Review STP Petrol Treatment di Honda Revo Karburator

Sudah cukup lama juga motor honda revo karburator tahun 2009 yang saya gunakan mendapatkan jatah servis terakhir, mungkin sudah 6 bulanan dan selama itu juga saya mondar-mandir dalam kota dan luar kota untuk cari nafkah.

Belum ada kesempatan untuk servis mesin revo, bicara soal performa agak saya rasakan ada penurunan sedikit, bukan ke soal konsumsi bbm tapi soal performa mesin aja. Ternyata setelah diselidiki masalahnya ada di oli mesin, akhirnya saya kumpulin rejeki, dan bisa memperoleh oli mesin dan produk stp petrol treatment ini dengan susah payah, in pun saya carinya online karena ada perbedaan harga di toko lokal. Beruntungnya lagi cari di toko online dapat free ongkir pula… keberuntungan ada saja berpihak di saat sulit ya…hehehe…sang pencipta tau betul saya butuh bantuan 😀

Kali ini yang akan saya ulas adalah soal perawatan untuk faktor bensin dan saluran bensin di motor bebek revo. Sudah beberapa bulan terakhir wilayah indonesia sebagian besar masuk musim penghujan, dari skala sedang sampai skala besar hingga banjir parah dan longsor. Untuk saya musim dingin ini ada hubungannya dengan kondisi bensin yang digunakan di kendaraan kita. Saat dingin, air bisa saja masuk melalui celah dari saluran masuk bensin atau mungkin bisa jadi dari pembekuan akibat penguapan di dalam tangki bensin itu sendiri.

Ya, air dalam saluran bensin, ini yang menjadi dilema buat saya. Dulu banget saya pernah mendapati kondisi dimana kualitas bensin menjadi tidak bagus di beberapa motor yang pernah saya gunakan di era 1990 – 2000an, herannya lagi adalah semua kejadian selalu terjadi di pola musim dingiin, tidak pernah terjadi penurunan kualitas bensin (dulu premium aja yg dipakai) di musim panas. Kembali saya pikir, sptnya musim dingin entah bagaimana membuat kualitas bensin menjadi kurang bagus, mungkin dimulai dari tangki bbm di spbu itu sendiri yg bisa jadi sudah tercemar air dalam jumlah tertentu hingga akhirnya ikut masuk ke tangki bbm kendaraan yang mengisi bensin di spbu. Belum lagi saat kendaraan hanya ditinggal lama tidak pernah digunakan atau sekedar tidak di ‘panasin’ efeknya kualitas bbm makin lama makin berkurang.

Saya kemudian berpikir, bagaimana caranya memberi perawatan ke dalam saluran bbm di motor revo yang sudah berjalan 6 tahunan lebih ini. Selama sekian tahun pastilah akan ada kotoran mengendap, mungkin juga sudah tidak sempurna lagi untuk mempertahankan kondisi bbm di dalam tangki hingga melewati saluran bbm menuju ruang pembakaran. Belum lagi dkota saya dikenal kota dingin, suhu dingin plus sedang musim hujan besar pula, kondisi bbm pasti menurun dan air pastilah akan mencari jalan untuk mempengaruhi bbm yang ada di dalam tangki bbm revo ini.

Yang saya inginkan sederhana: Mengurangi kadar air di dalam ruang penyimpanan bbm dan saluran bbm di motor revo ini dan melancarkan proses bbm dapat dibakar di ruang pembakaran. Maksudnya begini, jika kondisi air dalam ruang bbm itu berkurang atau dapat dihilangkan, maka kondisi bbm yang digunakan akan pulih kembali dan dapat dibakar dengan hasil terbaik, ujung-ujungnya performa tarikan motor lebih ringan, saluran bbm juga bersih, tingkat konsumsi bbm pun dapat membaik, ini sesuatu yg rasional/masuk akal.

Akhirnya saya putuskan sudah saatnya membasmi kadar air di dalam ruang bbm revo ini, lalu caranya?

