Review Ekspedisi Wahana – Ekspedisi Brengsek!

Halo juragan….

Ijinkan saya nongol lagi, menuliskan pengalaman pribadi menggunakan ekspedisi/logistik yang beroperasi di Indonesia. Kali ini yang akan menjadi bahan obrolan adalah ekspedisi Wahana yang memiliki alamat website di http://www.wahana dot com.

wahana4

Sekitar 3 bulanan terakhir ini, saya melakukan belanja online yang dikirimkan ke rumah saya. Belanja online bukan karena saya lagi banyak duit, tapi melainkan ini pesanan orang yang diminta pesankan melalui akun milik saya.

Singkat kata sudah 4x saya menggunakan jasa wahana ini, semua dari transaksi toko online. Sebelum berlanjut soal plus minus ekspedisi ini, saya sharing dulu mengapa saya memilih wahana:

wahana5

Alasan saya memilih ekspedisi wahana:

1. Harga ongkir lebih murah.

Belanja pertama kali di tokopedia pakai vocer/kupon: TPFER3ITFQ
dapat cashback Rp.30.000 hanya untuk kamu!

Ekspedisi ini sudah agak lama saya dengarnya sih, udah lebih dari 5 tahun x dari jaman dulu saya pernah order perangkat IT di yogya, dan kebetulan salah satunya dikirim dengan wahana. Kalau tidak salah sih dulu ada ya kantornya di babarsari jogja cuma saya belum pernah kesana, kebetulan aja pas dulu pesan barang dikirimnya pake wahana. Sejak itu gak pernah lagi pake wahana sampai 3 bulanan ini. Entah itu wahana yang sama dengan wahana yang saya pakai sekarang ini atau berbeda, yang jelas lokasinya di babarsari jogja.

wahana3

Berbicara mengenai sisi PLUS ekspedisi Wahana dari pengalaman pribadi saya:

1. Harganya murah gila! Harganya berani bersaing dengan ekspedisi lainnya, dari semua ekspedisi yang pernah saya pakai di indonesia, sejauh ini ekspedisi wahana paling murah. Yang bikin saya kaget, bahkan harganya jauh lebih murah per kilogramnya dibandingkan pos indonesia ke beberapa wilayah kota di indonesia, seperti gambar brosur yang saya dapatkan ini langsung di agen wahana saat saya cek paketan saya. Bahkan JNE, RPX, Nex, TIKI, J&T Express pun kalah harga! Barang 1.4kg dari jakarta dikenakan 28rb, barang 2kg dari cirebon dikenakan biaya 24rb, barang 1.5kg dari jakarta dikenakan 28rb.

wahana1

2. Plus kedua adalah tentang jenis barang yang bisa diterima dan dikirimkan. Wahana selain menerima barang umum, juga bisa menerima barang jenis berbahaya seperti cairan dan gas. Ini saya buktikan sendiri saat saya mengorder produk cat semprot kalengan dan hanya bisa dikirimkan dengan wahana. Juga saat saya order cairan pelapis cat juga hanya bisa dikirim dengan wahana.

3. Kelebihan selanjutnya dari versi saya adalah jam operasional penerimaan paket baru juga panjang, sampai malam hari, saya pernah tanya ke agennya, kebetulan yang sedang jaga anaknya perempuan yang cantik jelita πŸ˜„ ternyata jam bukanya sampai jam 8 malam, mungkin ini juga karena ruangannya juga dipakai untuk usaha laundry sih. Beda mungkin kalo kantor agennya 100% untuk operasional ekspedisi.

wahana2

Sejauh ini sih cuma itu aja kelebihannya, tentang point 1 dan 2 diatas itu yang bisa dikatakan membuat saya senang karena gak seribet ekspedisi lainnya yang jualan jasa antar propinsi.

Baca Juga: Perusahaan Jasa Ekspedisi Telat Hantar? Anda Bisa Ajukan Somasi!

