Review Berbelanja di Bukalapak.com – Untung Ruginya Apa Saja?

Masih ada artikel yang akan saya bahas di episode toko online indonesia. Masih sisa dua nih, kali ini yang akan jadi bahan tulisan adalah toko online bukalapak.com.

Ini masih berhubungan dengan cerita kehidupan beberapa hari terakhir sejak dimulai berbelanja hape gk kesampaian di blibli.com itu maka berujung dari satu situs toko online ke situs toko online lain pula. Dan bukalapak.com pun ikut kena bagian dari kisah ini. Rasanya kok ngepas saja untuk sekalian ditulis jadi edisi artikel toko online.

Ok dlanjut aja, saya akan menulis dari sumber pengalaman pribadi saya yang sudah melakukan beberapa transaksi sukses di bukalapak.com, kita singkat aja BL.

Saya dapatkan ban dari situs blibli.com (baca artikelnya disini), tapi yang jadi pertanyaannya kan apakah saya dapat hape? Kan hape lama udah rusak tuh. Nah singkat kata setelah saya muter muter cari hape di beberapa website toko online sampe ke olx saya dapatkan hape 2nd merk Asus. Mengapa beli 2nd? Karena sudah mencukupi dan lebih hemat, toh juga itu hape 2nd dari seller baru dipakai 2bln, kondisi normal lengkap semua plus harga bisa dinego.

Singkat kata saya dapatkan hape asus 2nd si seller menjual dengan harga Rp.900.000, lalu saya login dan kirim pesan ke si seller yang saat itu lg gk online. Belum ada 1 jam si seller online dan membalas pesan, dan akhirnya kami chat di BL dan terjadi deal harga akhir Rp.750.000 diluar ongkir.

bl3

Dan karena kami masing-masing keasyikan ngobrol, saya pun sudah keduluan membayar penuh harga iklan produk + ongkir + asuransi ongkir+kode pembayaran sialan dari BL jadi ditotal Rp.918.379, dimana kode pembayaran dikenakan Rp.1.459.

Hanya selang beberapa menit setelah pembayaran sistem BL langsung memverifikasi otomatis dan mengesahkan order tsb. Apesnya saya adalah, ketika baru keluar dari atm saya baru sadar saya bayar kelebihan transfer ke rekening bank BL. Langsung dah buru-buru balik rumah, lalu segera lapor ke BL dan amin…laporan saya hingga tulisan ini saya buat 4 Sept 2016 jam 18.30 wib sudah diberi respon 3x balasan email dari cs BL yang dimana balasan terakhir BL akan membantu mengembalikan dana sisa ke rekening saya via buka dompet BL.

bl6

Lumayan hape segera dikirim saat itu juga dari seller, cuma 45mnt doank setelah seller dpt verifikasi order masuk. Dan untungnya juga ini seller mau diajak komunikasi baek” dan setuju dng pengembalian dana via rek BL setelah saya jelasin brp yg saya transfer (berlebih).

Ini bukan pertama kali saya bertransaksi sukses belanja di BL, namun ini pertama kali saya kilaf kebanyakan transfer karena seller belum merubah harga produk ke harga akhir saat deal di chat, hehehe 😀

Dari kisah belanja di BL kali ini, saya rasa sudah cukup untuk memasukkan pengalaman berbelanja saya di BL dari yang pertama kali sampe transaksi yg ini untuk dituliskan dalam bentuk review.

Yang Saya Suka Dari Website Toko Belanja Bukalapak.com:

1. Buanyak Vocer Belanja Gratis! Bahahaha sumpah klo ini memang BL juaranya deh. Saya sudah membuktikan sendiri, apalagi beberapa bulan terakhir khususnya menjelang lebaran tiap hari setelah tengah malam saya langsung login dan berburu vocer belanja. Saat itu BL menyediakan buanyak vocer dari vocer diskon harga sampe vocer potongan ongkir yang gak sedikit jumlah nominalnya! Namun semua hanya bisa didapat dari akses app BL, cukup dengan menggoyangkan hape maka app BL akan bersuara dug dug dug pukulan bedug dan vocer pun nongol di halaman produk yang sedang dibuka di app. Saya bisa dikatakan beruntung, saya selalu dapat vocer setiap tengah malam di tiap produk yang saya incar, hanya 2x saja gagal dapat karena vocer habis. Tp nominal vocernya lumayan deh klo djumlah total. Selain di moment tertentu, BL juga rajin menyebarkan vocer via email. Soal vocer belanja gratis, belum ada toko online lain yang bisa menandingi kenekatan BL bahaha 😀

