Review Ekspedisi Wahana – Ekspedisi Brengsek!

Halo juragan….

Ijinkan saya nongol lagi, menuliskan pengalaman pribadi menggunakan ekspedisi/logistik yang beroperasi di Indonesia. Kali ini yang akan menjadi bahan obrolan adalah ekspedisi Wahana yang memiliki alamat website di http://www.wahana dot com.

wahana4

Sekitar 3 bulanan terakhir ini, saya melakukan belanja online yang dikirimkan ke rumah saya. Belanja online bukan karena saya lagi banyak duit, tapi melainkan ini pesanan orang yang diminta pesankan melalui akun milik saya.

Singkat kata sudah 4x saya menggunakan jasa wahana ini, semua dari transaksi toko online. Sebelum berlanjut soal plus minus ekspedisi ini, saya sharing dulu mengapa saya memilih wahana:

wahana5

Alasan saya memilih ekspedisi wahana:

1. Harga ongkir lebih murah.

Belanja pertama kali di tokopedia pakai vocer/kupon: TPFER3ITFQ
dapat cashback Rp.30.000 hanya untuk kamu!

Ekspedisi ini sudah agak lama saya dengarnya sih, udah lebih dari 5 tahun x dari jaman dulu saya pernah order perangkat IT di yogya, dan kebetulan salah satunya dikirim dengan wahana. Kalau tidak salah sih dulu ada ya kantornya di babarsari jogja cuma saya belum pernah kesana, kebetulan aja pas dulu pesan barang dikirimnya pake wahana. Sejak itu gak pernah lagi pake wahana sampai 3 bulanan ini. Entah itu wahana yang sama dengan wahana yang saya pakai sekarang ini atau berbeda, yang jelas lokasinya di babarsari jogja.

wahana3

Berbicara mengenai sisi PLUS ekspedisi Wahana dari pengalaman pribadi saya:

1. Harganya murah gila! Harganya berani bersaing dengan ekspedisi lainnya, dari semua ekspedisi yang pernah saya pakai di indonesia, sejauh ini ekspedisi wahana paling murah. Yang bikin saya kaget, bahkan harganya jauh lebih murah per kilogramnya dibandingkan pos indonesia ke beberapa wilayah kota di indonesia, seperti gambar brosur yang saya dapatkan ini langsung di agen wahana saat saya cek paketan saya. Bahkan JNE, RPX, Nex, TIKI, J&T Express pun kalah harga! Barang 1.4kg dari jakarta dikenakan 28rb, barang 2kg dari cirebon dikenakan biaya 24rb, barang 1.5kg dari jakarta dikenakan 28rb.

wahana1

2. Plus kedua adalah tentang jenis barang yang bisa diterima dan dikirimkan. Wahana selain menerima barang umum, juga bisa menerima barang jenis berbahaya seperti cairan dan gas. Ini saya buktikan sendiri saat saya mengorder produk cat semprot kalengan dan hanya bisa dikirimkan dengan wahana. Juga saat saya order cairan pelapis cat juga hanya bisa dikirim dengan wahana.

3. Kelebihan selanjutnya dari versi saya adalah jam operasional penerimaan paket baru juga panjang, sampai malam hari, saya pernah tanya ke agennya, kebetulan yang sedang jaga anaknya perempuan yang cantik jelita 😄 ternyata jam bukanya sampai jam 8 malam, mungkin ini juga karena ruangannya juga dipakai untuk usaha laundry sih. Beda mungkin kalo kantor agennya 100% untuk operasional ekspedisi.

wahana2

Sejauh ini sih cuma itu aja kelebihannya, tentang point 1 dan 2 diatas itu yang bisa dikatakan membuat saya senang karena gak seribet ekspedisi lainnya yang jualan jasa antar propinsi.

Baca Juga: Perusahaan Jasa Ekspedisi Telat Hantar? Anda Bisa Ajukan Somasi!

Tentu dibalik sebuah nilai plus selalu ada keseimbangannya, yaitu sisi kekurangannya. Setelah beberapa kali menggunakan jasa wahana, saya menemukan sisi kurangnya sbb:

1. Lama! Ya, ini adalah resiko pakai ekspedisi yang lebih mengandalkan pengiriman darat. Oleh karena itu mayoritas harga wahana memang murah. Harga memang harus ditebus dengan waktu hantaran yang mencapai 1 minggu. Saya pernah cek ke agen di hari ke-6 pun barang belum sampai juga, karena terlalu lama di hold di kota tetangga. Minimum waktu serah paket 1 minggu gak pernah bisa lebih cepat dari itu.

