Untung Rugi Belanja Online di Blibli.com

Balik nulis lagi, yang udah ditunda lama sejak artikel terakhir. Banyak yg akan saya tulis, terlebih perihal toko online yang memang dalam beberapa minggu terakhir lebih menghiasi hidup saya.

Yang akan saya tulis dalam kesempatan pertama ini adalah mengenai pengalaman berbelanja saya di toko online blibli.com untuk yang kesekian kalinya. Mengapa saya menuliskan sekarang? Karena pas ada moment yg ngepas utk diceritakan.

Saya member blibli.com (ngetik blibli.com di keyboard beneran gk nyaman djari deh) sudah semenjak tahun 2015t. Terakhir saya melakukan transaksi belanja tanggal 28 Agustus 2016 untuk pembelian sebuah smartphone android. Terpaksa beli hape baru lagi karena hape lama (yg saya beli di situs ini juga – merek alcatel) mendadak bermasalah bootloop yang sudah saya coba segala cara tidak bisa diberesin lagi sampe terpaksa mati total jd dng berat hati berat dkantong juga beli hape baru 😦

So anyway budget saya minim, saya tidak mencari hape super mewah dan canggih apalagi yg wow buanget karena penggunaan sehari” hanya utk sinkronisasi email keluar masuk n whatsapp utk menunjang kerja sehari hari. Gak instal app sosmed! Jadi budget saya dibawah 1 jeti saja. Setelah milih dan compare, pilihan saya jatuh nih ke sebuah hape merk Accessgo gotune 3i warna putih seharga Rp.950.000. Untuk harga sgini dpt build quality hp ini menurut saya pribadi sudah worth it lah. So anyway saya lanjut bayar langsung saat selesai order dan langsung dverifikasi blibli.com.

accessg2

Yang menarik adalah ada note ‘extra’ saat kita melanjutkan proses order produk di situs ini, yaitu ada embel embel Estimasi barang diterima tanggal bulan tahun to tanggal bulan tahun. Saya dapat estimasi pesanan hp ini utk tanggal 6 sept – 13 sept. Jadi bisa dikatakan maksimum 2 minggu harus menunggu barang dng free ongkir ini bisa saya terima.

accessg1

Yang perlu anda tahu adalah status stok barang yang saya beli tersebut adalah TERSEDIA. Yang aneh adalah estimasi penerimaan barangnya. Ini bukan kali pertama sih saya belanja dng pake embel embel estimasi terima barang di situs ini. Nah yang saya sayangkan adalah sudah 3 hari berlalu saya tidak mendapatkan kabar apapun soal kelanjutan proses order itu sampai akhirnya saya menanyakan ke chat cs blibli.com, dan akhirnya diputuskanlah H+1 order saya tersebut dibatalkan oleh seller dan saya mendapatkan email dari blibli.com dengan penjelasan bahwa pembatalan order ini dapat disebabkan oleh stok produk sedang tidak tersedia. Loh loh kok gtu? Waktu saya mau order statusnya TERSEDIA, ditunggu 3 hari ternyata baru ketahuan stoknya gak ada?

accessg3

Disini saya ambil kesimpulan sendiri, banyak oknum seller di situs ini memakai status produk TERSEDIA dan penggunaan estimasi barang diterima dng periode yang lebih lama (biasanya sampe 2 minggu maksimum) sepertinya bagian dari cara mereka bisa menyediakan produk yang dipesan dulu untuk re-stock agar bisa mengirim orderan masuk di blibli.com. Memang ini tidak berlaku ke semua seller di situs ini tapi jika kita mau meluangkan waktu membaca tab review / komentar buyer di beberapa halaman produk di situs ini maka bisa ditemukan dng sangat jelas memang banyak kejadian produk lambat dikirim sampai batal dikirim melebihi batas waktu maksimum penerimaan barang hingga akhirnya ada yg di cancel sepihak oleh seller.

