Pertimbangan Touring Keluar Pulau – Jangan Disepelekan #1

Beberapa minggu terakhir sejak dimulai operasi maintenance si revo fi 2014, saya sudah mempersiapkan alias mencicil sedikit demi sedikit kebutuhan untuk touring solo dengan motor ini ke luar pulau jawa. Selagi masih ada usia, selagi ini badan masih lengkap, selagi masih ada tenaga, saya memutuskan untuk touring jauh dari jawa ke arah timur indonesia daripada menyesal nanti kalau diberi usia sampai tua udah jalan pake tongkat ya lebih baik ambil resiko saat ini juga.

Target awal sih mentok di Lombok, tapi gegara acara my trip my adventure yang meliput pantai di kupang, lah..gelora darah muda saya bergejolak ingin sekaligus bablas ke kupang. Walo saya blm pernah nyasar sejauh ke kupang, tapi cukup adem juga tau saya ada teman lama disana. Tapi alasan saya ingin touring jauh bukan karena pantai di kupang masbro, tapi karena memang saya ngerasain butuh holiday aja, dan mengingat keterbatasan transportasi umum dan rental di area indonesia timur maka saya memilih bawa motor dari jawa, gtu loh.

kolbano-1

Untuk menuju sampai Lombok ini hal yang tidak begitu sulit, tapi meneruskan perjalanan dari Lombok ke Kupang ini yang bikin pusing kepala. Mau tidak mau keluar dari pulau jawa ke pulau seberang via jalur darat pasti butuh yang namanya…. becak! ya elah bukan becak lah… Kapal Laut, dan karena bawa kendaraan sendiri dari jawa, tentu kapal laut disini yang dimaksud adalah kapal saya sendiri alias kapal ferry ( belagak somse neh πŸ˜€ )

kapal_touring

Untuk menembus perjalanan darat dari jawa ke Lombok setidaknya dibutuhkan 2x naek kapal ferry Banyuwangi to Bali to Lombok (kalo mau maen dulu di bali masbro). Bisa juga 1x jalan dari surabaya langsung ke lombok buat yang betah lama lama goyang kapal laut di perjalanan, pastikan sedia antimo bagi yang gak kuat di laut.

Untuk menembus lombok sampai kupang bawa kendaraan sendiri… nah ini dia masbro…yang ribet karena ketersediaan kapal jenis ferry sangat terbatas bahkan di beberapa pelabuhan memang tidak ada! Kadang dapat kapal ferry tapi gak sekali jalan alias berhenti d pelabuhan pulau lain dulu ini bagi wisatawan yg punya wkt libur terbatas jd hambatan juga. Kalau masbro gak bawa kendaraan sendiri itu lebih mudah menemukan kapal pelni. Tapi masalah bukan selesai sampai disitu saja, karena soal jadwal dan info biaya yang susah ditemukan bahkan di situs AKDP sampe PT.PELNI sekalipun menjadi hambatan lagi!

Saya berusaha ngumpulin info dari bbrp blog traveler yang pernah menembus jalur lombok ke seberang, semisal: sumbawa, kupang, flores. Tapi jujur info-nya masih minim.

Seingat saya nih masbro, beberapa tahun belakangan ini industri wisata di indo mulai mengarah ke timur, diluar bali diarahin ke lombok. Sedangkan di jawa lebih mengarah ke perkembangan wisata di banyuwangi sebagai sister-nya bali. Memang sih pemerintah koar-koar ingin target wisata sekian, nambah banyak sekian, dan diarahin ke indo timur. Namun masalahnya adalah:

  • Transportasi

Masalah terbesar mengapa masih sedikit turis mampir ke indo timur adalah transportasi. Ini juga yang menjadi kendala terbesar kami kami yang berada di wilayah jawa (bukan maksud saya jawasentris masbro) yang ingin bablas keluar lombok kesono lagi bawa kendaraan sendiri masih menemui kesulitan berarti. Anehnya…pemerintah sendiri kurang serius memberikan informasi bagi kita-kita yang diarahin mampir ke indo timur, terbukti dari kurangnya informasi jadwal kapal laut, biaya, lokasi, de el el. Seringnya malah pemerintah lebih fokus expose artikel wisata alamnya dan bukannya basic need-nya yaitu transportasi. Sangat gak masuk akal, lebih expose potensi wisata tapi tidak didukung ketersediaan dan info transportasi menuju kesana.