Tentu caranya bukan dengan menguras tangki bbm lalu menjemur tangki dibawah sinar matahari! Untuk itu saya putuskan menggunakan konsentrat perawatan bensin, bahasa kerennya Petrol Treatment. Di pasaran ada banyak produsen yang membuat produk gnian, nah kebetulan saya carinya di sebuah toko online yang sediakan free ongkir, jadi … produsen dan jenis yang tersedia memang terbatas karena bukan toko online khusus keperluan perawatan kendaraan!

stp1

Saya menemukan produsen perawatan kendaraan yang berasal dari amerika, yang jelas bukan buatannya donald trump! STP… siapa sih yang hari gni gak tau merek ini? Memang saat saya searching, ada beberapa jenis produk yang tersedia, ada yang khusus untuk octane booster dsb, namun saya memutuskan membeli yang ada fungsi Menghilangkan air dari sistem bahan bakar, produk stp yang satu ini bernama STP PETROL TREATMENT.

stp2

Pas banget beli dapat diskon pula, makin bersyukur gak menguras isi dompet, masih bisa sisa untuk makan keesokan harinya 😀

Mengapa saya membeli produk gnian? Karena motor ini punya andil besar di untuk saya dan keluarga, jadi perawatan berusaha tetap diberikan dng baik, mendahulukan motor ini daripada kesehatan saya sendiri karena tanpa motor ini hidup saya pun juga gak akan berjalan baik, kesulitan cari nafkah karena gak bisa menghampiri pelanggan dsb. Selain itu, jika saya tidak berusaha mencicil merawat motor ini, pastilah kelak ‘tagihan’ perawatan akan melonjak drastis karena kondisi motor makin berantakan, jadi mau tidak mau memang harus dicicil perawatan motor ini agar lebih hemat juga.

stp4

Produk stp petrol treatment ini saya tebus seharga Rp.54.000 saja, gratis ongkir pula! Lalu apa saja sih kegunaan produk satu ini? Menurut informasi di belakang botolnya, kegunaan produk stp petrol treatment sbb:

1. Menghemat bensin dengan menjaga karburator dan injektor besih.
2. Membersihkan karburator yang kotor.
3. Membersihkan sumbatan pada injektor.
4. Menghilangkan air dari sistem bahan bakar agar tidak terjadi pembekuan.

stp5

Nah fungsi ke-4 itu yang saya utamakan karena saya tidak menemukan produk stp atau dari produsen lain yang bisa mengerjakan point ke-4 itu.

Dengan mengeluarkan dana sebesar Rp.54.000, saya mendapatkan sebuah produk dengan volume 155ml, menurut cara pakainya sih begini:

1. Tambahkan ke dalam tangki saat anda mengisi bahan bakar penuh.
2. Untuk tangki dengan kapasitas s.d 40 – 60 liter bensin.
3. Tambahkan setiap dua kali mengisi bensin.

stp6

stp7

stp8

Jaaadiii…. udah jelas kan ini fungsinya untuk kendaraan dengan bbm apa? Ya..hanya untuk kendaraan bbm bensin, bukan disel! Bisa digunakan di mobil dan motor. Nah karena ini akan digunakan di revo karburator, lalu cara pakainya gimana?

stp9

stp10

Saya ambil inisiatif sendiri saja, kebetulan kemarin siang pas barang datang langsung saya foto” buat dokumentasi dan blog ini, lalu saya buka produknya dan menuangkan sebanyak 1 tutup botol ke dalam tangki bensin revo, pas banget tangki isi pertalite masih full tank pula. Setelah dituangkan, saya diamkan saja motor itu, tidak saya nyalakan, karena prinsip saya sederhana, apapun yang akan tercampur dengan bbm bensin, butuh waktu antara zat dan partikel yang bercampur untuk bisa tercampur sempurna. Nah pencampuran sesama zat jenis cair akan jauh lebih baik dan cepat dibandingkan zat cair dengan zat padat.

Akhirnya jam 11 malam saya putuskan keluar sebentar gak jauh amat sih cuma 100 meter aja dari rumah, pas kondisi dingin gerimis pula. Ini motor aki-nya udah tobat sehingga gak bisa starter elektrik, jadi harus engkol saja. Dan sekali engkol, motor langsung brum…nyala…suaranya halus. Berbeda dari terakhir digunakan siang hari saat saya ke toko bangunan waktu paket produk ini belum datang, di engkol butuh paling tidak 2x dan suara mesinnya tidak sehalus malam hari setelah pakai 1 tutup produk ini. Ketika gas dimainkan, rasanya ringan memang tapi berasa ada isi tenaganya, agak beda dengan waktu siang hari saat dipakai.

