Review Klakson Motor Hella Compact 2B

Masih akan membahas seputar kebutuhan motor di blog ini. Salah satu fitur penting yang dapat membantu keamanan dan keselematan pengendara motor dalam berkendara adalah adanya fitur Klakson.

Sebelum lanjut ke review klakson ini, saya ingin cerita sedikit mengenai klakson. Saya sudah mengenal motor dan mulai mengendari motor dari era awal 90an, dan di era itu hingga era tahun 2000 bisa saya katakan saya sangat sering melihat dan mendengar suara klakson dibunyikan dari motor yang dikendarai orang. Bisa dikatakan selama era itu fitur klakson adalah sesuatu yang sangat sering digunakan/difungsikan.

Nah, sejak beberapa tahun terakhir, yaa…kalau di kehidupan saya sih udah sekitar 8 tahunan lebih setiap saya berkendara dengan motor, saya jujur saja amat sangat heran dengan pengendara motor di jalan raya. Mendengar suara klakson motor difungsikan itu amat sangat jaraaaanng sekaleee….lama lama saya pikir mungkin mereka tidak tahu kalau motor mereka punya klakson atau mereka sudah sangat yakin dengan kondisi jalan raya hingga tidak perlu membunyikan klakson atau mereka tidak ngerti cara pakeknya? Bahkan ketika di kondisi persimpangan, ketika menyalip bahkan ketika hendak memberi sinyal kendaraan di depan dan kondisi kondisi lainnya yang sekiranya wajar untuk membunyikan klakson tapi tidak menggunakan klaksonnya. Saya berpikir…apakah klakson mungkin sebaiknya dijual terpisah dari setiap motor baru kok saya sering kali melihat banyak pengendara tidak menggunakan fitur ini. Bahkan sampai gilanya lagi saya pernah melihat 4x pengendara motor tabrakan karena salah satu diantara mereka tidak memberikan sinyal klakson sehingga keberadaannya tidak diketahui oleh pengendara yang ditabraknya.

Klakson adalah salah satu alat yang berguna untuk memberikan sinyal keberadaan pengendara motor kepada pengendara motor lainnya, baik saat akan menyalip, berbelok, memotong jalur, memberi sinyal waspada, dsb.

Suara klakson tiap motor memang berbeda, tapi saya tidak akan membahas ke situ. Yang saya akan bahas adalah Bagaimana jika anda memiliki klakson motor yang tidak lagi berfungsi dengan baik? Nah ini yang saya alami saat saya membeli sebuah motor second akhir desember 2016 lalu.

klakson
klakson lama bawaan motor
klakson2
klakson lama bawaan motor

Klakson motor yang saya beli memiliki kendala suara susah dikeluarkan dan tombol klakson harus ditekan beberapa kali dengan sudut dan tekanan berbeda agar suara bisa dikeluarkan. Saat suara klakson bisa berbunyi itupun suaranya kembang kempes dan tidak keras normal. Sebulan kemudian saya menyempatkan bongkar bagian sayap depan motor, saya lihat secara fisik klakson asli motor revo fi ini sih normal, kabel juga normal, saya tekan tombol klakson tetap aja bunyinya bermasalah, padahal aki motor ini baru loh belum ada 1 hari terpasang aki barunya. Saya mikir..hmm..mungkin ini memang tanda klaksonnya sudah soak minta diganti, saya pun coba cari klakson pengganti di gudang, dulu sempat ada klakson motor yamaha tersimpan tapi dicari kok gak ketemu ๐Ÿ˜ฆ

klakson3
klakson hella compact 2b vs klakson lama

Akhirnya karena tidak ada cara lain, saya memutuskan mencari klakson baru. Mulailah mencari di toko online dan saya melihat ada klakson merk Hella, dan saya memutuskan untuk tanya” ke seller dan akhirnya memutuskan membelinya. Inipun saya terpaksa ikut beli klakson karena saya juga sedang cari busi iridium untuk revo fit injeksi juga, yah saya pikir sekalian aja dah dibeli karena juga kebutuhannya dobel.

Mengapa kita memerlukan klakson berkualitas?