Tentu dibalik sebuah nilai plus selalu ada keseimbangannya, yaitu sisi kekurangannya. Setelah beberapa kali menggunakan jasa wahana, saya menemukan sisi kurangnya sbb:

1. Lama! Ya, ini adalah resiko pakai ekspedisi yang lebih mengandalkan pengiriman darat. Oleh karena itu mayoritas harga wahana memang murah. Harga memang harus ditebus dengan waktu hantaran yang mencapai 1 minggu. Saya pernah cek ke agen di hari ke-6 pun barang belum sampai juga, karena terlalu lama di hold di kota tetangga. Minimum waktu serah paket 1 minggu gak pernah bisa lebih cepat dari itu.

2. Kurang Agen! Ya, saya baru menemukan keberadaan 1 agen wahana saja, yang letaknya sekitar 2km setelah lokasi rumah saya, ya dari kantornya J&T Express masih sonoan jauh lagi dah.

3. Pelacakan Payah! Ini benar benar bikin saya kesal. Dari pertama nomor resi sudah dapat dilacak sampai barang diterima, saya hanya menerima 3 status pelacakan di webnya, yang statusnya spt ini: Barang Diterima dan Diperiksa, Barang Diproses Kirim, Barang Diterima Penerima. Nah setiap paket berpindah lokasi, tidak ada update status lokasi terkini dimana paket berada, ini yang bikin saya deg deg-an. Gimana bisa tau perkembangan terkini paket kalau sampai lokasinya aja gak diketahui? Bahkan ketika paket sudah sampai di agen kota saya pun tidak ada update statusnya! Barang keluar dari agen dihantarkan ke saya pun tidak ada update statusnya!

Update: 20/2/2017.

  • Barang yg dikirim tanggal 11 Feb 2017 sampai detik ini saya update artikel ini pun belum sampai ke alamat saya. Artinya, ini pertama kali Wahana keluar dari batas waktu penghantarannya 1 minggu. Yang seharusnya diserahkan tanggal 18 Feb sekarang tangal 20 Feb belum dihantarkan juga!

wahana18feb

Update 23/2/2017:

  • Pertama kali saya kirim paket sendiri ke wahana dikirim tanggal 17 Feb 2017 sampai detik ini tanggal 23 Feb 2017 saya update artikel ini pun belum sampai ke alamat penerima di wilayah purwodadi jateng.

wahana_17217

Di resi pengiriman tercantum batas hantarannya (leadtime) adalah 4 hari tapi pagi ini sekitar 20 menit lalu saya datangi agen wahana disini di cek ternyata paket yang saya kirim masih nyantol di Yogyakarta…eladalah….ini kota kan alurnya ikut semarang kenapa masih nyantol di jogja?

Update 26/2/2017:

  • Paket diatas yg saya kirim tanggal 17 Feb 2017 masih juga belum sampai ke penerima di purwodadi, grobogan. Malah hebatnya lagi, di web wahana status yang sudah jelas mulai keluar dari semarang tanggal 23 Feb 2017 diganti dengan update tanggal sbb
    2017-02-26 20:44:44 Dalam proses pengiriman ke kota tujuan

Update 28/2/2017:

  • Paket yg saya kirimkan tgl 17 feb 17 ke purwodadi grobogan baru selesai dihantarkan tanggal 28 feb 17. Ini artinya leadtime hantaran 4 hari wahana ke purwodadi menjadi 11 hari untuk barang seukuran amplop medium dng berat gak sampai 100gram. Artinya wahana sudah sangat fatal gagal total memenuhi waktu hantaran yang wajar dan normal selama 4 hari yang dicetak di resi.
oli motor murah asli berkualitas free ongkir plus voucher 25rb cek disini masbro

Well, dari update ini dan pengalaman pertama kali saya pakai wahana kirim sendiri paket ke orang lain, yang saya dapati adalah KEKECEWAAN. Barang yang seharusnya sudah diserahkan dalam 4 hari sekarang sudah masuk hari ke-6 malah masih di jogja padahal kota tujuan masuk wilayah semarang kabupaten! Dan baru di hari ke 11 paket saya selesai dihantarkan ke penerima. Anjrit! 😬

Sekali lagi jika anda mau pakai ekspedisi wahana, saya hanya bisa katakan…. BERSABARLAH….dan harap lebih BERSABAR… lemotnya bukan main mereka kirim paket! Untuk saya…ekspedisi ini NOT RECOMMENDED BANGET UNTUK ANDA YANG BUTUH KECEPATAN DAN KEPASTIAN!

