Rame Rame Bikin Pusing Maling Motor

Pencurian kendaraan bermotor, khususnya roda dua masih jadi peluang besar untuk para maling motor di Indonesia. Bisa dikatakan profesi ini menjadi salah satu profesi paling mudah dilakukan di indonesia untuk mereka yang mau nambah nambah dosa.

Salah satu alasan utama mengapa kasus pencurian motor masih menduduki peringkat atas kriminal umum di Indonesia adalah karena kurangnya kesadaran pengguna motor itu sendiri dalam ikut mengamankan kendaraannya. Bagi sebagian besar orang, sekedar stop kontak kunci motor bermagnet sudah cukup untuk melindungi kendaraannya.

Untuk saya pribadi, motor merupakan salah satu benda berharga, bukan karena nilainya, tapi karena manfaatnya. Jika kita bicara nilai, kita beli motor 2nd 2 jutaan aja asal manfaat motor 2nd tersebut masih ok ya gak jadi masalah kan? Intinya kita sebagai pengguna motor pasti karena asas manfaatnya, membantu meringankan jarak tempuh kita ke lokasi yang dituju. Saya termasuk pemilik motor yang bisa dikatakan menyayangi kendaraan ini, selain memang suka dengan kendaraan roda dua ini, asas manfaatnya memang begitu besar di hidup saya dan oleh karena itu saya ingin berusaha semaksimal mungkin untuk merawat dan membuat pengamanan di motor saya.

Matic Eropa Bisa Kredit 2 Tahun, cicilan 0% – Hanya Peugot Scooter Indonesia

Artikel ini akan membahas langkah langkah atau pola keamanan yang bisa diterapkan secara umum di motor anda. Mari kita mulai mengambil langkah persiapan mengamankan motor kita.

Langkah Sederhana:

1. Kunci Stang Motor: Jika biasanya anda parkirkan motor dan mengarahkan arah stang motor ke kiri dan mengunci stang motor, maka mulai saat ini ubah kebiasaan tersebut. Ganti cara anda mengunci stang motor dengan menghadap ke arah kanan. Mengapa ini bisa membantu? Mengunci stang motor ke arah kanan akan makin memperkecil peluang menjebol stop kontak motor anda karena ruang gerak memutar kunci T untuk menjebol stop kontak makin sedikit dan membutuhkan tenaga putar kunci T yang lebih besar. Rata-rata menjebol kunci kontak motor yang terkunci ke arah kiri dengan kunci T yang biasa digunakan maling motor kurang dari 5 detik saja, sedangkan jika kita mengunci stang ke arah kanan, setidaknya maling motor perlu tenaga lebih extra dan membutuhkan waktu lebih dari 60 detik. Makin sempit ruang putar makin memerlukan tenaga lebih besar untuk membobol.

2. Pasang Gembok: Mengunci stang motor saja kadang tidak cukup untuk mengamankan motor, maka dari itu kita bisa ambil langkah berikutnya yaitu memasang gembok. Saya sendiri menggunaan gembok yang terpasang pada rem cakram depan motor saya, dan ini sudah cukup membantu. Saya memilih kunci gembok cakram yang memiliki ruang pengunci yang sempit, dengan demikian makin susah maling motor untuk memutus palang gembok tersebut. Dan selain itu saya memilih bentuk slot gembok yang berbeda, yang saya gunakan diatas adalah gembok cakram dengan slot kunci batman (biasanya dipasaran dari jaman saya smp sebutnya gtu). Harga gembok cakram ini bervariasi, mulai dari 25rb.

belanja gratis ongkir se-indonesia, vocer belanja 100rb bro!

Saran: Pilihlah gembok dengan material yang kuat (metal) dan memilliki ruang pengunci yang sempit di cakram, dan kalau bisa ukuran palang penguncinya bisa muat masuk ke lubang cakram dan memiliki slot gembok yang tidak lazim/diluar bentuk tegak lurus yang biasanya mudah dijebol dengan kunci T, pakai yang berbentuk spt slot kunci batman, bentuk bintang dsb.

3. Cabut Tutup Busi: Jika anda merasa akan pergi agak lama dan meninggalkan motor sendirian jauh dari pandangan anda, maka tidak ada salahnya anda mencabut tutup busi secara diam-diam. Kalau bisa jangan sampai dilihat orang sekitar yang mencurigakan karena bisa jadi maling motor sudah lebih dulu mengawasi daerah tempat anda memarkirkan motor. Untuk motor bebek ini lebih membantu karena umumnya motor bebek reguler memiliki sayap/tebeng yang menutup pandangan area cop busi, beda dengan matic yang cop businya memang susah dilepas karena berada di lokasi sempit dan kadang tertutup body motor yang harus dilepas dulu, untuk motor laki tanpa fairing area cop busi terbuka lebar dari pandangan siapapun jika anda hendak mencabut cop busi di motor laki tanpa fairing, pastikan anda mencabut tanpa melepas seluruhnya dari busi agar masih tampak “terpasang” dari pandangan mata orang.

