Review Ekspedisi JET Express – J&T Express

Setelah kemarin-kemarin mengulas tentang ekspedisi pos indonesia dan jne yang sepertinya selalu jadi bahan pencarian pengguna ekspedisi tersebut via Google, maka kali ini saya akan menulis lagi pengalaman terbaru saya menggunakan jasa ekspedisi lainnya yang bisa dikatakan belum banyak diketahui/didengar oleh calon pengguna jasa layanan logistik di Indonesia.

Pernah dengan ekspedisi JET? Jika anda mengatakan YA, bisa dikatakan kemungkinan besar anda tahu dari website ekspedisi ini yang pernah anda kunjungi atau paling besar kemungkinannya dari kertas resi ekspedisi ini yang pernah anda dapatkan/gunakan jasanya. Misal saya tanya, pernah dengar ekspedisi J&T? Saya rasa jawaban pembaca artikel ini akan jauh lebih banyak YA daripada saat saya bertanya ekspedisi JET.

Hahahaha…. ya sih ini sebenarnya ekspedisi baru dengar tapi sudah rancu di mata dan di telinga. Saat saya sempat menempuh pendidikan, dosen marketing saya sempat dengan gamblang dan jelas menjelaskan faktor X pada hal marketing terkait nama merek dan logo merek dan dua hal ini bisa jadi dua kemungkinan penerimaan yang berbeda ke end user dari apa yang dilihat tidak selalu sama dengan yang dipikirkan. Indera mata bisa bentrok dengan informasi yang diproses otak. Nah ekspedisi satu ini sangat jelas membuat bingung saya sebagai end user.

Pada tanggal 16 Juli 2016, saya harus segera mengirimkan pengembalian produk memory merk team ke sebuah toko online di jakarta. Saya hitung ongkos nih, antara pos indo dan jne ok. Masalahnya adalah pos indo kilat khusus jelas minimal 4 hari hantaran ke jkt (karena tgl 13 saya juga kirim kilat khusus ke tangerang sampenya 16 Juli jam 12 siang) karena besok adalah hari minggu pakai pos indo express juga percuma mahal di ongkos, pakai jne ok pun juga percuma 1 hari karena besok minggu plus harganya udah terlampau mahal lah untuk kantong saya. Nah bingung neh, mo pake ekspedisi apaan, pake TIKI beeuh jelas lebih muahal lagi bro! Langsung saya ingat hanya jarak 200m dari lokasi rumah saya persis di pinggir jalan raya ada ekspedisi baru nih yang mulai nongol belum ada 6 bulan, saya sering melihat kantor ekspedisi baru ini sih karena saya sering ke mini market belanja, yang letaknya persis di seberang jalan raya depan ekspedisi itu.

Nama Perusahaannya sih J&T, domain webnya sih JET gak beres neh!

Lalu saya iseng-iseng browsing dan ketemulah website ekspedisi itu, sayangnya saya kaget juga loh ini ekspedisi nama yang benar apaan sih, kok beda dari nama logonya? ini kesalahan bikin logo ato gimana? Ah gak pikir dulu, langsung saya lacak ongkir, ketemulah agen ekspedisi tsb ternyata list agen ekspedisi tsb berlimpah ruah di kota saya, mengalahkan TIKI dan JNE!! Bahkan bisa dikatakan terbanyak di seluruh penjuru kota saya ini (kaget juga sih liat listnya-tp blm ke semua tkp saya kunjungi utk tahu benar tidaknya list itu). Ok, dapatlah ongkir dari kota saya ke jakarta adalah Rp.20.000 per 1kg. Hmm…ini ongkir pertengahan antara pos indo kilat khusus dengan JNE. JNE OK aja Rp.21.000 per kg, sementara pos indo kilat khusus Rp.15.000-an per 1kg, bedanya sih soal waktu hantarannya. JNE OK dan POS INDO KILAT KHUSUS ke jkt biasanya 2-3hari, berarti perkiraan kalau beruntung pake jne selasa barang sudah diterima, kalau pos indo jangan harap selasa diterima, rabu! Sedangkan dari toko online itu menerapkan kebijakan 5 hari sampai barang pengembalian diterima utk wilayah pulau jawa sejak permintaan return diterima, nah saya sisa 4 hari aja nih, dikurangi hari minggu esoknya ekspedisi gak hantaran berarti sisa 3 hari aja nih. Wah mepet waktunya, tapi saya setelah cek ongkir di hape langsung mampir aja jam 8 pagi ke kantor ekspedisi tsb.

