Belanja Online Lebih Murah? Ah Masa Iya Sih?

Indonesia kini menjadi target marketplace e-commerce yang semakin sedap untuk dinikmati, porsi kue e-commerce diperebutkan beberapa toko online yang makin bermunculan di Indonesia. Masyarakat pun makin mengenal apa itu belanja online, tingkat kepercayaan transaksi belanja online pun seiring waktu meningkat, konsumen semakin mudah mencari, memilih dan membeli produk yang diinginkannya.

Namun, yang menjadi pertanyaan pada artikel ini bukanlah perihal kemudahan ataupun sistem e-commerce marketplace yang beroperasi di Indonesia. Kali ini saya akan sedikit mengulas lebih ke hal Harga / Price yang seutuhnya berasal dari pengalaman saya berbelanja online dan berbelanja langsung di toko fisik (non-online/konvensional) di beberapa kota yang pernah saya singgahi.

Mengapa saya menulis artikel ini? Karena pada hari ini, 19 Juli 2016 mata saya terbuka lebih jelas dengan adanya perbandingan nyata perihal Harga antara toko online dan toko konvensional yang saya rasa bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda yang sudah terlalu ‘trust and comfort’ di zona berbelanja online.

Ceritanya dimulai dari sebulan lalu, kompor gas 2 tungku milik saudara yang ditempatkan di rumah kami dan sudah beroperasi beberapa tahun dengan intensitas penggunaan sangat sering setiap harinya (kebetulan ibu saya adalah ratu dapur) akhirnya memasuki masa gawat darurat. Kondisi kompor gas 2 tungku merk Nasional itu sudah harus diganti, mulai dari pemantiknya yang error susah menyalakan gas lpg, tatakan (ini bahasa jawa lokal di tempat saya) diatas kompor gas yang sudah patah sehingga beberapa minggu ibu saya terpaksa mengakalinya dengan menambahkan potongan batu agar panci/wajan yang ditempatkan diatas kompor tidak goyah sampai sebagian lapisan luar selang lpg yang sepertinya sudah mulai terpapar libasan minyak goreng panas dari wajan.

Dan hari ini 19 Juli 2016 pagi-pagi saya terbangun dari tidur saya, terdengar suara berisik di dapur yang sangat jelas berhubungan dengan kompor gas, petikan pematik hingga suara regulator lpg yang dipukulkan ke lantai sangat mengganggu saya dan saya pun terbangun (dengan terpaksa). Sejujurnya dari pertama kali kompor gas 2 tungku Nasional itu mulai error, saya sudah sangat khawatir dengan keselamatan ibu saya di dapur, saya mulai membayangkan kondisi percikan pematik yang error sampai pemikiran gas lpg yg bocor dan meledak, rasa kekhawatiran itu begitu nyata sampai saya berdoa setiap kali melewati dapur dengan kondisi kompor rusak tsb masih menyala api (ibu saya berusaha keras agar kompor itu tetap dpt digunakan di kondisi gk beres itu – walau berbahaya).

Solusinya sih bagi anda mudah: Ganti kompor gas dan selang plus regulator satu setnya! Namun solusi ‘mudah’ itu bukanlah solusi yang mudah untuk kami. Ya bisa dikatakan kondisi keuangan sedang tidak stabil karena banyak keperluan ini itu sehingga kebutuhan beli kompor gas baru plus set selang regulator terpaksa ditunda dalam kondisi sangat gawat darurat.

Beberapa waktu terakhir bersyukur saya ada rejeki, walau seharusnya digunakan untuk keperluan lain yang sudah direncanakan jauh-jauh hari dan perihal beli kompor gas baru dan set selang regulator tidak masuk dalam agenda keuangan yg terbatas, saya berpikir ulang… memang uang masuk yang tidak seberapa ini sangat penting untuk saya, tapi jauh lebih penting lagi rasa aman di dapur untuk saya dan ibu saya di dapur. Dan akhirnya, saya mulai memutuskan mencari kompor gas 2 tungku baru dan set selang regulator lpg baru juga.

