Makin Susah Tambah Angin Ban Gratis di SPBU Pertamina

Sebelum saya mulai menulis artikel ini, saya sudah melakukan survey kurang lebih sekitar 1 tahunan ini. Survey saya lakukan sendiri secara random dengan mengunjungi beberapa spbu pertamina yang saya gunakan untuk isi bbm motor saya.

Perjalanan selama 1 tahun ini saya tempuh dari kota saya menuju yogyakarta dan semarang, dan untuk mencapai masing-masing kota tersebut saya menyempatkan mampir ke spbu yang memang sejak lama saya ketahui ada fasilitas tambahan berupa isi angin gratis yang disediakan oleh pihak spbu pertamina tersebut.

Di kota saya, saya menemukan ada 3 spbu yang sejak lama menyediakan fasilitas isi angin gratis yaitu: spbu pertamina sidojoyo, spbu pertamina sapen, spbu pertamina kelerang. Lalu dari kota saya ke kota semarang, saya menempuh kota: parakan, temanggung, ambarawa, semarang. Sepanjang perjalanan ke parakan – temanggung saya sudah mampir ke 6 spbu, dari temanggung ke ambarawa saya mampir ke 3 spbu, dari ambarawa masuk semarang atas lewat terminal bawen sampai area gombel saya mampir ke 5 spbu. Di area semarang pusat saya sempat mampir ke 3 spbu. Dari kota saya menuju yogyakarta saya melalui muntilan sampai jl.magelang yogya saya mampir ke 7 spbu yang mana jumlah spbu yang memiliki fasilitas isi angin milik spbu terbilang lebih sedikit daripada jalur ke semarang.

Dari setiap spbu yang saya hampiri, entah karena isi bbm atau setor air ‘mineral’ alami tubuh ini, saya selalu cek dimana keberadaan fasilitas tambah angin milik spbu tersebut. Memang ada yang sejak awal spbu itu berdiri sampai saya kunjungi tidak pernah menyediakan fasilitas tambah angin tsb, tapi ada juga spbu pertamina yang saya datangi pun dari awal sudah menyediakan fasilitas tsb secara cuma-cuma.

Pemandangan yang mulai menarik perhatian mata saya adalah selama 1 tahun terakhir, saya menemukan keberadaan fasilitas isi tambah nitrogen mulai ‘menghiasi’ spbu yang saya kunjungi, memang tidak semua spbu yang saya datangi pertama kali dalam 1 tahun tersebut sudah ada ‘fasilitas layanan isi nitrogen untuk ban’ di spbu tersebut. Tapi pada kunjungan berikutnya selang beberapa bulan, ‘fasilitas’ tersebut mulai mengisi spbu tsb.

isianginnitrogen

Pada beberapa kesempatan saya mampir ke spbu yang ada fasilitas isi angin milik spbu dan di’temani’ fasilitas isi nitrogen ke ban saya menemukan ada kejanggalan. Entah ini hanya terjadi pada kesempatan saya datang atau juga anda pernah alami ini juga. Yang saya dapati seringnya di spbu yang ada dua fasilitas tersebut..

1. Fasilitas isi angin milik spbu mendadak “rusak”.

2. Fasilitas isi angin milik spbu tidak lagi menyediakan selang isi anginnya, entah hilang kemana?

3. Petugas spbu biasanya mengarahkan saya ke depo isi ulang ban dengan nitrogen yang itu tuh.

isianginspbu
yang sering ‘aneh’ lokasi usahanya kok deket dng fasilitas milik spbu?

Ini saya tidak menuduh pihak manapun ya, tapi ini kejadian yang saya alami langsung. Hanya saja lama-lama saya curiga, kok bisa gtu ya semua spbu yang ada dua fasilitas memperlakukan saya sama. Dan saat kejadian, tidak saya saja yang mampir ke fasilitas isi angin milik spbu, saya juga bersama pemilik kendaraan lain pun antri disitu, tapi eh tapi ternyata kompresornya gak nyala dan petugas disitu mengarahkan ke depo nitrogen tsb. Ya untungnya ban motor saya waktu itu tidak terlalu banyak membutuhkan tambahan angin, dan masih aman digunakan berkendara. Cuma ya karena penasaran apa itu fasilitas isi angin milik spbu masih berfungsi atau tidak makanya saya datangi saja.

Saat saya sempetin ngobrol bentar dengan sesama pengendara motor lainnya, saya baru tau, pengendara motor yang saya ajak ngobrol adalah warga yang tidak begitu jauh tempat tinggalnya dari spbu tersebut dan sempat mengeluarkan pernyataan bahwa sejak ada depo nitrogen di spbu tsb, fasilitas isi angin milik spbu memang sengaja tidak difungsikan, hanya kadang kadang saja, jadi mirip untung-untungan saja pas datang pas berfungsi ya syukur, gak ya yowis lah. Nah yang ‘unik’ nih, seringkali fasilitas tambah angin milik spbu tertentu yang saya datangi itu hanya berfungsi setelah depo nitrogen tsb tutup operasional.

Disini saya gak nuduh ya, cuma memang kenyataan di lapangan saya temui spt itu. Saya gak bisa bayangkan ya kalau memang ini beneran praktek kotor isi angin spbu terjadi spt ini. Harapan saya tentu semoga tidak terjadi praktek kotor isi ulang angin ban di spbu spt itu.

Bisa dikatakan sekarang makin sulit menemukan spbu yang memiliki fasilitas isi angin milik spbu masih beroperasional. Yang paling tidak saya suka adalah petugas spbu tertentu kok gak menjelaskan rusaknya fasilitas mrk kenapa, dan yang bikin saya heran kok bisa selang isi angin sampe bisa rusak dan hilang? Karena setau saya itu selang gak mudah bocor kecuali disengaja ataupun tidak kencang klemnya. 

Tanggal 17 Feb 17, kebetulan saya ingin isi bbm motor saya, mampirlah saya ke spbu besar di kota saya yang memang sudah lama memiliki fasilitas isi angin gratis milik spbu jauh sebelum era depo isi nitrogen menghiasi spbu pertamina di indonesia. SPBU yang saya datangi ini memang juga menyediakan depo nitrogen tsb dan bisa dikatakan spbu ini termasuk salah satu spbu yang terus menyediakan isi angin gratis milik spbu yang tetap beroperasional normal, walau saya pernah mendapati beberapa kali fasilitas gratis milik spbu lagi tidak berfungsi entah kenapa saat itu. Berikut adalah foto yang saya ambil di fasilitas isi angin gratis milik spbu tersebut, tampak beberapa pengendara motor ngantri isi angin, termasuk saya yang menyusul kemudian setelah isi bbm.

isianginbandispbu
gratis isi angin ban di spbu kota saya

Bisa juga kita sedia pompa kaki untuk ban motor, murah banget cuma 35ribu aja masbro, apalagi  gratis ongkir se-indonesia! Lumayan bentuknya kecil n muat dbawa pake motor kemana aja, coba diliat barangnya disini kali aja minat bro!

Ini adalah pengalaman saya di beberapa spbu di jawa tengah dan diy, bagaimana dengan pengalaman anda? Apakah anda juga menemukan kendala isi angin yang sama spt saya? Mari kita berbagi info.

Salam.

Iklan

4 thoughts on “Makin Susah Tambah Angin Ban Gratis di SPBU Pertamina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s