Selamat Datang Honda Revo Fi – Apes Ngenes Diawal – Mujizat Kemudian

Namanya kehidupan, pasti ada naik turun rejekinya. Begitu juga dengan saya, setelah setahun tidak memiliki motor pribadi, berjuang berdagang beberapa bulan namun berkonflik dengan tukang parkir, belum lagi berjuang cari pemasukan untuk bayar bpjs tapi malah didobel pembayarannya, belum lagi hal hal lain di tahun lalu yang memang bikin rejeki susah dicari, ternyata di akhir tahun lalu sang PENCIPTA mendengarkan doa saya dan mengabulkan doa saya dengan susah payah menjadi nyata.

Singkat kata, 24 desember akhir tahun lalu, saya mendapatkan rejeki untuk meminang sebuah motor, bukan motor baru memang, saya juga baru tau saat bertemu langsung dengan pemiliknya kalau dia adalah pemilik kedua, sehingga jika kami transaksi, otomatis saya menjadi pemilik ketiga. Memang ini rejeki diluar nalar, dadakan pula, saya tidak terlalu berpikira panjang, situasinya juga memposisikan saya memang harus segera memiliki motor sendiri, dan setelah browsing di olx, saya temukan motor yang saya incar ada di semarang. Pagi sampai siang saya nego dengan pemilik motor itu, sempat agak alot negonya, dan akhirnya deal harga. Sorenya tanpa buang waktu saya memutuskan segera ke semarang, mau ngebis..ya elah pasti pake lama berhentinya, diputuskanlah ke semarang pakai travel.

Motor yang saya incar adalah motor dari brand HONDA, sebuah motor Revo Fit Injeksi keluaran 2014 yang sudah deal dilego dibawah 6 juta saja kepada saya. Sampailah di tkp indomaret sekitar jam 6 sorean, bertemu si pemilik motor, saya cek fisik motor, memang beberapa bagian fisik motor sesuai dengan foto yang sempat dikirimkan ke saya via whatsapp, namun saya juga temukan beberapa masalah fisik lainnya di tkp. Sempat coba pula pakai motor berboncengan dengan si pemilik (saya ajak dia) di seputaran indomaret itu, ya gak jauh sih cuma 400m bolak balik, saya ngerasain tenaga motornya memang nendang. Starter lemah, sampai balik di tkp, eh pengait pijakan rem belakang hilang saat testing.

Sempat saya nego lagi dibawah harga awal, karena saya lihat ini motor butuh biaya untuk diberesin. Si pemilik menolak, saya hitung hitung perkiraan biaya beresin ini motor, ya jatuhnya sama juga dengan harga pasaran revo fit 2014 jateng di kisaran 7 jutaan. Waktu sudah hampir jam 7 malam, dan saya pun memutuskan lanjut transaksi dengan harga awal yang disepakati di wa.

Surat surat lengkap, stnk, bpkb, faktur, tanpa copy ktp pemilik pertama. Saya baru taunya dia pemilik kedua saat saya interogasi di tkp dan ini sebenarnya gak jadi masalah utk saya, yang saya perhitungkan lebih ke biaya ngeberesin ini motor. Sayangnya kunci asli cuma sisa 1 doank. Singkat kata beberapa bagian motor ini memang tidak beres, dari pengamatan saya sudah jelas ini motor bekas kecelakaan, ya dari kondisinya bukan kecelakaan terlalu parah karena rangka juga tidak ada gejala bengkok, tidak ada bekas bekas pres body dsb, tapi beberapa bagian fisik luar dan body terlihat jelas memang dan itu yang saya hitung hitung untuk biaya ngeberesin ini motor.

Selesai transaksi, dengan kondisi motor yang bisa dikatakan gak beres, saya putuskan langsung pulang dari area terminal banyumanik. Saya isi bbm pertalite full di spbu pizza hut, dan melaju keatas arah keluar semarang, awalnya sih motor bisa ditarik gas lancar, memang agak berat dan berisik, dan lama lama kok tarikannya ngempos dan setelah jalan sekitar 10-12km saya bernasip apes….tenaga motor ini mendadak makin ngempos dan hilang. Beruntungnya saya, saya sempat menepi ke pinggir jalan saat motor mulai menunjukkan gejala gak beres sebelum dilibas kendaraan dibelakang saya. Berhenti, dicoba kick starter, dicoba electric starter….motor ini sama sekali tidak bernyawa…dalam hati saya… kampret! Mana hari udah malam, jam 7 malam lewat, bengkel pada tutup, masa saya harus dorong ini motor sampai kota saya!?

apes4

Sambil ngedorong dan berdoa semoga ada bengkel buka, saya putuskan berhenti di indomaret, saya coba otak atik ini motor masalahnya dimana, sempat cek busi, sempat cek aki, tidak berhasil hidup juga. Sempat nanya ke karyawan indomaret ternyata buka sampe jam 10 malam saja, hadeeuhh makin apes saya. Dalam pikiran saya, klo ini minimarket buka 24 jam saya bisa istirahat disitu sampe paginya untuk dapetin bantuan bengkel ato transportasi untuk angkut ini motor ke kota saya. Clingak clinguk kanan kiri sama sekali tidak ada bengkel buka.

