Review Ekspedisi Nex Logistic … Pliss Deh!

Saya ingin berbagi pengalaman menggunakan ekspedisi di blog ini lagi. Sudah beberapa ekspedisi yang pernah saya gunakan, saya tulis apa adanya saja plus minusnya dari sisi saya sebagai pengguna.

Yang akan saya ulas kali ini adalah ekspedisi bernama Nex Logistic yang memiliki alamat website di http://www.nexlogistic.co.id. Namun jika kita mencarinya dng kata kunci nex logistic di google, akan muncul nama domain yang sama dengan tld berbeda yaitu nexlogistic.com.

Dari penelusuran saya, ada kemungkinan tld .com tsb merupakan website lama ekspedisi ini sebelum beralih ke domain indonesia .co.id (company).

Saya tidak akan bahas lebih jauh soal domain tsb, yang akan saya bagikan di kesempatan kali ini adalah pengalaman pertama saya yang kebetulan diberi jatah kirim order pakai nex logistic.

Jadi begini ceritanya..

tanggal 23 Nov 2016 saya pesan sebuah paket kebersihan yang sekaligus ikut menyumbangkan donasi untuk pembangunan mck di indonesia, saya beli paket ini dari sebuah toko online, dan beruntungnya saya adalah paket murah kurang dari 30rb tsb diberikan ongkir gratis. Pihak toko online tidak menyediakan opsi ekspedisi lain lain, jadi pengiriman sudah mutlak dengan nex logistic.

Saya belum pernah mendengar perusahaan ekspedisi ini, saya pun taunya dikirim dng ekspedisi ini setelah beberapa jam kemudian login dan cek pesanan saya sudah dikirimkan dengan ekspedisi tsb.

Lalu saya beralih ke google dan menemukan website resminya di http://www.nexlogistic.co.id.

Cerita berlanjut… ke hal pelacakan status. Nah karena hal status ini, saya jadi kesal dibuatnya.

1. Saya cek resi paket tsb di tanggal 25, saya masuk ke web resmi mrk via browser desktop di laptop, saya masukkan no resi tapi tidak ada hasil.

2. Saya cek lagi tanggal 27, muncul hasil resi. Seperti gambar dibawah ini, diinfo-kan tanggal 25 paket sudah diambil kurir NEX di toko online tsb. Namun sayangnya, hasil pelacakan resi baru bisa dicari mulai tanggal 27. Sejak tanggal 25 – 27 pagi saya sudah mencoba lacak resi ini di website resmi dan di situs cekresi dot kom juga pun tidak keluar hasil. Malah web cekresi tsb jadi hang.

nl2

3. Pada hari senin 28 jam 12.34 saya lacak status resi di web ekspedisi tsb lagi, sudah keluar hasil info baru yaitu: Tanggal 26/11/2016 jam 18.00.45 Paket dalam proses pengiriman dari kota asal ke kota tujuan (kota asal toko online tsb adalah jakarta).

nl3

4. Masih di hari yang sama 28/11, saya cek status resi lagi di web ekspedisi next jam 18.27 muncul status terakhir adalah Paket telah diterima di cabang NEX kota tujuan. Nah disini tentu saya menafsirkannya paket sudah diterima di agen nex logistic di kota saya. Karena besok tanggal 29/11 saya pagi pagi sudah keluar kota untuk acara kelurga, maka setelah saya cek status terakhir ini saya mengirimkan pesan melalui website nexlogistic.co.id di halaman Kontak.

nl4

5. Harapan saya tentunya saya bisa segera mendapatkan respon balasan pesan tsb, karena di website ekspedisi tsb tidak ada informasi alamat agen nex di kota saya dan kota lainnya. Nah karena sptnya tidak ada pihak customer care 24 jam untuk membalas pesan tsb, akhirnya 29/11 saya putuskan tetap berangkat pagi ke luar kota untuk acara keluarga ultah ponakan.

6. Saya berharapnya sih kalau paket tsb dihantarkan tanggal 29, ya bisa memberi kabar saya dulu, mau dihantar ulang atau titip tetangga karena tidak ada orang di rumah saya.

7. Akhirnya saya di luar kota sampai jam 6 sore saja dan diiringi gerimis dan hujan di sepanjang jalan pulang ke kota saya memboncengkan ibu saya kami pulang naik turun gunung dengan tingkat kegelapan yang wow banget minim sarana lampu penerangan jalan, dingin kabut pula diatas motor revo. Harapan saya sih sederhana, pulang malam ini karena besok pagi ada kesibukan hari baru di rumah.