2. Fasilitas chatbox member. Ini sebenarnya sistem sederhana dimana inbox/pesan message diubah ke bentuk dimuka dalam bentuk chatbox. Hal ini belum saya temukan di web toko online lain untuk member/anggotanya, umumnya hanya fasilitas inbox message saja, tidak ada front chat box. Fasilitas dari BL ini sangat memudahkan percakapan antara calon buyer dng seller krn percakapan berlangsung aktif realtime dua arah saat online, berbeda dng via fasilitas inbox message kita harus refresh browser tiap bbrp saat hanya utk cek apakah pihak lawan bicara sudah membalas pesan atau blm. Yang webnya based ajax sih gk perlu refresh browser!

3. Variasi Barang. Bisa dikatakan jenis dan jumlah barang yang ditawarkan seller di web BL terbilang buanyak. Dari penelusuran saya, seller/member BL biasanya juga buka akun di tokopedia juga dan sebaliknya, jadi menemukan seorang seller yang punya akun toko di kedua toko online tsb biasanya hal lumrah. Hanya saja kadang ada perbedaan harga pokok produknya karena sistem pricing module web BL tidak bisa memasukkan variasi angka unik, ibaratnya harus nominal angka yang dibulatkan, tidak bisa misal 1.555 atau 1.777 gtu gak bisa (saya sudah coba).

4. Automatic payment checker. Pembayaran manual spt transfer atm/setor tunai bank kini sudah dpt diverifikasi otomatis, dulu sistem BL masih pake sistem konfirmasi pembayaran diisi manual oleh si buyer. Ya bisa dikatakan ada peningkatan efisiensi lah soal verifikasi pembayaran di BL.

5. Point Reputasi Buyer. BL memberikan fasilitas pemisahan antara penilaian untuk kualitas layanan seller dan penilaian produk yang dibeli. Menurut saya ini hal baik dan bijaksana sehingga calon buyer bisa menilai lebih adil antara kualitas layanan seller dengan produk yang dijual.

6. Punya Reputasi Order Respond Buyer. BL menyediakan sistem analisis waktu kirim order dari seller ke buyer. Menurut saya ini sangat membantu calon buyer krn bisa menilai seberapa serius si seller benar-benar mau berjualan melayani permintaan buyer dengan cepat. Makin lama merespon bisa dianggap seller tipikal pemalas ato menganggap enteng orderan masuk!

7. Stock Management. Di BL sebagai seller kita bisa memasukkan nominal angka jumlah stok produk / items, ini belum diaplikasikan ke tokopedia dan blibli.com, tapi sudah diaplikasikan di beberapa produk di website bhinneka.com. Jumlah stok produk bisa membuat calon buyer bisa memastikan kepastian jumlah real stok untuk dipesan/dibutuhkan atau dipesan selang beberapa jam/hari ke depannya.

8. Siapa Cepat Dia Dapat! Saya mendapati sistem web BL itu sudah dirancang mekanisme otomatis menutup/mengurangi produk jika produk tertentu sudah terverifikasi dibayar lunas oleh seller. Misal nih, seorang seller menjual hanya ada sisa 1 produk saja, lalu ada 3 buyer minat dng produk itu, maka buyer yang paling cepat membayar dan terverifikasi pembayarannya oleh sistem BL maka dialah yang bisa dipastikan akan mendapatkan hak atas produk tsb karena begitu jumlah stok 0 maka status iklan produk tsb langsung berubah stok barang tidak tersedia lagi. Di website toko lain saya belum menemukan cara kerja yg spt sistem BL ini.