airlux_blibli_mahalbro

Pemikiran saya yang pertama adalah saya akan mencarinya di toko online, sudah di posisi teratas toko online yang saya incar adalah Blibli dot kom. Alasanya simple, dari semua toko online yang pernah saya singgahi untuk transaksi (produk non sandang pangan): Tokopedia, Bukalapak, Lazada, hanya Blibli dot kom itu yang masih menyediakan bebas ongkos kirim, namun tidak berlaku untuk semua jenis produk yang mereka sediakan di website mereka. Saya mulai cari kompor gas 2 tungku dan set selang regulator (KG2TSSR – disingkat aja lah ya) sekitar 3 hari sebelum lebaran. Namun apes…. kompor gas 2 tungku termurah yang dijual di Blibli dot kom seharga Rp.170.000 bermerek Airlux yang sudah gratis ongkir si penjual sedang offline tidak melayani transaksi, sepertinya berhubungan dengan adanya lebaran yang akan berlangsung saat itu. Cari kompor gas 2 tungku termurah di Bukalapak pun dapat airlux Rp.125.000 tapi dilihat berat kirimnya sudah OMG terlalu dibuat alias diakalin penjualnya. Karena tidak mungkin kompor gas 2 tungku berat packing sampe 5 kilogram! Bahkan ada seller yang mengisi seting berat kompor gas 2 tungku airlux seberat 8 kilogram, murah di harga namun maling duit ongkos kirimnya, sama aja nipu!

airlux_bukalapak_mahalbro

Sampailah lebaran usai, saya melihat susah payah ibu saya menggunakan kompor gas 2 tungku nasional yang sudah gawat darurat itu dan saya hari ini 19 Juli 2016 mulai browsing lagi (yeah masih ngandelin online) pun saya masih dapati di Blibli dot kom harga kompor gas 2 tungku termurah masih Rp.170.000 merek Airlux sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Sedangkan set selang regulator termurah yang saya cek sebelum lebaran Rp.60.000 di Blibli saya cek hari ini sudah menduduki harga Rp.70ribuan! Disini saya mulai nyerah, karena dana juga mepet, dan jauh hari di pikiran saya sudah berpikir sepertinya di toko konvensional di kota saya jelas gak ada kompor gas 2 tungku murah karena pasti nambah biaya dari distributornya.

Tapi pagi ini setelah suara petikan kompor gas yang error terus dipaksakan dinyalakan oleh ibu saya, plus suara ketukan regulator lpg di lantai dipaksakan ibu saya semua demi masak air panas untuk mandi air hangat ibu saya di pagi ini, saya putuskan bangun tidur, menengok ke dapur, pemandangannya miris buat saya, bukannya saya tidak peduli kepada ibu saya, tapi dana saya benar-benar mepet dan digunakan untuk kepentingan lain yg sebenarnya lebih penting dari urusan kompor gas macet. Namun saya mengalah, dalam hati saya…rejeki semoga mengalir lagi, yang penting bahaya hilang di dapur, akhirnya saya belum mandi, langsung ganti pakaian, jam 8-an pagi saya meluncur ke sebuah mal kecil di kota saya. Mal ini baru beroperasi dalam hitungan beberapa tahun saja (belum ada 3thn deh) di kota saya, sebelumnya saya pernah berbelanja beberapa kali di mal kecil ini untuk beli kebutuhan sehari-hari. Sampailah saya di mal itu, namanya mal Trio di kota saya. Parkir motor (apes…sekarang bayar parkir di basement mal itu kena 2ribu!) langsung menuju lantai yang memajang kompor gas, dan saya menemukan beberapa kompor gas, tanpa basa basi langsung tanya pegawainya “Saya cari kompor gas 2 tungku termurah, ada daftar harganya? Produknya yang mana!?” ya jujur aja gak pake malu, duit terbatas jadi tanya langsung yang termurah! Dan bersyukur deh nemuin kompor gas 2 tungku termurah yang ada di mal trio itu. Kata termurah disini dalam hati saya sebelumnya udah bayangin dapat merk Airlux aja karena denger-denger ini paling murah di banyak toko konvensional dan toko online, namun saya tidak mendapatkan merek itu, melainkan mendapatkan kompor gas 2 tungku merk Tecstar tipe FG-627C Freemont series seharga Rp.148.500 (made in indonesia bro!).

IMG_20160719_234335

Hmm buat saya sih harga segitu untuk kompor gas 2 tungku sudah termasuk murah banget, walau dalam hati sih berharap dapat yang harga 120 ribuan aja si airlux itu, namun apa daya stoknya habis kata si pegawai mal-nya, belum stok ulang! Sebenarnya agak kaget sih dapat harga segitu, kagetnya karena saya bandingkan dengan harga kompor gas 2 tungku merk airlux di bukalapak dan di blibli dot kom. Kalau di blibli kena harga Rp.170.000 free ongkir, sedangkan di bukalapak harga airlux 2 tungku Rp.124 ribuan diluar ongkir dengan berat kirim terkecil 5 kilogram dan di seller airlux bukalapak itu pake ekspedisi JNE REG dan dari lokasi seller per kilogram jne reg ke lokasi saya kena charge Rp.24.000.