Jadi untuk saya sendiri berbicara maen ke luar jawa, diluar lombok ini hampir mentok di kepala saya. Karena dari penelusuran saya, transportasi laut masih lebih baik dan rutin mentoknya dari keluar bali ke lombok dan ke poto tano.

Untuk anda yang berminat maen ke indo timur bawa kendaraan sendiri (disini saya ambil contoh bila kita dari pulau jawa), maka anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. JADWAL DAN BIAYA TRANSPORTASI = Percaya deh, jadwal dan biaya transportasi adalah segala-galanya. Bila kita akan menuju suatu tempat, menggunakan tumpangan media transportasi lain, pastikan kita tahu persis jadwal keberangkatan dan kalau bisa juga dengan jadwal kedatangannya! Dan anda juga harus ingat, diluar pulau jawa mengarah ke timur, kita memiliki perbedaan waktu H-1 jam. Jadi seketika misal anda sudah menyeberang dari banyuwangi sampai ke bali, langsung deh cocoking jam anda minus 1 jam!

pototano

Dan karena kita bawa kendaraan sendiri dari jawa, maka sangat disarankan anda mengetahui juga perkiraan biaya menyeberang dengan membawa serta anda dan kendaraan anda saat menggunakan kapal laut. Dan ingat, biaya untuk manusia dan kendaraan di tiap pelabuhan dengan kapal ferry itu bisa berbeda beda. Anda bisa mendapatkan informasi jadwal penyeberangan kapal ferry di website pelabuhan yang beroperasi di indoΒ bisa dicek disini.

2. PENGATURAN WAKTU DAN JARAK TEMPUH = Untungnya sekarang kita makin dimudahkan oleh teknologi, khususnya yang berbasis transportasi dan peta. Di beberapa wilayah di indo informasi tingkat kemacetan jalanan sampai waktu tempuh bisa dengan mudah di dapatkan melalui beberapa aplikasi, contohlah app google maps. Saya menyarankan anda menggunakan app google maps untuk mengetahui jarak tempuh dan waktu tempuh dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Versi google map terbaru sudah mendukung multi point check in location, artinya semisal anda mau ke lombok dari jawa, anda bisa melakukan seting lokasi pemberhentian yang anda inginkan, sehingga app tersebut bisa memperhitungkan jarak dan waktu yang lebih pas untuk anda.

peta_google_touring
peta online google maps
peta_touring
peta offline windows 10

Dan menariknya adalah google maps terbaru sudah mendukung offline map (amin), ini sudah saya coba di hp saya, kita bisa menyimpan potongan wilayah bumi sesuai kehendak kita, jadi misal nih kita di indonesia, kita tidak perlu langsung menyimpan semua wilayah indonesia di peta offline google map, tapi google map akan menyediakan batasan area yang bisa dipilih untuk disimpan sebagai peta offline. Ini sangat menarik, beda dengan app peta lainnya yang biasanya langsung menyimpan semua wilayah indonesia. Setelah kita menyimpan peta offline di app google maps, kita pun masih bisa menggunakan prediksi jarak dan waktu tempuh (diluar kondisi data macet jalanan online) untuk menuju area yang kita tuju. Dan tentu yang paling menarik adalah, anda bisa menyimpan peta offline tersebut di memory eksternal! hehehe…langsung donlod dah peta offline-nya! Saya menyimpan beberapa wilayah peta offline pulau jawa dan bali dan lombok, total habis 1GB-an tapi saya puas karena peta google maps lebih baik, lebih lengkap, lebih akurat daripada peta app lainnya. Maka dari itu pastikan anda setidaknya memiliki app peta offline di hape anda!

