga, kenapa paketnya tipis, seperti tidak ada box modemnya, lalu mulai dipegang, diraba dan dijilat paketnya (oreo lover) kok rasanya gk spt modem usb ya. Dan karena saya curiga walau paket masih segel gtu, saya putuskan merekam grand opening paket itu.

yang dikirim seller PG…pesan modem usb dikirim maskara..anjing!

Dan ternyata dugaan saya benar, saya pesan modem usb 4g ketika paketan dibuka ealah….ternyata isinya maskara! Ya, maskara yang untuk rapiin alis mata perempuan dan sebangsanya itu. Dari situ agak kaget, ini seller emang niatan mau maen” apa nantangin sistem di toko onlinenya?

Akhirnya saya lapor ke toko online, saya sertakan bukti, barang saya kirim balik, duit saya di refund plus diberi vocer permintaan maaf 50rb. Well, it’s ok… yg penting toko onlinenya menjalankan perlindungan buyer, duit saya balik, dan saya pun bisa tulis review ini. Singkat kata seller ini memiliki nama usaha dng dua kata, kata pertamanya Palu dan huruf pertama kata keduanya G. Seller ini saya lacak dia ada di beberapa toko online lainnya, dari tokopedia, shopee sampai bukalapak, sori gak sampe cek di toko ol laen.

Si seller sudah masuk blacklist, saran saya anda yg transaksi di seller tsb harap lebih waspada, pastikan anda berbelanja di toko online yang memiliki dan benar-benar menjalankan perlindungan buyer! Beli saja disini karena sudah jelas ada perlindungan buyer, jaminan free ongkir dan dapat diskon juga.

beli modem usb 4g disini jelas free ongkir plus diskon dijamin bisa refund

Dan karena masih terbayang-bayang hematnya pengeluaran bulanan untuk kerjaan dng koneksi internet 4g dng operator XXX, jadi saya tetap putuskan mencari lagi modem yg sama.

advan dt-100 4g lte

Alasan saya mencari modem usb advan dt-100 4g lte:

  1. Harga masih masuk di kantong.
  2. Untuk kebutuhan penggunaan jangka panjang dan operasional yang lama.
  3. Sudah support all operator 4g di indonesia.
  4. Chipset pakai qualcom.
  5. Tertulis sudah support dari win xp, win 7, win 8, win 10.

Akhirnya saya hunting lagi di toko online dan dapatlah saya modem ini dengan harga 295rb, ongkir 11rb, plus diskon 20%. Lumayan lah..

Lima hari berikutnya, tanggal 12 agustus sore paketnya sampai juga. Kali ini setelah dibuka, benar isinya modem sesuai dng yg saya pesan, dan kali ini saya tidak pesan dari seller Palu G itu…bener-bener taek itu seller! Wasting my time, bikin darah mendidih aja!

So ini dia penampakan modem usb Advan DT-100 4G LTE.

 

Di dalam paketnya sudah include:

  • 1 Unit modem usb.
  • 1 Kartu garansi.
  • 1 Manual penggunaan.

Modem Advan DT-100 4G LTE ini memiliki rentang frekuensi:

  • GSM: 850, 900, 1800, 1900Mhz.
  • UMTS: 2100.
  • LTE 4G: B3 dan B8.

Setelah baca panduannya, mulailah saya memasang si modem ke port usb di laptop, modem sih emang langsung kedetek tertancap, dan di deteksi sbg usb drive (mass disk).

Instal setup softwarenya, waiting..progress…waiting…instal driver…waiting…waiting…sampai didi kempot belum balik dari terminal tirtonadi solo akhirnya si modem…. FAILED TO INSTALL DRIVER!

What da fuck!???

kagak jodoh

Modemnya gagal instal sofware driver walau aplikasinya nongol di desktop ketika di klik ternyata si aplikasi Advan lte usb itu gak mendetek si modem dengan alasan…

ya elah win 10 galak amat

Di cek di device manager pun ealah…banyak pentungan kuning…dicoba update driver pun gagal gak berhasil. Sampai saya cari di mbah dukun gugel berjam jam pun pake driver ini itu tetep gak bisa membuat si modem terdeteksi dan beroperasional.

kuning kuning di selokan device manager

Sampai disini saya sudah hampir nyerah, akhirnya tutup celana..eh salah..tutup windows dan loading linux. Dicolok ke linux cuma bunyi klik klik tanda ada sesuatu di port usb yg kedetek, tapi…tetep gk ada nongol mobile connection di menu network. Sampah banget nih modem sampe otak atik di terminal linux pun gak ke detek!