2. Kurang Agen! Ya, saya baru menemukan keberadaan 1 agen wahana saja, yang letaknya sekitar 2km setelah lokasi rumah saya, ya dari kantornya J&T Express masih sonoan jauh lagi dah.

3. Pelacakan Payah! Ini benar benar bikin saya kesal. Dari pertama nomor resi sudah dapat dilacak sampai barang diterima, saya hanya menerima 3 status pelacakan di webnya, yang statusnya spt ini: Barang Diterima dan Diperiksa, Barang Diproses Kirim, Barang Diterima Penerima. Nah setiap paket berpindah lokasi, tidak ada update status lokasi terkini dimana paket berada, ini yang bikin saya deg deg-an. Gimana bisa tau perkembangan terkini paket kalau sampai lokasinya aja gak diketahui? Bahkan ketika paket sudah sampai di agen kota saya pun tidak ada update statusnya! Barang keluar dari agen dihantarkan ke saya pun tidak ada update statusnya!

Update: 20/2/2017.

  • Barang yg dikirim tanggal 11 Feb 2017 sampai detik ini saya update artikel ini pun belum sampai ke alamat saya. Artinya, ini pertama kali Wahana keluar dari batas waktu penghantarannya 1 minggu. Yang seharusnya diserahkan tanggal 18 Feb sekarang tangal 20 Feb belum dihantarkan juga!

wahana18feb

Update 23/2/2017:

  • Pertama kali saya kirim paket sendiri ke wahana dikirim tanggal 17 Feb 2017 sampai detik ini tanggal 23 Feb 2017 saya update artikel ini pun belum sampai ke alamat penerima di wilayah purwodadi jateng.

wahana_17217

Di resi pengiriman tercantum batas hantarannya (leadtime) adalah 4 hari tapi pagi ini sekitar 20 menit lalu saya datangi agen wahana disini di cek ternyata paket yang saya kirim masih nyantol di Yogyakarta…eladalah….ini kota kan alurnya ikut semarang kenapa masih nyantol di jogja?

Update 26/2/2017:

  • Paket diatas yg saya kirim tanggal 17 Feb 2017 masih juga belum sampai ke penerima di purwodadi, grobogan. Malah hebatnya lagi, di web wahana status yang sudah jelas mulai keluar dari semarang tanggal 23 Feb 2017 diganti dengan update tanggal sbb
    2017-02-26 20:44:44 Dalam proses pengiriman ke kota tujuan

Update 28/2/2017:

  • Paket yg saya kirimkan tgl 17 feb 17 ke purwodadi grobogan baru selesai dihantarkan tanggal 28 feb 17. Ini artinya leadtime hantaran 4 hari wahana ke purwodadi menjadi 11 hari untuk barang seukuran amplop medium dng berat gak sampai 100gram. Artinya wahana sudah sangat fatal gagal total memenuhi waktu hantaran yang wajar dan normal selama 4 hari yang dicetak di resi.
oli motor murah asli berkualitas free ongkir plus voucher 25rb cek disini masbro

Well, dari update ini dan pengalaman pertama kali saya pakai wahana kirim sendiri paket ke orang lain, yang saya dapati adalah KEKECEWAAN. Barang yang seharusnya sudah diserahkan dalam 4 hari sekarang sudah masuk hari ke-6 malah masih di jogja padahal kota tujuan masuk wilayah semarang kabupaten! Dan baru di hari ke 11 paket saya selesai dihantarkan ke penerima. Anjrit! 😬

Sekali lagi jika anda mau pakai ekspedisi wahana, saya hanya bisa katakan…. BERSABARLAH….dan harap lebih BERSABAR… lemotnya bukan main mereka kirim paket! Untuk saya…ekspedisi ini NOT RECOMMENDED BANGET UNTUK ANDA YANG BUTUH KECEPATAN DAN KEPASTIAN!

Kalau anda doyan belanja online dan ongkir berasa berat, lebih baik belanja yang gratis ongkir aja masbro, terima berbagai macam jenis barang pula eh ada tambahan diskon juga….mantab bener dah! Coba deh belanja disini. Yang jelas gak akan dikirim pake ekspedisi wahana!

Tambahan;

  • Mohon tidak bertanya dimana paket wahono milik agan di komentar, saya bukan cs-nya wahono gan! Silahken bertanya langsung ke pihak wahono aja ya gan 😀

Salam.

