Solusi Bluetooth Hilang dan Wifi Hilang di Windows 10 Edisi 2016

Sejak saya menulis beberapa artikel seputar windows 10 dan tentu semua dari pengalaman pribadi saya, cukup banyak pembaca artikel tersebut yang bertanya seputar solusi permasalahan deteksi hardware yang menggunakan os windows 10 edisi 2016.

Microsoft mengeluarkan windows 10 edisi 2016 sejak 31 Oktober 2015, update ini diberikan gratis oleh microsoft melalui fasilitas windows update di dalam os windows 10 2015 (sebelum periode 31/10/16 itu) dan beberapa bulan kemudian microsoft telah resmi merilis file master iso windows 10 edisi 2016 yang dapat diunduh gratis (plus lisensi valid gratis – digital license) di situs resmi microsoft.com.

Singkat kata, edisi windows 2016 memberikan penyegaran tampilan yang lebih elegan dibandingkan edisi 2015. Dan selain itu tentu terdapat perbedaan lainnya, khususnya dari segi fungsionalitas, aplikasi windows store, sampai keamanan. Saya menggunakan laptop pribadi lenovo g40-45 did yang saat saya beli baru microsoft masih merilis versi windows 8.1 terakhir saat itu, windows 10 belumlah dirilis resmi. Menggunakan windows 8.1 pro 64 bit di laptop ini semua berjalan lancar, namun saya kurang suka tampilannya yg serba fullscreen karena win 8.1 memang masih difokuskan pada user tablet oriented sehingga kurang pas aja untuk penggunaan komputer.

Lalu saya pun mendapatkan rilis update resmi windows 10 pro melalui update gratis. Singkat kata os win 8.1 pro 64 bit akhirnya berganti menjadi win 10 pro 64 bit.

Kemudian masalah baru dimulai dan ini juga menjadi masalah umum bagi pengguna win 10 edisi 2016. Masalah umumnya adalah ketidakberesan windows 10 2016 untuk mendeteksi bagian hardware nirkabel: bluetooth dan wifi internal pada komputer/laptop.

Disini saya akan jelaskan dulu Mengapa Windows 10 edisi 2016 Tidak Dapat Menggunakan Bluetooth / Wifi Internal? Sebenarnya kendala ini bukanlah 100% murni dari windows 10 edisi 2016. Dari penggunaan, pengamatan pribadi saya di laptop pribadi selama ini, kondisi ini juga disebabkan karena pihak produsen laptop/produsen hardware nirkabel yang digunakan di laptop ini belumlah merilis file driver yang 100% compatible (cocok) di windows 10 edisi 2016.

Beberapa komputer/laptop yang menggunakan windows 10 edisi 2016 masih dapat menggunakan perangkat nirkabel: bluetooth dan wifi, dengan menggunakan file driver perangkat tersebut yang dikeluarkan untuk windows 8 / 8.1. Memang tidak semua akan langsung compatible, beberapa jenis dan tipe hardware nirkabel memang tidak langsung akan match di windows 10 edisi 2016 walau sudah diinstalkan file drivernya.

Windows 10 edisi 2016 memiliki sistem yang berbeda, sebenarnya kata yang tepat adalah sistem yang lebih aman. Namun disisi lain sistem keamanan yang makin baik ini menutup celah perihal deteksi compatibility file driver hardware nirkabel internal sehingga beberapa pengguna windows 10 edisi 2016 umumnya akan menemukan masalah ketidakmampuan windows 10 2016 mendeteksi bluetooth hingga adapter wifi di komputernya.

Saya sudah pernah memberikan solusi alternatif, yaitu menggunakan file driver compatible pihak ketiga. Namun ini juga bukan solusi pasti karena windows 10 2016 sampai saya menulis artikel ini masih belum membuka diri soal keamanan sistem mereka sehingga perihal file driver akan masih jadi kendala deteksi. Sedangkan produsen hardware nirkabel pun masih kesulitan merilis file driver yang tepat untuk os windows 10 2016. Jadi disini bisa dikatakan antara microsoft dan produsen hardware nirkabel belum ada titik temu solusi.

Jika solusi file driver alternatif tidak juga menghasilkan solusi deteksi bluetooth / wifi adapter di komputer anda berbasis os windows 10 2016, maka saya berikan solusi akhir dan ini merupakan solusi yang bisa dikatakan 100% akan berfungsi, namun ada tapinya…yaitu cost.

