Review Oli Castrol Power 1 10W-40 vs Oli Total Hi Perf 10W-40

Beberapa tahun terakhir saya mulai menulis tentang kesan kesan pengalaman pribadi saya menggunakan beberapa motor dan beberapa oli motor berbeda. Semuanya saya tulis apa adanya kelebihan dan kekurangan oli motor tersebut di blog ini. Sebagian diantara pembaca mungkin merasa mendapatkan opsi untuk pelumas yang lebih pas di mesin motor mereka, sebagian lainnya lebih suka membicarakannya saja. Tidak jadi masalah untuk saya, toh saya juga menulis tidak untuk jualan.

Kali ini saya akan mengulas dua oli yang pernah digunakan di motor saya, jupiter z1 injeksi 2014. Mengapa saya mengulas dua oli ini daripada oli lain yang pernah digunakan? Karena kedua oli ini sudah berhasil mencuri hati saya dan memiliki performa yang sangat baik untuk motor saya saat itu.

totalcastrol

Untuk motor jupiter z1 injeksi 2014, pertarungan ketat oli terjadi diantara dua oli yang bener-bener greget dengan karakter saya berkendara, yaitu oli: Castrol Power 1 Gold Bottle 10W-40 VersuS Total Oil Hi Perf 10W-40. Tiap oli ini bener-bener bersaing ketat mendapatkan tahta raja nomor satu saat itu. Saya bener-bener terpukau dengan performa kedua oli ini, kedua oli ini memang sudah telak mengalahkan oli lain yang pernah dipakai di motor ini.

Membandingkan langsung kedua oli tersebut diluar harga yang diterapkan, juaranya sudah pasti adalah TOTAL OIL HI PERF 10W-40 yang berhasil membuat CASTROL POWER 1 GOLD BOTTLE bertekuk lutut.

beli oli murahnya disini masbro – gratis ongkir seindonesia!

Mengapa bisa demikian? TOTAL OIL HI PERF memiliki ciri khas yang jauh lebih baik diatas castrol power 1 gold bottle khususnya pada faktor:

1. PEAK PERFORMANCE.
TOTAL OIL HI PERF mampu memberikan performa medium to high performance yang sangat sangat smooth, lancar, bertenaga, akselerasi sangat bagus dan memberi daya putaran gas yang lebih dari yang saya bayangkan dibandingkan castrol power 1 gold bottle.

totalcastrol2

Dengan karakter berkendara ala saya, TOTAL OIL HI PERF mampu mudah beradaptasi dan seperti sejiwa dengan saya. Kondisi ini saya dapatkan saat memasuki jalan pringsurat ke ambarawa dan sebaliknya jalanannya luas, panjang, memiliki belokan dan beberapa kondisi kontur jalanannya naik turun aspal halus, jupiter z1 injeksi 2014 milik saya saat itu dengan gabungan busi bosch iridium sanggup melawan satria 150, vixion, vario 150 dengan mudah (bbm pertamax). Kekuatan oli total ini kalau dikatakan versi saya dia ibarat mudah banget ditarik melaju jaooohhh meninggalkan motor lain karena nge-gasnya bener bener enak dan liar. Oli lain belum bisa memberikan rasa liar ke saya saat berkendara dengan motor ini. Saya sangat amat terkesan dengan oli total ini dan jujur saya juga kesulitan mengendalikan jupiter z1 injeksi karena oli ini mengeluarkan performa liar. Dan ini membuat pengalaman saat itu menjadi sangat berkesan di benak saya dan susah dilupakan dan ingin saya ulang kembali.

Jupiter z1 injeksi saya dengan oli total memang menjadi liar setelah berjalan diatas 50km oli ini ibarat hewan buas yang dilepaskan ke alam liar. Saya tidak asal ambil kata yang memuji, tapi faktanya demikian, saya benar-benar sulit mengendalikan motor saya saat bertarung dengan satria 150, vixion dan vario 150 di sepanjang jalan itu. Feeling saya motor ini bisa liar juga karena fairing-nya juga mendukung untuk melibas angin dengan sangat baik. Menggeber gas diatas 100kpj dengan oli total itu sangat mudah didapatkan apalagi saat mesin dan oli ini sudah memasuki peak performance-nya!

totalcastrol5

2. AKSELERASI = Untuk akselerasi, keduanya agak berbeda dikit. Oli castrol akselerasinya sudah nampol saat pertama kali mesin dihidupkan di kondisi suhu dingin ataupun suhu panas, akselerasinya bagus apalagi jika dipakai dalam perkotaan. Namun saat sudah mencapai kondisi peak performance, cuaca panas, mesin juga panas, kadang saya temukan ada pengurangan akselerasi kalau tidak pintar memainkan putaran gas, akselerasinya hampir stagnan atau gak ada kemajuan, tapi tenaga tetap bagus, ini anomali yang saya rasakan. Sedangkan oli total, performa dia di suhu dingin tidak langsung sebaik castrol, perlu waktu beberapa km berjalan baru performa oli ini sudah bisa dirasakan siap nongol ke permukaan. Sedangkan saat suhu panas, mesin juga sudah panas, oli ini jauh lebih baik daripada castrol karena mampu mempertahankan akselerasi dan performa tenaga yang wow, plus putaran gasnya menjadi lebih ringan. Bedanya memang di suhu dingin castrol pemenangnya, di suhu panas…oli total mengambil alih singgasana.