3. SPBU = Setelah anda dapat jadwal dan perkiraan jarak dan waktu tempuh, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan SPBU! Ingat, disini saya menulis tentang kita maen bawa kendaraan sendiri masbro! Mengetahui lokasi dan jam operasional spbu di area yang akan kita lewati itu merupakan hal vital masbro! Jika sudah mendownload peta offline hal ini bisa sangat membantu karena ada info mengenai lokasi spbu juga. Tapi jangan terlalu berharap dengan peta offline ya, ada baiknya juga searching di internet, apakah benar data spbu di peta offline sama dengan di peta offline, karena ada kemungkinan peta offline yang di download sudah lama tidak ter-update. Saya pernah menemukan spbu kecil yang jelas ada di peta offline, dan saya lewat jalan itu ternyata itu spbu sudah tidak beroperasional lagi! Untungnya bbm motor saya masih cukup 1 liter-an lagi dan nemu spbu lagi setelah jalan bbrp km.

spbu_touring

Memang sih sekarang pemerintah sedang memproses program satu harga bbm di seluruh indo, tapi ini juga bukan jaminan semua sudah berjalan di semua spbu pertamina. Jadi anda jangan kaget bila isi bbm di spbu pertamina di luar jawa mungkin masih akan menemukan sedikit perbedaan harga, walau tidak terlalu gede tapi ya kan masuk itungan biaya perjalanan anda! Setelah anda bisa memutuskan akan berhenti di spbu area mana saja, maka anda juga perlu memikirkan spbu cadangannya, karena mungkin di spbu yang anda sudah targetkan ketersediaan bbm untuk motor mungkin habis (ini mimpi buruk) maka bila anda masih ada sisa bbm untuk menempuh jarak ke spbu terdekat anda cukup beruntung. Tapi nih…biasanya di diluar jawa, 1 spbu besar ketersediaan bbm-nya habis, maka spbu kecil bisa dipastikan ikut habis juga. Jadi ada baiknya anda juga cari info di warga sekitar apakah bbm di area tersebut memang sedang langka? Jika memang di semua spbu bbm untuk motor habis, maka anda mengambil langkah terakhir yaitu isi di penjual bbm eceran, entah itu mau yang sudah pertamini ato masih botolan biasa, cuma ya itu…harga pasti sangat jauh beda, dan kualitas keasliannya bisa dipertanyakan juga, jadi ya pintar-pintar aja isi bensin di pengecer. Saran terbaik tiap ketemu spbu adalah: SELALU PASTIKAN ISI FULL TANK BBM DI KENDARAAN ANDA! JANGAN PAKE DITUNDA DAN PAKAI BANYAK MIKIR, JUST DO IT! Lebih baik full bbm daripada gak tau dimana lokasi penjual bbm di jalan berikutnya! Ingat bro, belum tentu di jalanan berikutnya stok bbm masih ada!

Oya satu lagi, tidak semua spbu beroperasional 24 jam dan menyediakan alat bantu tambah angin, jadi jika anda akan melalui jalan yang jelas jaraknya jauh dari batas total bbm di tangki motor anda maka ada baiknya anda bawa 1 botol ukuran 1 liter dan sudah berisi bbm cadangan masbro, anda bisa masukin itu botol ke dalam tas plastik cantolin deh di handle tas dalam motor bebek/matik anda. Kalau bisa nih kalau bisa…jangan terus melaju di malam hari karena tidak ada spbu 24 jam di jalanan yang akan anda lewati tsb.