Untuk dapat menggunakan bluetooth dan atau adapter wifi di komputer berbasis windows 10 2016, saya sarankan anda:

1. Lupakan perihal file driver hardware nirkabel bermasalah bawaan internal di komputer anda! Iklasin aja.

bluetooth usb adapter versi 4.0

2. Beli-lah adapter bluetooth eksternal, bentuknya kecil dan pemakaian sangat mudah cukup colokkan ke port usb di komputer anda dan sistem windows akan langsung mendeteksinya. Anda bisa membeli adapter bluetooth eksternal mulai dari harga 6 ribuan (biasanya gnian made in cina) sampai yang puluhan ribu. Yang perlu dicermati adalah kecocokan versi bluetooth yang akan dibeli dan digunakan di port usb komputer anda. Secara umum sampai saat ini komputer non mac masih menggunakan usb tipe 2.0 dan 3.0, jadi saya sarankan anda cari adapter bluetooth eksternal yang menggunakan koneksi usb 3.0 agar lebih cepat transfer datanya. Adapter bluetooth eksternal sendiri saat ini dijual dari versi bluetooth 2.0, 3.0 sampai 4.0 (sekarang ada yg 4.1), makin tinggi angka-nya itu tanda perangkat akan makin cepat digunakan dan biasanya akan lebih compatible/cocok dengan sistem os terkini. Jadi bisa dikatakan anda carilah adapter bluetooth eksternal utk port usb 3.0 dengan versi bluetooth 4.0, yang murah meriah untuk tipe tersebut anda bisa menebusnya mulai dari 20 ribuan. Setelah anda dapatkan, anda colokkan ke port usb komputer anda, berharaplah windows 10 2016 akan mendeteksinya sebagai perangkat nirkabel bluetooth eksternal, anda bisa melihat proses ini di taskbar kanan bawah di desktop windows 10 anda. Setelah itu lanjutkan ke proses seting bluetooth tersebut melalui control panel windows 10. Sampai disini sebenarnya sudah selesai solusi kendala bluetooth di windows 10 2016.

adapter wifi usb eksternal with antena

3. Bagaimana untuk kendala adapter wifi yang tidak terdeteksi di windows 10 2016? Sama seperti no.2, anda bisa beli adapter wifi eksternal yang dipasangkan di port usb komputer anda. Bentuknya biasanya lebih besar dan lebih panjang daripada adapter bluetooth yang sangat kecil (terkecil ukurannya 0.5cm doank). Ciri khas adapter wifi eksternal adalah bentuknya mirip usb flashdisk tapi lebih panjang, dan ada yang memiliki antena eksternal ada yang internal. Saran saya anda carilah adapter wifi eksternal yang memiliki antena eksternal agar proses tangkap sinyal wifi menjadi lebih kuat dan lebih luas. Saya pernah membeli adapter wifi eksternal, merknya TP-LINK, harganya murah meriah saat itu (saya beli bbrp thn lalu) harganya mulai dari 75 ribuan sampai 100 ribu, warnanya putih, sudah termasuk antena eksternal 3dbi (klo gk salah ingat – udah hilang barangnya). Setelah anda dapatkan, untuk menggunakannya anda cukup colokkan ke port usb komputer anda dan tunggu sistem os windows mendeteksinya dengan melihat proses di taskbar kanan bawah dekstop. Setelah terdeteksi, untuk penggunaan koneksi wifi, anda cukup klik icon wifi di taskbar windows 10 anda dan pilih adapter eksternal tersebut yang akan digunakan sebagai perangkat koneksi wifi, setelah terpilih maka ia akan mengaktifkan mode pencarian sinyal wifi, jika anda sudah mendapatkan SSID sinyal wifi yang ingin dikoneksikan, lakukan langkah biasa selanjutnya yaitu klik ssid tersebut dan Connect. Sampai disini solusi wifi hilang di windows 10 2016 sudah selesai.

Seperti yang saya katakan diatas, solusi ini akan makan cost alias dana jika solusi file driver alternatif hardware nirkabel internal komputer anda tidak berjalan mulus. Namun menurut saya solusi ini untuk saat ini jauh lebih baik lebih bijak daripada anda menurunkan/downgrade windows 10 2016 ke edisi 2015, bagaimanapun persoalan keamanan sistem jauh lebih penting. Dan lagipula, windows 10 akan selalu memeriksa updates dan akan menginstalkan otomatis di sistemnya (jika anda mengaktifkan seting non metered connection).