Kantor ekspedisi apa sih mas namanya? Nama ekspedisi yang kali ini saya gunakan adalah JET / J&T! Ya, nama perusahaannya adalah J&T Namun orang seringkali mengira ekspedisi ini adalah ekspedisi JET Expres. Buat saya pribadi ini kesalahan fatal di persoalan marketing brand sebuah perusahaan. Membuat mata orang salah berpikir tentang nama domain web perusahaan dari penggunaan logo yg mirip.

jnt
malam harinya

Sampailah saya di kantor ekspedisi JET ini, kantornya sih nyewa bangunan, belum milik JET permanen πŸ˜€ ukurannya lebar 3 meter, dalamnya sih mungkin sekitar 6-7m. Di dalam kantor ada 1 staff perempuan menerima paket, satu laptop dan sejumlah pria yang sepertinya sih pegawai JET. Tanyalah saya, ini kantor agen xxxx (saya sebut nama agennya) dijawab ‘Ya, benar’ oleh pegawai perempuan ini. Saya tanya lagi berapa ongkir barang ini (saya kasihkan barang, itu barang gk ada 1kg, cuma lipatan 3 kertas dan 1 memory team di dalam lipatannya yg ada di dalam amplop, dan saya kena charge tetap 1 kg yaitu Rp.20.000,-. Sebelum saya melanjutkan transaksi saya tanya “Berapa lama paket ini dihantarkan ke penerima di jakarta!?”. Si pegawai ini menjawab “2 hari penghantaran sampai pak.” Hmm begitu dengar 2 hari plus harga cuma 20rb, pertengahan pos indo kilat khusus 4 hari hantaran atau jne reg 3 hari hantaran tp ongkir 24rb, maka saya langsung iyakan aja dah ambil transaksi tsb.

diskon 10% euy… lumayan

Nah saya cukup kaget nih, saat mbak jet ini mengatakan “Pak, untuk ongkir 1kg, akan diberi potongan diskon 10%”. Dan saya pun hanya dikenakan biaya Rp.18.000 untuk paket pertama saya menggunakan ekspedisi JET yang pertama kali saya gunakan di hidup saya. Wah pikir saya lumayan neh, diskon 10% bahahaha πŸ˜€ harapan saya sih ini diskon bukan sekedar promo cari pelanggan baru yah πŸ˜€ semoga berlangsung luamaaaaaa sekaleee. Saya sempat tanya klo paket 1kg ke medan dan ke pekanbaru berapa ongkirnya, ternyata ongkirnya diatas Rp.30.000-an dan bisa dikatakan lebih mahal neh dari pos indo dan jne, tapi kata mbak jet itu sih JET menawarkan kiriman lebih cepat, tapi gak sempat ditambahin berapa lama sampenya ke medan n pekanbaru.

Di situsnya http://www.jet.co.id, hanya satu jenis paket kirim yang ditawarkan dari kota saya ke jakarta yaitu JET EXPRESS. Per 1 kg dikenakan ongkir Rp.20.000, lebih murah dari JNE OK Rp.21.000 plus lebih cepat daripada pos indo kilat khusus yang makan waktu 3-4 hari hantaran ke alamat tujuan walau dengan harga lebih murah Rp.15.000 per 1 kg. Jadi bisa dikatakan JET ini ambil posisi tengah untuk bermain di jasa kirim kirim, jelas gak mungkin bersaing dng pos indo (saya rasa ekspedisi manapun gak akan mampu bersaing dng pos indo – karena jaringannya sudah terlalu luas seluruh indo plus ini perusahaan negara bro!) dan dari apa yg saya perhatikan/analisa sih JET ini mau coba bermain menantang JNE dan TIKI, tapi sepertinya lebih menantang JNE karena porsi main harganya sangat dekat sekali dengan JNE. Bayangin aja dengan Rp.20.000 saja kirim ke jakarta maksimal 2 hari hantaran tidak pake jenis OK kek, REG kek apelagi YES kek, ini sudah face to face dengan JNE OK, JNE REG dan JNE YES! Jadi menurut saya JET ini sebagai pemain baru (ya dari versi saya sih baru dengar) sudah siap ambil pasarnya JNE di kota saya karena berani main harga lebih murah dng target hantaran lebih cepat bila dibandingkan langsung dengan JNE.