Jadi saya menangkap maksud kata TERSEDIA di situs ini (barang yang dikirimkan bukan langsung dari blibli.com – dari seller merchant lain di situs ini) adalah bisa jadi barang tersebut tidak ada stok sama sekali tapi oknum seller ini maksain menjual produk tsb dng status palsu.

ban7

Akhirnya saya mendapatkan refund uang dari blibli.com H+1 ke rek bank saya plus diberi kupon diskon belanja sebesar Rp.100.000 untuk pembelanjaan minimum Rp.110.000. Hmm…3 hari menunggu ternyata stoknya abis, diberi diskon permintaan maaf dari bibli.com sebesar 100rb…yah lumayan bikin adem suasana hati.

Lalu kepikiran nih vocer diskon mau diapain ya? Teringat langsung kedua ban motor saya sudah saatnya harus diganti, depan belakang sama-sama sudah kategori bikin deg deg’an. Langsung dah cari ban motor di situs blibli.com lagi di tanggal 1 Sept 2016, bukan kenapa napa saya cari lagi di situs ini, karena saya cari yg free ongkir! kebayang gak itu ban dikirim ongkir brp?

Dan saya putuskan cari ban belakang dulu, pertimbangannya…. harga ban belakang lebih mahal dari ban depan, jadi diskon 100rb lebih pas utk gantiin ban belakang dulu.

Enaknya di situs ini cari onderdil ban adalah websitenya menyediakan pilihan ragam kategori opsi, salah satunya adalah opsi ukuran ban yang di situs laen dimana jual ban online (lazada dan bukalapak) mereka tidak menyediakan opsi gnian.

ban1

Dipilihlah ban moped 80/90-17 dan amin…dapat incaran merk ban yang sudah lama saya ingin coba di motor pas kebetulan stoknya ada pula, dapatlah Dunlop, tipe Tubetype 902 seharga Rp. 157.250. Untuk ban ukuran segini di pasaran memang saya tahu ada yang lebih murah harganya, kebetulan beberapa minggu sebelumnya survey harga ban di beberapa toko di kota saya tapi mayoritas adalah medium compound. Oya ini harga asli ban dunlop Rp.185.000, kebetulan lagi 15% off harganya jd dapat harga Rp.157.250 dan jenisnya soft compound…jelas lebih greget di jalanan donk daripada yg medium compound, jadi beda harga dikit ya ada wajarnya 🙂

ban2

Ok dlanjut dibayar pake vocer diskon 100rb dan total saya hanya bayar Rp.57.250 saja plus sudah gratis ongkir bahahaha 😀 mantab pisan euy! Sellernya sendiri saya cek memang penjual ban yg sdh lama dan punya reputasi baik, yang bikin saya kaget sih seller ini berlokasi di Makassar bro! Nama sellernya Smart Brain. Kepikiran bener gk ya nih seller bakal kirim orderan saya, mau nanggung ongkir metrix ban dari sana ke jawa? Saya cek ongkir aslinya pake jne dari email blibli.com saja kena biaya Rp 197.659! lebih mahal ongkirnya daripada harga ban aslinya bahahaha 😀 untung dah saya dpt free ongkir segitu. Seller ini juga jualan di bukalapak dan lazada, tp saya pilih belanja di blibli.com karena ada bonus reward point dan situsnya lebih cepat loadingnya daripada dua situs laen itu.

ban

Dan senangnya saya adalah hanya butuh H+1 si seller ini mengirimkan order saya, ini adalah bukti nyata masih ada merchant/seller di blibli.com yang beneran memajang status stok TERSEDIA ya benar benar ada produknya walo di proses order ini ban ada embem embel estimasi penerimaan 13 Sept – 19 Sept tapi seller SmartBrain ini beneran ngejual barang ready stok dan gak pake lama proses kirimnya beda dng seller/merchant Accessgo saat saya order hp accessgo itu..ketahuan belangnya stoknya gak ada tuh!

So hari ini 4 Sept saya lacak itu ban sudah sampe di kantor jne kota saya, jadi besok klo jne gak pemalas itu barang seharusnya sudah dihantarkan ke alamat saya! Karena saya butuh cepat juga mau keluar kota bbrp hari kdpn ini.

