Review Ekspedisi Wahana – Ekspedisi Brengsek!

Halo juragan….

Ijinkan saya nongol lagi, menuliskan pengalaman pribadi menggunakan ekspedisi/logistik yang beroperasi di Indonesia. Kali ini yang akan menjadi bahan obrolan adalah ekspedisi Wahana yang memiliki alamat website di http://www.wahana dot com.

wahana4

Sekitar 3 bulanan terakhir ini, saya melakukan belanja online yang dikirimkan ke rumah saya. Belanja online bukan karena saya lagi banyak duit, tapi melainkan ini pesanan orang yang diminta pesankan melalui akun milik saya.

Singkat kata sudah 4x saya menggunakan jasa wahana ini, semua dari transaksi toko online. Sebelum berlanjut soal plus minus ekspedisi ini, saya sharing dulu mengapa saya memilih wahana:

wahana5

Alasan saya memilih ekspedisi wahana:

1. Harga ongkir lebih murah.

Ekspedisi ini sudah agak lama saya dengarnya sih, udah lebih dari 5 tahun x dari jaman dulu saya pernah order perangkat IT di yogya, dan kebetulan salah satunya dikirim dengan wahana. Kalau tidak salah sih dulu ada ya kantornya di babarsari jogja cuma saya belum pernah kesana, kebetulan aja pas dulu pesan barang dikirimnya pake wahana. Sejak itu gak pernah lagi pake wahana sampai 3 bulanan ini. Entah itu wahana yang sama dengan wahana yang saya pakai sekarang ini atau berbeda, yang jelas lokasinya di babarsari jogja.

wahana3

Berbicara mengenai sisi PLUS ekspedisi Wahana dari pengalaman pribadi saya:

1. Harganya murah gila! Harganya berani bersaing dengan ekspedisi lainnya, dari semua ekspedisi yang pernah saya pakai di indonesia, sejauh ini ekspedisi wahana paling murah. Yang bikin saya kaget, bahkan harganya jauh lebih murah per kilogramnya dibandingkan pos indonesia ke beberapa wilayah kota di indonesia, seperti gambar brosur yang saya dapatkan ini langsung di agen wahana saat saya cek paketan saya. Bahkan JNE, RPX, Nex, TIKI, J&T Express pun kalah harga! Barang 1.4kg dari jakarta dikenakan 28rb, barang 2kg dari cirebon dikenakan biaya 24rb, barang 1.5kg dari jakarta dikenakan 28rb.

wahana1

2. Plus kedua adalah tentang jenis barang yang bisa diterima dan dikirimkan. Wahana selain menerima barang umum, juga bisa menerima barang jenis berbahaya seperti cairan dan gas. Ini saya buktikan sendiri saat saya mengorder produk cat semprot kalengan dan hanya bisa dikirimkan dengan wahana. Juga saat saya order cairan pelapis cat juga hanya bisa dikirim dengan wahana.

3. Kelebihan selanjutnya dari versi saya adalah jam operasional penerimaan paket baru juga panjang, sampai malam hari, saya pernah tanya ke agennya, kebetulan yang sedang jaga anaknya perempuan yang cantik jelita 😄 ternyata jam bukanya sampai jam 8 malam, mungkin ini juga karena ruangannya juga dipakai untuk usaha laundry sih. Beda mungkin kalo kantor agennya 100% untuk operasional ekspedisi.

wahana2

4. Kelebihan terakhir adalah kurir-nya (yang mana cuma 1 kurir doank) memiliki niat hantar ulang di hari yang sama. Ini pernah terjadi ke paket kedua saya dimana saat itu saya sedang keluar rumah dan dirumah tidak ada orang, siangnya si kurir datang lagi dan mengatakan tadi sudah datang tapi tidak ada orang di rumah saya. Jadi saya hargai niat si kurir ini yang mau hantar ulang di hari yang sama. Ya semoga ini berlaku seterusnya bukan karena paket yang dihantarkan sedang sedikit.

Sejauh ini sih cuma itu aja kelebihannya, tentang point 1 dan 2 diatas itu yang bisa dikatakan membuat saya senang karena gak seribet ekspedisi lainnya yang jualan jasa antar propinsi.