4. Matikan Saluran Bahan Bakar: Beberapa motor khususnya sebelum era injeksi, masih memiliki keleluasaan buka tutup saluran bahan bakar dari tangki bbm ke karburator. Ada semacam tuas untuk buka tutup saluran bbm tersebut. Nah untuk anda yang masih memiliki motor dengan fasilitas semacam ini, ada baiknya anda menutup saluran bahan bakar tsb dengan menggesernya ke posisi Off. Dengan demikian maka bbm dari tangki tidak akan tersalurkan ke karburator, motor pun jika sempat dicuri dan dinyalakan maka hanya akan dapat berjalan beberapa meter saja mengingat hanya menggunakan sisa bbm yang tersisa di selang kecil yang keluar dari saluran On/Off tersebut. Sayangnya fitur sederhana dan penting ini sudah tidak lagi tersedia di banyak motor era modern. Jadi, beruntunglah anda yang masih menggunakan motor lama seperti Honda Tiger 2000, honda astrea, dsb.

5. Pasang Reflektif Stiker: Secara umum, rata-rata motor yang dicuri adalah motor yang masih terlihat standard pabrikan. Tidak ada salahnya kita membuat motor lebih mudah dikenali dari motor sejenis lainnya di tempat umum. Cara mudah dan murah adalah dengan memasang stiker terang/reflektif di motor. Jangan pasang kaca film yang hanya sekedar untuk melindungi bagian tertentu body motor anda (biasanya dipasang malah untuk melindungi stiker motor tuh), karena umumnya kaca film yang sering dipakai pemilik motor cenderung yang berwarna gelap ini justru menguntungkan maling motor karena ketika motor dicuri, akan membuat orang sulit mengetahui jenis dan warna kendaraan karena dilapisi kaca film. Maka dari itu disarankan anda memasang Reflektif Stiker, stiker ini umumnya berwarna terang dan dapat memancarkan cahaya dengan area penyebaran cahaya yang lebih luas dan mudah dilihat baik dalam kondisi matahari bersinar dan saat gelap malam dengan memantulkan cahaya dari lampu kendaraan lainnya. Anda bisa membeli reflektif stiker ini secara eceran, kebetulan saya beli eceran, harganya pun murah kurang dari 10rb saja dapat 100cm. Dan ini terpasang di beberapa bagian motor saya baik dari belakang, samping dan depan.

6. Kepo Motor: Nah ini adalah langkah sederhana dan gratis untuk dilakukan, dengan meletakkan motor kita di area yang tercover pantauan CCTV. Memang sih tidak semua tempat kita datangi ada cctv, tapi anda pun masih bisa meletakkan motor di jangkauan jarak pandang tukang parkir, tukang loket karcis atau pantauan warga sekitar.

Gw Kasih Diskon 11% + Vocer 100rb Free Ongkir Produk Motor Lu Bro!

Langkah Moderate:

Langkah berikut termasuk langkah-langkah pengamanan yang memerlukan budget lebih dengan tingkat pengamanan medium/sedang. Mungkin anda berminat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Alarm: Harga alarm motor saat ini semakin murah, kita bisa mudah mendapatkannya di berbagai toko online dan bengkel umum. Dengan mengeluarkan dana mulai dari 50rb, kita sudah bisa mendapatkan alarm motor. Tentu bicara kualitas, saya rasa ada harga ada kualitas. Tapi rata-rata alarm yang dipasarkan di rentang harga 50 rb – 250rb memang dalam beberapa tahun terakhir termasuk laris manis di pasaran. Cara pasangnya mudah di beberapa motor karburator dan injeksi, bahkan beberapa seller pun memberikan panduan instalasinya. Saran: Beli alarm motor, pastikan terpasang dengan benar, berfungsi dengan baik, dan jangan terlalu memaksakan memasang semua fitur alarm untuk dapat digunakan. Rata-rata alarm murah di pasaran sebenarnya menggunakan chip yang sama, cuma beda merk saja.

