Cara Cepat Transfer Data Smartphone Android dan Komputer

Pernahkah anda menginginkan transfer data antar perangkat smartphone android ke komputer dengan akses yang lebih mudah dan lebih cepat serta mendukung berbagai macam jenis data?

Saya rasa jawabannya: KEPIKIRAN SIH, TAPI BAGAIMANA CARANYA? Selama ini paling transfer data (files) dari kedua perangkat tersebut kalau tidak dng bluetooth ya dengan koneksi kabel usb saja, ini paling mudah dilakukan dimanapun, namun ada keterbatasan kecepatan dan efisiensi juga.

Sekarang pengguna komputer sudah mulai lebih menyukai menggunakan os windows 10, dan seperti yang pernah saya tulis di blog ini mengenai windows 10, selain membawa perubahan berarti di sistem keamanannnya, ada masalah baru timbul yang umum terjadi di windows 10, yaitu hilangnya fungsi bluetooth di perangkat komputer yang mengunakan os tsb.

Dengan menghilangnya fungsi bluetooth, otomatis hanya tersisa adapter wifi dan port usb. Bisa dikatakan fungsi transfer file dng metode bluetooth sudah ‘musnah’ sementara dng penggunaan windows 10 dan hanya tersisa mengakses data via port usb saja.

Karena seringkali, selain windows 10 harus detect terlebih dahulu perangkat smartphone anda, transfer file dari dan ke dua perangkat tsb biasanya tidak berjalan mulus, bahkan jika anda melakukan transfer file multiple (buanyaakk) maka sistem smartphone anda akan menjadi mendadak ‘berat’ karena fungsi read dan write menjadi terbebani dng jumlah copy paste file yang ‘berlimpah’. Bahkan beberapa fungsi paste dari windows 10 ke smartphone android manapun menjadi hang bahkan on waiting list.

Lalu pertanyaannya adalah:

1. Apakah ada cara yang lebih efisien saat hendak transfer data diantara kedua perangkat berbeda tsb selain menggunakan colok smartphone dng kabel usb ke port usb komputer?

YA! Untuk pengguna smartphone os android dan komputer berbasis os windows, anda dapat melakukan copy paste data secara realtime jauh lebih cepat, lebih efisien dan hemat memory sistem smartphone anda dengan lebih baik dengan menggunakan aplikasi bernama AirDroid.

ad12
AirDroid local web based di browser komputer

Apa saja yang bisa dilakukan oleh AirDroid baik dari dan ke dua perangkat berbeda?

1. AirDroid memungkinkan user melakukan transfer/akses data berupa: file, images, audio, video.

ad8
Bisa akses file yg tersimpan di smartphone

2. AirDroid memungkinkan user menghapus/menambah/merubah file (dalam fungsi umum).

ad4
Bisa dengerin, upload, ubah, hapus musik yg tersimpan di smartphone

3. AirDroid memungkinkan user membaca data smartphone spt: List Contact, List Call Logs, SMS, Clipboard, dll.

ad3
Bisa baca dan kirim sms langsung

4. AirDroid memungkinan user mengakses konten pada smartphone dan menayangkannya langsung di komputer. Ini sudah saya coba dalam versi local web saya bisa memutar video yang file-nya tersimpan di memory card smartphone. Kualitas video yang dimainkan tentu tidak bisa dianggap rata di semua device.

ad15
Streaming file video di smartphone langsung di browser AirDroid komputer

5. AirDroid memungkinkan user mendapatkan notifikasi konten dari smartphone langsung ke komputer dengan melakukan pairing via koneksi internet. Untuk versi local web, notifikasi apapun di smartphone tidak akan dimunculkan. Notifikasi yang bisa muncul tergantung dari notifikasi apa saja yang anda atur di seting notifikasi smartphone anda. Selama saya coba, saya bisa mendapatkan notifikasi sms masuk, notifikasi dari aplikasi (whatsapp, dsb). Untuk 1 – 4 dapat dilakukan tanpa koneksi internet / via local web.

ad10
Tampilan utama local web based AirDroid di browser komputer

Aplikasi ini tersedia dalam tiga versi yaitu versi smartphone, versi desktop dan versi web, dan lisensinya adalah dapat digunakan secara gratis. Sedangkan versi webnya tersedia juga dalam dua versi yaitu web online (dng koneksi internet) dan local web (dengan tethering hotspot smartphone – tanpa internet).