Dengan semangat yang udah lemes, saya putuskan ngedorong ini motor sialan sekitar 3km dan saya temukan bengkel umum di pinggir jalan. Saya langsung ceritakan ke mekaniknya yg sekaligus pemilik bengkel itu, dia usahain ke aki, dari aki kering di motor dganti aki basah baru (saya terpaksa beli juga itu) tetep gak nyala, diganti busi baru juga gak nyala, kuras oli dan ganti oli baru juga tidak nyala. Makin saya kesal, ini motor kayaknya gak iklas banget saya beli! Padahal duit halal saya keluarin buat bayar ini motor!

apes1

Dibongkarlah ini motor, body depan, copot busi sampe cek klep, sampe dpancing semprot pake carbon cleaner, motor bisa dinyalakan, namun mengeluarkan asap putih yang cukup banyak. Dalam hati saya…. mampus nih…udah keluar asap, oli pasti bocor sampe ruang silinder…kampret…kampret banget…baru dibeli udah gni nasib motor ini! Saya sempat berdebat dengan ini mekanik, motor bebek ini mau diisi oli matic, belum lagi berdebat soal harga servis yang bisa mencapai 500rb dengan jaminan dibayar kalau motornya bisa dia beresin yang mana baru bisa beres keesokan sorenya. Saat itu waktu sudah mulai menunjukkan jam 8 malam, dan memang segala galanya sepi di area itu, pikir saya, saya keluarin duit 500rb itupun kalo mekanik ini berhasil ngebenerin ini motor sampe bisa jalan lagi, klo gak tidak perlu dibayar. Lah klo gtu saya tidur dimana malam itu? Memang di seberang bengkel 100m ada spbu pertamina 24jam, tapi saya sempat mampir tidak ada tempat untuk tidur. Hadeuuhh…bener-bener apes sial banget saya beli motor ini.

apes2

Dalam hati saya berdoa pokoknya saya lebih milih balik ke kota saya entah gimana caranya, mau ngedorong sampe kota saya juga gk masalah, pelan pelan x aja ada orang ngebantu di jalan. Sambil menghabiskan waktu liatin itu mekanik berusaha hidupin itu motor, datanglah 3 pengendara motor mampir di bengkel itu krn salah satu motor tahun 80an-nya si honda mengalami masalah kabel kopling. Saya sempat tanya ke salah satu dari mrk dari mana asalnya, dari temanggung mau ke semarang, lah ini satu jurusan ke kota saya, sempat saya nego dengan mereka, saya minta 1 diantara mereka anterin saya sampai parakan saja, saya bayar 100rb deh buat uang lelah, tapi mereka nolak. Kampret bener, apes banget saya! Niatnya mo hubungi temen di semarang, tapi sayangnya sudah gelap, dan karena juga kebanyakan kerja malam dan sudah berkeluarga saya rasa akan merepotkan mereka. Saya hubungi si pemilik motor tapi banyak alasan gak mau jemput saya dan saya gk bisa nitip motor di rumah dia dengan alasan dia mau touring keluar kota jam 1 malam….lah kampret kali ini pemuda!apes3

Tidak berapa lama kemudian, dari arah semarang, satu motor yamaha byson dengan seorang pemuda kurus masih usia 20an yang menyetir, memboncengkan perempuan muda seusianya dan anak kecil usia 3 tahunan mampir ke bengkel itu juga, ternyata ada masalah di karburator, saya cek memang itu motor tidak pakai filter, masalahnya ada di tarikan gas yang mbrebet. Saya ajak ngobrol sambil menunggu si mekanik ngeberesin motornya, si pemuda ini asal dari semarang dan akan menuju ke kota wonosobo. Duaarrr….seperti dapat pertanda mujizat aja, doa saya kok rasanya terkabulkan…ada orang yang searah dengan saya. Saya ceritakan kondisi saya dan si motor revo sialan ini, dan saya minta dengan memelas ke dia untuk bantu saya, tarik motor saya sampai kota parakan. Dia tidak pikir terlalu lama, dan demi kemanusiaan, dia menyediakan bantuan untuk saya.

Ketika dia jawab akan beri bantuan narik motor saya, dalam hati saya langsung berasa plong banget. Berapa sih kemungkinan ada orang mengalami masalah berhenti di tempat yang sama dan menuju ke arah yang sama!? Perbandingannya berapa coba?