2. Pasang Saklar Rahasia: Ini adalah bagian langkah pengamanan yang mudah dan tidak terlalu membutuhkan budget besar, rata-rata dengan dana kurang dari 50rb kita sudah bisa membuat switch on/off terpisah untuk membuka dan menutup arus listrik ke stop kontak motor. Cara kerjanya sederhana, saklar mesin on off ini berguna untuk memotong (menunda) arus dari sumber listrik menuju stop kontak motor. Jadi walau kunci stop kontak bisa dijebol dan arus listrik positif stop kontak terbuka tapi jika switch saklar on off rahasia tidak pada posisi ON, maka arus positif tidak akan pernah sampai ke stop kontak. Namanya juga saklar rahasia, jadi pastikan anda bisa menempatkan di tempat yang tidak mudah diketahui dari mata orang. Saran: Tempatkan saklar rahasia ini dibawah jok (bagasi), bisa juga di bagian dalam sayap motor atau yang pernah saya temukan ditempatkan dibawah tengah lengan ayun agak tertutup dengan adanya standard tengah…hebat bener itu orang πŸ˜€

3. Pasang Rantai: Jika anda sedang bepergian jarak jauh, katakanlah touring..apalagi sendirian, anda sedang butuh istirahat, maka tidak ada salahnya kita merantai motor di area terdekat yang ada, semisal dirantai bagian kolong rantai sampai masuk ke ruang velg lalu diikat ke tiang.

4. Pasang Gembok Magnet: Berbeda dari sistem keamanan gembok pada umumnya, menggunakan gembok bermagnet bisa memberi keamanan yang lebih baik. Tidak semua maling motor dalam operasionalnya sampe bawa magnet kuat untuk membongkar tutup magnet stop kontak, apalagi jika menemukan motor digembok dengan gembok magnet yang jelas tidak memiliki lubang kunci ini akan makin bikin pusing maling motor dan menghindari motor anda. Gembok magnet ini memiliki bentuk full metal tidak ada lubang untuk buka kunci gembok, dalam paket produk biasanya ada 2-3 kunci magnet yang digunakan untuk membuka gembok magnet, cara kerjanya cukup tempel kunci magnet di bagian dasar gembok dan geser keluar maka pengunci magnet dalam gembok akan bergeser dan gembok pun terbuka. Rata-rata harga gembok magnet ini lebih mahal daripada gembok cakram karena selain bentuk fisik yang lebih tebal juga faktor keamanannya lebih baik, anda bisa tebus gembok magnet mulai dari 60rban, tapi sebanding dengan manfaatnya. Selain karena amat sangat jarang pemilik, juga sangat amat jarang gembok spt ini bisa dijebol dengan alat apapun yang dibawa maling motor. Gembok magnet ini biasanya dijual di toko material bangunan, juga di toko alat pertukangan, toko mekanik spt yg jual mesin diesel traktor sawah/grinda/cut off dsb.

5. Pasang Kunci Tuas Rem: Di pasaran beberapa tahun terakhir di Indonesia sudah ada yang menjual kunci untuk mengunci tuas rem ke tuas gas motor. Harganya bisa anda tebus mulai dari 60rb sampai ada yang ratusan ribu. Tapi rata-rata bentuk dan merknya sama, cuma sellernya aja yang pintar pasang harga πŸ˜€
Langkah Agen 007: Langkah pengamanan ini bisa diterapkan karena termasuk faktor pengamanan yang lebih wow.

1. Pasang GPS Modul: Kita bisa dengan mudah memasangkan gps tracker di motor, harga gps untuk motor di pasaran rata” dari 250rban sampai 1 jutaan. Beberapa gps ada yang masih beroperasional dengan simcard 2G only (GPRS) ada juga yang sudah support jaringan simcard 3G dan 4G. Tentu semuanya tergantung keberadaan jaringan internet yang digunakan simcard anda untuk gps modul tersebut. Biasanya gps yang berharga murah hanya support jaringan gprs. Cara kerja gps tracker ada beberapa cara tergantung varian gps modulnya:

  • SMS Tracing: Setelah kita set up modul gps, kita bisa melacak keberadaan motor kita dengan mengirimkan sms dengan format tertentu ke nomor simcard yang dipasang di gps modul tsb. GPS modul tersebut akan mengirim balik koordinat lokasi gps mmodul tsb ke nomor hp pengirim sms. Kita akan mendapat sms berisi informasi koordinat gps yang bisa dibuka dng app peta digital spt google map/apple map dsb di hape kita.
  • Online Trace: Beberapa gps modul menyediakan jaringan pelacakan dengan memanfaatkan layanan pelacakan gps online. Tidak setiap gps modul dapat terhubung ke tiap jaringan website lacak gps online, biasanya tiap gps modul yang ada fitur spt ini sudah diberikan 1 akun username/ID/Password/Imei number tertentu yang bisa digunakan untuk login ke website lacak gps online tertentu. Dan biasanya layanan lacak online ini bersifat gratis hanya 1 tahun pertama saja. Dengan adanya fitur lacak gps berbasis web online, kita bisa login dengan browser di hp/komputer ke web lacak gps online dan dengan klik klik saja kita bisa mengaktifkan permintaan request posisi gps modul yang terpasang di motor dan hasilnya akan langsung ditampilkan di peta digital di web lacak online tsb.
  • APP Module Tracing: Beberapa gps modul ada yang sudah menyediakan app android untuk diinstal dan dikoneksikan dengan gps modul yang terpasang di motor. Dan dengan setingan tertentu dia akan merekam jejak arah motor, jarak, kecepatan dsb dan semua akan terekam dan terkirim dalam periode tertentu. Dan jika kita pergi meninggalkan motor kita dalam keadaan gps modul ON, dan itu motor diembat maling, maka dalam jangkauan tertentu gps modul tsb akan langsung memberikan notifikasi ke app tersebut. Kita bisa seting jarak jangkau meninggalkan motor dengan jarak app di hp. Fitur ini memerlukan GPS Location ON di hp.

2. Pasang Smartphone: Ini adalah salah satu langkah jitu, dan ini sedang saya praktekkan di motor saya. Alih-alih saya menggunakan gps modul umum, saya memanfaatkan smartphone android 2nd yang saya babat habis aplikasi laen laen (saya root lalu saya unroot). Mengapa saya memanfaatkan smartphone android 2nd daripada gps modul?

belanja gratis ongkir se-indonesia, vocer belanja 100rb bro!

EditRata-rata smartphone android sudah memiliki chipset yang sudah mendukung untuk fitur location gps. Ini juga tergantung jenis chipset yang digunakan smartphone, mediatek seri tertentu sudah cukup akurat gps-nya. Sedangkan rata-rata gps modul di pasaran bisa ditebus mulai dari 250ribuan (ada sih yg lbh murah) tapi fiturnya memang sangat amat terbatas dan sering lokasi gps tidak akurat. GPS modul yang beredar dipasaran yang murah-murah itu biasanya made in china, chipnya pun tidak berbeda jauh, hanya ada penambahan fitur” tertentu saja spt mematikan motor secara remote (jarak jauh via sms) tapi juga susah terpasang di motor yang beredar di indonesia (karena masih serba kabel). Kekurangan terbesar gps modul murah made in china itu adalah masih hanya mendukung jaringan gprs (2G), lacak dng 3G juga payah, baterai internal yang tidak berkualitas dan susah cari pengganti, tingkat akurasi gpsnya termasuk buruk karena saat sudah operational tingkat sensitifitasnya bisa diatas 100Dbi.

Smartphone android di pasaran, termasuk yang merk lokal contohlah EverC**s, MI*O, dsb yang masih android 4.4 – 5.1 bisa ditebus murah 2nd-nya, coba aja cari di OLX atau JUALO. Nah smartphone ini umumnya masih layak digunakan fitur”nya daripada sekedar gps modul umumnya. Dengan smartphone android 2nd yang sudah support gps location kita bisa melakukan seting sbb:

