Review HP Strawberry ST288 – Kecut Asem Binti Rese

Saya akhirnya memutuskan utk menulis artikel ini karena saya rasa bisa jadi pertimbangan untuk anda yang mendadak kepincut hp 2g murah meriah merek strawberry.

Saya ada hp merek strawbery tipe st288, saya beli dari sebuah toko online yg gratis ongkir itu tuh. Belinya sudah agak lama sih lebih tepatnya 16 Maret 2016. Waktu itu kebetulan dapat vocer 75 rb plus lagi butuh hp cadangan yg hanya dipakai utk jawab telepon dan sms saja dan support dual simcard.

Awalnya sih mengincar nokia 105 single simcard (lagi) tapi kok harganya belum turun juga. Lalu browsing hp biasa, mengurutkan harga, dan akhirnya terpilihlah hp merk Strawberry dengan tipe ST288. Memang agak aneh juga saya pikir serius nih hp mereknya gnian? So anyway harga aslinya adalah Rp.184.999, dipotong vocer belanja Rp.75.000, akhirnya saya menebus hp ini seharga Rp.109.000, sudah gratis ongkos kirim.

str4

Singkat kata hp tsb sampai 7 hari kemudian ke tangan saya. Dibukalah box hp ini. Di dalamnya terdapat:

  • Unit HP
  • 1 Baterai
  • Charger
  • Mono Headset
  • Panduan n Garansi.

str3

Setelah pasang simcard saya pasang baterai, menyalakan hp, saya lihat indikator baterai tidak penuh. Langsung lah saya charge dng charger bawaannya berbentuk mini usb.  Singkat kata baterai hampir penuh menyisakan satu bar, saya pun keluar berkendara dengan motor karena da keperluan sebentar dan saya bawa itu hape.

str2

Balik ke rumah, saya pasang lagi charger niatnya untuk melakukan charging penuh baterai hp itu, ealah….sudah dicolok charger kok tidak ada indikator pengisian sedang berjalan? Saya pikir mungkin ini butuh restart hp, saya restart lah hapenya lalu charging lagi, loh…masalahnya kok sama…tidak ada indikator pengisian baterai. Padahal tadi pertama kali ada indikatornya berjalan.

str1

Saya coba chargernya digunakan di hape 2g lama milik adik saya, charger bawaan hp ini tidak dapat melakukan pengisian tenaga sama sekali. Ternyata charger bawaan hape ini langsung kiamat sekali pakai charging ke hape strawbery itu sendiri. Ok, walau agak dongkol, saya pun charging hp ini dengan charger lainnya dan terbukti bisa mengisi baterai sampai full, indikator pengisian baterai pun berjalan normal.

Lalu di bulan berikutnya nih, ada hal mistis terjadi dengan hape strawbery ini. Saya ingat betul di smcard 1 saya masih tersisa pulsa 10ribuan. Jam 9 malam saya tertidur, pagi harinya saya mau kirim sms, tapi gagal terus, saya pun heran dan cek sisa pulsa…. duaaarrr…kaget rasanya ternyata sisa pulsa simcard 1 tersisa N0L. Saya pikir kemana larinya itu pulsa, saya tidak berlangganan value added content apapun ke provider simcard 1, semalam juga tidak ada yg masuk kamar saya, wong kamar dikunci dari dalam. Di rumah juga hanya ada saya dan ibu saya.

Saya coba cek nih pemakaian terakhir pulsa saya, anehnya adalah yang tampil pemakaian seharga pulsa kirim sms terakhir, loh kan gak lucu masa pulsa 10ribuan kok pemakaian terakhir yang didapat adalah seharga 350rupiah saja? Hape ini saya letakkan terpisah dari kasur saya,  bangun pagi pun hape itu tidak berubah posisi.

Karena daripada kepikiran lama, akhirnya saya isi pulsa lagi, kali ini 20rb masuk simcard 1. Sekitar seminggu setelah isi pulsa, hp ini tergeletak di kasur, saya ambil dan munculah misteri pulsa habis tersebut. Hape ini ternyata ada masalah malfunction software, terbukti saat saya tekan keypad dlm kondisi layar unlock terlihat ada koneksi gprs aktif. Saya pun heran, bagaimana mungkin hp ini bisa membuat koneksi gprs aktif sendiri tanpa campur tangan manusia, pun software hp ini tidak ada satupun setingan semacam itu.

Saya unlock layar, cek pulsa, dan apes…. sisa pulsa simcard 1 langsung N0L lagi. Hingga hari ini 4 Oktober 2016, saya sudah mengalami kejadian mistis maling pulsa dari hape strawberry st288 ini sebanyak 3x ketahuan saya. Ini hape tidak pernah disentuh orang lain, property saya tidak pernah dihandle orang lain.

Memang ini hp garansi 1 tahun resmi, saat charger rusak saya sebenarnya hendak mengembalikan hp ini krn belum ada 3 jam charger sudah rusak. Saya memutuskan tidak komplain garansi, tapi melapor ke pihak customer service toko online dng kejadian itu.

Penilaian pribadi saya;

  1. HP ini sangat tidak worth it untuk dimiliki, kalaupun ada yang jual murah masih bagus lengkap cuma 50rb, saran saya JANGAN MEMBELINYA! RUGI BESAR!
  2. HP ini nama asli mereknya menurut situs IMEI.INFO adalah merek TIPTOP dengan tipe hp K500

str5

3. Software tidak matang, masih sering terjadi gejala error profile, suara saya tidak didengarkan penelepon (padahal sudah haloo hallooo loh saya), masih terjadi koneksi gprs otomatis hingga saat ini, dan hal software lainnya.

4. Headset mono dengan satu earphone saja, kualitas sangat amat parah.

5. Hape ini cocoknya untuk menyalakan suara sirine mobil polisi karena suara hape ini sangat kencang cocok buat ngagetin maling di rumah.

Untuk saat ini, hape ini sebentar lagi akan saya hancurkan, kebetulan di rumah ada palu. Dan akan segera saya menggantinya dengan real 2G handphone merek nokia saja.

6 thoughts on “Review HP Strawberry ST288 – Kecut Asem Binti Rese

  1. Strawberry mulai banyak invasi, dengan merk china lain tentunya. Nenek pake hp iCherry ngga masalah, ane dan ayah ane pakai Mito sama Nexian selalu bermasalah. Sekarang masih pake hp china, Oppo.

    Suka

    1. 1. Klo dr artikel saya, saya tidak menekankan perihal made in china semuanya low quality. Ini yg saya bahas lbh ke penilaian pribadi khusus hp strawberry st288 tsb yg memang nyatanya produk yg bermasalah.

      Klo mau diajak tarung dng oppo ya hehehe…gak level lah si strawberry. 😄😄

      Suka

Tinggalkan Balasan