SEKERAS-KERASNYA KATA-KATA YANG SAYA GUNAKAN, MASIH JAUH LEBIH BAIK DARIPADA MEREMEHKAN PELANGGAN JASA ANDA DAN MEMBAWA KERUGIAN PELANGGAN DI RANAH HUKUM!

Iklan

133 respons untuk ‘Review Ekspedisi Wahana – Ekspedisi Brengsek!

  1. Walah sama dong ya ternyata komen negatif udah banyak..
    saya juga pesan dari OLSHOP dari tgl 5 April 2018 19:18 sejak dikirim dari kota asal pengirim sampe detik ini belum ada update selanjutnya dari Pihak Wahono..
    Status terahir Tgl 7 April 2018 02:19 Dalam proses pengiriman ke kota tujuan.
    Telepon ke Call Center Pusat 021-7341688 tidak ada yg angkat..(Apa kantor nya udah tutup ya?)
    Telepon ke masing-masing nomor WA di kota asal dan kota tujuan ga aktif..(Apa udah tutup juga ya??)
    Nah mau ngadu ke mana ya sekarang?
    Yang punya cerita sama bisa di share biar di Viral kan Pelayanan ini Expedisi yang sangat sangat menguji kesabaran.
    FYI ini Bukti No Resi nya AJC43659

    Suka

    1. Saya liat di bbrp kota agen wahono spt udah gk ada semangat kerja, spt mo tutup operasional aja, saya bahkan terima paket 2 hari lalu di resi wahono yg ditempel di paket jelas tertulis waktu kirim 3 hari ealah malah sampe di hari ke-5. No resi msh ada, belanja dr toped.
      Shrsnya mrk mengoptimalkan jalur pengiriman paket atau mengganti rute pengiriman agar lbh cepat dan memberi keuntungan yg lbh bagus buat para agen agar lbh semangat kerja.
      Saya sih gk menyalahkan agen kecil ya krn mrk lbh ke terima brg n hantar. Yg sering jd kendala biasanya di main distribution center di propinsi atau kota gede yg kurang cepat mendistribusikan paket ke agen di kota tujuan jadinya agen wahono di kota kecil sering yg kena semprot customer juga jd males mrk melayani krn sptnya mrk terpojok krn kondisi operasional yg kurang bagus manajemennya.
      Smoga paket agan segera diterima 😊

      Suka

  2. Wah syaa beli barang olshop dan syaa ga review dlu mau ngirim make ekspedisi apa dan ternyata make wahana udah 4hari lebih cuman bandung ke bekasi doang ampe skrng belom sampe dengan selamat barang pesenen dan gilaaa kan maen gw diuji banget…KESABARAN GW…ASLI..

    Suka

  3. Bantulah udh Seminggu GK Nyampe Nyampe Ini Paket Orang Bukan Paket Saya Jadi Khawatir Takut Dibilang Penipu!Nih Nomer Resinya : AHT85428
    Bantu Ya Pls!

    Suka

    1. Klo dr yg saya cek sih emang dkirim tgl 15 on hand di wahono yak, skrg msh otw gak jelas posisinya tuh.

      Ya itu kelemahan wahono dia gk punya lacak status per basis lokasi paket di tiap stopping per lokasi agen. Jadi ya hanya bisa nunggu aja gan sampe gaknya paket konsumen.

      Dari rata” yg saya cek sih akhir” ni minimal 5hr nyampe, klo blm ya 1 minggu, klo blm nyampe jg ya 10-11hr.

      Ya spt yg saya tulis d artikel…pake wahono itu kudu sabar harap” cemas.

      Monggo coba hubungi cs wahono aja gan…tp ya….hrs sabar juga cs mrk lemot binti pingpong.

      Suka

  4. Saya bingung waktu tracking di website Wahana.. Abis masukkin nomor resi, keluarlah pesan status “Cancelled”. Maksudnya barangnya dibatalkan pengirimannya apa gimana sih? sedih..

    Suka

  5. nyesel gak liat review dulu
    saya terima no resi pengiriman tgl 22 februarisekarang udah tanggal 28 februari belum nongol juga… mana itu pesenan orang lagi hehe
    saya yg kena omel deh janji 4 hari dari tgl pengiriman22 feb sekarang udah tgl 28 feb
    cek tracking masih dalam proses ke kota tujuan haha…

    Suka

  6. Assalamu’alikum warahmatullahi wabarakatuh mohon maaf ni ana mau nanya kiriman ana udah nyampe mana yah
    No resi saya AHK04841 ,kirimanx udah nyampe mana yah?