9. App Google Connector. Untuk anda pengguna app android BL, edisi terakhir sudah mengaplikasikan sistem google account connector. Jadi begitu kita menyimpan info login berbasis gmail di akun BL di app android BL maka akan ada info penawaran apakah info login google tsb boleh disimpan otomatis oleh google connector agar kelak misal anda re-login lagi, sistem google connector secara otomatis akan mendeteksi dan menawarkan sejumlah akun BL yang menggunakan akun google sebagai akun member BL. Buat saya hal ini sangat membantu sekali, kita tidak perlu menulis email dan password lagi (khusus bagi kita yang punya akun google email – gmail) karena sistem google connector akan mendeteksi dan menawarkan opsi login akun BL scr otomatis. Sebuah situs belanja online di luar negeri sudah terlebih dahulu mengaplikasikan sistem ini di website dan app androidnya (kebetulan saya member toko online luar itu). Di app android toko online lain spt tokopedia, lazada, blibli, bhinneka, zalora dsb belum ada yang mengaplikasikan sistem ini.

10. Login 2 Langkah. BL menyediakan sistem login dng verifikasi tambahan via sms ke no hp member BL. Walo cara ini bisa dibilang cara yang sudah lama diaplikasikan di website lain di internet (contoh; fb, twitter, google, dsb) ya gak ada salahnya web BL ikut memberikan sistem keamanan tambahan ini. Kita bisa mengaktifkan fasilitas ini di dalam menu Pengaturan di akun BL kita.

Nah… itu 10 hal positif yang saya sukai dari website BL. Tentu selain itu akan lebih fair jika sebuah sistem juga diberikan penjelasan kekurangannya.

Apa Yang Tidak Saya Sukai / Kurang Dari Website Bukalapak.com:

bl1

1. Di posisi teratas hal yang paling tidak saya suka adalah adanya tambahan ‘tarikan’ uang yang dibebankan kepada buyer dalam bentuk kode pembayaran. Masalahnya adalah BL adalah satu-satunya website toko online yang menambahkan kode pembayaran hingga 4 digit! Seumur umur saya belanja online di web toko online indonesia biasanya itu kode pembayaran mentok di 3 digit, lah ini BL sampe 4 digit! Buat saya ini bikin geleng kepala. Jadi ketika berbelanja di BL, kita buyer susah mendapatkan kepastian jumlah total akhir orderan kita. Saya rasa 4 digit rupiah itu bukan nominal kecil lagi, jumlahkan transaksi sukses 24 jam dari member BL yang berbelanjg di hari tsb jumlah kode pembayaran ini akan fantastis jumlahnya! Apesnya lagi kode pembayaran ini benar-benar sesuai dengan panduan pembayaran yang dirilis website BL yaitu BIAYA YANG DIBEBANKAN HANYA KEPADA PEMBELI, dan biaya kode pembayaran tersebut tidak pernah akan kembali ke rekening buka dompet/saldo member BL loh!

Saya pakai tokopedia sbg pembanding jelas karena sama-sama menerapkan kode pembayaran tapi tokopedia tidak pernah menarik kode pembayaran sampe 4 digit, mentok itu 3 digit saja dan setelah pembayaran terverifikasi, maka kode pembayaran itu akan dikembalikan masuk ke saldo member tokopedia dan bisa digunakan untuk menambah pembayaran pembelian produk, menambahkan ke saldo withdrawal/penarikan, digunakan untuk tambahan beli pulsa dsb…multifungsi lah maksud saya.

Sedangkan di bhinneka.com malah lebih menarik lagi karena kode pembayaran tidak difungsikan dalam bentuk + melainkan dalam bentuk minus alias pengurangan harga total akhir order, selama ini sih saya selalu dapatnya hanya mentok kode pembayaran minus 2 digit saja, contoh terakhir adalah saat bertransaksi beli earphone sennheiser itu saya mendapatkan angka unik (kode pembayaran di website bhinneka disebut angka unik) sebesar minus 99 jadi dari total harga produk+ongkir, jumlah tsb dikurangi Rp.99… menurut saya ini sistem yang hebat…tidak membebani buyer! Belum ada website lain yang meniru konsep kode pembayaran minus spt bhinneka.com. Jadi jangan kaget jika anda berbelanja nominal tertentu di BL, saat masuk ke tahapan pembayaran anda akan dihadapkan dengan tambahan kode pembayaran yang bisa sampe 4 digit! Bisa untuk bayar parkir 3 motor di kota saya!