totalcastrol3

3. STABIL = oli ini mulai saat kondisi mesin dingin bahkan di subuh hari pun dia sudah siap memberikan performa, mesin mudah dihidupkan dengan kick dan electric starter. Saat melibas suhu dingin dan suhu panas, cuaca panas dan hujan oli ini bener bener stabil banget walau saya geber diatas 100kpj tidak ada penurunan performa saat kondisi cuaca berubah cepat. Tapi oli ini punya ciri khas di motor saya, dia bener-bener sudah liar jika sudah saya gunakan minimum 50km mesin sudah dalam kondisi panas siap tempur, oli juga sudah di kondisi siap ke peak performance dan performa liarnya bener bener berasa diatas 75kpj. Akselerasinya bener-bener nampol, tarik gas dikit dah bikin badan saya ketarik sedikit kebelakang. Tenaga yang disalurkan pun stabil tiap putaran gas diputar.

4. REDAM PANAS DAN GETARAN = Oli ini menang tipis dari castrol power 1 gold bottle untuk hal ini, ini saya bener-bener rasakan di jalur perjalanan diatas tersebut yang mana juga si castrol juga pernah merasakan jalur perjalanan itu juga, tapi oli total lebih baik dalam kemampuan redam getaran dan panas, dan ini sangat berasa saat digeber diatas 100kpj si jupi z1 injeksi ibarat jalan di awan awan….sooo smooothh..getarannya gak berasa. Kondisi ini bisa didapatkan setelah oli ini mulai memasuki peak performance-nya (ini bahasa saya – minimum 50km berjalan), saat mesin jupi masih belum pas banget, mau dtarik gas sedalam apapun getarannya masih berasa. Castrol power 1 gold bottle itu dari analisa saya, dia agak berat dikit tarikan gasnya setelah dipakai jalan sekian km dan performanya hampir mentok saat mesin jupi sudah panas dan akselerasinya berkurang kalau tidak pintar memainkan putaran gas, tapi kalau oli total saat mesin jupi sudah panas, oli ini tidak mau kalah, dia tetap memberikan performa terbaik, gas lebih ringan, getaran sangat minim, putaran gas berasa lebih banyak dan akselerasinya gak berkurang, peak performance top speednya bener bener worth it banget!

totalcastrol4

Tidak semua oli memiliki performa yang baik saat digunakan di kendaraan yang melibas berbagai cuaca dan suhu yang aneh aneh. Sejauh saya pernah pakai beberapa oli, hanya dua oli ini yang memiliki ketangguhan melibas suhu dan cuaca indonesia yang aneh aneh berubah cepat dengan sangat baik. Perbedaannya memang tipis diantara kedua oli ini, tapi dari rasa dan peristiwa yang saya dapati sendiri, untuk anomali cuaca, memang masih dipegang juaranya oleh oli castrol power 1 gold bottle, ini sudah saya buktikan sendiri saat bepergian ke pangandaran dengan jupi z1 injeksi. Entah mengapa untuk melibas cuaca hujan, suhu dingin, lalu kembali ke cuaca panas, oli castrol power 1 gold bottle memiliki kemampuan lebih stabil saja daripada oli total, tipis banget bedanya tapi kalau sudah pernah mencoba beberapa kendaraan dan beberapa oli pasti akan ngerasain bedanya.

Untuk saya pribadi, TOTAL OIL HI PERF 10W-40 dan CASTROL POWER 1 GOLD BOTTLE 10W-40 sudah bisa memberikan performa lebih dari layak di motor jupi z1 injeksi saya. Keduanya benar-benar memberi hasil sangat baik dan berkesan. Lebih mudah menemukan oli castrol tersebut daripada oli total, tapi sulitnya mendapatkan oli total untuk saya pribadi berhasil ditebus dengan hasil performa liarnya dan kesan yang mendalam saat saya berkendara dengan motor jupi z1 injeksi tersebut. Dua duanya memberikan gambaran menyeluruh performa yang jelas ada perbedaan satu sama lain, dan untuk oli dengan viskositas 10w-40 diantara semua oli yang pernah saya pakai di motor non matic saya, dua oli ini bener-bener layak dijadikan idaman.

Kalau saya diminta memberikan 1 kata yang tepat untuk TOTAL OIL HI PERF 10W-40, maka saya akan memberikan penilaian kata: LIAR! Ya oli ini benar-benar bikin motor saya jadi liar setelah memasuki peak performance.

beli oli murahnya disini masbro – gratis ongkir seindonesia!

Kedua oli ini pastinya akan saya gunakan lagi, kebetulan kemarin beli oli lain untuk diuji coba di motor saya, ke depannya motor saya akan diuji juga dengan oli castrol power 1 gold bottle dan total oil hi perf 1w-40 dan saya benar benar gak sabar menantikan petualangan selanjutnya! Beli oli murahnya disini masbro – gratis ongkir seindonesia!

Salam.

2 thoughts on “Review Oli Castrol Power 1 10W-40 vs Oli Total Hi Perf 10W-40

Tinggalkan Balasan

