Review Ekspedisi First Logistic …. Tanggung Jawabnya!

Kemarin-kemarin sudah review pengalaman pribadi menggunakan beberapa jasa ekspedisi di indonesia. Kini saatnya saya menambah satu lagi ulasan ekspedisi di blog saya. Yang akan menjadi sasaran ulasan kali ini adalah Ekspedisi First Logistic.

Saya rasa untuk sebagian orang nama ekspedisi ini kurang greget ya, padahal ekspedisi ini sudah cukup lama beroperasional di Indonesia, bahkan sudah lebih lama ada dibandingkan ekspedisi J&T yang pernah saya ulas sebelumnya disini.

Sebenarnya menulis ulasan ekspedisi First Logistic ini juga karena mendadak saya ingat beberapa tahun lalu pernah pakai jasa ekspedisi ini karena dapat free ongkir gratisan dari website zalora saat membeli celana jeans (cari celana saja sampai hunting karena susah dpt ukuran yg pas di toko fisik lokal dkota saya … ngenes pisan body gede ya gni nasibnya).

Ini adalah pengalaman kedua saya menggunakan layanan ekspedisi first logistic tanpa permintaan saya, kedua duanya saya dapatkan dari fasilitas free ongkir di dua toko online berbeda, satunya adalah dari Zalora Indonesia dan satunya dari Blibli.com. Namanya juga free ongkir, konsumen tidak bisa memilih mau dikirimkan pakai ekspedisi apaan, ya tho?

capture-20161110-141414

Pertama kali diberikan ekspedisi first logistic ini di tahun 2014 (ini pun saya cek ulang baru beberapa menit lalu di akun zalora saya). Jadi saat itu saya membutuhkan celana jeans, karena celana jeans lama sudah tersayat silet gillete tanpa sengaja (apes banget!) pas dibagian selangkangan pula! hadeeuhh! Pas ada rejeki juga saat itu, saya putuskan cari celana jeans, tidak menemukan ukuran celana di toko lokal, saya pun memutuskan nyasar ke toko online, dan tujuan saya langsung ke zalora, karena saat itu zalora sedang ‘booming’ sbg toko online khusus fashion, mungkin satu-satunya yg mudah dikenali di tahun itu. Nah setelah dapat celana jeans yg punya ukuran saya, bayar, konfirmasi, tidak berapa lama saya dapat informasi produk sudah dikirimkan dengan ekspedisi First Logistic.

capture-20161110-141751

Saya jujur saja gak tau apa itu ekspedisi first logistic, langung lah nyasar ke gugel, ketemu web resminya, dbuka webnya, dijilat…dicelupin…hmm enak oreo bingits 😀 bahaha ya kebuka webnya, dicoba dlacak…nongol hasil lacak resi-nya. Tiap hari dilacak, sampailah barang itu di kantor first logistic yogyakarta. Dilacak lagi statusnya sudah berubah sedang dihantarkan menuju ke tempat saya, sampai sore sampai lepas magrib saya tungguin di rumah yang sedang hujan deras…loh kok paketnya gak sampe juga? Padahal statusnya sedang on deliver ke tujuan. Saya mulai kawatir tuh… pikir saya apa ini supirnya nyasar kah? Dan beneran sampai pagi hari berikutnya, tidak ada paket first logistic sampai ke rumah saya.

Dan diatas jam 10 pagi, saya dapat sms… sms yang berisi: Saya driver first logistic, mohon panduan arah alamatnya. Lah saya antara kaget dan senang, kaget karena kenapa malah hari berikutnya si supir baru ngabarin tanya arah saja? lalu kemarin kemana saja si supir di jalan? Ah daripada kepanjangan saya jelasin saja arah alamat saya, dan beberapa jam ketika sudah masuk kota saya, sms masuk lagi tanya lagi alamat rumah saya, saya jelasin lagi tuh arah kemana, masuk jalan apa dsb. Dan sekitar 40menitan kemudian sampailah supir ekspedisi ke rumah saya.