4. BENGKEL = Ingat masbro, kita pergi ke seberang bawa kendaraan sendiri. Ada beberapa tipe orang yang nekat bepergian dengan motor tahun lama, anggapannya mudah dirawat, kalau rewel juga gak akan separah beresin motor modern. OK ini ‘falsafah’ tiap rider memang beda, saya gak ikut campur soal itu. Tapi buat saya, mau motor lama kek mau motor baru kek, semua pasti berharap ada bengkel di perjalanan. Maka dari itu saya menyarankan anda setidaknya tau kondisi motor anda terlebih dahulu, kira-kira apa yang ada di motor anda yang mungkin akan habis masa gunanya di perjalanan setelah sekian kilometer! Ingat juga masbro, kalau matic sampe bermasalah itu ribetnya jauh lebih pusing-in daripada motor non matic bermasalah!

bengkel_touring

Tidak semua bengkel umum bisa beresin matic sampe ke dalam mesinnya apalagi soal cvt karena juga dibutuhkan alat tertentu untuk bongkar dan setel cvt lagi. Anda juga harus ingat, itu ban motor anda termasuk tubetype atau tubeless? Untuk ban tubeless sih mudah, cukup tambahin cairan anti bocor, kena bocor cabut paku-nya diamin bentar maka lubang akan tertutup dengan cairan tersebut…masalah beres. Tapi kalau ban tubetype kena bocor…siap” saja dorong motor sampe nemu tukang tambal ban. Anda bisa mencari keberadaan bengkel di internet cek apakah ada bengkel yang tersedia di jalanan yang akan anda lewati, cek juga apakah bengkel itu bisa beresin matic? buka dari jam dan sampe jam? hari besar atau hari nasional beroperasional atau tidak? Kalau bisa catat alamat n nomor teleponnya di hape anda. Ingat makin jauh kita pergi, oli butuh diganti diperjalanan.

5. ISTIRAHAT = Ini sangat penting masbro, jangan berasa sering olahraga, masih muda, lalu beranggapan badan akan selalu fit masbro. Saat kita nyetir, kita dihajar asap, udara yang tidak bersih, belum lagi angin, air hujan, panas, macet, emosi dsb. Maka dari itu baiknya anda pertimbangkan tiap berapa jam perjalanan nyetir motor anda akan berhenti untuk istirahatkan badan. Bagaimanapun motor anda juga butuh istirahat, ini bukan perjalanan touring rally padang gurun pasir.

indomaret

Saat istirahat, cek air radiator motor anda (bila ada) kalau kurang..tambahin coolant yang anda bawa (kalau bawa dikit), cek juga oli samping (kalau 2tak), cek juga tekanan angin di ban (kali aja kempes dikit), cek juga tangki bbm (kali aja sensor pelampung bbm gak beres).Β 

Adeeem hati abang ini dek 😍

Kalau bisa istirahat di spbu atau minimarket masbro, bisa numpang ngadem di kulkas minimarket sambil kenalan dengan karyawan minimarket yang cantik cantik muda belia itu (ya x aja ada yg masih single masbro). Saat istirahat, perbanyak minum untuk anda dan isi perut dengan cemilan. Saya menyarankan anda tidak makan nasi saat berhenti diperjalanan, karena nasi itu menyerap energi bukan memberi energi, memang memberi rasa penuh di perut tapi itu bukanlah energi dan hanya rasa kenyang sesaat aja tapi badan akan tetep lemes. Jadi daripada makan nasi dan bikin lemes ngantuk saat nyetir, lebih baik cari cemilan sehat masbro, contoh cemilan sehat: memandangi wajah cantik karyawan minimarket πŸ˜€ inget masbro…cantik itu harus perempuan tulen!

Ingat masbro, kalau udah ngantuk itu obatnya berhenti dan istirahat tidur bentar, bukan ngopi apalagi merokok masbro! Gak ada salahnya numpang tidur bentar di spbu ato minimarket asal gak keblablasan tidur selamanya, tapi pastikan kasih tau karyawan disitu supaya anda juga bisa terjaga.

Persiapan dulu sedia kebutuhan pokok motor sebelum touring disini masbro.

to be continue…

Iklan

4 thoughts on “Pertimbangan Touring Keluar Pulau – Jangan Disepelekan #1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s