Review Ban Dunlop TT902 TT 80/90-17 Pemakaian di Honda Revo

Akhirnyaaa…… dapat ban baru juga…. ucapan yg pas utk membuka sesi artikel ini.

Sudah beberapa bulan terakhir – sepertinya sejak maret seusai jual si bohay spacy – saya beraktivitas menggunakan sepeda motor bebek honda revo, masih yang tipe karburator, tahun 2009. Performa motor ini sih masih bisa dibilang ok untuk seumurannya, ya lumayan irit juga sih pake premium untuk penggunaan dalam kota. Tapi di artikel kali ini saya tidak akan membahas teknis motor ini, melainkan kesempatan untuk menguji coba ban baru di motor ini.

Sebenarnya sejak pertama saya pegang ini motor (maret 2016) kondisi kedua ban memang sudah miris, saya belum bisa beli ban baru saat itu, bahkan untuk penggantian ban depan saja pake ban second beli di tukang tambal ban seharga 25rb sudah termasuk ongkos pasang 😦 miris memang isi dompet ini bahaha 😀 Yang bikin gak masuk akal lagi, susah banget cari ban motor 2nd ukuran 17 padahal saya lihat orang begitu mudahnya membuang ban bekas ke bak sampah, ealah…saya mampir ke tukang tambal ban ada aja yang jual mahal gak mau ngejual ban 2nd padahal jelas kondisinya masih lumayan ok…alasannya sih…belum diberesin bannya (biasa lah…ban bekas kan pada maen bikin kembangan lagi).

So anyway, ban depan dapat yg 2nd, ditebus 25rb (rata” emang segini di tukang tambal ban) dan sudah digunakan kurang lebih 4-5bulan terakhir dng penggunaan rutin seminggu sekali ke kota tetangga, sisanya pemakaian dlm kota, cukup heran juga sih ban 2nd yg saya beli bisa bertahan selama itu padahal ya gak tebel amat kondisinya 😀 beruntung sptnya saya…. sang pencipta tahu saya lagi bokek 😀

d1

Beberapa hari lalu saya ada rejeki, lumayan lah dari jualan online, untungnya bisa untuk nebus bbrp items barang. Dan salah satunya yang di dapatkan dari hasil kesialan belanja online namun berbuah manis adalah dapat membeli ban Dunlop TT902 TT hanya seharga Rp.57.250. Mengapa dikatakan kesialan berbelanja online? ya itu yg saya tulis di artikel sebelumnya tentang belanja hape di blibli.com tapi sellernya batal proses order saya dapat kembali uang saya plus vocer diskon belanja sebesar Rp.100.000 dari blibli.com sebagai permintaan maaf krn sudah 3 hari menunggu tp ternyata seller hape accessgo tidak mengirimkan orderan saya dng alasan itu barang tidak tersedia. Dan berkat adanya vocer sorry 100rb ini 😀 saya bisa berbelanja ban belakang Dunlop TT902 TT 80/90-17 seharga itu! Bahahaha…rejeki akhir bulan 🙂

d2

Aslinya sih ban Dunlop TT902 TT 80/90-17 ini seharga Rp.185.000 (reguler) ya menurut saya untuk ukuran segini memang ini harga udah diatas kocek saya, dan bisa dikatakan harganya diatas harga ban tipe dan ukuran serupa dari merek lainnya yang biasanya dikisaran dibawah 150rb. Pas dijual di blibli.com lagi ada diskon 15% jadi harga akhirnya Rp.157.250. Oya ini ban dunlop yang saya beli tipe tupe tybe ya, bukan tubeless, kan udah ada tandanya tuh TT.

d3

Sebelum beli ban ini saya sempat keliling kota survey harga ban belakang dan memang rata-rata harga maksimum dibawah 150rb, diluar biaya ongkos pasang 8rb biasanya. Sempat juga mampir ke planet ban, memang harganya juga gak jauh beda dng harga di toko biasa, cuma ya mrk masih kasih gratis ongkos pasang jd ya bisa dikatakan lebih murah juga akhirnya sih.

d4

Kenapa saya gak beli ban belakang di planet ban saat itu? Karena saya tidak menemukan ban dengan motif kembangan yang sreg untuk motor ini. Selain itu pas nemu juga ealah harganya diatas harga beli online. Ya saya rasa beli ban online kali ini memang lebih murah walau sudah dihitung biaya ongkos pasangnya juga.