Entah bagaimana saya ngejelasinnya, 2 minggu sebelumnya, saya seperti dapat firasat untuk membeli sebuah tali pengikat barang di motor. Pokoknya ini feel bener-bener seperti pertanda, kebawa ngimpi juga… Dan karena saya gak mau terlalu jadi beban, saya putuskan beli tali pengikat itu di sebuah toko online.

talipengikat

Harga dan ongkirnya juga tidak begitu mahal, kurang dari 70rb sudah dapat sebuah tali pengikat sepanjang 3 meter, ssetelah saya buka dan panjangkan, panjang aslinya 270cm atau 3 meter kurang 30cm. Dan entah mengapa sebelum saya ke semarang untuk meminang ini motor, saya juga udah feeling seperti diarahin harus dibawa juga ini tali pengikatnya. Dan bener banget ternyata semua terjadi, seperti udah direncanain jalan ceritanya harus sedih dulu di awal ya… Dengan tali ini dilingkarkan di bawah batok headlamp revo dan satu ujungnya diikatkan ke hand bar pembonceng byson, maka mulailah perjalanan kami ber-empat menempuh perjalanan dari jam 9 malam sampai jam 00.30 malam sampai di parakan dengan kondisi byson yang tidak begitu fit (mekaniknya gak beres!)

Si byson bener-bener dengan tenaganya yang kurang fit, masih mampu menarik saya dan si revo dalam perjalanan malam hari, dimana jalan tol alternatif tembusannya juga tidak diterangi lampu penerangan jalan, aki revo-nya soak sehingga sein yang saya nyalakan sebagai petunjuk kendaraan di belakang saya kadang hidup berkedip kadang mati. Jika anda pernah melalui perjalanan dari semarang ke parakan, anda pasti tau betapa berat perjalanan yang dilalui, jalanannya dilibas berbagai macam jenis kendaraan, dari roda dua sampe truk tronton masbro! Dan bener-bener perjuangan banget si byson menarik saya dan revo sampai akhirnya selamat sampai parakan.

apes6

Itu adalah pengalaman pertama saya, punya motor ngeselin, mati total dan harus ditarik sepanjang kota yang dilalui. Memang mengesalkan, tapi disisi lain ini ibarat jalan cerita yang sudah dipersiapkan sang Pencipta, semua sudah direncanakan dengan seksama, doa saya juga dikabulkan. Dan dari peristiwa itu saya mendapat teman baru, mereka berdua sudah saya anggap pahlawan, masih muda belia 20tahunan, mau memberi bantuan ke saya yang baru dikenal gak sampe 15 menit di sebuah bengkel umum. Dan sewaktu berhenti di minimarket di parakan, kami istirahat sebentar sambil ngobrol, cuaca sudah gelap, dingin, dan mereka memilih meneruskan perjalanan ke wonosobo walau sudah saya tawarkan untuk istirahat menginap di rumah kontrakan adik saya di parakan. Saya kagum dengan pemuda ini, dan saudaranya perempuan yang selama perjalanan dari semarang – ketemu saya – narik saya dan revo – dia menggendong ponakannya perempuan yang berusia 3 tahun. Saya terharu saat si pemuda ini mengatakan alasan mereka ke wonosobo karena nenek mereka meninggal dunia, dan satu saudaranya ada acara perayaan lahiran anak. Dan yang makin membuat saya agak kaget adalah mereka juga seperti merasa harus berangkat setelah magrib dari semarang, walo sebelumnya mereka inginnya berangkat lebih awal. Well…mungkin ini yang dinamakan jodoh, saya hutang budi dengan mereka, saya anggap mereka saudara baru. Di saat kesulitan di luar kota ada yang berbaik hati memberi bantuan sejauh itu kepada saya.

beli motor baru dapat diskon gede plus gratis ongkir

Hehehe mungkin karena kami di awal juga keburu jadi kami tidak saling kenal nama masing-masing. Barulah ketika sudah istirahat di minimarket parakan, baru tau nama masing-masing dan kami saling bagi nomor hp. Saya bukan tipe orang yang lupa bantuan orang, jadi kelak saya balik ke semarang bayar pajak motor/mutasi, saya akan temui mereka di rumahnya. Mereka sudah ibarat saudara baru untuk saya.

Dan akhirnya waktu mulai menunjukkan jam 1 malam, kami harus berpisah di sebuah pertigaan parakan, saya berterima kasih dan mereka memutuskan lanjut perjalanan, sedangkan saya masih harus mendorong revo sialan ini sampai kontrakan adik saya sepanjang 500m.