Untung rugi belanja di blibli.com apa saja? Ini penilaian saya pribadi yang udah berbelanja bbrp kali di blibli.com (dari hape bbrp unit, aksesoris dan ban).

YANG SAYA SUKA DI SITUS BLIBLI.COM ini:

1. Website loading yang paling cepat diantara situs toko online lain di indonesia. Loading cepat selain urusan teknis server / hosting juga menunjukkan website tersebut dibuat dengan teknik dan bahasa web programming yang efisien dan konten yang minim file size.’

ev-b

2. Berani pakai ssl berkualitas. Dari semua toko online di indonesia, yang saya maksud bbrp diantaranya: tokopedia, bukalapak, lazada, zalora, mataharimall, elevania, blanja, hanya situs blibli.com yang berani beli ssl tipe ev green bar (issued by Symantec pula). Secara langsung ini bukti jaminan kualitas keamanan enkripsi juga, memberi rasa aman sangat baik kepada pengunjung dan buyer yang bertransaksi di situs ini. Sedangkan web laen hanya menggunakan ssl standard saja, apalagi itu tuh bukalapak modalnya cuma positive ssl domain validation yang bisa dibeli seharga 70rb doank 😀

3. Verifikasi pembayaran otomatis untuk transfer bank/atm termasuk cepat. Tidak perlu pake acara konfirmasi manual lagi, sudah auto detect.

4. Free Ongkir. Saya rasa ini masih jadi kekuatan utama calon buyer mau mampir ke web ini karena ‘program’ free ongkir ini masih berjalan hingga kini. Dan jujur saja kita akui sebagus dan semurah apapun harga produk, pada akhirnya ongkir menentukan keputusan akhir calon buyer. Ini indonesia bung, dimana biaya transportasi jauh lebih keluar duit daripada biaya kesehatan! Bahkan ongkir aja seringkali jauh lebih tinggi daripada harga barangnya. Fakta! Di website toko online lain, masih amat sangat jarang yang masih pasang free ongkir tanpa syarat ketentuan, memang di blibli.com tidak semua barang free ongkir, tapi disini yang saya maksud adalah khusus barang yang dapat free ongkir (tanpa syarat ketentuan) jumlahnya lebih banyak disupport di situs ini daripada situs belanja laen di indonesia.

5. Harga akhir nett. Selama saya berbelanja di situs ini, belum pernah sekalipun situs ini pake ‘acara’ teknikal nambahin recehan di akhir jumlah total belanjaan. Yang saya dapatkan selalu harga nett akhir tanpa tambahan embel-embel kode pembayaran. Walopun begitu, sistem pembayaran auto detect situs ini bisa mendeteksi pembayaran tanpa kode pembayaran tambahan dengan sangat lancar dan cepat. Berbeda saat saya belanja di tokopedia, bukalapak, bhinneka dsb biasanya ada tambahan kode pembayaran, dan yang terparah adalah bukalapak (nanti dibaca di edisi review bukalapak yg akan segera saya tulis).

6. Webnya Jarang Maintenance. Saya pernah mendapati beberapa kali situs ini dalam kondisi maintenance, namun tidak pernah berlangsung lama spt web toko online tetangga. Saya belum pernah menemukan kondisi layanan saat webserver mrk uptime lalu layanan mrk mendadak down di situs ini, web selalu lancar, cs chat juga gk pernah down.