d5

Jadi untuk kesempatan beli ban Dunlop TT902 TT 80/90-17 plus ongkos pasang di motor honda revo, saya hanya mengeluarkan dana Rp.57.250 + Rp.8.000 = Rp.65.250, gileeeee…murah bener bro! Hahaha… vocer sorry blibli.com jadi berasa greget kali ini ye 😀

d8

Sellernya bener-bener mantab, saya beli di Smart Brain (mungkin klo dinamakan Smart Pro Tyre – lebih keren ya!?) saya pesan sore hari, paginya barang sudah dikirimkan ke ekspedisi, gak ada 24jam dari waktu pemesanan! Bener-bener nih seller serius jualan online, gak ngeremehin orderan masuk. Nalarnya kan gni loh, bila anda jualan produk fast moving, anda kan mikir itu pasti buyer beli kondisi barang si buyer sudah akan/hampir/telah mencapai batas maksimum penggunaan, jadi buyer beli produk serupa pasti butuh digunakan cepat donk! Kalau seller jualan barang fast moving tapi kirimnya kelamaan, bisa dikatakan itu seller gak paham soal komponen dan kebutuhan buyer! Jadi saya salut banget dng seller ini, sudah masuk ke daftar recommended saya. Oya ini seller ban lokasinya di Makasar bro! Gila gak tuh…dari makasar kirim orderan ban kjawa pun dilayani, untungnya sih buyer dapat free ongkir dari blibli.com, hehehe 😀 Lumayan 4 hari barang dah sampai.

Singkat kata setelah kemarin ini kiriman ban dihantarkan nyasar oleh jne ke penerima orang lain yang blas saya gak kenal dan saya lapor ke cs blibli malamnya, pagi ini akhirnya ban udah ketemu, si penerima ban berlaku jujur dan menghantarkan ban itu ke rumah saya pagi ini dan diterima ibu saya (saya mah masih hibernasi mode di kasur) 😀

Begitu lihat ban di ruang tamu, beeuh…berasa hepi… hepi karena gak terlalu deg deg-an lagi pake motor dng kondisi ban belakang itu lagi. Saya sempat membuka bungkus ban-nya dan melihat seksama ban dunlop itu, saya juga sempat merasakan bahan ban ini, di tangan saya ban ini tekstur dan rasa kompon-nya bener-bener wow…berasa lengket banget, empuk. Berbeda dengan ban lokal lain yang pernah saya coba di ukuran yang sama 17 ini juga, pernah dari ban irc, mizzle, corsa trus apa lagi ya…lupa, kayaknya federal pernah jg deh tapi rasanya beda dengan saat menyentuh ban dunlop ini.

d9

Kembangan ban dunlop ini menurut saya sederhana tapi masih ok dilihat mata, dan amin deh…ini ban dibuat dng alur ban basah kelihatan dari kembangannya yang sampe terbuka ke pinggir dinding ban, pun ada alur tengahnya, jelas mikir untuk dipakai di kondisi jalanan basah dng maksimum performance and safety jadi gak terlalu khawatir bila digunakan di kondisi tersebut.

d11

Langsung saya cabut ke tukang tambal ban, ganti ban baru, dan jreenngg…. si revo akhirnya menggunakan sepatu baru ban Dunlop TT902 TT 80/90-17. Ini adalah ban dunlop pertama yang saya gunakan di motor dalam kehidupan saya. Memang ini ban dunlop sudah saya incar lama, kemarin waktu pakai spacy sempat incar yg tubeless dunlop tapi sayang stok habis!

Karena pagi ini cuaca cerah, jadi saya hanya bisa test kecil di kondisi jalanan beraspal, jalanan berbatu, dan tanah kering.

d10

Yang saya rasakan sih:

1. Ban Dunlop TT902 TT 80/90-17 ini berasa greget banget di kondisi jalanan beraspal, apalagi di aspal yang halus banget bener-bener berasa nyaman dan nempel banget di kondisi mendatar dan menurun dan tikungan ok ok aja (padahal ban dalam udah kondisi tambalan satu lubang).

2. Dicoba melewati jalan aspal berlubang, bergelombang di kecepatan 50kpj sih berasa masih nyaman aja, gak terlalu berasa bergejolak sampe ke suspensi dan pantat saya, sptnya karena selain dari bahan ban-nya yang bagus juga dari bentuk kembangan-nya yang tidak terlalu sempit dan tidak rame.

3. Dicoba dikebut 60kpj di jalanan tanah kering sih juga masih berasa greget gak ada rasa slip gmana gtu ya saat dicoba maen gas dan di-rem.

4. Kondisi komponen penggerak roda belakang revo ini memang lagi gk baek, laher-nya dah bermasalah, pun karet di dalam gir sudah gak kenceng lg (oblak), tapi ini ban masih juga bisa memberi rasa nyaman dan aman saat dipakai.