8. Nah sampai rumah nih, saya cek ke tetangga ada paket gak untuk saya, ternyata tidak ada paket apapun atas nama saya.

9. Tanggal 30/11, jam 13.11 saya menerima sms yang isinya: Kurir dari nexlogistic bertanya arah rumah saya dan bertanya dng petunjuk yang masih 30km-an jauhnya dari rumah saya, yaitu di alun-alun sapuran. Disini saya sudah geleng kepala, loh jadi ini agennya ada di area luar kota saya donk!? itu kan sapuran area sangat jauh dari kota saya walau masih masuk wilayah kota saya. Saya pun membalas sms dengan sangat lengkap dkasih petunjuk, walau terkesan aneh di pikiran saya kenapa ini kurir tanya alamat saya lagi padaha alamat saya itu sudah termasuk amat sangat dikenal di kota ini, gak mungkin penduduk kota tempat saya sampe pelosok desa pun gak tau lokasi tempat saya karena memang yang pertama dibangun di kota ini. Saya mulai mikir, ini kurir jangan” bukan orang asli kota saya? Atau mungkin gak berlokasi di kota saya?

nl5

10. Jam 14.59 sebuah kendaraan berhenti di depan rumah saya, sebuah mobil pickup hitam plat AB, seorang pria muda turun dan dari apa yg dibawanya udah jelas itu paket buat saya karena ada cetakan logo toko online-nya. Saya sempat tanya “Mas, dari jogja?”… dijawab “Ya pak.”. Lah disini saya udah kaget, status lacak resi terakhir tertulis Paket telah diterima di cabang NEX kota tujuan, ini kan rasionalitasnya pasti konsumen menganggap paket sudah di cabang kota si konsumen donk ya? Tapi kenapa malah masih di-hold dan di-sent dari cabang nex jogja?. Saya tanya lagi “Loh saya cek status di web nex statusnya ada di kota saya, lah ini malah dikirim dari nex jogja? Mang gak ada agennya disini mas?” Si kurir ini pun menjawab “Gak ada pak, adanya di kota jogja, lalu nyebutin daerah masih wilayah DIY lainnya.” Gak ada cabang di kota saya dan sekitarnya, nambah jawaban “Ini sekalian mau antar ke mlipak pak.”.

11. Paket saya terima dalam kondisi baik, tidak rusak, si supir dan kurir dalam satu mobil pick-up tsb segera melaju dalam gerimis ke tempat tujuan lainnya.

Yang bikin saya sewot itu adalah:

1. Status sudah diganti tanggal 28/11 yaitu Paket telah diterima di cabang NEX kota tujuan. Disini kan berarti itu status update rancu gak jelas tuh buat konsumen. Artinya kan konsumen juga udah dibuang waktu menunggu kepastian paket sebenarnya ada di agen cabang mana karena tidak jelas. Untungnya tanggal 29 saya tetap pilih pergi menghadiri ultah ponakan saya daripada nunggu paket datang, nalarnya kan kalau tanggal 28/11 sudah sampe di cabang kota tujuan pasti tanggal 29-nya dihantarkan donk ya? gak mungkin sampe ditunda donk ya karena paket sudah satu-kota. Namun sayangnya yang dimaksud cabang nex kota tujuan itu bukan di kota saya tapi masih di kota jogja karena ternyata tidak memiliki agen di kota saya.

2. Karena ketidakjelasan kondisi cabang nex tsb, saya jadi rugi 1 hari, kan seharusnya tanggal 29/11 dihantarkan karena statusnya paket diterima di cabang nex kota tujuan (secara harafiah pun dapat dimaknai kota si penerima/konsumen/pelanggan). Tapi malah dihantarkan tanggal 30/11.

3. Minusnya ekspedisi NEX LOGISTIC ini menurut saya pribadi adalah di perihal tracing. Web ekspedisi ini tidak mobile friendly, pelacakan hanya dapat dilakukan dengan desktop browser di komputer, bahkan jika kita mengaktifkan mode desktop di google chrome di android phone pun hasilnya tidak sama dengan desktop browser di komputer untuk mengeksekusi perintah tracing no resi.

4. Minus lainnya adalah soal tracing dimana tidak ada kejelasan posisi status tempat terakhir. Misal: Hari H paket sudah diterima di cabang NEX jakarta, lalu besoknya status berubah paket sudah berpindah lokasi di cabang nex mana kita pelanggan tidak mengetahuinya karena pada hasil trace no resi tidak diberitahukan informasi lokasi! Artinya kita hanya bisa menebak-nebak posisi terakhir saja, sungguh membingungkan untuk konsumen!