Mengapa saya pakainya 1x tutup botol untuk kondisi full tank pertalite?

1. Karena tidak ada panduan pasti cara pakai produk ini untuk motor bebek ber-cc 110, karburator pula.
2. Saya cari jalan aman saja, coba-coba dulu, 1x tutup botol produk ini estimasi ber-volume 5ml, kondisi tanki revo full adalah 4 liter-an. Saya rasa ini perbandingan pemakaian yang gak kurang gak lebih karena dulu pernah di motor lain saya pakai yang penghemat bahan bakar buatan pemain lokal diberi panduan cukup dengan 2 tetes saja per 1 liter bensin. Lah 2 tetes itu sedikit kan? Ini full tank revo saja 4 liter-an saya isi dengan 5ml produk stp petrol treatment, jadi buat saya ini sudah perbandingan yang masuk diakal.
3. Karena menurut saya produk ini berkualitas baik dan tidak perlu nekat banget dipakai banyak banyak di kondisi full tank bbm karena saya ingin kondisi kegunaan produk yang bisa diukur seiring waktu.

Dengan kapasitas volume produk stp petrol treatment sebesar 155ml dan tiap 2x tangki bbm revo full tank dijatah 5ml cairan ini, maka produk ini bisa digunakan sebanyak:

155 : 5 = 31x

Wah…pikir saya lumayan neh, dengan duit 54rb, saya bisa pakai produk gnian untuk 31x isi full tank bbm? Ya irit juga menurut saya sih 😀 karena bisa menghilangkan air dari sistem bahan bakar sebanyak 31x. Menurut saya ini keunggulan mutlak produk stp petrol treatment yang sangat bagus. Mengapa saya katakan sangat bagus? Karena percuma kita koar-koar bbm dengan oktan tinggi dapat memberi hasil maksimal ke tingkat irit bbm dan performa mesin jika kadar air masih menghinggapi di dalam tangki bbm hingga sistem bahan bakar!

stp11

Baiknya produk ini digunakan untuk kondisi kendaraan dan lingkungan yang seperti apa? Well, menurut saya pribadi, produk ini pas-nya sih dipakai untuk motor dan mobil ber-bensin dengan kondisi:

1. Berlokasi di area suhu dingin. Semakin lama bensin di-endapkan dan kendaraan tidak difungsikan akan membuat kualitas bbm menurun dan berkemungkinan tercampur dengan air dalam udara dingin.
2. Digunakan pada kendaraan yang berkemungkinan melibas hujan deras dan genangan air melimpah. Yang ini gak perlu dijelaskan lagi.
3. Digunakan pada kendaraan dengan tingkat kunjungan cukup tinggi ke spbu di area suhu dingin dan atau berkabut. Suhu udara dingin dan kabut yang ikut masuk ke dalam tangki bbm dapat membuat zat bensin membeku/tercampur kabut yang berubah menjadi air seiring waktu.
4. Digunakan pada kendaraan dimana saat isi bensin terkena siraman air hujan. Karena ada kemungkinan tetesan air hujan dari arah tertentu ikut masuk ke dalam tangki bbm.

Apa saja gejala-gejala kendaraan yang memiliki kemungkinan saluran bahan bakar yang digunakan sudah mulai tercampur air?

1. Kendaraan susah dihidupkan, baik dengan starter elektrik atau engkol, khususnya di cuaca dingin/berkabut/hujan.
2. Tingkat performa kendaraan di jalanan dingin/hujan/berkabut ada penurunan, performa hingga bisa terjadi tersendat-sendat, ngelitik sampai mesin mudah mati.

Penting gak sih pake produk gnian? Menurut saya pribadi sih penting, sederhananya gni… mesin motor hidup butuh bensin apa butuh air? Air bagus gak buat pembakaran bbm? Kira-kira keluar duit lebih banyak apa lebih sedikit untuk servis kalau kendaraan sudah seiring waktu menjadi ‘pengumpul’ air di saluran bbmnya? Kira-kira ganti komponen saluran bbm yang sudah ‘dirusak’ oleh air seiring waktu itu biayanya murah apa mahal? Nah tuh…coba dipikir ya!