7. Yang paling saya suka dari web toko online ini adalah adanya customer support live 24 jam! Saya pernah ajak chat cs mrk ini jam 1 malam dan beneran ada cs yang melek dan melayani chat saya! List cs support mrk saya cek buanyak buanget bro! Ini saya dapati saat setelah selesai chat biasanya ada info permintaan untuk survey layanan cs mrk, nah disitu kita bisa liat list dropdown daftar nama cs chat online mrk. Di bhinneka dot kom memang ada chat cs support tapi mrk ibarat kerja pns alias sebelum magrib udah offline, saya coba jam 11 malam pun gk ada chat cs support bhinneka yg ol baik dari chat system sampe YM gak ada satupun yg melek! Situs laen belum menyediakan layanan chat online gnian, mrk masih tipikal manual utk pertanyaan sederhana saja dialihkan via ticket support. Jujur ini persoalan cs chat support yang melek 24jam secara shift working di blibli.com buat saya patut diapresiasi. Gak lucu sama sekali pertanyaan ringan pendek dialihkan ke ticket support! Sepanjang saya pernah chat cs di blibli.com, cs cow dan cew berlaku sopan dan ramah alias terlihat kerja profesional mrk, gak ada satupun kejadian jawaban cs mrk ini berkesan ngejudge buyer ini hal yang membuat saya berkesan.

Tapi selain hal yang positif yang saya sukai tentu ada donk ya hal yang TIDAK SAYA SUKAI DI SITUS BLIBLI.COM ini:

1. Yang berada di posisi teratas tentang hal yang tidak saya sukai di situs ini adalah persoalan lamanya pengiriman barang dari merchant di blibli.com. Saya rasa tidak lucu tidak bijak memberi ‘free time’ bagi seller sampe 2 minggu dari hari dimana buyer terkonfirmasi orderannya untuk sampe ke penerimaan barang. Ini adalah langkah bodoh dimata saya dan dari pengalaman saya berbelanja dari seller/merchant di blibli.com ya hanya di situs ini kata sangat lambat menerima barang akan sering di dapati. Beberapa bulan lalu bukalapak sudah berani kasih warning ke seller dng memberi batas wkt maksimum 2x24jam untuk mengirim barang ato uang buyer akan kembali ke saldo Buka Dompet si buyer. Seharusnya blibli.com bisa membuat rules spt contoh bukalapak itu kepada merchant/seller di toko online mrk. Namanya juga transaksi online kan yang dicari efisiensi waktu dan uang yang dikeluarkan.

2. Return Produk. Saya kebetulan mendapati kejadian ini scr tdk langsung, saya beli produk 100% baru segel dari seller di bukalapak yang dimana dia ambil barangnya beli di seller di situs blibli.com. Nah saat saya terima barang dan saya coba itu produk cacat produksi, saya minta ganti ke seller tsb dan seller tsb berbaik hati dan lapang dada ikut membantu proses garansi produk (garansi lifetime produknya) tsb lewat blibli.com dimana dia sbg buyer pertama yg beli di merchant di blibli.com. Nah ada yang menjadi point penting disini yaitu blibli.com memberi batas waktu terima barang return hanya 5 hari semenjak laporan return produk mrk terima khusus bagi barang yang sebelumnya ditransaksikan dikirimkan di pulau jawa, untuk luar jawa maksimum 7 hari diterima. Dan jika produk return memang dinyatakan bermasalah/cacat produksi/tidak normal ketika dijua kepada buyer maka pihak buyer yang melakukan return akan diganti biaya ongkir return tersebut…sayangnya sampai saat ini sudah sebulanan saya tidak pernah menerima penggantian biaya ongkir return produk tsb (yang memang nyatanya 100% cacat produksi), padahal blibli.com sudah meminta data nama+no.rek+nama bank saya (yg saya kirimkan ke pihak seller dan dia yg berikan info itu via email balasan ke blibli.com), pun tidak diganti ke pihak buyer pertama jg. Jadi saya hanya terima penggantian produk serupa yang blibli.com kirimkan ke alamat buyer mrk (si seller ini) lalu buyer tsb yg mrpkn seller tempat saya beli produk itu dia kirim balik ke alamat saya dan seller ini yang menanggung ongkirnya sebesar Rp.24.000. Seller ini orang bogor, ramah dan cari duitnya berpahala bro dia bener” ngebantu dari nol, follow up email return produk blibli.com sampe bayarin sendiri itu barang return dari alamat dia ke alamat saya. Salut dah ama seller ini! Dan kelanjutan ini bisa anda baca di artikel review ekspedisi jet express – j&t di blog saya.