Download App AirDroid Smartphone disini

Download AirDroid Desktop Komputer disini

Langkah-langkah menggunakan AirDroid:

1. Registrasi: Anda bisa melakukan registrasi setelah app android tsb terinstall. Anda hanya perlu menyediakan alamat email, nama user dan password (8 karakter). Setelah mendaftar, sebuah email konfirmasi akan terkirim ke alamat email anda, silahkan klik link verifikasi tersebut dan akun airdroid anda langsung aktif. Aktif disini adalah, anda berhak memperoleh bandwidth transfer data via website (jaringan internet) dengan kapasitas 200mb/bulan. Tersedia pilihan upgrade kapasitas bandwidth jika anda memerlukannya.

Loh katanya gratis, kok dijatah bandwidth transfer 200mb gtu? Maksudnya gmn?

apd9
Informasi bandwidth bulanan di AirDroid smartphone

1. Airdroid tersedia dalam 3 versi, 2 diantaranya dlm bentuk aplikasi yaitu aplikasi smartphone (tersedia utk iphone jg) dan software desktop dan kedua aplikasi ini memerlukan koneksi internet aktif untuk dapat saling bertukar/akses data. Aplikasi versi android dalam ukuran 19 mb dan versi desktop dalam ukuran 22mb. Satu versi lainnya adalah dalam versi berbasis web.

Airdroid dapat digunakan dengan dan tanpa koneksi internet. Dengan menggunakan koneksi internet, anda dapat melakukan remote files, semisal: anda hendak mengirimkan data atau memberi ijin akses data kepada orang lain ke dalam smartphone anda, maka ini menggunakan media internet untuk penyeberangan file dan ini akan menggunakan jatah bandwidth bulanan sebesar 200mb yang diberikan AirDroid kepada free user-nya. Untuk jenis ini, anda akan diarahkan untuk menginstal software mereka di smartphone dan komputer, setelah terinstal maka anda akan diminta login dng akun AirDroid anda, maka otomatis komputer anda akan terkoneksi dng app AirDroid di smartphone anda (selama login dng akun yg sama!).

Cara menggunakan transfer file via koneksi internet sangatlah mudah. Anda cukup membuka app AirDroid di smartphone dan komputer anda, kemudian login, dan anda dapat menggunakan menu di dalam aplikasi tersebut untuk memulai akses data. Cara ini lebih cocok digunakan untuk anda yang ingin mengakses data secara remote (jarak jauh). Singkatnya begitu.

Namun yang akan saya bahas kali ini adalah transfer data tanpa koneksi internet. Kebetulan saya pas banget butuh transfer file di kedua perangkat berbeda ini. Karena saya bosan pakai bluetooth yang makan waktu super lama transfer datanya, apalagi pakai kabel usb dimana saya harus mendiamkan smartphone sementara dari aktivitas lainnya (agar proses transfer file tidak ter-interupt) dan ini bikin saya gak nyaman juga, maka saya cari cara lainnya, dan AirDroid mampu menyediakan fasilitas itu dng sangat baik.

Untuk melakukan transfer data (files) lokal dng smartphone android dan komputer caranya sangat mudah. Untuk iphone, maaf ya gak dijelasin disini, kagak mampu beli iphone nih 😀

1. Pastikan anda sudah melakukan setup Tethering melalui menu Settings di android anda.

apd3
Menu tethering wifi hotspot di smartphone

 

apd4
Menu tethering wifi hotspot di smartphone
apd13
Tampilan ip address saat tethering terhubung

2. Aktifkan tethering di android anda. Setelah aktif, nyalakan wifi adapter menu di komputer anda dan koneksikan/hubungkan dengan SSID tethering smartphone anda.

apd6
Memulai tethering, aktifkan Hotspot dan aktifkan Cellular Data utk bbrp detik saja