Jadi hitungannya untuk satu produk yang sama di dua toko online berbeda adalah:

Blibli dot kom (airlux 2 tungku): Rp.170.000 + free ongkir.

Bukalapak dot kom (airlux 2 tungku): Rp.124.000 + ongkir 5kg (5 x 24.000 = 120.000) = Rp.244.000.

Sedangkan harga kompor gas 2 tungku airlux jenis yang sama di blibli dan bukalapak yang dijual di mal trio adalah Rp.120.000!

Nah saat saya berdiri sambil itung-itungan perbandingan harga kompor gas 2 tungku termurah airlux di otak saya, membandingkan dua toko online berbeda dengan harga di mal trio, saya jujur sangat kaget karena ternyata harga asli airlux itu Rp.115.000 di mal trio itu kata si pegawai mal-nya. Bisa dikatakan di kota saya mal kecil ini memang menjual produk baru dengan harga termiring di kota saya, makanya saya kunjungi dulu mal ini, kalau mal ini menyediakan kompor gas 2 tungku dng harga diatas harga online, ya pemikiran saya berarti sulit dapat barang murah di kota saya maka saya sebaiknya beli online saja. Ternyata eh ternyata, harga di toko konvensional mal trio ini jauh lebih murah daripada beli online!

IMG_20160719_234049

Dan saya pun akhirnya memutuskan membeli kompor gas 2 tungku tecstar freemon series fg-627c itu, dan melanjutkan langkah ke area etalase set selang regulator lpg, dan makin dikejutkan lagi saya melihat ada sekitar 6 merek produk berbeda, satu saja made in china (import – sudah sni) dan sisanya 100% made in indonesia dengan standard sni dan standard lain-lainnya. Yang membuat saya terkejut harga set selang regulator lpg yang saya temukan paling murah made in indonesia adalah Rp.56.500!! Gilaaa murah bangeeettt!! Dengan harga yang sama ada juga merk lain yang made in china (import) itu namun hanya standard sni doank, sedangkan yang saya pilih sudah lulus sni dan sertificate lainnya di indonesia. Jadi tanpa banyak mikir saya pun memilih yang made in indonesia, bangga donk udah lulus uji lebih banyak daripada yang import china ntuh, dan lagian…saya kurang trust dengan uji kualitas produk buatan china….malah jadinya gak yakin dengan produk set selang regulator lpg import china yang berwarna orange itu murah sih murah tapi made in china…duh gak banget deh ya!

IMG_20160719_234437

So, akhirnya dapat kompor gas 2 tungku baru dan set selang regulator lpg baru, lengkap dengan garansi produk yang bisa dikerjakan di wilayah indonesia. Kompor gasnya walau harga murah tapi sudah SNI, set selang regulator lpg-nya sudah sni plus sertifikat lainnya juga, jadi bisa dikatakan walau murah tapi terjamin mutunya! Buat apa beli yang mahal kalau yang murah sudah lulus uji SNI, ya tho? Oya, satu lagi, kompor gas 2 tungku-nya itu (dan sejenisnya termasuk airlux) berat aslinya gak lebih dari 3kg, sangat ringan kompornya, saya sih belum sempat menimbang berat kompornya tapi dari feeling saya gak lebih dari 2kg. Jadi…dengan demikian makin memperjelas trik toko online dengan tag Lebih Murah-nya adalah tidak selalu benar!

Mari saya jelaskan pandangan saya mengapa Harga Lebih Murah di toko online itu tidak selalu benar.

Penjual di Blibli dot kom (seller lokasi jakarta) menjual Airlux 2 tungku: Rp.170.000 + free ongkir. Harga asli produk 100% sama di toko konvensional trio di kota saya adalah Rp.120.000 plus parkir motor 2 ribu di basement-nya. Jadi saya total mengeluarkan Rp.122.000 untuk dapat 1 kompor gas 2 tungku merk airlux di toko trio, produk yang 100% sama dengan yang dijual seller di Blibli. Disini seller Bliblli mengambil untung Rp.170.000 – Rp.120.000 = Rp.50.000 dari setiap penjualan produk tsb! Wow…hebat amat yak mengeruk keuntungannya? Yakin beneran itu untuk keuntungan seller seutuhnya? Saya rasa tidak, karena bagaimanapun saya rasa toko online tidak akan benar-benar menanggung full free ongkir barang berukuran besar dengan berat diatas 1 kg, gak percaya? Coba aja beli mesin cuci / tv di situs ini, gak akan dikirim free ongkir ke seluruh indo! Jadi menurut feeling saya Rp.50.000 ini mungkin ada beberapa rupiahnya digunakan untuk menambahkan ‘free ongkir’ fee yang diterapkan di situs ini. Jadi mungkin seller untung bersihnya ya sekitar 10-15ribu per produk ini yang terjual di situs ini. Bisa jadi kan ya?