Dengan dana 100 ribu anda bisa mendapatkan solusi blueooth dan wifi hilang di windows 10 2016, 75 ribu untuk beli adapter wifi eksternal merk tp-link (ingat…cari yg include antena!) dan beli adapter bluetooth eksternal murah meriah 25 ribuan (harga segini biasanya dapat yg versi dibawah 4.0 – jika beruntung anda bisa dapatkan versi 4.0). Carilah yang drivernya sudah support sampai windows 8/8.1, dan berdoalah lancar di deteksi dan digunakan di windows 10 2016. Bagaimanapun kondisi os windows 10 2016 dan komputer anda dan komputer saya berbeda, jadi disini saya tidak memaksakan solusi ini untuk para pembaca. Silahkan diputuskan sendiri dengan bijak. Solusi ini sudah digunakan di komputer win 10 2016 di beberapa teman, saudara dan klien saya daripada mikir kelamaan soal file driver yang harus nunggu dirilis entah sampai kapan (3 bln lg sudah 1 tahun win 10 2016 rilis resmi).

Berikut adalah tampilan bluetooth tetap berfungsi normal di Microsoft Windows 10 Profesional edisi 2016 di laptop saya tanpa pakai eksternal bluetooth hardware πŸ™‚

klik utk melihat gambar lebih besar lebih jelas

Salam.

Iklan

19 thoughts on “Solusi Bluetooth Hilang dan Wifi Hilang di Windows 10 Edisi 2016

    1. Wah klo soal brand n tipe itu dluar konsep saya mas. Sebuah gadget biasanya dcek dr procesor, ram, dan os dan jenis osnya. Klo dlaptop anda pakai windows 8 msh lancar saja klo sdh ke win 10 pasti akan bermslh jg. Smua perangkat win 10 pasti bermslh di perangkat adapter nirkabelnya krn ni persoalan sistem windowsnya sendiri yg sampe skrg blm dperbaiki oleh microsoft.

      Setau saya yg paling sering jd mslh justru di bluetooth internalnya bukan di adapter wifi internalnya mas. Tp klo 22nya jd kendala dlaptop anda saya sarankan gunakan adapter eksternal sudah saya tulis artikelnya dblog ini.

      Salam.

      Suka

    1. Halo Faisal,

      1. Dr apa yg saya coba dlaptop pribadi dng win 10 pro 64bit procesor amd a6 6310 ram 6gb saya tdk temukan kendala kompatibilitas. Saya pasang wifi adapter tp-link n sistem mendeteksinya sbg perangkat wifi adapter eksternal usb n langsung bisa dgunakan utk menangkap sinyal wifi dng sangat baik.

      Suka

    1. Win 10 sudah tidak ada lagi update/upgrade gratis sehingga tidak ada lagi free license sjk 2bln lalu klo gk salah deh. Jadi klo mau butuh license ya pake cara illegal ato beli master os aslinya πŸ™‚

      Suka

  1. Lenovo s210t, cek di support lenovo emang ga kompatibel ke win10. Cm krn dpt notif terus akhirnya apdet. Dan jreng!! Wifi ilang!! Klo gigibiru untungnya msh ada. Semua trik di inet yg aku temuin udh aku coba dan wifi bisauncul lagi. Smpe bbrp hari lalu msh ttep normal. Trus entah wifi kos diapain ama yg punya, wifi ny jd putus nyambung. N entah ada hub.ny apa enggak, tp akhirnya wifi ku jg ilang muncul ilang muncul. Bs muncul klo lepi di restart. Tp hri ini udh brp puluh kali pun ku restart, si wifi ga mau nongol lagi T_T

    Jadi, harus beli wifi adapter itu ya… Huhuuuu…

    Suka

    1. 1. Kalau soal wifi putus nyambung mungkin sinyal wifinya gk kuat atau emang dari isp-nya sedang bermasalah. Adapter wifi laptop letaknya dibawah dan daya tangkapnya terbatas, berbeda dng wifi eksternal.

      2. Kalau mau lbh kuat sinyal wifi memang lbh baik pakai adapter wifi eksternal πŸ™‚

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s