Tentu dibalik sebuah nilai plus selalu ada keseimbangannya, yaitu sisi kekurangannya. Setelah beberapa kali menggunakan jasa wahana, saya menemukan sisi kurangnya sbb:

1. Lama! Ya, ini adalah resiko pakai ekspedisi yang lebih mengandalkan pengiriman darat. Oleh karena itu mayoritas harga wahana memang murah. Harga memang harus ditebus dengan waktu hantaran yang mencapai 1 minggu. Saya pernah cek ke agen di hari ke-6 pun barang belum sampai juga, karena terlalu lama di hold di kota tetangga. Minimum waktu serah paket 1 minggu gak pernah bisa lebih cepat dari itu.

2. Kurang Agen! Ya, saya baru menemukan keberadaan 1 agen wahana saja, yang letaknya sekitar 2km setelah lokasi rumah saya, ya dari kantornya J&T Express masih sonoan jauh lagi dah.

3. Pelacakan Payah! Ini benar benar bikin saya kesal. Dari pertama nomor resi sudah dapat dilacak sampai barang diterima, saya hanya menerima 3 status pelacakan di webnya, yang statusnya spt ini: Barang Diterima dan Diperiksa, Barang Diproses Kirim, Barang Diterima Penerima. Nah setiap paket berpindah lokasi, tidak ada update status lokasi terkini dimana paket berada, ini yang bikin saya deg deg-an. Gimana bisa tau perkembangan terkini paket kalau sampai lokasinya aja gak diketahui? Bahkan ketika paket sudah sampai di agen kota saya pun tidak ada update statusnya! Barang keluar dari agen dihantarkan ke saya pun tidak ada update statusnya!

Update: 20/2/2017.

  • Barang yg dikirim tanggal 11 Feb 2017 sampai detik ini saya update artikel ini pun belum sampai ke alamat saya. Artinya, ini pertama kali Wahana keluar dari batas waktu penghantarannya 1 minggu. Yang seharusnya diserahkan tanggal 18 Feb sekarang tangal 20 Feb belum dihantarkan juga!

wahana18feb

Update 23/2/2017:

  • Pertama kali saya kirim paket sendiri ke wahana dikirim tanggal 17 Feb 2017 sampai detik ini tanggal 23 Feb 2017 saya update artikel ini pun belum sampai ke alamat penerima di wilayah purwodadi jateng.

wahana_17217

Di resi pengiriman tercantum batas hantarannya (leadtime) adalah 4 hari tapi pagi ini sekitar 20 menit lalu saya datangi agen wahana disini di cek ternyata paket yang saya kirim masih nyantol di Yogyakarta…eladalah….ini kota kan alurnya ikut semarang kenapa masih nyantol di jogja?

Update 26/2/2017:

  • Paket diatas yg saya kirim tanggal 17 Feb 2017 masih juga belum sampai ke penerima di purwodadi, grobogan. Malah hebatnya lagi, di web wahana status yang sudah jelas mulai keluar dari semarang tanggal 23 Feb 2017 diganti dengan update tanggal sbb
    2017-02-26 20:44:44 Dalam proses pengiriman ke kota tujuan

Update 28/2/2017:

  • Paket yg saya kirimkan tgl 17 feb 17 ke purwodadi grobogan baru selesai dihantarkan tanggal 28 feb 17. Ini artinya leadtime hantaran 4 hari wahana ke purwodadi menjadi 11 hari untuk barang seukuran amplop medium dng berat gak sampai 100gram. Artinya wahana sudah sangat fatal gagal total memenuhi waktu hantaran yang wajar dan normal selama 4 hari yang dicetak di resi.

Well, dari update ini dan pengalaman pertama kali saya pakai wahana kirim sendiri paket ke orang lain, yang saya dapati adalah KEKECEWAAN. Barang yang seharusnya sudah diserahkan dalam 4 hari sekarang sudah masuk hari ke-6 malah masih di jogja padahal kota tujuan masuk wilayah semarang kabupaten! Dan baru di hari ke 11 paket saya selesai dihantarkan ke penerima. Anjrit! 😬

Sekali lagi jika anda mau pakai ekspedisi wahana, saya hanya bisa katakan…. BERSABARLAH….dan harap lebih BERSABAR… lemotnya bukan main mereka kirim paket! Untuk saya…ekspedisi ini NOT RECOMMENDED BANGET UNTUK ANDA YANG BUTUH KECEPATAN DAN KEPASTIAN!

