Review Oli Evalube Pro Synthetic 4T di Honda Revo Injeksi

Pada hari minggu kuturut pak kusir ke bengkel….halaahh..

Kisah ini bermula pada tanggal 13 Feb 2017, sehari sebelum valentine rasa sayang sayange (harap jng menghapus huruf ‘ya’)..

Pagi hari saya menyelakan mesin revo injeksi keluaran 2014 yang sekitar 2 malam sebelumnya mesin motor ini sepertinya bermasalah lagi dengan menandakan mengeluarkan asap putih ringan, setelah sebelumnya saya keliling kota malam hari dengan oli baru yang belum ada seminggu dipakai, ternyata ketika saya tarik sampai 100kpj mesin motor ini ibarat jebol, tenaga langsung ngedrop dan ngempos.

Saya belum sempat membawa ke bengkel, cuaca pagi hari tidak bersahabat hujan mulu, dan akhirnya tanggal 13 Feb 2017 saya bisa ke kota. Saya langsung ke bengkel motor langganan, cari oli motor. Memang sih belum ada seminggu saya pakai oli baru di motor ini, tapi saya terpaksa beli oli baru untuk jaga-jaga bila mesin harus di overhaul. Seharusnya beli oli minimum 1 liter, tapi saya mikir juga apa bener ya ntar ini mesin motor harus di overhaul lagi, padahal baru sebulan sebelumnya ini mesin sudah di overhaul di bengkel ahass luar kota sebelah. Ya akhirnya saya iseng beli aja oli 800ml.

Oli yang saya pilih kebetulan saja, karena tumben ada oli ini diletakkan di etalase depan, dan saya beli saja ini oli Evalube Pro Synthetic 4T SAE 10W-30 berkapasitas 800ml seharga murah meriah cukup keluarin duit Rp.28.000. Yang mana ini adalah salah satu rekor oli motor termurah di bawah 30rb yang pernah saya beli di hidup saya (dulu sih pernah lamaaaa banget di era awal 2000an ada oli kisaran 20rban tp lupa saya oli apaan yg saya beli).

Kenapa saya beli oli ini?

  1. SAE 10W-30, standard mesin honda.
  2. Duit pas pas-an, cuma punya batas atas 35rb.
  3. Ada tulisan PRO, harapannya ini oli emang memiliki kemampuan yang sesuai bahahaha 😀
  4. Ada tulisan SYNTHETIC dan tapi gak jelas apakah full atau semi.
  5. Saya belum pernah cobain oli ini di motor manapun.

Jadi ini murni beli karena gak ada perasaan minat, lebih ke arah murah aja 😀

beli oli motor murah bebas pilih gratis ongkir se-indonesia

Setelah beli ini oli saya lanjut ke bengkel ahass astra, daftar di bengkel, ceritain keluh kesah motor ini. Dan sekitar 20mnt kemudian ini motor langsung masuk bengkel.

Saat masuk bengkel, harapan saya cuma satu, ingin itu asap keluar dari knalpot diberesi. Memang 2 hari-an sblmnya saya liat ada sedikit rembesan tetesan oli di bagian bawah body luar blok kepala silinder, memang tidak besar rembesannya, tapi saya sudah yakin ini biang keladinya pasti oli bocor lagi di dalam ruang mesin. Dan setelah dibongkar, ternyata masalahnya jauh lebih besar.

Ini revo sakit lagi, setelah di cek mekanik ahass astra, ternyata ini mesin saat di overhaul bulan lalu di ahass kota sebelah hasil overhaul dan setingannya gak pas, bahkan sampai baut penting untuk dalam blok silindernya aja ada 1 yang gak terpasang…dalam hati saya…Oohh anjing ya mekanik ahas kota sebelah itu.

Singkat kata, ini mesin yang sudah oversize 0.75 terpaksa “disisir” lagi menjadi 1.00, otomatis juga harus ganti piston set kit size 1.00. Belum lagi putaran rpm standard diseting terlalu tinggi dari ahass sebelumnya. Intinya itu ahass kota sebelah servisnya gak bener dan gak standard dan keamanan saya jadi pertaruhan selama sebulan ini pake motor ini. Untung ini mekanik ahass astra kota saya dia jujur, dia bongkar dan lapor ke saya beri bukti dan saran. Dan saya terima saran mekanik itu dan saya harus menginapkan revo ini kurang lebih 1 minggu untuk membereskan mesin, karena piston kit 1.00 gak ada stok, belum lagi oversize 1.00, testing mesin dsb.