3. Tidak semua harga di situs ini beneran jauh lebih murah dari situs toko online lain. Ini bisa ditemukan dari produk yang reguler (bukan lagi promo) baik yang dijual dan dikirim langsung oleh blibli.com atopun dari merchant di situs ini. Kadang saya menemukan walo sudah free ongkir pun tapi harga produk n tambahan tanggungan ongkir dari belanja di situs laen masih lebih murah daripada belanja di situs ini. Well, ini persoalan pasang harga memang sensitif ya, banyak faktornya.

4. Minim Pilihan Ekspedisi. Sejauh dari pengalaman berbelanja saya di situs ini, ekspedisi yang secara default umumnya ada adalah RPX dan JNE. Tp dulu kayaknya pernah liat deh ada TIKI jg. Selaen itu gk ada lg.

5. Bad advertising! Jujur buat saya pribadi iklan tv blibli.com itu too much way out of grassroot focus! Dari penyajian iklannya sptnya mengincar kalangan menengah keatas deh, kurang bisa menjangkau lapisan bawah. Ibaratnya mrk menyajikan wine sedangkan toko online laen menyajikan es teh, es jeruk tp bisa dikonsumsi lebih banyak masyarakat. Ganti iklannya please…kayaknya kok gak incar kalangan orang biasa/grassroot. Contoh tuh iklan tokopedia/bukalapak yang lebih simple dan kadang emang ada lucunya sih buat iklan bukalapak, tapi setidaknya yg disampein bisa nyantol ke semua kalangan apalagi kalangan grassroot. Tau kan iklan konyol bukalapak si jempol bedug itu? bahahaha 😀

6. Yang terakhir yang saya tidak suka adalah aplikasi android blibli.com. Saya pernah pakai app android tokopedia, bukalapak, lazada, zalora, elevania dan toko online luar negeri, buat saya app android blibli.com paling kurang menarik dari banyak hal. Nambahin lagi, web blibli.com satu-satunya web yang pakai deteksi jenis browser dan browser version. Jadi kadang pake hape lama akses pake opera mini gak dapat versi wap situs ini dan nongol-lah info pop up your device is not compatible to access this site, beda dng tokopedia yg memberi varian jenis wap site.

Menurut saya sih masih worth it belanja di situs ini walo skrg saat registrasi cuma dapat point gak dapat vocer diskon belanja lg, tapi fasilitas chat cs dan free ongkir masih membuat saya mau belanja lg di situs ini selama harga produk yg diincar harga akhir lebih terjangkau dari situs lain. Saya tidak berharap sebuah sistem yang sempurna, so sejauh ini website belanja blibli.com masih bisa saya harapkan. Lumayan loh dapat vocer belanja 100 ribu gratis ongkir plus harga masih diskon pula, ya dimana lagi toko online yang bisa kasih gnian saat ini selain blibli.com?

Iklan

2 thoughts on “Untung Rugi Belanja Online di Blibli.com

  1. saya sering belanaja di blibli.com dan syukurnya gak ada masalah.. hanya saja proses dari siap dikirim ke dalam pengirimian yang lama. bisa 3-4 hari baru satatusnya berubah menjadi dalam pengiriman.. trus kalo stocknya habis bukan kesalahan blibli. tapi kesalahan dari seller.. dan biasanya ada pinalti dari blibli.. biasanya sih kalo menurut ane baca di forum forum langsung di BL.awalnya ane gak suka shooping online takut dikibulin, cmn ane waktu ane baca baca trnyta lebih aman di blibli/ krn Ol Trading terbesar di Indonesia.. krn anak perusahan PT Djarum. jadi menurut ane.. sebelum belanja lihat barangnya itu barang umum atau jarang.. krn kalo barang yang jarang dipake ya bisa bisa stok kosong. contohnya samsung, sony xperia, andro max.. itu biasanya stoknya ada terus.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s