Kalau anda doyan belanja online dan ongkir berasa berat, lebih baik belanja yang gratis ongkir aja masbro, terima berbagai macam jenis barang pula eh ada tambahan diskon juga….mantab bener dah! Coba deh belanja disini. Yang jelas gak akan dikirim pake ekspedisi wahana!

Salam.

Nah untuk anda yg pernah pakai jasa ekspedisi ini bisa sharing di komen tapi supaya adil di kedua belah pihak antara anda dan ekspedisi, maka saya minta anda cantumkan bukti no.resi paket agan. Kalo tidak mencamtumkan no.resi maka komen yg berkaitan dng jasa mrk yg anda gunakan tidak akan saya tampilkan krn tidak fair. Adil kan?

53 thoughts on “Review Ekspedisi Wahana – Ekspedisi Brengsek!

  1. Ini pengalaman pertama dan terakhir saya akan menggunakan ekspedisi Wahana, Krn dengar2 harga ya murah dan tidak baca peringatan dari seller klo wahana itu lama, tapi saya pikir mungkin lamanya satu Minggu ok lah saya sabar .. tapi ini barang di kirim tgl 13 Nov 2017 sampe sekarang tgl 22 Nov 2017 kok belum sampe jg , dan tracking terakhir ya masih on proses dari Jakarta tgl 18 Nov dan ga ada update lagi .. pengiriman ke Medan dari Jakarta .. di Medan saya tinggal di hotel sampe tgl 25 dan was2 bgt jangan2 pas saya Chek out barang belum sampai juga padahal tgl 25 Nov saya harus kembali ke Jakarta .. ya ampun bener 2 kapok dah kirim barang pake Wahana ga lagi2 .. Resi ya AFX44970 ..

    Suka

    1. Klo dr analisis saya, wahana ini cabang agen n sub agen blm merata. Jadi dia menunda paket kecil/jumlah kecil ke tujuan sambil berharap menunggu semoga ada paket ke tujuan yg sama. Pola ini biasanya dpakai ekspedisi yg jumlah agennya sedikit/blm ada di kota tujuan dan biasanya nitip kurir lepas.

      Klo anda dpt resinya di cek di bagian Lead Time atau estimasi itu tgl brp atau brp hari. Bila diluar batas serah terima anda bisa ajukan klaim ganti rugi bila anda mengalami kerugian akibat paket yg dihantarkan dluar batas hantaran. Bahkan bisa dibawa ke ranah hukum krn dasar wanprestasi.

      Salam.

      Suka

  2. kmrin ane beli barang di toko online trz ane pake jasa wahana mungkin lebih murah dari yg lain ane coba pada waktu itu ane pesan barang tgl 15 nov 2017 n setelah itu ane tungguin ni paket ane, kata pihak toko online blng ekstimasi pengiriman 3hari eh gk taunya 1minggu baru nyampek n paket ke 2 ane waktu pesan beda 1 hri sma yg pertama tpi aku cek di tracker nya posisi nya kq di jkt trz ya, sampai detik ini blm sampai tu paket ane…hmmmm buat pembelajaran sih, ya emang murah tpai nyampe nya lama

    Suka

  3. Anjrit.. kalo dr Sby ke Bandung brp lama ya? Kmrn ane beli samting dr T*kped, tp barang yg dibeli hancur alias pecah (ekspedisi J*E). Si seller inisiatif kirim pengganti dan minta ane trsfr 10 rebu buat ganti ongkir dia, eh tau2nya dia update nomor resi AFW***** & bener aja itu pake Wahana. Mau komplain kaga enak karena seller sudah mau ganti jg, tapi yg ane kaga habis pikir kenapa harus Wahana… kenapaaaaa… kenapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Suka

  4. Selama ini kalau saya belanja online dan dikirim pakai wahana pasti semingguan lebih gitu barangnya baru datang, bahkan pernah sampai 2mingguan… Tp kalau saya☝ sih it’s okelah yg penting barang sampai dan memang lebih murah ┑(ˇεˇ)┍ Kalau buru² dengan barangnya ya pakai TIKI yg harganya lumayanlah tp cepat…
    Ya tinggal pilih saja, kalau murah jangan minta cepat… Slow sabar…
    Kalau mau yg cepat yg pilihlah ekspedisi yg agak mahalan… ✌️

    Suka

  5. Plus Minus pernah dirasakan sebagai pengguna jasa Wahana.
    Plus-nya:
    1. Pernah agen ke rumah antar barang pada hari minggu dalam kondisi hujan deras, salut deh sampe sgitunya. Jadi, malah lebih cepat 1 hari dari perkiraan barang sampai dari luar kota.
    2. Sejauh ini, belanjaan online yg dikirim oleh seller pake wahana , alhamdulillah 100% tiba dalam rentang waktu sesuai estimasi.