5. Minus paling parah adalah tidak dibalasnya pesan saya yang mengirimkan pesan di formulir halaman Kontak. H+1 sejak saya kirim pesan sampai saya menulis artikel ini pun saya cek di email saya di folder manapun tidak ada pesan balasan dari domain nexlogistic.co.id ataupun yang mengatasnamakan ekspedisi ini. Artinya adalah…. ada kemungkinan besar itu form memang formalitas saja tidak berfungsi, entah karena salah seting SMTP email, atau emang gak dimonitoring rutin yang jelas itu sudah tidak bisa menjadi jaminan pelayanan konsumen yang baik!

Saran saya untuk NEX LOGISTIC:

1. Perbaiki sistem hasil pelacakan no resi.
2. Perbaiki websitenya total agar mobile friendly.
3. Tambahkan informasi lengkap daftar cabang yang sudah aktif! Itu kata kurirnya ada cabang di jogja tapi kok gak ditampilkan di website? Beneran agen nex logistic jogja ato kurir mitra tuh!?
4. Perbaiki layanan konsumen, percuma ada form kontak tapi gak dibalas! Butuh kopi?
5. Niat kurir mengirim sms sudah langkah baik untuk konfirmasi barang sedang dalam pengiriman, tapi alangkah baiknya pihak cabang nex menyediakan komputer dan akses internet di kantor supaya kurir dan supir bisa mempersiapkan diri menuju arah alamat penerima paket sehingga bisa meminimalkan tanya tanya arah via sms. Karena tidak semua penerima paket dalam keadaan bisa dihubungi loh! Google map itu gratis loh!
6. Pastikan tiap karyawan baik dia karyawan kantor atau lapangan diberi identitas yang jelas, cetak identitas di kartu pvc itu murah meriah mas bro djogja apalagi tuh! Ini dapat memberi trust ke pelanggan bahwa yang mengantarkan paket benar-benar karyawan NEX LOGISTIC, kita kan berusaha menghindari saling curiga dan soal keamanan juga masbro! Kalau tidak ada kartu id, kita kan cuma bisa nebak ini beneran dari nex logistic ato mitra mereka ato orang iseng yang kebetulan tahu saya bakal ada kiriman paket dari ekspedisi ini?

Paket kesehatan yang saya beli dari toko online itu memang berkualitas, apalagi sambil ikut berdonasi Rp.1000 untuk pembangunan mck di indonesia. Sayangnya nih…sayang bangetnyaaaa…dikirim dengan ekspedisi yang gak jelas pelacakannya, gak jelas pelayanan konsumennya dan gak jelas cabangnya!

Bagi saya pribadi, ini ekspedisi harus berberes beres demi pelayanan konsumen yang lebih baik. Untuk saat ini saya tidak mau menggunakan ekspedisi ini lagi, karena yang pertama sudah mengecewakan, jikapun kelak saya ada rejeki berbelanja online lagi dan dikirim dng ekspedisi ini saya akan menolak dan minta ganti ekspedisi laennya walau nambah biaya lagi gpp yang penting lebih cepat dan beres!

Update 24/3/2017:

  • Paket saya yg dikirimkan oleh seller di Jkt dng ekspedisi ini sjk 2 hr lalu sampai skrg tgl 24 tidak dapat dilacak dr web resmi nex logistic. Tiap searching no.resi tidak ada respon query data!! 😡

Nah untuk anda yg pernah pakai jasa ekspedisi ini bisa sharing di komen tapi supaya adil di kedua belah pihak antara anda dan ekspedisi, maka saya minta anda cantumkan bukti no.resi paket agan. Kalo tidak mencamtumkan no.resi maka komen yg berkaitan dng jasa mrk yg anda gunakan tidak akan saya tampilkan krn tidak fair. Adil kan?

3 thoughts on “Review Ekspedisi Nex Logistic … Pliss Deh!

  1. pak coba deh bantu cek no resi saya. di saat saya menulis pesan ini barang saya dalam pengiriman no resi BLB0098173

    Suka

    1. Coba kunjungi website nex logistic dari browser komputer pak utk pelacakan krn web mrk gk support mode tracking resi mobile view.

      Semoga kiriman blibli anda sampai di tujuan dlm kondisi baik. Perkiraan 1 minggu paket nexlogistic diterima anda pak

      Suka

Tinggalkan Balasan