Oya tentang diskon paket 1kg itu saya tidak menemukan infonya di web JET, begitu keluar dari agen jet itu saya lihat info diskon 10% itu ada di spanduk yg dipasang diatas halaman kantor agen yg kecil itu. Tapi sptnya itu hanya berlaku utk paket maksimal 1kg saja, lebih dari itu sptnya no diskon. Ya maklum aja 1kg itu pasti berukuran gak besar jadi diberi diskon 10% masih sangat wajar utk menarik pelanggan baru. Kan gak lucu paket 10kg diberi diskon 10% pasti ukurannya gede, makan volume matrix pula, dan makan ongkos bbm lebih.

Yang menarik dari ekspedisi baru bernama JET ini adalah tentang layanan plusnya yg sudah jadi harapan saya sejak jauh hari di semua ekspesidi di indonesia yaitu:

1. Terima jemput paket gratis! Ambil di tempat pelanggan! Ya, ekspedisi JET ini memberikan layanan jemput bola langsung paket di alamat pelanggan. Sepertinya itu para pria di dalam kantor agen plus motor terparkir di depan kantor (padahal saat itu pelanggan yg datang hanya saya saja) adalah motor untuk jemput paket di tempat pelanggan. Info jemput gratis inipun juga disertakan di websitenya.

Sebetulnya ini juga berlaku di pos indonesia, dan tiki (tiki digunakan bibi saya yg berbisnis online) namun ada tapinya….pos indo dan tiki meminta pengambilan paket di tempat pelanggan dalam jumlah banyak. Dulu saya sempat mau kerjasama dng pos indonesia utk soal kirim-kirim dan diberitahukan utk ambil paket di rumah saya minimal paket berukuran berat diatas 10kg atau berjumlah banyak dan dibuatkan perjanjian hitam putih.

Tapi di ekspedisi JET, tidak diberlakukan pengambilan paket gratis dengan syarat ketentuan jumlah/ukuran, ambil 1 paket kecil pun akan dilayani tanpa biaya tambahan. Nah soal bagaimana itu paket yang diambil akan dibebankan biaya kirimnya (hitung beratnya) ini saya belum tahu.

Info lagi, di website pos indo juga sudah ada informasi banner nanti akan ada aplikasi pos indo dimana pelanggan bisa meminta ambil paket ditempat pelanggan, ini saja infonya, tidak ditambahkan info syarat ketentuan bila ada? Tapi sayangnya kelamaan jemput bola ini belum diwujudkan pos indo, udah keduluan ekspedisi JET.

Menurut saya aksi layanan jemput paket gratis tanpa syarat dari ekspedisi JET ini bisa jadi bahan pertimbangan menarik untuk pelanggan. Harga jelas udah di depan mata lebih murah dari JNE dan TIKI, plus diberi layanan gratis jemput paket di tempat pelanggan. Lah klo gni calon pelanggan mana yang gak merasa dilayani bak raja?

Hari ini Senin 18 Juli 2016, saya cek paket jet ekspress yang saya kirimkan hari sabtu 16 juli 2016 ternyata sudah dihantarkan (delivered) ke alamat toko online tsb.

sampai di penerima jam 1-an siang

Selain itu saya mo beri sedikit review minus ekspedisi jet ini.