3. Buka app AirDroid di smartphone anda. Dan tekan tombol hijau START. Maka app tersebut akan menjalankan fungsi local web access dan menunjukkan alamat ip address yang dapat diakses melalui web browser komputer anda. Jika saat menekan tombol start yang keluar dua opsi: Wifi dan Mobile Network, maka anda diminta mengaktifkan koneksi data smartphone anda (tidak masalah bila bandwidth data anda sudah habis) utk proses koneksi tethering. Setelah koneksi data smartphone anda diaktifkan, langsung anda tekan kembali tombol Start di app AirDroid dan app tersebut akan langsung memunculkan alamat ip address untuk diakses via web browser di komputer anda. Nah setelah dapat alamat ip address tersebut, anda bisa langsung mematikan koneksi data di smartphone anda karena proses via local web based tidak memerlukan koneksi internet, yang diperlukan hanyalah alamat ip address app AirDroid di smartphone saja.

apd2
Tampilan muka airdroid smartphone – belum terkoneksi

apd8
Tampilan info ip address di app airdroid smartphone saat tethering tersambung

4. Buka browser komputer anda dan masukkan alamat ip address app AirDroid yang anda dapatkan dari nomor 3 diatas tersebut. Di contoh berikut app AirDroid di smartphone saya memberikan alamat ip address otomatis http://192.168.43.1:8888, ip address inilah yang anda masukkan di browser komputer anda. Tentu alamat ip address di app AirDroid smartphone anda mungkin berbeda dari yang saya dapatkan. Gunakan ip address yang diberikan app AirDroid milik anda.

ad1
Halaman utama local web based AirDroid di browser komputer

5. App AirDroid di smartphone anda akan menampilkan notifikasi permintaan koneksi baru, anda cukup tekan YES maka koneksi web browser komputer ke app AirDroid anda akan berlangsung.

apd7
Notifikasi permintaan koneksi sambungan AirDroid

Setelah terkoneksi maka anda dapat melakukan manajemen akses file baik dari dan ke dua perangkat tersebut. Satu hal yang perlu anda ketahui, versi app AirDroid tidak menyediakan transfer file langsung ke versi local web based komputer anda. Namun anda dapat mengakses: tambah, hapus, edit file yang ada di smartphone anda melalui menu yang tersedia di web browser.

ad14
Upload file dari komputer ke smartphone berlangsung sangat cepat!

Yang saya sukai dari app AirDroid:

1. Bisa digunakan remote access (dng koneksi internet).

2. Bisa digunakan tanpa koneksi internet melalui local web based tethering hotspot.

3. Akses copy, paste, download file berlangsung sangat cepat. Untuk download multiple files dng koneksi local web based proses download akan dijadikan satu file .zip saja, bila anda menggunakan IDM di komputer anda, proses download local ini berlangsung dalam hitungan megabyte. Saya mencoba sendiri mendownload files apk yg saya simpan di memory card smartphone saya ukuran total file 556.10MB dapat diunduh via IDM kurang dari 10 menit saja!! Bayangkan jika ini dilakukan via koneksi usb dan bluetooth, jauh lebih lamaaaaa!

ad18
Download files begitu cepat dan mudah!

4. Mendukung pemutaran file multimedia secara live dari local web based tethering. Namun kecepatan streaming tergantung dari jarak tethering, jenis file, ukuran file dan tempat penyimpanannya. Jika anda menyimpan file video di memory card yang masih class 4 tentu kualitasnya kalah jauh dibandingkan memory class 10!

5. Gratis, mudah instalasi dan mudah koneksi plus live notifikasi dari smartphone langsung ke desktop komputer.

apd14
koneksi tersambung, klik tombol Disconnect utk Stop Koneksi

Software spt ini sebenarnya sudah cukup lama ada di internet, sebelumnya dulu saya selain dng bluetooth dan koneksi usb, saya menggunakan Pushbullet namun kinerjanya tidak begitu baik dan juga memerlukan koneksi internet untuk berbagi files. Dengan AirDroid, akses file lebih efisien, lebih cepat, stabil, dan tidak harus dng koneksi internet.

Testing sudah dijalankan di os windows 10 pro 64 bit dan smartphone android lolipop 5.1, hasilnya menurut saya termasuk ok banget.

Selamat mencoba! Do it by your self, your own risk.

Iklan

4 thoughts on “Cara Cepat Transfer Data Smartphone Android dan Komputer

    1. Hehehe…

      Baca lg artikelnya gan, kan udah dterangin tuh dipakai di windows 10 🙂

      Dari gambar screenshot juga kelihatan kan itu desktop win 10 😀

      Ya support win 10 32 dan 64bit semua support.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s