Pesan Suku Cadang Asli Honda – Pake Lama!

Melanjutkan artikel tentang pengalaman saya melakukan pemesanan suku cadang motor honda di astra honda di kota saya yang bisa anda baca disini, semoga dari artikel ini bisa memberikan gambaran lebih utuh untuk anda.

Saya melakukan order tiga suku cadang motor honda revo injeksi di astra motor kota saya pada tanggal 26 Desember 16. Setelah saya membayar DP, saya baru diberitahukan tentang adanya kemungkinan harga baru untuk melunasi order yang dipesan karena harga-harga barang bisa saja naik saat saya menerima barang.

bukti1

Lalu singkat kata balik ke rumah dengan jengkel saya lapor via email ke astra honda dan ditanggapi esoknya dengan perwakilan cs astra jogja menghubungi saya via telepon dan pihak kepala bengkel astra setempat mendatangi saya untuk silahturahim dan minta maaf dan di akhir obrolan minta foto bersama dengan saya untuk laporan ke pusat (inipun saya baru tahu dia kepala bengkelnya karena kemarin 13/1/17 saya memasukkan motor saya di bengkel astra ahass honda motor tersebut). Sekedar anda tahu, saya memang benar-benar serius mengancam akan melaporkan peristiwa saat saya order di kantor astra kota saya kepada kementrian perindustrian perdagangan dan YLKI (setelah kirim email ke astra honda saya memang melanjutkan memulai menulis untuk kedua pihak diatas tsb tapi belum saya kirim). Di percakapan telepon, seperti biasa standard cs mengutarakan permintaan maaf dan konfirmasi ulang perihal peristiwa yang terjadi tidak mengenakkan kepada saya dan mengkonfirmasi bahwa suku cadang yang saya pesan sedang dicarikan sampai di pusat jakarta.

Lalu sekitar 3 minggu kemudian ada lagi pihak cs dari astra jogja menghubungi saya via telp, dan mungkin karena pihak internal disana gak koordinasi, jadinya si cs ini malah tanya ulang lagi apakah suku cadang saya sudah diproses dsb…lah..heran saya dibuatnya oleh pertanyaan cs satu ini, dimintalah saya menunggu untuk ditelp lagi karena si cs ini mau menghubungi astra honda kota saya untuk cek ini itu, eh ditunggu sampe sore ini cs dari astra honda jogja gak hubungi saya lagi!

sukucadang_sms

Kemudian beberapa hari kemudian, tanggal 30/1/17, saya menerima sms dari astra honda kota saya bahwa item yang saya pesan sudah tersedia dan diminta datang mengambil. Ini adalah pertama kali saya datangi lagi astra honda tersebut setelah saya melaporkan ke astra pusat, kayaknya sih atmosfernya menggigil ya saat saya datang ๐Ÿ˜€

Lalu saya cek item suku cadang yang saya pesan, semua sesuai pesanan, walau ada satu klip baut yang hilang tapi diganti dari mekanik bengkel. Lalu saya bayar kekurangannya berapa nih? Ini kan yang jadi pertanyaan… Karena waktu awal pesan dan DP sudah dihitung totalnya Rp.158.000 dan saya sudah DP Rp.70.000, ternyata saya dikenakan harga sama yaitu kekurangan dari Rp.158rb dikurangi Rp.70.000. Entah karena mereka tau saya protes kenaikan harga terselubung atau memang karena mereka kawatir menaikan harga suku cadang tersebut ke saya, ah masa bodo teuing ๐Ÿ˜€

sukucadanghonda2

sukucadanghonda1

sukucadanghonda3

Selesai urusan di kantor astra honda, bawa pulang suku cadang, pasang sendiri semuanya, beres.

Nah dari peristiwa ini bisa diambil kesimpulan sederhana:

1. Jangan meremehkan konsumen, jujur saja memberitahukan segala galanya di awal apalagi jika sudah menyangkut transaksi finansial. Jangan memberikan perubahan harga setelah deal transaksi!

2. Seperti biasa bengkel honda akan mengatakan pemesanan suku cadang bisa 1 – 2 bulan, dari peristiwa yang saya alami diatas, pesan tanggal 26/12/16 barangnya bisa disediakan tanggal 30/1/17, ini artinya 1 bulan lebih 4 hari. Untuk sekelas honda yang sudah puluhan tahun di indonesia, dukungan suku cadang untuk motor motor keluaran terbaru diatas tahun 2000 bisa saya katakan sangat lemah dan sangat lambat! Jadi jangan harap kita mudah menemukan suku cadang non fast moving dan fast moving tertentu di tiap bengkel honda. Komponen suku cadang yang saya pesan adalah suku cadang body motor. Oya tambahan, karena kemarin 13/1/17 motor saya masuk bengkel astra tersebut untuk pertama kali, dan ada suku cadang fast moving yang harus diganti yaitu set ring pistong 1.00 ternyata tidak ada di bengkel tersebut dan seperti biasa kalau diteruskan…harap order dan sabar 1 – 2 bulan baru tersedia barangnya!

Sayangnya saya belum temukan blogger atau informasi resmi dari astra honda mengenai suku cadang apa saja yang sudah pasti selalu tersedia di tiap bengkelnya. Komponen fast moving paling sering ada ya paling kampas rem, oli, dsb, kalau perihal body..bah…harus sabar pake banget!

Hidup menggunakan motor modern jaman sekarang untuk saya ironis dan miris. Disatu sisi keberadaan motor baru dengan teknologi baru dan tingkat bbm yang semakin ditekan menjadi pola tertentu yang membuat orang ingin dan membutuhkan motor. Disisi lain, sikap produsen motor jepang yang lebih sering mengutamakan produksi unit motor dan menjualnya jauh lebih dominan daripada urusan ketersediaan suku cadang yang semakin lama di dapatkan untuk konsumen.

Yang bikin saya kesal adalah, kok bisa kita temukan seller online bisa mendapatkan dan menjual suku cadang motor jepang yang itu itu dengan jumlah suku cadang lebih dari 1 alias buanyak sedangkan stok di bengkel resmi belum tentu ada dan pake lama! Karena dari pengalaman saya, setiap orang yang akan pesan suku cadang di dealer/bengkel resmi pasti dimintai stnk-nya untuk didata dan saya rasa sangat amat aneh jika ada satu konsumen memesan lebih dari 1 item suku cadang karena beberapa bengkel ada yang memeriksa langsung kondisi motor si pemilik yang memesan suku cadang langsung di lokasi bengkel.

Entah soal ketersediaan suku cadang ini emang sengaja diseting diperlambat sehingga konsumen diwanti wanti lebih take care of their motorcycle atau memang produsen gak mau mikir memproduksi dan mendistribusikan suku cadang lain lain dengan cepat?

Jujur saya benar-benar kesal jaman saya masih pakai honda spacy, suku cadang vital yaitu headlamp reflector pun gak ada di pasaran dan di bengkel resmi honda, masa suku cadang vital saja sampe pake nunggu 1 – 2 bulan?? Gila!

Please deh anda berinvestasi di indonesia sudah bertahun-tahun, memang investasi yang makin besar, tapi bukan berarti menganaktirikan perihal ketersediaan suku cadang. Menyikapi proses suku cadang sampai 1 – 2 bulan itu udah kebangetan lamanya! Masa perusahaan gede gtu gak bisa sediain suku cadang gak pake lama!? What in the world happened huh!?

Buat yang gak mau beli suku cadang motor pake lama, mau yang cepat harga murah gratis ongkir plus dapat diskon pula, bisa langsung beli disini.

Tinggalkan Balasan