beli modem usb 4g disini jelas free ongkir plus diskon dijamin bisa refund

Ok, dicoba langkah terakhir… colokin ke router usb tp-link mr 3220 yang saya miliki dr jaman majapahit (edyaan). Dicolok ke port usb router, di elus elus routernya, dijampi jampi modemnya, dibuka celana saya…eh salah…dibuka router page dr browser…ditunggu…lampu modem udah kelap kelip detek simcard, detek jaringan, led jadi biru, led kemudian berubah jadi power ranger pink pun di halaman router ini modem tidak terdeteksi. Sial! firmware router udah yg terbaru pula!

Dan disinilah saya menyerah…

Setelah membuka celana, nongkrong di kloset, membayangkan ganasnya speed 4G di plafon wc…saya pun menyerah.

Kesimpulannya adalah:

  1. Modem Advan DT-100 4G LTE ini sama sekali bullshit bisa beroperasional di windows 10. Sekedar nambah info, saya menggunakan win 10 64 bit v.1703. Pun gagal di linux distro ubuntu dan zorin 16.xx.
  2. Router wifi tp-link mr 3220 dan mr3420 pun yang terkenal support buanyak modem usb dng chip qualcom tidak dapat mendeteksi modem advan ini. Artinya semua modem dengan chipset qualcom 6000 tidak dapat di deteksi di router tp-link tersebut dan di OS windows 10 dan linux yg saya tulis diatas.
  3. Yang bikin saya gerah adalah saat melihat di kertas panduan instalasi modem ini, disitu gambarnya jelas banget proses instalasinya masih di windows xp! Bisa dilihat dari windows bar-nya itu xp buanget kan?
  4. masih win xp tuh??
  5. Makin gerah lagi saat saya mengunjungi website produsen modem ini, yaitu website advandigital.com saya coba kirim laporan untuk ditindaklanjuti dari menu contact, eladalah…ternyata ini website mereka sptnya gak diurus rutin. Entah tim admin mereka teler ato emang produsen gak niat maintenance website mereka! Udah ditulis panjang lebar dijelasin di formulir kontak, dikirim pesannya, ternyata formnya error smtp. Udah portnya masih non ssl pula! kampret!

Kalau dari versi saya nih, yang aneh adalah ini modem di boxnya tertulis bisa sampai windows 10, tapi ketika diinstal drivernya tidak bisa diterima windows 10, seharusnya produsen tau, setiap hardware yang akan bekerja di win 10 itu drivernya harus sudah digital certify agar diterima di windows. Sayangnya nih, chipset qualcom 6000 dari hasil instalasi yang saya kerjakan ternyata memang belum kompatibel dengan windows 10. Jadi pertanyaan saya, ini di box modemnya yang dimaksud windows 10 itu win 10 yang manaaaaaaaa!!!

maksud produsennya itu support win 10 buatan mana?

Untuk saat ini, modem ini terpaksa nganggur, tidak bisa digunakan untuk kebutuhan saya. Saya tidak memilih downgrade ke windows 8 atau win 7 karena saya lebih mantab pakai win 10. Jadi solusinya untuk saya mungkin ke depannya pas ada rejeki saya akan coba beli router wifi usb 4g baru, dan dicoba saja apa support chipset qualcom 6000 atau tidak. Kalau tidak, mungkin ini modem advan dt-100 4g lte akan saya gunakan untuk ganjel pintu saja, atau mungkin untuk ganjal kompor gas di dapur.

Untuk anda yang tergiur koneksi 4G dari berbagai operator seluler, dan jika anda memutuskan untuk menggunakan modem usb 4g dan bukannya mifi, saran saya (jika anda pengguna win 10 spt saya) lupakan beli advan dt-100 4g lte. Karena chipset qualcom 6000 masih amat sangat jarang drivernya baik untuk windows 10 ataupun hardware wifi lainnya.

Penilaian:

  • NOT RECOMMENDED UNTUK WINDOWS 10!
  • NOT RECOMMENDED UNTUK WIFI ROUTER USB MODEM 3G/4G. (banyak yg blm support qualcom 6000)

Sekali lagi, ini saya tulis soal modem usb 4g, jangan disamakan dng opsi memilih/membeli/menggunakan mifi! Untuk artikel mifi akan ditulis terpisah…nyusul ye.

Tinggalkan Balasan