Penjual di Bukalapak dot kom menjual Airlux 2 tungku: Rp.124.000 + ongkir 5 kg ke kota saya adalah Rp.120.000 ditotal menjadi Rp.244.000 untuk dapat 1 kompor gas 2 tungku airlux ke rumah saya. Harga asli produk 100% sama di toko konvensional trio di kota saya adalah Rp.120.000 plus parkir motor 2 ribu di basement-nya. Jadi saya total mengeluarkan Rp.122.000 untuk dapat 1 kompor gas 2 tungku merk airlux di toko trio, produk yang 100% sama dengan yang dijual seller di Bukalapak. Jadi disini si seller sudah ambil keuntungan lebih dari dengan menambahkan berat yang tidak semestinya untuk kirim produk yang sebenarnya beratnya tidak lebih dari 2kg, toh kalaupun dipacking kayu (misal dipaksa pihak JNE) saya rasa juga gak akan dikenakan sampai 5kg kan!? Jadi harga termurah kompor gas 2 tungku di bukalapak sebenarnya bukan murah banget, tapi trik saja!

Dan sebenarnya ada produk jenis lain yang menggunakan trik diatas seperti yang diterapkan seller dan toko online lain yang beroperasi di indonesia, biasanya akan melibatkan barang dengan berat diatas 1kg dan termasuk besar ukurannya sehingga tag Harga Lebih Murah belumlah sepenuhnya benar-benar ASLI MURAH, MELAINKAN HANYA TRIK SAJA!

Jadi pintar-pintarlah dan bijaksanalah dalam berbelanja produk tertentu, kadang yang jauh lebih murah masih bisa kita dapatkan di toko konvensional. Bahkan mungkin bisa jadi batu sandungan mal besar / toko online yang menerapkan slogan “Bila ada yang lebih murah, kami ganti selisihnya!” namun tentu…dibawah slogan itu ada tulisan kecil “syarat & ketentuan berlaku”…hmm tai bener yak!?

Well, kembali ke rumah, ibu saya menghilang (ternyata ke pasar kota) meninggalkan selang, regulator dan kompor gas rusak yang sempat di’kerjakan’ di pagi hari. Langsung saya pasang sendiri kompor gas 2 tungku baru dengan set selang regulator lpg baru, dan klik klik klik pemantik kompor…api pun menyala biru dan dapur pun kini lebih aman.

IMG_20160719_233939

Sedangkan nasib selang lpg lama saya buang saja karena usia pakainya sudah diatas 1 tahun dan kondisinya sudah tidak baik untuk digunakan, untuk si kompor gas 2 tungku nasional…masuk gudang…mau dibuang tapi milik saudara sih…bahahaha…. 😀

IMG_20160719_234518

Ok, ini pengalaman saya berbelanja MANA YANG LEBIH MURAH: TOKO ONLINE ATAU TOKO KONVENSIONAL dan dalam edisi ini jelas dimenangkan oleh TOKO KONVENSIONAL!

Jadi….kadang kala kita perlu menggerakkan tubuh ini, tidak bermalasan dengan zona nyaman berbelanja online yang menawarkan kemudahan. Karena kemudahan apapun akan berujung ke perihal utama yaitu HARGA. Jika kita bisa berkeliling sebentar ke toko di sekitar area kita, bisa jadi kita menemukan produk di toko online yang lebih murah di toko konvensinal yang kita hampiri. Why not!

Oya sblm anda meninggalkan komen saya beritahu dulu bahwa sesuai standar pelayanan jenis n berat kirim brg JNE (saya temukan info resmi ini di kantor agen jne kota saya dipasang dlm frame kaca dcantolin d dinding) bahwa berat matriks itu hanya diberlakukan utk barang dng berat minimum 3kg. Nah jika anda dpt brg yg aslinya kurang dr 3kg dan seller mengatakan klo dkirim via JNE jadi kena berat matrix maka anda bisa tolak. Besok kapan hari saya ke agen jne saya fotoin itu info saya update ke artikel ini.

note: jangan disamakan dng transaksi beli handphone di toko online loh ya – yang satu ini udah maen bancakan sistematis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s