    Minus:
    1. lebih lama yg pasti.
    2. Pernah dapat paket dalam kondisi sebagian isi hilang, kemasan sobek di salah satunya. sudah komplen tapi memang tidak follow up, jadi ga tau barang tercecer dimana atau kesalahan di pihak siapa. Sebab, ada kemungkinan (walau ssangat kecil, seller yg lalai mengecek paket-nya).

    Yah, sesuai lah dengan harga-nya.

    Suka

  6. Karena saya sudah lama pakai toko online & coba beberapa ekspedisi maka hendak kasih komentar terhadap info sebelumnya kalau di wahana bisa kirim barang berbahaya & benda cair. Kalau itu sampai terjadi mungkin itu bisa jadi staff agen wahana di sana kurang mengetahui/ disiplin menjalankan prosedur karena setiap kali saya mau kirim lewat agen wahana di Tangerang selalu ditanya isinya. Barusan saya googling di webnya barang cair apapun tidak boleh dikirim. https://www.wahana.com/syarat-dan-ketentuan
    Di JNE pun sama saja, saya pernah beli racun tanaman yg bentuknya cair (Round Up Herbisida) tgl 18 Jun 2017 via Bukalapak dari Jawa Tengah untuk dikirim ke Tangerang. Karena sudah seminggu nggak nyampai maka saya tanyain penjualnya & juga track di status JNE ternyata tidak lolos pemeriksaan di bandar udara. Kemudian penjualnya mengirim kembali via JNE yg darat dan ternyata lolos. Jadi kesimpulan saya setiap ekspedisi juga mensyarat barang mana yg boleh diangkut & mana yg tidak, namun demikian di pihak agen yg notabene hanya partner bisnis kadang-kadang kurang disiplin menjalankan aturan tsb

    Suka

    1. Oh gtu ya gan..
      1. Kalau wahana di kota saya mrk pasang 2 lembar kertas berisi info pengiriman, jenis paket dsb di meja kerja terakhir saya lihat bbrp bln lalu. Nah disitu disebutkan jg kategori jenis cairan berbahaya memang dilarang dikirimkan tapi khusus utk yg dikirim via angkutan udara. Sedangkan yg lewat darat dan jarak masih “masuk akal” mrk terima saja. Krn saya sdh pernah order cairan pembersih karat dan cairan penghitam ban itu loh @ 1liter dkirim dr wahana cirebon ya sampe 2 duanya ke saya aman selamat gk ada wajah cemberut dr kurirnya hehehe 😀

      Lalu saya pernah tanya ke agen wahana pengiriman makanan yg ada cairannya ke lampung apa boleh? Krn di kota saya kan ada tuh oleh” khas manisan buah nah dijawab boleh saja bisa dikirimkan krn tdk termasuk kategori berbahaya tp dng catatan dipacking sendiri yg aman agar gk bocor krn mrk tdk menanggung kebocoran cairan.

      Di jne saya pernah 1x pesan oli dr mojokerto, mrk kirim via angkutan udara di surabaya hehe bisa lolos 1x aja. Stelah itu ditolak tp msh bisa diterima dikirim dng pos indo jalur darat.

      Terakhir kirim paket cairan dng TIKI isi ya oleh” manisan buah itu 2kg dikirim ke lampung dan sampai selamat gk rusak gk bocor.

      Jd memang benar kok gan, ada ekspedisi tsb yg msh mentoleransi paket isi cairan berbahaya tp golongan bahayanya spt apa dulu dan jelas gk terima lolos via jalur udara. Selama ni kebanyakan saya terimanya gas n cair via darat gan.

      Thanx udah ikut sharing 👍

      Suka

Tinggalkan Balasan