Saya masih ingat bengkel umum kecil itu, dari cara si mekanik ngeberesin motor saya dan si byson, saya asumsikan ini mekanik tipikal ngakali orang, alias doyan nipu, gak jujur. Maka dari itu daripada saya kelamaan disitu, saya berdoa supaya kuat dorong motor sampe kota parakan atau dibantu orang. Doa saya dikabulkan, dan saat ini saya sudah blacklist itu bengkel kecil yang ngakalin motor saya. Bengkel kecil deretan lapak kayu di seberang kanan jalan jika anda masuk dari arah terminal bawen ke semarang, ya sekitar 10km-an, letaknya 100m sebelum spbu kiri jalan.

Sekali lagi, pertanyaan sederhana:

Berapa persen atau berapa perbandingan anda ditolong orang baik di kota asing / luar kota dimana anda tidak bisa menemukan bantuan lain untuk solusi masalah anda? Pernah menemukan orang baik yang mau memberi bantuan menarik motor susah payah anda sampai 3 jam perjalanan dan iklas tidak mau diberi imbalan apapun?

Pelajaran / hikmah dari peristiwa ini adalah:

1. Jangan melakukan transaksi beli kendaraan saat sudah mulai gelap dan di hari yang dekat dengan hari libur nasional. Sebisa mungkin sudah beres cek kendaraan yang akan anda beli sebelum magrib, ya atau sebelum jam bengkel tutup agar jika anda menemukan masalah mesin, anda bisa mendapatkan pertolongan dengan mudah.

2. Berdoa itu ada manfaatnya, sang Pencipta tidak pernah meninggalkan umatnya dalam kondisi apapun. Mujizat itu nyata. Dan mungkin ini adalah mujizat doa paling cepat dihantarkan ke sang Pencipta dan dikabulkan. Mungkin traffic doa malam itu lagi gak banyak antrian jadi doa saya masuk duluan untuk diproses 😀

3. Iklasin aja duitnya…selama kendaraan yang dibeli masih bisa diberesin. Kalau emang tertipu banyak, gak jujur, gak mau balikin duit…bawa ke jalur hukum selama ada bukti transaksi dan perjanjian.

Daripada kelamaan cari motor second sekalian aja beli motor baru diskon gede gratis ongkir gratis asuransi lah tau gnian saya dah beli disini masbro.

Thanx untuk olla ramlan dengan senyum manisnya membuat saya ikhlas 😀 hehehe

olla

to be continue…

16 thoughts on “Selamat Datang Honda Revo Fi – Apes Ngenes Diawal – Mujizat Kemudian

        1. Ni juga krn terpaksa masbro…pas di bongkar total baru ketahuan isi mesinnya amburadul, jadilah 2x oversize 0.75 dan skrg 1.00. Bahahaha..

          Pengapian dah dmodif, bbm jg dinaikin oktannya, aki motor 2, peleg juga dah ganti. Ntar juga nyusul artikel kelanjutan revo fi ini masbro. Lg dsiapin aja hehehe

          Suka

  1. waah.. boleh di tunggu kedatanganx… apalagi wilayah Ntb juga Ntt… bagus bagus.. valentino rossi aja kemarin itu datang ke labuan bajo ntt… hehehehe…
    enak posisinya buat touring dari jawa-bali-lombok-sumbawa-dompu-bima-labuan bajo-sumba-kupang-flores- papua…hehehe…
    full touriing…..

    pasien.? mas ferry dokter.?

    Suka

  2. Amin Allahuma aamin… mkasih kawan…
    murah itu.. ada teman saya beli seken thun 2015 klo gk salah dpat skitar 20 juta lbih ninja rr..
    ia kalo untuk kita yang bihnis cari yang irit irit aja..hehehe..
    di tunggu review nya tentang revo fi kawan..
    salam kenal dari kota Bima – nusa tenggara barat..

    Suka

    1. Yoi murah barang gress 100% pajak hdp cuma ya itu oli samping.

      Oh dr bima, saya ada pasien org bima n kebetulan saya rencana touring k ntb ntt. Moga kapan hari boleh mampir ketempat anda masbro 🙂

      Suka

  3. 8 juta ninjaa rr.?? murah bgt….
    btw saya senang baca artikel jupi z1.. inspirasi buat jupi z1 saya.hehehe…
    oia jangan lupa revo fi nya di kasih yamaha carbon cleaner… biar joss…..

    Suka

    1. Ninja 150rr 2014 8jt milik org satu kota disini masbro, gk dbeli krn perawatan gk masuk kantong lg apalagi skrg saya lbh fokus jrk jauh masbro jd mikir juga ketersediaan oli samping d daerah terpencil.

      Utk revo dr prtama isi dspbu udah masuk stp carbon cleaner hehehe soalnya dbawa dr rmh 😀

      Rajin isi stp fuel maintenance n fuel booster 🙂

      Moga jupi z1 masbro awet

      Suka

  4. luar biasa kisahx.
    … btw… motor jupi z1 dh di jual ya.?
    knapa gk ambil f1zr kawan.? lebih murah hargax.. juga kualitas mesin 2 takx…

    Suka

Tinggalkan Balasan