Akhirnya saya titipkan itu revo di bengkel untuk diberesi dan saya juga berikan oli evalube pro yang baru saya beli, ya x aja butuh diganti oli, karena oli sebelumnya sae 10w-40.

Sekitar 4 hari kemudian si revo sudah selesai diberesi dan saya dihubungi ahass astra untuk mengambilnya. Saat saya coba nyalakan mesin, nge-gas..well rasanya lebih smooth dan natural dibandingkan hasil overhaul dan setingan ahass kota sebelah di bulan sebelumnya. Hanya saja memang saya di wanti-wanti agar tidak langsung ngegas diatas 60kpj agar mesin yang sudah di oversize 1.00 bisa in-reyen dulu (kata mekaniknya).

Nah dari tanggal 17 feb 17, saya hanya bisa menjalankan ini mesin maksimal sampai 60kpj dalam kota dan itupun lebih sering malam hari. Lalu tanggal 22 Feb 17 setelah mencapai reyen mesin sejauh 80km lebih, saya mencoba bawa ini motor malam hari keliling dalam kota dengan oli yang sudah diganti dengan evalube pro 4T yang sudah mulai masuk ke mesin sejak KM 377207 (oversize 1.00).

evalubepro3

Spesifikasi Oli Evalube Pro Synthetic 4T SAE 10W-30:

  • Udah SNI 😀
  • SAE 10W-30
  • API SL JASO MA2
  • 800 mili liter
  • With Veltec (gak tau ini bahan apaan)
  • Harga Rp.28.000

Info singkat, di body belakangnya ditulis Veltec is a step beyond technology that provides wear protection and increase engine power to reach maximum velocity.

Dan seperti dilihat pada gambar di bawah ini, terlihat ada 3 tipe evalube yaitu: Evalube Runner, Evalube Runner X, dan Evalube Pro. Dari ketiga tipe oli tersebut, ranking evalube pro adalah ranking tertingginya dengan memberikan informasi tingkatan sbb:

evalubepro2

  • Good Acceleration: 5 Bintang.
  • Fuel Economy: 5 Bintang.
  • Wear Protection Veltec: 5 Bintang.
  • Stable Engine Temperature: 5 Bintang.
  • Lifetime: 5 Bintang.

Yang saya rasakan bawa revo oversize 1.00 bensin pertalite full tank (ditambahkan stp octane booster 5ml) keliling kota 15km malam hari suhu dingin adalah:

1. Hanya butuh waktu 10 menit mesin revo sudah panas. Ini oli mungkin belum kuat menangani oversize 1.00? Memang sih di oversize bikin mesin lebih cepat panas, tapi ya saya gak kira 10 mnt saja telapak kaki nempel di blok mesin dah hot hot gtu.

2. Untuk putaran gas saya ngerasain smooth, halus, tenaganya ada dari putaran bawah sampai atas tapi gak greget amat sih klo belum diatas 80kpj.

3. Akselerasi low to medium gigi 1 sampai 3 normal gak terlalu wow, untuk dibawa nyalip dalam kota ya masih wajar aja.

4. Suara mesin di suhu dingin ketika baru dihidupkan pake engkol kaki berasa halus, ditarik gas dalam keadaan mesin statis raungan mesinnya ya keras juga, tapi masih wajar gak berlebihan. Belum pernah gagal 1x pun dihidupkan dengan cara manual/engkol kaki di suhu dingin eksternal.

5. Saya belum merasakan slip kopling, perpindahan gigi normal, halus.

6. Untuk performa sampai 60kpj menuju 80 kpj gigi 3 masih terasa halus, tenaga gak begitu greget sih.

7. Gigi 3 sampai gigi 4 di 90kpj jalanan menurun, akselerasi dan performanya bagus, gak begitu wow tapi gak begitu jelek, ada sih berasa tenaga di putaran atasnya. Mesin masih smooth sih diatas 80kpj. Getaran mesin ke telapak kaki mulai berasa, tapi ini juga karena kondisi daleman blok mesin motor ini juga masih blm beres, gandul piston-nya juga kurang kencang alias sedikit longgar (kata mekanik – saya blm ada duit buat ini).