2. Berikutnya adalah.. mengenai server. Ya, untuk saya pribadi dari pengamatan real selama ini, saya sering mendapati server BL tidak kuat dalam menampung traffic di hari reguler dan di hari moment khusus tertentu, websitenya mulai akan pelan, lalu full load, sampe bandwidth habis dan paling parah pernah saya temukan websitenya down! Bukan maintenance loh.. tapi web server down! Saya rasa kok beberapa bulan terakhir blm ada peningkatan kapasitas teknikal server mrk deh, sptnya perlu tambah memory, tambah bandwidth dan kalo bisa co-location server ke tempat lain aja karena akses di hari biasa saja bisa dibilang tidak selalu lancar (padahal saya tes streaming youtube inet saya tanpa lag) saya coba akses dari isp inet berbeda dari mobile isp sampe broadband fixed line isp. Dan yang bisa dibuktikan terakhir adalah peristiwa tanggal 3 Sept 2016 jam 14.00 wib dimana saya mendapati koneksi sistem chat/inbox message server BL bermasalah dan semua history pesan keluar masuk akun member BL mendadak hilang semua, saya cek setelah pihak cs BL membalas pesan saya persoalan transfer dana lebih itu dan cs BL menjawab mrk tidak menemukan catatan chat antara saya dan seller hp 2nd itu, jelas balasan cs BL membuat saya kaget, maka saya langsung login jam 14.18 wib dan saya kaget ternyata semua history pesan/inbox message di akun BL saya hilang tak tersisa. Langsung saya coba cek dari isp inet di amerika (saya hub temen saya langsung via skype – untung dia lg online) dan saya beri dia info akun BL saya, dia login dan sama juga hasilnya nothing… tidak ada pesan tersisa di inbox akun BL saya, saya hub teman laen yg punya akun BL pun menemukan kondisi yang sama, semua data history inbox/pesan masuk pun hilang tak tersisa, padahal saya dan teman saya ini baru saja logout dari web BL belum ada 30mntan loh!

Jam 14.40-an WIB saya login lagi dan mendapati history pesan di akun BL saya sudah kembali ke sedia kala, ada semua, dan fungsi chat box sudah terhubung kembali lalu saya coba kirim pesan via chatbox ke seller hp 2nd itu sekedar nge-tes apakah sudah normal sistem server chat BL, dan memang sudah normal. Lalu jam 14.56 WIB pihak cs BL membalas pesan email dan menjelaskan bahwa mrk sudah membaca pesan chat antara saya dan seller hp 2nd itu, mrk sadar ada kesalahan teknis di sisi sistem/server mrk sehingga semua chat di akun BL sebelumnya hilang gone by the wind.

Jadi jujur saja persoalan sistem dan server BL menurut saya belum usai juga. Ini PR serius untuk BL.

3. Yang tidak saya sukai berikutnya adalah; Ketiadaan CS Online Support Realtime. Contoh disini akan langsung saya bandingkan dengan blibli.com dan bhinneka.com yang memiliki cs chat support di website mrk. Sayangnya di BL bantuan member hanya bisa diberikan via ticket support by email dan ini sangat memakan kesabaran kita yang butuh jawaban cepat untuk sebuah pertanyaan sederhana. Beruntunglah klo cs BL mau sabar terus membalas email ticket dari anggota mrk. Sayangnya saya cek periode balasan pesan mrk termasuk rata-rata saja, tidak bagus, tidak juga buruk, tapi memang sangat butuh peningkatan di hal ini.

4. Kurang Termonitor. Saya menemukan tidak sedikit seller abal-abal dan ataupun seller asli yang masih menyalahgunakan syarat ketentuan dan privasi sebagai member BL dari cara mrk menjual/memajang produk. Sayangnya BL juga sptnya kurang rajin memonitor secara langsung, saya pernah melaporkan bbrp seller yang sangat jelas sekali penipu, seminggu kemudian saya tidak dapat balasan dari BL dan itu produk yang dijual seller penipu pun masih nongol belum ditindak BL.