1. Hari sabtu 16 Juli 2016, sekitar pukul 12 siang kurang sampe malam harinya, website jet.co.id down berjam-jam. Saya gunakan host-tracker.com untuk melakukan pengecekkan dari hp saya dan ternyata koneksinya down di banyak penjuru negara. Entahlah apa yg terjadi, antara lagi migrasi server hosting/propagasi hosting baru ato apa. Tapi pagi ini senin 18 juli 2016 saya sudah bisa akses webnya lagi, sudah lancar…pake data center indosat m2. Yah semoga gak down berjam-jam lagi webnya sih. Padahal menurut saya webnya termasuk sederhana dan rapi, user friendly dan sudah cukup informatif walau saya cek masih berbasis cms joomla sih (hehehe ketahuan) yg rawan diinject/dihack.

pake_joomla_neh

Menurut saya pribadi sebagai ekspedisi baru di kota saya, JET sudah bisa memberi layanan pembanding yg jelas bagi pelanggan yang pernah pakai pos indo, jne, tiki. Harga dan kecepatannya menurut saya diatas JNE dan TIKI, tapi soal murah masih menang pos indonesia. Sistem pelacakannya tercatat rapi dan mudah dipahami. Webnya mudah diakses (saat lagi gak down servernya). Ini tidak bisa dikatakan 100% sudah oke loh ya menurut saya, karena namanya ekspedisi baru pastilah porsi jatah kirim-kirim belum sebanyak ekspedisi pendahulunya, pasti beban kirim-kirim sampe beban server hosting juga belum berat/high traffic jadi saya menilainya dari segi ‘masih baru’. Entahlah kalau sudah 1-2thn beroperasional di kota saya, mungkin baru bisa dinilai kelemahan hantarannya, harganya, dsb.

Update 4 Oktober 2016:

  1. Saya kedua kalinya pakai J&T utk kirim paket ke Medan tanggal 26/9/2016. Paket seberat 750gr (saya timbang sendiri di rumah) di pihak J&T dihitung 1.1kg? Kena biaya Rp.37.000.
  2. Saya sempat tanyakan soal diskon 10% yg pernah saya dapatkan, tapi diskon tsb sudah tidak berlaku lagi, jadi bukan diskon reguler per 1kg setiap saat ada. Hanya ada di musim kirim tertentu di hari raya tertentu saja.
  3. resi_jnt_kedua
  4. Paket diterima tanggal 29/9/2016 siang harinya. Untuk saya kirim dari jawa ke medan biaya Rp.37.000 bisa dihantarkan dalam waktu 3 hari sampai untuk saya sendiri ini sudah baik, bahkan pos indonesia bisa 4 – 5 hari, kalau padat bahkan kilat khusus bisa 7 hari baru sampai! Untuk JNE kirim ke pekanbaru dan medan (ini terakhir saya transaksi dng JNE) jne reg dihantarkan 4 hari, Jadi buat saya J&T bisa kirim 3 hari sampe medan untuk saat ini saya beri acungan jempol!
  5. jet-car
    agen j&t express – siang hari
  6. Satu hal yang menarik dan pernah saya impikan di semua ekspedisi di indonesia adalah perihal notifikasi sms bahwa paket telah diterima, bukan sekedar informasi tracing web saja. Dan impian saya jadi kenyataan, pada pengiriman paket kedua saya pakai jasa J&T, tanggal 29/9/2016 saya mendapatkan notifikasi sms ke nomor hp saya (pengirim paket) bahwa paket telah diterima oleh penerima. Memang pada pengiriman pertama sistem notifikasi sms ini belum ada, namun saya jujur kaget saat saya dapat notifikasi sms penerimaan paket yg dikirim dari J&T, untuk saya ini adalah fasilitas layanan informasi yang sangat baik sekali dan belum di-adakan oleh ekspedisi lainnya di indonesia yang pernah saya gunakan (entah ekspedisi lain yg blm pernah saya gunakan).
  7. sms_terima_paket

KEKURANGAN J&T EXPRESS:

  • Update 7 Oktober 2016 17.20 WIB:

Kirim paket ke kebumen tanggal 5 Oktober sampai tanggal 7 di penerima dan penerima konfirmasi terima barang di toko ol pukul 16.58 wib. Saya baru dapat sms notifikasi terima barang dari J&T jam 20.13 WIB.

jnt_71016

Status resi di web J&T tidak berubah dari status terakhir jam 9an paket sedang dihantarkan sprinter j&t kebumen walau paket sudah diterima buyer. Untungnya si buyer ini mau mengkonfirmasi terima barang di sistem toko ol yang kami gunakan seketika dia menerima n memeriksa paket dr saya itu. Toko ol yang kami gunakan tidak mensupport pengiriman dan tracking J&T, saya beruntung dapat buyer yg jujur n responsif mau mengkonfirmasi terima barang dng cepat di toko ol tsb.

j_t_terima

Status resi J&T di web mrk baru berubah pukul 8 malam sesaat setelah saya dpt sms J&T yg isinya paket yg saya kirim sudah diterima oleh penerima.

Jadi untuk sebuah ekspedisi baru bernama perusahaan J&T, menurut saya boleh saja dicoba namun kualitasnya belum merata di semua agen J&T, khususnya perihal kecepatan notifikasi sms penerimaan barang. Butuh wkt paling lama 3 jam saya terima sms notifikasi penerimaan paket di tujuan dari sistem J&T. Saya memahaminya mungkin kurir di lapangan hanya bisa menginformasikan ke tim di kantor paket a paket b paket c dsb sudah dihantarkan saat si kurir sudah kembali di kantor barulah pihak staff kantor J&T mencatat update status dan sms terima barang dikirimkan ke pengirim paket.

Mungkin akan lbh baik jika sistemnya dibuat realtime semisal kurir dilapangan menginfokan status terima paket ke tujuan via sms saja dan pihak staff kantor langsung mengupdatenya dan sms penerimaan paket akan terkirim saat itu juga ke pengirim paket.

Kalau harus nunggu kurir balik ke kantor utk laporan ya berabe juga lama nian saya nunggu sampai 3 jam utk status sms paket sudah diterima di tujuan.

  • Update 19/10/2016:

Server yang digunakan website ekspedisi ini time out lama nian, dibawah ini adalah screenshot saat saya cek tepat pukul 12siang 19/10/16. Hadeeuh padahal tanggal 18/10 saya baru kirim paket, ini mau lacak malah down, dan ini bukan kali pertama saya coba akses web mrk baik via komputer atau smartphone dng isp internet yang berbeda cukup sering down, kok udah niru down-nya JNE sih. Please deh pake vps iix atau vps sg yang handal donk ah! Kontak saya klo butuh vps ato seting setingnya 😎

 jadi kebiasaan baru J&T, server sering time out…

  • Update 21/10/2016:

Paket J&T seberat 25gr yg saya kirim tgl 18/10/2016 dan diterima 20/10/2016 jam.11.46 wib (dikabarin langsung oleh si penerima) status lacak resi di web j&t baru berubah jam 8 malam-an dan sampai saya update ini 21/10/2016 pukul 11.32 wib saya tidak menerima sms notifikasi paket telah diterima ke tujuan dr sistem J&T. Ini adalah pertama x sms tidak dikirimkan ke pengirim paket.Hmm…. sptnya J&T masih bermasalah dng sistem IT mrk πŸ˜‘ biasanya server susah diakses skrg sms notifikasi gk dberikan. πŸ˜’


  • Update 21/12/2016:

Liat info di web toko online tertulis mulai 20 Desember 2016 J&T Express tidak lagi menawarkan jemput paket. Yg cari rejeki dr jualan online harus antar sendiri barangnya ke agen j&t.

