Optimalkan Kelistrikan dan Pengapian Motor Agar Mesin Lebih Awet Bertenaga

Mendapatkan performa pengapian yang ideal dan atau lebih baik di motor tentu menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang performa pesin pada ruang pembakarannya.

Menjaga kualitas ruang pembakaran mesin akan memberi manfaat positif saat kita berkendara dengan motor tercinta. Tanpa adanya performa pengapian yang optimal, motor pun tidak dapat memberikan performa yang semestinya. Saat motor mengalami kendala di pengapian, bisa di deteksi dengan keanehan yang terjadi, beberapa diantaranya:

1. Saat di gas terasa pas-pas’an, ogah”an, mbrebet dan tak bertenaga.
2. Lebih boros bbm.
3. Usia busi menjadi cepat berkurang dan kotor, percikan api juga tidak besar/optimal.
4. Aki juga akan lebih cepat tekor, dll.

Memiliki motor dengan performa pengapian yang baik, akan memberi manfaat beberapa diantaranya:

1. Tenaga motor lebih berasa, bahkan bisa lebih bertambah.
2. Konsumsi bbm lebih irit.
3. Asap pembakaran yang keluar dari knalpot jauh lebih bersih.
4. Kualitas busi bisa lebih panjang masa pakainya.
5. Ruang pembakaran minim deposit kerak, dsb.

Untuk mendapatkan pengapian yang baik atau bahkan lebih baik, tidak terlalu sulit dikerjakan. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah dengan keluar sedikit biaya untuk memperbaiki performa pengapian dan pembakaran bbm di mesin anda.

Sekedar sharing apa yang saya kerjakan di motor revo injeksi milik saya:

busi_denso_iridium_iu20
busi iridium denso iu20

1. Saya mengganti busi standard dengan busi DENSO IRIDIUM IU20 dengan diameter 0.4mm (setau saya ini terkecil saat ini). Penggunaan busi jenis iridium dapat membantu proses pembakaran lebih optimal, performa busi jauh lebih baik dan stabil walau suhu makin panas. Dan dapat membantu proses hemat bbm. Makin kecil diameter ujung busi makin bagus.

koil_injeksi_ktc
penampakan koil injeksi ktc

2. Saya mengganti koil injeksi bawaan revo injeksi yang hitam itu tuh, menjadi koil injeksi merk KTC. Penggunaan koil yang baik dapat membantu menghantarkan listrik yang lebih stabil, lebih besar dan lebih optimal ke jalur busi dan memercikkannya di ruang pembakaran mesin motor anda. Yang anda perlu tahu sebelum membeli koil adalah anda harus sesuaikan dengan jenis basis motor anda, apakah motor anda berkaburator atau sudah injeksi. Koil karburator untuk mesin dengan karburator, begitu juga koil injeksi untuk motor injeksi, jadi jangan sampai salah beli untuk motor anda! Anda perlu tahu, makin pendek kabel koil yang menuju ke cop busi, itu akan makin baik karena memperpendek jalur kelistrikan.

koil_injeksi_copbusi_ktc2
cop busi ktc terpasang ke busi iridium dan koil injeksi ktc

3. Anda pun bisa menambahkan tutup busi / cop busi yang lebih baik daripada tutup busi standar bawaan motor anda. Menggunakan tutup busi yang lebih baik dapat menjaga busi anda dari kebanjiran, memiliki performa yang lebih optimal untuk mengantarkan listrik dari koil, dan tutup busi yang baik dia mempertahankan arus listrik lebih stabil sampai masuk ke busi. Saya mengganti cop busi standard motor dengan cop busi merk KTC.

xcs-r
voltage stabilizer xcsr hurricane

4. Selain tiga komponen diatas, kita juga bisa menambahkan produk voltage stabilizer yang penggunaannya sangat mudah, cukup pasangkan kabel hitam di kutub min aki, dan kabel positif merah di kutub positif aki. Saat pertama kali dipasangkan, kita akan mendapati kejutan percikan listrik kecil, dan ini wajar, ini pertanda bahwa produk tsb berfungsi. Justru yang tidak baik adalah ketika tidak mengeluarkan percikan listrik kecil itu tanda produk rusah rusak/cacat. Kegunaan voltage stabilizer umumnya untuk menstabilkan arus yang keluar dari aki, dibesarkan, dipertahankan dan dioptimalkan untuk disalurkan sampai ke busi sehingga otomatis busi akan mendapatkan percikan listrik yang besar dan optimal dan akan memperbesar performa mesin dan menghemat konsumsi bbm/jarak konsumsi bbm bisa lebih panjang. Untuk voltage stabilizer sendiri biasanya dibedakan dari ukuran power watt-nya dan voltase ampere aki, ada yang untuk motor ada yang untuk mobil tapi secara umum bisa dipasangkan di jenis kendaraan manapun baik berkaburator atau injeksi. Kebetulan saya menggunakan voltage stabilizer dari XCS-R buatan jerman.

Harga per unit barang yang dikeluarkan untuk penggantian 4 komponen diatas:

  1. Busi DENSO IRIDIUM IU20: Rp.89.000.
  2. Tutup Busi / Cop Busi KTC: 41.000.
  3. Koil Injeksi KTC: 135.000.
  4. Voltage Stabilizer XCS-R Hurricane = Rp. 235.000

Dengan penggantian komponen 1 – 3 saja sebenarnya sudah cukup memadai walau gak akan berasa tambahan performa mesinnya kecuali lebih stabil aja performanya di kecepatan tinggi karena penggunaan busi iridium, tapi saya menambahkan penggunaan voltage stabilizer agar kinerja listrik dan ke pengapian makin hebring / heboh sehingga kinerja menjadi lebih optimal.

koilinjeksirevo
koil injeksi bawaan revo n sisa kabel koil injeksi ktc yg dpotong

Tentu selain komponen diatas, salah satu yang membuat kinerja pembakaran mesin motor menjadi benar-benar optimal adalah penggunaan bbm yang tepat. Jadi jika anda ingin mengganti dengan komponen diatas tapi bbm masih premium, menurut saya ini agak percuma saja. Setidaknya motor kita minum pertalite barulah berasa hasilnya. Jangan lupa untuk menggunakan carbon cleaner di tangki motor ya bisa kita gunakan 1-2 bulan sekali, atau pakai produk carbon cleaner yang bisa ditambahkan per mililiter tiap kita isi bensin per liternya. Belanja kebutuhan motor jas hujan gilaaa harga murah, plus dapat diskon 60% gratis ongkir se-indonesia langsung aja gan diborong disini.

Kondisi diatas juga bisa menjadi sia-sia jika anda menggunakan aksesoris kelistrikan tambahan yang mana sumber listriknya diambil dari aki yang sama yang menangangi kelistrikan motor anda. Jadi pastikan anda tidak menggunakan aksesoris yang terlalu membebani aki motor anda atau anda bisa menggunakan aki tambahan untuk sumber tenaga aksesoris kelistrikan yang akan dipasangkan.

Pembakaran bbm yang optimal juga akan memperpanjang usia mesin motor anda. Jadi, mulai sekarang, sebelum anda modifikasi besar”an, perhatikan dulu kebutuhan jalur kelistrikan dan pembakaran untuk mesin motor anda. Kalau bisa stop penggunaan premium untuk motor kesayangan anda 🙂

Salam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s