  1. Klakson berkualitas dapat memberikan suara yang lebih optimal.
  2. Klakson yang berkualitas lebih tahan lama daripada klakson bawaan motor.
  3. Klakson lama sudah tidak lagi dapat memberikan kinerja yang normal.
  4. Butuh klakson yang lebih tahan air dan memiliki suara yang lebih enak di dengar.
  5. Klakson berkualitas memberikan sinyal keberadaan pengendara motor yang jauh lebih baik kepada pengendara motor lainnya.

Klakson hella yang saya beli adalah tipe Hella Compact 2B yang merupakan klakson motor tunggal. Spesifikasinya:

  1. Water spray proof = bahasa kerennya ini tahan terhadap serangan air.
  2. Suara keras / Sound+ sampai 109Db dan bisa diseting tingkat level suaranya.
  3. Power consumption 1x 48W.
  4. Frequency 420Hz (high tone).
  5. Nominal voltage 12V.
  6. Certification ECE (1)

klakson_hella

Mengapa saya beli klakson hella 2b?

  1. Saya sudah kenal lama merk hella jaman ayah saya doyan permak mobilnya.
  2. Kualitasnya hella saya sudah tahu, memang berkualitas dan terjamin.
  3. Daya tahannya / kualitasnya bagus.
  4. Harganya masih masuk kantong untuk sebuah produk klakson motor berkualitas (harga memang subyektif ya).

So akhirnya beberapa hari kemudian klakson dan busi saya terima. Inilah penampakan klakson hella compact 2b.

hella1

Dengan harga Rp.35.000 kita bisa mendapatkan satu klakson motor hella tipe 2B yang dapat dipasang di motor manapun. Pemasangannya pun amat sangat mudah masbro…

hella3

Cara memasang klakson motor hella 2b:

1. Setelah anda melepas sayap motor (biasanya untuk motor bebek dan matic) maka lanjutkan dengan melepas mur baut pengunci klakson bawaan motor anda dengan kunci baut.

2. Lepas dua kabel yang terpasang ke body klakson.

hella2

3. Pasang klakson baru di rangka dudukan klakson motor anda lalu pasang mur bautnya.

4. Pasang kembali dua kabel yang anda cabut di klakson motor anda sebelumnya ke klakson motor baru.

Jadi anda hanya cukup 3 langkah saja, buka sayap body motor anda, lepas klakson dari rangka motor dan lepas kabel klakson saja.

Untuk membuktikan klakson sudah terpasang benar, nyalakan kunci kontak motor anda dan tekan tombol klakson, dengarkan suara klakson baru anda.

Jika anda merasa suara klakson anda kurang greget, kurang nyaring atau kurang gmana gtu ya hehehe….anda bisa merubah setingan bawaan pabrikan klakson tersebut dengan melihat bagian body belakang klakson baru yang terpasang di motor anda dan lihat ada sebuah baut + terpasang, anda cukup putar ke kiri atau ke kanan sampai anda mendapatkan suara klakson yang ideal di telingan anda. Saran saya sih baut + itu gak perlu di otak atik, setingan standard pabrikan klakson sudah yang terbaik kok ๐Ÿ™‚

Untuk mendengarkan suara klakson motor hella 2b di motor revo fit injeksi saya, bisa anda cek langsung disini.

Hasil akhir setelah terpasang di revo fi:

  1. Suaranya tiitt tiittt keraass masbro ๐Ÿ˜€
  2. Suaranya termasuk nyaring tapi gak sakit di telinga.
  3. Lebih dari cukup membuat pengendara motor di 30-50m di depan sadar keberadaan motor saya. Kalau gak bikin mereka liat di spion ya kepala mereka menoleh ke belakang ๐Ÿ˜€

Cukup sekali tekan tombol klakson tanpa ribet seperti pencet klakson lama-nya, si klakson hella 2B ini langsung berbunyi. Berarti bener nih, klakson sebelumnya emang dah kiamat ๐Ÿ˜€

Overall, saya merasa puas dengan klakson ini. Untuk anda yang berminat tambah aman berkendara dengan motor, pastikan fungsi klakson anda optimal. Jika anda berminat untuk mengganti klakson motor anda, anda bisa saja langsung beli disini, gratis ongkir se-indonesia masbro!

Tinggalkan Balasan

