Ujian Teori SIM C – Waspadalah

Melanjutkan artikel mengenai bikin sim c online yang dapat anda baca disini, kali ini saya akan melanjutkan *telat* artikel serupa yang lebih mengulas tentang ujian teori sim c.

Seperti saya tulis di artikel sebelumnya, bahwa sim c saya sudah mati 1 tahun, mau perpanjang belum ada duit, apesnya lagi pas mau diperpanjang sudah masuk aturan baru dimana sim yang sudah telat 1 haripun kena pembuatan sim baru tidak lagi masuk kategori bisa diperpanjang. Perbedaan antara memperpanjang usia sim c dan bikin sim c baru ada di ujiannya, kalau perpanjang sim c lama kita tidak perlu ikut ujian lagi, sedangkan untuk bikin sim c baru ya…nasib…ikut ujian lagi.

ujiteorisimc7

Pada tanggal 22 Des 26 saya datang pertama kali ke kantor polisi untuk membuat sim c baru. Dan saat giliran saya mulai ujian praktek, ternyata saya gagal, nilai saya 17. Saya kaget loh kok bisa gagal? Akhirnya saya terima saja dan saya diberi kesempatan kedua 1 minggu berikutnya. Tanggal 29 Des 16 saya pun datang, antri dan akhirnya dipanggil untuk ikut ujian teori kedua. Dan saya berhasil mengalahkan ujian teori sim c dengan nilai 90 (gak enak sih klo saya seriusin ngerjain soal teori dng nilai 100 ntar dikira kepintaran 😀 ).

Berikut adalah pamer gambar nilai ujian teori saya bahahaha 😀

ujiteorisimc2
Nah ini saya sharing kepada anda yang bernasib serupa dengan saya ikut ujian sim c untuk mendapatkan sim c baru. Mengapa sih bisa gagal pertama kali? Kebanyakan orang gagal ujian teori pertama kali karena biasanya ada tipikal orang yang memiliki cara respon otak berbasis auditorial dan ada yang visualistik.

Audiotorial = Orang yang memiliki karakteristik belajar dan merespon dari apa yang dia dengar.

Visualistik = Orang yang memiliki karakteristik belajar dan merespon dari apa yang dia lihat.

ujiteorisimc4

Nah saya ini ketika mengerjakan ujian teori pertama kali, saya lebih terpaku pada apa yang saya dengar di audio headset yang digunakan. Untuk anda yang belum pernah ujian teori sim c, anda akan diberikan satu komputer yang dimana monitornya sudah support touchscreen mirip anda pakai smartphone jadi anda bisa memilih jawaban dengan cukup menunjuk jawaban yang anda inginkan di layar monitor dan perintah perintah ke soal berikutnya cukup sentuh layar monitornya, selain itu anda juga akan menggunakan headset dimana gunannya untuk mendengarkan petunjuk soal dalam bahasa indonesia. Di kantor polisi tempat saya ikut ujian, terdapat 10 komputer untuk peserta uji nyali 😀

Jadi pola mengerjakan soal ujian teori sim c korlantas polri itu dari yang saya amati dan analisis dia lebih mengedepankan obyek daripada audio yang kita dengarkan.

ujiteorisimc

Contoh Soal:

1. Anda melihat pengendara motor berwarna merah di monitor, dan dia akan melalui sebuah pertigaan dengan salah satu ada zebra cross dan si pengendara ini tidak mengurangi kecepatan motornya.

Di audio headset anda akan mendengarkan versinya kira-kira spt ini:
Saat hendak akan melalui zebra cross, dan terdapat penyeberang jalan yang hendak menyeberang, kita harus mengurangi kecepatan kendaraan dan memberikan kesempatan orang untuk melalui zebra cross terlebih dahulu. Benarkah tindakan pengendara motor merah?

Dengan kondisi soal diatas, jawaban yang benar adalah: SALAH.
Petunjuk soal audionya memang benar, tapi…obyek yang kita lihat melakukan tindakan yang berlawanan yaitu mempercepat kecepatan motornya. Maka dari itu jawaban yang benar adalah Salah. Nah saya waktu pertama kali ikut ujian teori sim c ini, saya jawabnya Benar, karena saya mendengarkan petunjuk audionya sambil lihat animasi di monitor, yang saya tangkap adalah kita ini memilih mana hal yang benar antara audio dan animasi, dan saya lebih sering mendapat hal petunjuk benar di audio dan animasi berlawanan tapi saya merespon benar di audio sehingga pertama kali ujian sim c saya dapat nilai 17 alias tidak lulus 😀

ujiteorisimc6

Untuk mendapatkan kelulusan ujian teori sim c, kalau tidak salah sih (CMIIW) kita minimal harus mendapatkan skor 70% dari total 30 pertanyaan yang diberikan. Polanya adalah sekali kita menjawab, kita akan diteruskan ke soal selanjutnya, tidak bisa back/kembali ke soal sebelumnya, tapi kita bisa skip/melewati terlebih dahulu soal yang dirasa sulit dan soal yang di skip itu akan muncul kembali bila soal soal lain sudah dijawab.

Saran saya, anda benar-benar dengarkan audio tapi jangan sampai anda kecolongan lebih fokus ke soal petunjuk audionya, karena soal ujian teori sim c ini ternyata jawabannya lebih ke obyek/animasi yang muncul. Jadi hampir mirip mirip menipu konsentrasi sih kalau kita tidak fokus.

Jadi jika anda masih ikuti pola tes ujian sim c di website korlantas mabes polri, mungkin itu sudah tidak pas lagi dengan kondisi ujian teori sim c yang ada saat ini.

ujiteorisimc3

Setelah anda lulus ujian sim c, anda cari petugas jaga tes di ruang tersebut dan berikan keterangan nilai anda atau keterangan anda lulus atau tidak, petugas akan cek dari nomor ujian millik anda. Jika anda lulus, anda akan mendapatkan kertas bukti kelulusan dan dilanjutkan ke lapangan untuk ujian praktek. Jika anda belum lulus ujian teori maka anda akan diberikan kertas yang berisi informasi 1 minggu ke depan anda ikut ujian ulang di tempat yang sama.

Waktu yang dibutuhkan untuk menjawab 30 pertanyaan soal teori tidak lebih dari 18 menit (versi saya). Oya satu lagi, anda kerjakan soal ujian teori milik anda sendiri, tidak perlu contek peserta lainnya, percaya deh setiap peserta itu dapatnya soal random alias gak berurutan soalnya.

Di gedung yang sama, saya menemukan dua motor laki yang masih belum dirakit ini itunya, sepertinya ini motor untuk perlengkapan uji praktek dalam ruangan? Yang mirip mirip kasus pengadaan perangkat uji sim c yang tersandung masalah korupsi itu loh bbrp tahun lalu? CMIIW.

ujiteorisimc5

Selamat berjuang, nyalakan nyalimu.
bah…iklan pula ini…. hehehe 😀

Untuk artikel ujian praktek… coming soon.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s