Bikin SIM Baru? Online Saja!

Kabar gembira untuk kita semua, kini buah manggis sudah ada ekstraknya loh 😀 bahahaha….

Ini dia yang dinanti kita semua, sejak beberapa hari lalu, ya belum ada semingguan lah Korlantas Mabes Polri sudah merilis layanan lama yang dikemas dengan bantuan teknologi berbasis aplikasi dan internet. Apa saja yang dikemas baru kali ini?

1. Perpanjangan SIM Online.
2. Daftar SIM Baru Online.
3. Bayar Tilang Online.
4. Laporkan Oknum Polisi Secara Online.

Yang akan saya ulas kali ini adalah mengenai nomor 2 yaitu Daftar SIM Baru Online. Mungkin dari sebagian anda kalau soal perpanjangan sim secara online sudah lebih dulu diketahui. Untuk pengurusan perpanjangan dan atau pembuatan sim baru secara online saat ini baru mendukung untuk sim A dan sim C saja. Untuk sim XXX silahkan tanyakan ke vin diesel 😀

Nah berita barunya yang belum banyak diketahui orang adalah, sekarang kita bisa BIKIN SIM BARU SECARA ONLINE! Darimana saya bisa mengabarkan ini? Karena saya sendiri membuktikannya, jadi begini kebetulan tadi malam saya memutuskan untuk mencoba mengakses website korlantas polri, dan ternyata eh ternyata..sistem layanan pembuatan sim baru secara online sudah diterapkan loh! Wow… pikir saya…cepat sekali penerapannya sejak dilaunching oleh Kapolri beberapa hari lalu.

SIM C saya sudah mati 1 tahun lalu (akibatnya saya kena tilang slip merah yang bisa anda baca disini) dan belum ada uang belum ada waktu untuk membuat sim c baru. Alasan ketiga adalah, males datang karena jam layanan terbatas pula jadi gak seimbang antara masyarakat yang mengurus sim dengan jumlah antriannya. Belum lagi alasan keempat yaitu cuaca dimana sudah beberapa bulan terakhir ini hujan selalu mengguyur kota ini bahkan awet banget dari malam – subuh – pagi – siang – sore hari…bah…bikin gelisah jadwal aja.

Nah…ini adalah kisah saya pribadi yang akan dibagi 2 bagian cerita. Artikel pertama ini akan menceritakan tentang bagaimana caranya anda mendaftarkan sim baru secara online.

sim9

Anda perlu tahu beberapa syarat berikut terkait pendaftaran sim online:

1. Anda wajib memiliki e-ktp!
2. Anda wajib memiliki setidaknya 1 akun email!
3. Anda wajib menyediakan nomor handphone anda!
4. Anda wajib mengisi data dengan benar dengan data cetak fisik e-ktp anda dan data lain yang berhubungan dengan keluarga terdekat anda.
5. Anda wajib sehat untuk datang ke satuan pelayanan sim yang dituju di hari kedatangan.

Nah setelah anda mempersiapkan ke-lima hal diatas itu. Yuk kita lanjut bagaimana memulai proses daftar sim baru secara online.

Langkah Pertama:
1. Anda cukup mengunjungi website pembuatan sim online mabes polri yang bisa diakses disini.

sim11

2. Silahkan pilih kebutuhan tujuan anda pada kolom data Jenis Permohonan, dan karena kali ini saya akan membuat sim baru maka saya memilih opsi data SIM BARU dengan tampilan isian data seperti di bawah ini dan dilanjutkan ke nomor 4.

sim14

3. Jika anda memilih perpanjangan sim, maka tampilan datanya akan seperti di bawah ini dan dilanjutkan ke nomor 4.

sim15

4. Klik tombol Lanjut hingga halaman terakhir yaitu Data Input Berhasil. Tiap halaman akan ada data wajib seperti nama ibu kandung anda, juga nama relasi yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat oleh polisi. Dalam proses pendaftaran ini, anda pun akan diberikan opsi tanggal kedatangan yang bisa anda pilih bebas untuk ujian sim baru dan atau pencetakan sim. Dari yang saya amati, sistem tanggal kedatangan yang ditawarkan adalah H+2 semenjak anda mendaftar. Nah, saya tercatat mendaftar tanggal 20/12/2016, sistem tidak menampilkan data tanggal berikut, yang ditawarkan mulai tanggal 22. Jadi saya memilih tanggal 22/12/2016 untuk datang ke satpas. Berikut adalah tampilan registrasi telah selesai dan berhasil tercatat di sistem website korlantas polri.

sim5

sim6

5. Setelah anda selesai melengkapi semua formulir pendaftaran, silahkan cek akun email anda. Setidaknya 5 menit setelah anda berhasil terdaftar, anda akan menerima informasi dalam bentuk teks dan attachment pdf.

sim8

sim16

Pendaftaran selesai, semua proses diatas hanya makan waktu kurang dari 10 menit saja (jika anda sudah siapkan data dan bisa ketik cepat hehehe).

Saya sudah mendaftar, sudah nungguin lebih dari 5 menit, kok saya belum menerima informasi pendaftaran terkirim ke akun email saya?

1. Jangan khawatir, anda bisa meminta data registrasi tersebut untuk dikirimkan kembali ke alamat email akun yang anda pergunakan saat pendaftaran sim online. Cukup kunjungi link berikut maka anda akan terhubung dengan halaman kirim ulang data registrasi. Masukkan alamat email anda dan tanggal pendaftaran lalu klik Cek Data. Jika cek data masih belum menampilkan data anda, cobalah beberapa menit lagi.

sim10

Ok mas, saya sudah menerima informasi pendaftaran ke email saya. Trus langkah selanjutnya apa mas?

1. Saran saya sih (karena tidak ada petunjuk di website korlantas polri) anda print/cetak file pdf tersebut. Anda bebas mencetaknya dalam tinta warna atau hitam tidak masalah, ya saran saya anda mempersiapkan setidaknya minimal 2 lembar cetakan dan foto copy ktp anda (ya siapkan aja 2 atau 3 lembar buat jaga jaga).

sim2

2. Langkah berikutnya adalah persiapkan diri anda untuk datang ke satpas yang dituju di tanggal dan jam yang telah ditetapkan dengan membawa data registrasi yang telah di print/cetak plus foto copy ktp anda tersebut dan langsung menuju klinik kesehatan bhayangkara untuk periksa kesehatan spt tinggi badan dan cek mata, well…kadang sih ada juga periksa golongan darah juga.

sim12

Ok ini adalah artikel pertama mengenai pendaftaran sim c secara online. Langkah berikutnya akan ditulis menyusul setelah saya menyelesaikan pembuatan sim c online di satpas di tanggal 22 desember ini.

Bersambung…

Iklan

4 thoughts on “Bikin SIM Baru? Online Saja!

    1. Bayar di bank BRI. Biasanya dmana mana tiap satpas pembuatan sim selalu ada loket bank bri. Itupun klo sim baru anda bayarnya klo sudah berhasil lulus ujiannya.

      Suka

    1. Kalau di klinik dokter yg ditunjuk di polres disini dikenakan Rp.40.000 untuk jangka waktu 3 minggu. Artinya kalau sudah lebih dari 3 minggu itu kertas hasil medisnya gak berlaku lg. Di kota besar ada yang kena Rp.50.000.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s