Update 12/11/2018:

  • Satu satunya agen wahana di kota saya, sudah RIP. Tidak lagi beroperasi sejak awal bulan November 2018. Di satu sisi saya ber-empati untuk si agen, di sisi lain bukan salah konsumen tapi lebih ke manajemen ekspedisi itu sendiri. Karena kalau memang memperbaiki pelayanan, konsumen akan menaruh trust, jadi semua bukan soal harga layanan yang murah semata, percuma murah kalo pelayanannya ga optimal.  Dengan perbaikan pelayanan, konsumen pun mau pakai jasa, ada trust berkelanjutan, agen pun dapat  untung repeat order yg berkelanjutan juga. Betul!? 😊

Tambahan;

  • Mohon tidak bertanya dimana paket wahono milik agan di komentar, saya bukan cs-nya wahono gan! Silahken bertanya langsung ke pihak wahono aja ya gan πŸ˜€

Salam.

SEKERAS-KERASNYA KATA-KATA YANG SAYA GUNAKAN, MASIH JAUH LEBIH BAIK DARIPADA MEREMEHKAN PELANGGAN JASA ANDA DAN MEMBAWA KERUGIAN PELANGGAN DI RANAH HUKUM!

Iklan

135 respons untuk β€˜Review Ekspedisi Wahana – Ekspedisi Brengsek!’

  1. Untuk paketan sepulau dia ngantar pakai andong, ke luar pulau pakai perahu dayung. Paket saya dari udah 12hari dari jakarta ke samarinda nyasar ke HUB Jawa 2 terus ke HUB jawa 6. Dan stag di situ2 aja πŸ˜….
    Gak kebayang kalau wahono jadi ojol. Nganterin anak sd pulang sekolah, eh sampai rumah udah jadi bapak2 tu anak Sd πŸ˜‚

    Suka

  2. Biasanya kalau paket dilacak gak bergerak dia pake pihak ketiga. Kalian masuk aja ke web wahana dan cari no cs wahana dimana tujuan si paket. Kalau kalian kirim dari jakarta ke surabaya berarti cari no WA si cs wilayah surabaya. Kenalin aja siapa kalian dan sebutin no resinya dan tanya aja apa pake pihak ketiga kalau iya minta aja resi si pihak ketiga itu

    Suka

  3. Pengalamanku beda loh, pesan via tokopedia dari Surabaya ke Bandung pake kurir Wahana, pesan tgl 7/8-18 sampai alamat tgl 9/8-18, … Amazing, cuma 2 hari bro, Sby-Bdg !!!… semoga bisa makin baik Wahana.
    no resi: ALA84551

    Suka

  4. Gw kirim brasso dr jkt ke sby parah euy… separo isi 1 dos bocor padahal dah pake bubble. Kasar parah.. kalo barang bukan cairan dan bukan pecah belah dan ga butuh urgent boleh lah pake ini ekonomis. Tapi barang penting dan resiko tinggi yg butuh aman dan cepet ga saran deh pake wahana, JNT the best klo butuh akurat aman dan cepat walau ga murah.

    Suka

  5. anjriiit, pantesan udah 1 minggu lebih gak nyampe, ane kirim dari jakarta ke solo, udah 1 minggu di tracking masih proses pengiriman di jakarta kan kampreeet. gak kluar2 dari jakarta, sumpah kecewa ane gan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. padahal paketan gak ampe 0.5 kg. ni lama2 w jemput, πŸ˜‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.