Ini test singkat aja, karena juga baru diterima pagi ini. Beberapa hari lagi akan keluar kota PP diatas 100km jadi bisa dilihat hasil jarak jauhnya.

So far saya suka ban ini, nempelnya ke aspal memang lebih berasa dan nyaman jika saya bandingkan dengan ban lokal lain tipe dan ukuran yang sama juga.

Untuk ban motor bebek dengan harga asli Rp.185.000 pun menurut saya ini ban worth it lah untuk dibeli, performanya walau di test singkat sudah bisa memberi jaminan rasa nyaman dan aman ke saya sebagai end user.

revoku
Berangkat ke jogja, setelah jalan 22km – berhenti di spbu dulu

Update 10/9/2016: PP Jogja bulan lalu Jumat 9/9/2016

  1. Berangkat pagi jam 6, kondisi cuaca cerah.
dunlop_km_berangkat
KM Berangkat 38058

Saya melewati jalanan hutan tebing jurang kurang lebih perjalanan 2.5 jam, kondisi di perjalanan makin cerah makin panas. Yang saya dapatkan ban dunlop ini mampu melibas kondisi jalanan aspal berlubang dan bergelombang dng sangat baik, daya cengkeramnya bagus banget tidak bikin membal yang gimana gtu saat melalui kontur jalanan yang tidak bagus. Padahal kondisi daleman penggerak roda motor ini dalam kondisi sedih, khususnya gir, laher dan kampas rem.

Pulang dari jogja jam 11.30 dan saya dihadang dengan hujan deras, hanya berhenti sebentar untuk pasang jas hujan lalu lanjut perjalanan lagi karena saya penasaran dengan performa ban ini. Dan hasilnya benar-benar tidak mengecewakan, di kondisi hujan deras melewati kontur jalanan aspal dan tanah becek pun ini ban bisa melewati tanpa slip, daya cengkeram di kondisi basah masih sangat baik sekali. Bahkan saat diajak rem mendadak di jalanan aspal halus dan basah hujan deras pun ini ban dengan kondisi kampas rem motor saya yg pas pas-an masih memberikan daya gigit aspal yang memukau.

Selama PP saya tidak pernah merasakan adanya limbung, membal yang mengganggu, bahkan ini ban tidak pernah slip ketika diajak menikung atau menyalip di kecepatan tinggi bahkan di tikungan sempit. Sejauh ini performanya sangat bagus sekali. 

dunlop_km_pulang
KM sampai dirumah 38241 – kehujanan deras euy

Jujur untuk saya pribadi, ban dunlop yg ini sangat bisa memberikan performa plus rasa keamanan yang sangat baik. Saya merasa aman menggunakan ban ini, jarang banget saya bisa merasakan keamanan dari sebuah ban motor.

Saya akan segera melengkapi ban depan motor revo ini dengan ban dunlop lainnya, sudah add to cart sih tapi duit belum ada bahahaha 😀

Untuk anda yang membutuhkan ban tube type berkualitas dimana harga bisa memberikan rasa keamanan dan performa yang baik, anda bisa memasukkan ban dunlop ini dalam daftar opsi anda. Menurut saya ban ini berhak mendapatkan reward Price to Performance.

Buat agan masbro yang minat ngeboyong ini ban langsung aja bungkus disini, dijamin dapat harga murah plus diskon gratis ongkir pula masbro! Gak nyesel deh!

Salam.

Iklan

8 thoughts on “Review Ban Dunlop TT902 TT 80/90-17 Pemakaian di Honda Revo

  1. Ane pake Dunlop D102FA Front Rear, yang medium compound (kalau salah, koreksi cmiiw) ngga begitu enak. Kadang buat belok serasa ngebuang, sudah gitu pernah jatuh ama ampir jatuh gara gara ban ini, bannya sih bawaan dealer untuk NJZ1 ama NVL

    Suka

    1. Ok gan, thx utk sharing pengalamannya. Klo soal yg tipe ini saya blm bisa berkomen krn blm pernah mencoba. Tp dlm wkt dekat ni ban depan revo sekalian mo saya ganti dunlop juga tp yg tipe Dunlop TT900 TT biar matching ame yg dunlop TT902TT yg dpake dban blkgnya ini juga artikel mo diupdate krn udah selesai di test di kondisi hujan.

      Suka

    1. Spacy dijual karena astra honda motor menganaktirikan motor matic ini, dari jaman pertama punya motor, baru kali ini ngerasain susahnya mati matian cari onderdil asli motor ini. Sudah kirim email k astra sampe gabung di toko online astra pun order gk ada respon. Kata temen saya di astra sih, perusahaan lbh mengedepankan produksi motor drpd jualan kerikil. Paham ya?

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s