    Suka

    1. Oii wan agisna, ana mana tau paket situ udah nyampe mana 😂

      Wahono pelacakannya gk berbasis per drop wilayah.

      Ni aja ane kirim dr smrg baru 5 hr nyampe pagi ini pdhl rumah ana cuma 3 jam dr smrg. Paraahh 🤣

      Moga wan agisna cepet terima paketnya.

      Disukai oleh 1 orang

  7. saya pernah 3x menggunakan jasa wahana ,,, yg pertama pengiriman dr tangerang selatan dkkirim tgl 14 sampai tgl 24 area saya sulawesi tenggara ,, klo jne 3-4 hari paket ekonomis atau reguler sama ,, milih wahana memang karena murah tapi yaa lama sementara ini juga lagi nunggu kiriman dari bekasi

    Suka

  8. ente mesti tau, kalau hari libur estimasi harinya ga dihitung, ente jadi customer yang cerdas jangan asal emosiiiiii, wahana bagus kok, cuma ente aja yang sensi, jujur saya pemakai jasa, bukan dari pihak wahananya.

    Suka

    1. Ente musti tau diluar hr minggu paket ke jateng 11 hr dkurangi minggu jd 10hr apa itu masih masuk akal pdhl wahana sendiri yg jelas memberi lead time 4hr di resi? Gimana ente jelasin fakta asli itu?

      Laen x baca artikel baek”, situ di jabodetabek doank kirimnya gak sama dng kondisi yg saya alami.

      Coba ente baca komen pembaca artikel ini mrk kasih no resi tuh bisa ente lacak buat bukti aslinye.

      Anda lihat tuh komen user Ayu dia kirim dlm jakarta kata dia 1minggu blm nyampe ada dia kasih no resi miliknya. Gimana ente jelasin fakta itu?udah cukup buat membungkam ente kan!?

      Oya yg terakhir anda ngomong anda pelanggan wahana, tp anda pake emailnya vega.wahana@xxxxxx.com ya?? bisa jelasin ke pembaca artikel ini? yakin neh pelanggan?

      Suka

  9. buset judulnya GAK PANTES, PENCEMARAN NAMA BAIK, ente aja kocak pake wahana, sekarang udah berubah drastis cuuuy, sekarang udah professional, murah tapi ga murahan, asli sekarang jabodetabek cuma 5rb jangka waktu sehari, terus juga aman2 aja kok, ente aja kalau ngirim ga bener, asal kirim, yg disalahin jas a pengiriminnya. ente yang mesti sadar bro…. pengirim asal mskn alamat bungkus ga bener dll,

    Suka

    1. Coba anda berikan no resi anda klo anda pemakai wahana. Dan klo anda baca baek” ya saya gk kirim jabodetabek jd klo anda kasih perbandingan di jabodetabek 5rb sehari itu gak rasional dng artikel yg saya tulis dr pengalaman saya.

      Dr kota saya ke grobogan alamat lengkap tp 11 hari nyampe biaya gk ada 15rb itu wajar gk klo dihitung diluar hr minggu?

      Yg aneh ni justru anda yg keberatan dng artikel ini pdhl ini artikel 100% jujur bahkan bisa saya buktikan di jalur hukum klo wahana keberatan.

      Apa msh perlu saya tulis pengalaman lain setelah artikel ini dimana wahana jg gagal lagi kirim sesuai estimasi lead time ke alamat saya sampe saya hrs dtg ke wahana n ambil paket sendiri?

      Klo ente cuma bisa banggain kirim area jabodetabek 1hr doank nyampe 5rb doank pake wahana kagak ada yg perlu dibanggain semua ekspedisi jg bisa krn jabodetabek itu main center distribution se-indonesia! Skrg ane tanya wahana goceng jakarta 1hr berani gk goceng pake gojek/grab bbrp jam di jakarta!?

      Klo mau dibuktikan, semua ekspedisi layaknya dibuktikan pengiriman keluar jabodetabek!! Pake otak donk bikin perbandingannya! 🤣

      Suka

      1. Barusan saya cek resi agan, paket diterima wahono tgl 20 maret sampe 4 april gni blm dterima ya gan? Msh jalan jalan paketnya tuh. Mungkin diajak traveling ke dubai 😅

        Senasib dng saya yg msh 1 propinsi sampe 11hr dihantarkan!! Padahal lead time tertulis 4hr.

        Wahono jagonya ngeles yak 😏

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.