  • Update 14/2/2014:

Paket dari toko online saya terima, tapi tidak ada sms pemberitahuan baik ke pihak saya sebagai penerima dan juga pihak pengirim.

jntex2

  • Update 15/1/2017

Paket yang dikirim dari toko ol, di hari minggu, paket sudah sampai di kantor agen. Tapi ditunggu sampai sore paket tidak juga dihantarkan ke rumah saya yang jaraknya hanya 200m dari kantor agen J&T Express yang mana merupakan kantor pusatnya di kota saya. Dalam gerimis saya datangi kantor tsb dan tanyakan paket saya, ternyata paket saya masih di dalam rak paket, sama sekali tidak tersentuh untuk dihantarkan. Saya tanya “Kok gak dihantarkan mas? Ini saya cek dari pagi paket sudah sampai, ini sudah sore, jarak cuma 200m gak ada 5menit dihantarkan tp kenapa gak dihantarkan?”

jntex3

Jawaban staff ekspedisi: “Maaf pak, tidak ada petugas hantaran hari minggu.”

Saya jawab: “Mas, dari kantor ini ke rumah saya 5mnt aja, anda jalan kaki juga bisa lewat  jalan belakang itu (saya tunjukkan jalan tembusnya). Lah ini saya malah datang dalam gerimis cuma 5menit sampe!”

Si petugas ini cuma diam aja….

Bohongnya lagi pihak oknum petugas J&T Express ini memasang status bahwa petugas ekspedisi-nya yang melakukan hantaran paket ke alamat  saya! Ini bisa dicek di bawah ini garis merah kotak..

jntex4

Jadi ini sudah bukti konkrit, jarak jalan kaki 5 menit saja dari pagi sampe sore sama sekali tidak punya waktu menghantarkan. Tapi di websitenya ditulis (pernah saya lihat) OPEN 365 HARI dalam setahun, artinya tidak ada kata tutup operasional. Namun di lapangan, 5 menit hantar ke alamat saya saja tidak sanggup!? Belum lagi pake acara bohong performa memasang status bahwa petugas ekspedisi menghantarkan paketnya secara langsung ke rumah saya padahal saya ambil sendiri dalam gerimis! WTF!

Dan satu lagi, saya dan pihak pengirim tidak menerima sms notifikasi paket sudah diterima!

  • Update 19/1/2017:

Datang ke kantor J&T Express mau balikin paket, ternyata harus di packing kayu. Sialnya lagi, packing kayu tidak masuk hitungan nota ongkir, alias bayar sendiri ke pihak pekerja lepas yang akan mempacking paket saya. Itupun saya harus nunggu sampai malam baru bisa dipacking karena si pekerja packing kayu datangnya hanya malam hari. Dan packing kayu-nya tidak ada harga fix alias nego langsung dengan si pekerja packing kayu.

Well, kok layanannya malah diturunkan bukannya ada peningkatan? Jangan sampe orang indonesia mengatakan “This logistic is made from china!” Kualitasnya…. masih tanda tanya ?

Bingung belanja online gak dapat free ongkir, ah itu udah kuno… sekarang jamannya belanja gratis ongkir, harga diskon, dapat vocer belanja pula! Yang jelas, resinya kelacak masbro…cobain deh mampir disini.

Nah untuk anda yg pernah pakai jasa J&T Express ini bisa sharing di komen tapi supaya adil di kedua belah pihak antara anda dan ekspedisi, maka saya minta anda cantumkan bukti no.resi J&T Express paket agan. Kalo tidak mencamtumkan no.resi maka komen yg berkaitan dng jasa mrk yg anda gunakan tidak akan saya tampilkan krn tidak fair. Adil kan?

52 thoughts on “Review Ekspedisi JET Express – J&T Express

  1. Mas boleh minta tolong cek resi saya 888033271186 statusnya sudah sampai tapi saya belum menerima paket apapun..

    Suka

    1. izin nimbrung gan.. spertinya ini strategi marketing yang mengesankan kecepatan, dua kali saya order via jet dapat notif paket telah sampai padahal belum saya terima.. entah siapa yg ttd nota penerimaan, pake ejaan nama saya juga keliru..paket baru nyampe 1 hari kemudian.
      meski demikian saya tetap menganggap lebih baik dari pesaingnya..

      Suka

Tinggalkan Balasan