8. Di suhu malam dingin, setelah dipakai 15km, sampai di rumah kira-kira butuh waktu 40mnt blok mesin jadi adem kembali. Ini juga mungkin karena bantuan suhu dingin luar jadi bisa lebih cepat. Gak tau kalau dipakai di cuaca matahari bersinar dan hangat, berapa lama proses pendinginan mesinnya.

Dari review penggunaan singkat ini, yang saya rasakan oli ini…

evalubepro1

1. Performanya bagus di medium to high. Untuk penggunaan dalam kota, akselerasi biasa dan wajar, untuk penggunaan jalananan kosong yang jauh akselerasi dan performa oli ini lebih berasa di medium to high speed diatas 80kpj.

2. Yang jelas putaran gas oli ini dari mesin dihidupkan sampai diajak 80kpj lebih masih halus, enak sih menurut saya tapi gak greget amat.

3. Suara mesin saat dihidupkan halus dan berasa enak gtu di telinga saya. Gak sehalus shell ax7 sih tapi memang enak aja di dengerinnya suara mesin motor ini walo dah oversize 1.00.

4. Untuk redam panas mesin, memang sih oversize 1.00 mesin lebih cepat panas, saya juga gak menyalahkan oli ini secara sepihak. Tapi ini adalah oli pertama yang dipakai di motor ini sejak di oversize 1.00 jadi saya belum ada perbandingan oli lain. Panasnya sih masih wajar aja selama 15km uji coba, jadi saya belum tau jika dipakai jarak jauh misal diatas 30km luar kota di cuaca terang matahari bersinar apakah performa oli ini tetap stabil atau ngedrop.

Karena saya belum pernah pakai mesin revo oversize 1.00 dengan oli ini keluar kota jadi saya belum tau perbandingan konsumsi bbm-nya.

Menurut saya sih keluarin duit 28rb untuk oli ini ya gak rugi amat, tapi juga gak terlalu untung amat. Intinya 28rb dapat oli gnian buat saya yang sudah uji singkat performanya sih ya sebanding aja hasil yang diberikan, gak mengecewakan amat sejauh ini dipakai dalam kota, untuk penggunaan luar kota sih akan menyusul update di artikel ini.

evalube_cover

Kalau diminta apakah saya menyarankan oli ini…hmm…menurut saya sih boleh juga, mungkin kalau dipakai di mesin revo yang masih normal ini oli bisa lebih ‘normal’ kinerjanya daripada di mesin revo injeksi yang saya pakai yang masih dalam kondisi mesin belum sempurna beresnya. Keluarin 28rb untuk dapat oli motor ini menurut saya masih untung lah buat pembelinya. Toh untuk saya performa medium to high-nya termasuk bagus sih, gak wow banget tapi ya enak dan bagus aja walo mesin sudah oversize 1.00, yang memuaskan untuk saya sih putaran gas-nya halus, ringan, enak dan suara mesin juga enak, saat diajak maen diatas 80kpj mesin dan knalpot juga gak sewot berteriak keras amat, standard bebek honda 110 lah. Jadi untuk saya oli ini gak terlalu mengecewakan di mesin oversize 1.00, kinerjanya masih seimbang.

Note: Saya tidak memaksakan test di kecepatan tinggi karena kondisi daleman mesin revo ini juga belum sepenuhnya beres, jadi saya mempertimbangkan faktor safety saya dan motor ini. Tapi dalam kondisi mesin yang sudah di oversize 1.00 dan daleman yang belum sepenuhnya beres ini menurut saya oli seharga 28rb buatan indonesia ini sudah termasuk worth it.

Butuh oli motor harga murah dan gak dipusingin panas hujan dikirim gratis se-indonesia masbro? Beli aja disini.

Penilaian akhir saya untuk oli ini: PRICE TO VALUE.

Iklan

2 thoughts on “Review Oli Evalube Pro Synthetic 4T di Honda Revo Injeksi

  1. BERES emang suka ngaco klo ngerjain turun mesin. banyak akal2lan. kemarin temen ane ngalamin turun mesin jupiter z, setahun turun mesin 2x. utk ke 3 kalinya pindah ke bengkel biasa. xixi

    Suka

    1. Sayangnya dkota saya msh sedikit bengkel yg bisa urus mesin motor dng baik n gk banyak alasan 😦

      Ni skrg lg nungguin blok mesin standard datang. Ganti total.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s