5. Sistem core fasilitas member kurang dikembangkan. Disini saya akan langsung ambil contoh perihal dana pembayaran di BL. Jadi saat kemarin saya transaksi pesan hp dari seller pertama di BL ditolak seller dng balasan dia butuh dana cepat jd mo jual hp ke temennya saja, uang saya dikembalikan utuh ke rek buka dompet akun BL saya. Nah saya menemukan seller lain yg jual hp tipe yang sama dng harga sedikit lbh tinggi, saat saya mo proses bayar ternyata sistem BL saat di tahapan pembayaran order tidak menyediakan opsi menggunakan dana sebagian dari Buka Dompet, alhasil saya pun batal melanjutkan transaksi kedua dan memutuskan withdrawal/penarikan dana buka dompet ke rek bank saya saja. Seandainya BL bisa membuat sistem spt tokopedia maka akan sangat bermanfaat bagi buyer, dimana bisa menggunakan sebagian dana buka dompet dan sisanya bisa dilunasi dari metode pembayaran lainnya. Di BL hanya menyediakan fungsi penggunaan dana total buka dompet dan tidak bisa dikombinasikan dng jenis pembayaran lainnya.

6. Refresh Kelamaan. Website BL masih sering saya dapati refresh antar halaman produk/searching terlalu lama, belum lagi jika kita buka bbrp tab browser saat login di web BL, dan saat saya selesai chat box dng member lain dan saya logout, di tab browser lainnya statusnya masih login, refresh browsernya tidak cepat dan alhasil saya masih bisa meneruskan sesi chat di chatbox tsb. Jika dibandingkan dng tokopedia saat saya logout dari tab browser 1 misalnya, maka di tab browser lainnya hanya selang kurang dari 5 detik sudah langsung detect dan mengeluarkan sesi login di tab browser tersebut sehingga posisi halaman tab tersebut pun kembali ke sesi guest/logout juga.

ssl punya bukalapak

7. SSL Murah. Soal ini saya geleng geleng kepala ke pihak BL deh sumpah! Untuk sebuah toko online indonesia yang iklannya sudah menggurita, penghargaan bergengsi pun didapatkan, tapi kenapa websitenya cuma pake jenis positive ssl domain ca validation seharga 70rb doank? Saya tau soal ini karena di website pribadi milik saya pun pakai ssl tipe ini, positive ssl bisa dibilang ssl murah meriah yang paling sering dibeli oleh pemula yang ingin mengamankan website mrk. Tidak ada salahnya pake positive ssl, tapi please deh… sebuah web toko online yang udah gede gtu masa sih masih aja pake ssl jenis itu? Contohlah spt ssl tokopedia ato klo bisa (klo memang punya modal juga) pake yang sejenis ssl blibli.com… super mahal tuh harga ssl-nya, tapi jaminan garansi ssl-nya juga gede kisaran ribuan dollar usd 🙂 jadi bisa memberi trust rasa aman lebih kepada member BL.

ssl website pribadi saya

Semua ini adalah penilaian pribadi saya dari pengalaman saya beraktivitas di website dan app bukalapak. Bagaimanapun website BL sudah memberikan pengalaman berbelanja kepada saya.

Hanya saja semoga kekurangan diatas bisa segera diperbaiki BL demi kenyamanan dan keamanan member BL. Kekuatan BL dimata saya masih di jurus penebar vocer yang sampai saat ini masih bisa dikatakan rutin disebar via email tiap 1 – 2 bulan sekali. Untuk anda yang suka berbelanja online apalagi di moment hari raya tertentu, saya rasa website BL bisa dimasukkan ke dalam top listing untuk dikunjungi karena BL sptnya sudah memiliki tradisi bagi-bagi vocer belanja rutin di moment khusus tertentu.

Salam.

6 thoughts on “Review Berbelanja di Bukalapak.com – Untung Ruginya Apa Saja?

    1. Oh gtu ya, itu sebelum atau sesudah akun terkonfirmasi? Klo yg spt itu saya blm pernah kejadian, tp ada akun satu khusus utk beli produk d BL, blm terkonfirmasi email sih tp msh bisa aktif dpakai. Thx infonya gan!

      Suka

Tinggalkan Balasan