holden

Dan saya kaget nih begitu lihat mobil yang mengantarkan paket ekspedisi tsb ke rumah saya. Mobilnya pakai mobil Holden, warna biru, plat AB, isinya satu orang pemuda usianya lbh muda dari saya, keluar mobil jalan cepat ke teras rumah saya (saya gak sempat cari payung) dan memberikan paket celana jeans yg saya pesan. Belum sempat saya tanya, mas ini mengatakan “Maaf pak, kemarin tidak bisa dihantarkan karena mobilnya terjebak banjir di jalan”. Saya sempat mikir itu banjir dimana ya, karena gak mungkin di kota saya ada banjir, di kota yang dilalui juga kayaknya gak bakalan banjir juga (saya paham lalu lintas jalan raya sampe jalan tembusan dan perihal cuaca di sepanjang kota yang saya lalui untuk menuju kota saya). Mungkin kemarin juga datang pake holden itu juga karena ceper jadi kejebak banjir x ya pikir saya? Pikir saya itu biasanya setiap mobil ekspedisi paling ada 2 staff, supir dan pendampingnya, tapi ini ekspedisi first logistic datang pakai mobil Holden biru plat AB gtu, ya mirip mobil anak komunitas gtu lah.

Dalam hati saya, ini pemuda udah jauh” datang, pakai mobilnya sendiri, kehujanan, kabut pula untuk nganterin celana jeans aja. Saya sebut pakai mobilnya sendiri karena saya 100% yakin tidak mungkin ada pemilik mobil klasik holden gtuan mau meminjamkan mobilnya untuk jarah jauh, apalagi di musim hujan, cuma untuk nganterin satu paket doank! Jadi saya nebak itu pasti mobilnya sendiri.

Dia gak ada penghantaran lain di kota lain sepanjang jalan menuju tempat saya. Saya yang sudah menyeduh kopi hangat dua gelas untuk dua staff first logistic tapi yg nongol satu pemuda saja, saya berikan kedua cup kopi masih panas untuknya buat penghangat sepanjang dia balik lagi ke jogja.

Awalnya sih saya berpikir mobil box ekspedisi resmi gtu spt ekspedisi lainnya, eh yang datang mobil Holden gtu. Buat saya pribadi sih gk masalah, malah keren banget tuh! Bayangin aja itu mobil klasik, udah tuir, jelas banget mobil komunitas, dsupir-i sendiri hujan deras plus kabut cuma untuk nganterin 1 celana jeans doank jauh-jauh dari jogja!

Buat saya, itu kesan yang menarik dan positif, karena pihak first logistic tetap cari akal gimana caranya agar paket konsumen tetap harus dapat dihantarkan tanpa jeda berlama-lama. Dan karena musim itu jogja ke kota saya memang sedang hujan deras, tidak mungkin dihantarkan pakai motor juga, jadi mobil adalah kemungkinan yang lebih pas. Dan gak disangka, pakainya mobil komunitas gtu! Saya rasa jumlah mobil Holden plat AB di jogja bisa dihitung pakai jari lah ya, apalagi yg warna biru itu, mudah dikenalin. Saya sempat tanya dimana sih letak first logistic di jogja, si pemuda ini menjawab lokasinya di sekitaran janti jogja. Oh, daerah itu saya masih paham, cuma belum pernah lihat plang usaha ekspedisi first logistic aja sih.

Ya jujur saya kagum dng pemuda ini, dari pakaiannya casual saya nebak dia bukan karyawan first logistic. Saya gak bisa bayangkan itu holden PP abis bensin brp liter, tau sendiri lah mobil gtuan kagak irit amat. Tapi menghantarkan barang pesanan saya, dengan tekat dan niat pakai kendaraan gtuan dtengah hujan deras dan kabut, saya acungi jempol! Bayangin aja, 6 jam lebih dari sms pertama pagi hari baru sampai ke kota saya sore harinya….maklum aja…kondisi cuaca dan mobil gtu di jalan kayaknya gak nekat kenceng lah ya, bahaya.