  1. Pasang Gps Location Static: Ini akan mengunci gps dalam kondisi selalu lock on. Artinya jika biasanya gps ketika diaktifkan manual dia akan mulai mengkoneksikan dengan satelit dan koneksi akan putus nyambung, dengan app ini kondisi gps akan selalu dalam kondisi LOCK ON maka status fitur gps ini akan selalu terkunci ke satelit dan tidak perlu membuat perintah koneksi ke satelit tiap beberapa periode.
  2. Pasang Gps Tracker: Dengan menggunakan smartphone android kita bisa menginstal app untuk melacak keberadaan posisi hp ini yang tersimpan di motor. Kita bisa menggunakan app seperti Android Device Manager hingga beberapa antivirus pun menyediakan lacak posisi berbasis kirim sms saja. Dan hasil tracing gpsnya biasanya lebih akurat chipset smartphone android daripada chipset gps modul umumnya (yang murah-made in china itu).
  3. Remote Feature Device: Dengan menginstal app tertentu kita bisa mengatur pola operasional smartphone android contohnya kita bisa menyalakan alarm yang berbunyi dari loudspeaker smartphone tsb dengan tingkat volume paling keras jika motor terdeteksi berpindah lokasi dalam radius sekian meter, kita juga bisa memberi setingan untuk deteksi wajah maling semisal maling menemukan handphone tsb dan berupaya mematikan atau membuka kunci lock screennya maka wajah maling akan terfoto otomatis secara diam-diam dan terkirim ke alamat email yang kita seting, kita juga bisa mengatur setingan on/off smartphone dalam rentang waktu tertentu secara remote dsb.
  4. Cut Off Engine: Smartphone android dengan teknologi bluetooth ON bisa kita koneksikan dengan modul bluetooth engine cut off bluetooth. Di luar negeri sudah ada yang menjual engine cut off dengan cara kerja bluetooth dan menggunakan daya watt yang sangat kecil, jadi tidak terlalu menguras aki motor, toh juga dinyalakan ketika kita meninggalkan motor di tempat rawan/jangka waktu lama. Cara kerjanya bluetooth engine cut of ini dia akan terhubung dengan fitur bluetooth pada smartphone (sebelum digunakan kedua perangkat harus sudah di pairing dulu agar saling dikenali – pairing berikutnya langsung terkoneksi otomatis), dan kita bisa mengirimkan perintah matikan mesin jarak jauh melalui handphone kita baik via sms atau via aplikasi tertentu yang ketika mendapat perintah dia akan mengaktifkan bluetooth di smartphone, melakukan pairing bluetooth otomatis lalu perintah akan terkirim via bluetooth smartphone ke bluetooth engine cut off dan mesin akan mati seketika. Jarak jangkau fungsi ini lebih luas karena memanfaatkan jaringan simcard yang berada di smartphone pada motor dan juga jaringan internet simcard daripada remote alarm yang umumnya bisa mematikan mesin dalam radius pendek (biasanya efektif tidak lebih dari 50m – ruang bersih). Harga bluetooth engine cut off ini cukup terjangkau mulai dari 180ribuan, cara set up-nya sangat mudah, cukup sambungkan kabel positif dan negatif ke kutub + dan – aki, maka modul ini akan langsung aktif dan blueooth akan langsung ON, pairing dng perangkat lain, biasanya modul bluetooth engine cut off sudah diberikan password standardnya untuk digunakan saat pairing pertama kali.

Jadi dengan kisaran harga fitur gps yang sama, saya memilih untuk menggunakan smartphone android 2nd yang sudah dikhuskan untuk fitur pelacakan saja daripada pakai gps modul yang murah meriah itu tapi susah diseting, akurasi lokasi gps juga parah dan tidak lebih handal daripada smartphone android.

3. Ganti Kunci Kontak: Beruntung untuk anda yang memiliki suzuki gsx-150 yang memiliki kunci visioner dimana cara kerjanya berbasis jarak untuk mulai menyalakan motor. Nah kita yang belum memiliki teknologi seperti itu tidak perlu risau, kita bisa saja mengganti kunci kontak motor dengan bentuk slot yang tidak standard. Kita bisa cari stop kontak yang memiliki bentuk slot kunci bintang, dsb. Di pasaran disebutnya kunci batman. Dulu jaman masih pakai kawak ninja 150r saya pernah ganti itu kunci kontak standard dng kunci batman dan terbukti ampuh πŸ˜€ Cuma kendalanya, tidak semua kunci batman sesuai untuk motor jaman sekarang. Saran: Carilah kunci kontak motor yang memiliki jumlah kabel yang sama dengan kunci kontak standard motor anda, ada yang 2 kabel ada yang 3 ada yang 4. Dengan jumlah kabel yang sama, paling tidak kita bisa lebih mudah melakukan pemasangan kabel stop kontak ke kelistrikan motor, kalaupun salah urut, tinggal lepas dan solder ulang, yang penting jumlah kabel sama dan ada dudukan stop kontak ke body botor yang pas juga.

Mengamankan motor gampang gampang susah, tujuan utamanya dari artikel ini adalah untuk memperkecil kemungkinan maling motor mencuri motor dan atau membawa lari motor kita dalam jarak yang jauh. Dengan makin mempersempit peluang motor kita dicuri maling, maka kita pun bisa lebih lama mendapatkan asas manfaat memiliki motor kita. Mulailah mencicil perangkat untuk mengamankan motor anda bro, bisa mulai hunting disini untuk dapat vocer belanja 100rb, gratis ongkir se-indonesia!

Gimana bro, sudah siap mengamankan motor anda? Goodluck! πŸ‘

Iklan

2 thoughts on “Rame Rame Bikin Pusing Maling Motor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s