Jadi sebelum putuskan untuk pakai bbm dng tingkat oktan yang tinggi, sudah seharusnya kita pengguna kendaraan mengambil inisiatif dulu untuk memulai dari hal dasar, yaitu: menghilangkan air dari sistem bahan bakar. Karena air ini benar-benar jadi masalah besar bisa menghambat kesempurnaan proses pembakaran bbm yang digunakan. Apalagi jika anda tinggal di kota spt saya, kota yang bersuhu dingin dan berkabut, itu jelas akan berpengaruh juga ke kualitas bbm di spbu di kota spt itu di ruang penyimpanan bbm spbu. Belum lagi jika kendaraan anda melibas banjir…beeuh…air bisa cari jalan ke dalam part kendaraan hingga ke saluran yang berhubungan dengan sistem bahan bakar.

stp3

stp12
mulai pemakaian pertama

Sejauh ini si revo sudah saya gunakan mondar mandir keliling kota di cuaca hujan sepanjang 20km dan saya merasakan ada hasilnya. Yang saya rasakan sih..

1. Mesin mudah di-engkol. Sekali goyang kaki, mesin motor pun langsung hidup di kondisi suhu dingin. Saya tes terpisah jarak 1 jam sebanyak 4x di saat kondisi eksternal hujan deras dan kembali ke gerimis. Sebelum pakai produk gnian, motor untuk hidup minimal itu harus goyang kaki 2x baru nyala.

2. Tarikan mesin berasa ada tenaganya. Saya sih ngerasa walo ini revo belum diservis selama 6 bulanan tapi ada sedikit perubahan ke tarikan gas-nya saat dicoba di jalan raya, rasa tenaga yang hilang itu nongol lagi, memang gak seberapa besar tapi bisa dirasakan perubahannya. Sebelum pakai sih tarikan gas berasa berat tenaga juga gak gtu berasa.

3. Suara knalpot jadi lebih soft, sebelum pakai suara dari mesin ke knalpot itu berasa agak gede dan iramanya gak teratur. Sesudah pakai, suara mesin lebih halus dan irama suara knalpot juga lebih teratur dan soft.

4. Mesin tidak mudah mati saat dipanas-in pagi hari. Sebelum pakai biasanya gak berlangsung lama mesin mati sendiri ya sekitar 4-5menit, tapi pagi hari ini saya coba sekali engkol, nyala, saya tinggal masuk ke dalam rumah, keluar lagi di menit ke-7 itu mesin revo masih aja nyala dengan irama yang lebih teratur.

Soal apakah membantu keiritan konsumsi bbm, ini harus dibuktikan dminggu depan saat saya keluar kota, akan saya ukur tingkat keiritan konsumsi bbm per liternya.

Untuk masbro yang ingin cobain produk ini, langsung aja bungkus disini kebetulan saya juga belanjanya disitu, udah dkasih harga diskon, murah, dapat free ongkir juga bahahaha gimana gak senang!?

13 thoughts on “Review STP Petrol Treatment di Honda Revo Karburator

  1. Wahh baru saya beli produk ini untuk motor ternyata bagus juga yaa bwt motor,, tp saya dapat harga lebih murah di bawah 40.000 beli di supermarket TipTop,,

    Suka

    1. Lah kok 1 botol? 1 tutup botol x mas. Wong itu 1 botol cukup utk puluhan liter 😄

      Kebetulan saya sdh coba bbrp produk stp bbrp minggu ini di revo karbu n injeksi. Bln dpn dposting deh ya.

      Suka

  2. klo ane make yang STP® Multipurpose Motor Treatment mas. tp lupa mau update ke blog. malah dah abis duluan. efeknya mantap

    Suka

    1. Mau beli itu tp budget gk ngangkat jd coba pake ini dulu apalagi pas musim ujan dingin berkabut dkota saya.Mungkin ntar klo dah ada motor sendiri baru dsiapin buat beli yg multipurpose itu. Thx

      Suka

          1. Yoi masbro, single touring buat ngelengkapin blog official saya. Mulai dulu dr menjelajah t4 wisata semua wilayah djateng baru jatim. Jabar blm hapal 😄

            Gak lama paling 2 minggu djalan kelar se-jateng. Molor d SPBU pertamina hemat biaya pokoknya ala kadarnya masbro 😎

            Suka

Tinggalkan Balasan