Saya tau mungkin satu paket bagi sebagian ekspedisi lain akan dianggap remeh untuk dihantarkan, berbagai macam alasan, tapi pemuda ini datang pakai mobil klasik holden dengan jarak tempuh jauh tanya via sms dulu sebelum berangkat dan ketika sudah masuk kota saya tetap mengabari via sms, ditambah hujan deras dan ongkir bensin PP yang gak sedikit cuma untuk tetap dapat menghantarkan 1 paket saja dan minta maaf saat bertemu langsung karena di hari sebelumnya mobil tidak bisa nembus banjir hal ini sudah saya anggap perbuatan baik sekali, dan memberi kenangan positif bagi saya perihal ekspedisi First Logistic. Artinya karyawan punya persiapan menuju lokasi yang belum pernah ia tuju, mau cari akal gimana tetap bisa sampai ke tujuan, berani bertanya ke konsumen, punya empati dan melaksanakan tanggungjawab dengan baik!

Jadi untuk anda pemuda yang pernah hantarkan celana jeans pesanan saya di zalora, dengan mengatasnamakan ekspedisi first logistic pakai mobil Holden plat AB warna Biru, saya ucapkan terima kasih atas itikat baik anda menghantarkan paket tersebut kepada saya dengan selamat. Saya salut pada anda, anda diserahkan tanggungjawab dan menjalankannya dengan baik!

Oya, semoga mobil Holden anda tetap awet karena PP nembus hujan deras saat itu.

Update 11/11/2016:

Pada hari ini pukul 13.30WIB paket petrol treatment yang saya beli dari sebuah toko online dengan free shipping menggunakan First Logistic datang. Dan… sekali lagi, yang nongol bukan kendaraan resmi first logistic atau ekspedisi yang biasa disebut FIR itu. Yang datang adalah seorang bapak tua berusia diatas 50 tahun mengendari motor honda astrea grand 90-an 100cc, datang dalam kondisi mulai gerimis, bawa paketan saya di sebuah tas ransel hitam yang diletakkan di ruang tengah motornya. Saya bertanya “Dari first logistic?”, bapak itu menjawab “Iya mas”. Lah jujur saya kaget banget, kenapa yang datang malah bapak tua gni atas nama first logistic pake kendaraan butut pula? Masalahnya bukan soal kendaraan motornya, tapi kenapa bukan kendaraan resmi ekspedisi dan kenapa bapak tua yang menghantarkan? Saya udah mulai kasihan tuh ma itu bapak, saya tanya lagi “Dari jogja pak?” (karena saya lacak resi terakhir posisi depart from jogja), bapak itu menjawab “Gak mas, dari magelang.” Loh… kok malah dari magelang ya? Bapak itu nambahin “Jauh mas kesini, antar satu ini aja punya mas-e”.

Ya jujur aja nih, saya gak tau cara kerja first logistic, tapi saya menebak itu mas holden biru pertama dan bapak ini bukan kurir resmi first logistic, sepertinya kurir lepas dari ekspedisi lain. Karena saya rasa ini soal hitung-hitungan biaya operasional, rugi donk ya hanya antar 1 barang ke 1 kota yang lokasinya 3 jam dari jogja kalau gak macet pake mobil. Jadi ini sudah ke-2 kalinya first logistic tidak pernah datang dengan kendaraan ekspedisi operasional resmi, dan jujur saya kasihan dengan bapak tua itu, feeling saya 100% yakin dia kurir lepas dari ekspedisi lain yang diserahtugaskan menjembatani penghantaran paket saya yang sejak awal dari firts logistic itu. Saya pernah ada pengalaman dari ekspedisi lain dari pengiriman awal di surabaya yang akan saya ulas terpisah dengan kondisi spt ini juga.

Well, untuk first logistic, saya harapkan bisa bekerja dengan profesional. Satu paket pun seharusnya dihantarkan atas nama perusahaan resmi, dengan kendaraan ekspedisi resmi first logistic. Kalau 1 paket saja ditipkan ke ekspedisi laen spt itu terus dengan pertimbangan ongkos operasional, saya rasa sulit perusahaan berkembang luas. Jujur lebih baik daripada numpang terus! Tanggung jawabnya dimana?

Salam.

Nah untuk anda yg pernah pakai jasa ekspedisi ini bisa sharing di komen tapi supaya adil di kedua belah pihak antara anda dan ekspedisi, maka saya minta anda cantumkan bukti no.resi paket agan. Kalo tidak mencamtumkan no.resi maka komen yg berkaitan dng jasa mrk yg anda gunakan tidak akan saya tampilkan krn tidak fair. Adil kan?

Tinggalkan Balasan

