Pos Indonesia – Berbenah Menjadi Lebih Baik

Semenjak saya menuliskan apa adanya pengalaman pribadi saya menggunakan jasa ekspedisi POS INDONESIA, bisa dikatakan rating blog saya ikut terkatrol juga. Dan sudah bisa dipastikan berikutnya adalah akan banyak orang yang bertanya seputar nomor resi pos indo hingga berbagi pengalaman pribadinya dng ekspedisi tsb di blog saya.

Saya berusaha meluangkan waktu untuk membalas komentar anda walau tidak semua bisa saya jawab secara langsung via blog ini. Jika ditelisik lagi via google anda mencari pencarian yang berhubungan dengan pos indonesia, bisa dikatakan blog ini: kutakhabispikir.wordpress.com, masih juga menduduki peringkat top 10 first page di google. Ternyata apa yang saya tulis dengan bahasa ndeso apa adanya bisa menjadi bahan informasi (yang sptnya berguna) untuk anda yang mencari cari informasi tentang pos indonesia di google, khususnya sih tentang pelacakan nomor resi, ongkos kiri, lama kirim sampai komplain keluh kesah mereka 😀

terima kasih untuk pembaca artikel ulasan/review jasa ekspedisi pos indonesia

Beberapa bulan terakhir saya bisa dikatakan cukup sering kirim dan terima barang via pos indonesia di kota saya. Well pelayanannya sih bisa dikatakan lebih ramah lagi dan lebih tertata alis teratur. Pak posnya selalu dengan senyum ramah mengantarkan paket ke rumah saya, bahkan menawarkan mau dihantarkan ke alamat bibi saya jika saya tidak ada di rumah (saya seminggu sekali pasti keluar kota bbrp hr). Pak posnya dan bagian gudang sudah akrab dengan paket internasional yg dialamatkan ke rumah saya, sampai pernah konfirmasi antaran paket internasional dng menghubungi no.hp saya terlebih dahulu sblm dihantarkan. Bagian penerima paket pun ramah-ramah dan komunikatif, bahkan saya juga dapat informasi yang berguna dari obrolan singkat hari sabtu 16 Juli 2016 lalu:

1. Paket pos biasa hanya bisa muncul di sistem komputer/ditawarkan ke end user bilamana paket yang diterima dan ditimbang adalah berat minimum 2kg atau lebih. Pengiriman keluar pulau maka paket biasa akan menggunakan kapal laut. Inilah sebabnya jika kita memilih kirim keluar pulau dng paket biasa pos indo akan lebih lama, perkiraan sih sekitar 12-14 hari sampai ke alamat penerima.

2. Untuk paket dibawah 2kg atau minimum 100gram maka akan selalu dikenakan paket minimum adalah paket kilat khusus ke seluruh penjuru indonesia.

Untuk anda yang belum pernah mencoba pos express, saya berikan info…pelanggan bisa meminta penggunaan pos kilat express 1 hari sampai penghantaran ke lokasi selama wilayah tujuan masih berada di area perkotaan dan masih terjangkau layanan express ini. Nah, disini ada trik yang tidak diberitahukan ke pelanggan pos indonesia. Dari pengalaman saya jika kita pakai pos kilat khusus ke tujuan masih dalam satu area propinsi atau propinsi terdekat dari wilayah kota kita, biasanya nih…pos kilat khusus akan berubah otomatis jadi penghantaran express. Ingat loh…penghantaran bukan biaya! Biaya yang dikenakan tetap kilat khusus tapi dihantarkan dng sistem express yaitu 1 hari sampai. Ini sudah pernah saya alami saat kirim-kirim dari kota saya ke semarang, dan dari yogyakarta ke kota saya, 1 hari sampai di tangan saya. Karena biasanya pos induk mulai ambil paket di gudang dari kota satu propinsi di malam hari, nah jarak antar kota di jateng itu tidak begitu jauh, maka penghantaran express bisa saja dilakukan walau kita sudah diberikan kilat khusus. Tapi ini tidak selalu mutlak sih, dari analisis saya sptnya ini juga tergantung beban penghantaran juga ke area tujuan penerimaan. Jadi misal nih, saya kirimnya ke kabupaten semarang, bukannya semarang kota, maka kabupaten semarang ini bisa jadi tidak tercover bonus express (karena lebih luas dari semarang kota) dan hantaran kilat khusus tetap diberlakukan. Beda jika saya kirimnya ke semarang kota, kan areanya terbatas tuh…jadi express bisa saja jadi bonus untuk pelanggan kilat khusus karena tiap hari selalu saja ada hantaran. Bonus express ini tidak selalu bersifat mutlak sih, dan biasanya hanya berlaku di dalam satu area propinsi dng kota tujuan terdekat dari dan ke ibu kota propinsi tsb. Misal, saya kirim dari kota saya ke wonogiri ini saya rasa sulit express karena sudah terlalu jauh dari ibu kota propinsi jateng: semarang, jadi biasanya diberlakukan kilat khusus. Misal anda di jakarta mo kirim ke bogor, ini bisa saja express 1 hari hantaran karena jaraknya sangat dekat.

Jadi soal kilat express 1 hari sampai juga tergantung beban yg ada di pos induk tujuan, karena bagaimanapun armada pos indo juga gak akan bertambah otomatis ketika di hari reguler terjadi peningkatan pos express. Bisa dikatakan yah kita bisa coba-coba beruntung saja sih. Selama ini saya baru 2x saja pakai kilat express pos indo dari jogja-kota saya dan sebaliknya dan 1x gagal tidak sehari penghantaran dan 1x sukses 1 hari penghantaran.

Hari sabtu 16 Juli 2016 ini saya mengirimkan dua paket sama ke tujuan berbeda yaitu ke Medan dan Pekanbaru dengan kilat khusus. Beratnya hanya 10gram saja (termasuk amplop). Sebelumnya saya menghitung tarif via pos indo, saya menggunakan metode kode pos alamat penerima (dan ada di list kode pos milik web pos indo), saya menggunakan berat kirim 100gr, ketemulah ongkos ke medan 25rb dan ke pekanbaru 20rb. Begitu sampai di loket penerimaan beratnya hanya 10gr dikenakan biaya lebih dari sistem web pos indo. Bedanya seribu rupiahan, beda ini adalah beda pengenaan tarif pajak yang sepertinya tidak include di web tarif pos indo. Jadi jika anda datang ke kantor pos dng berat di bawah berat yang anda gunakan di web tarif pos indo, anda tidak perlu terkejut bila dikenakan biaya tambahan walau berat paket anda dibawah berat yang anda gunakan di web tarif pos indo tsb. Itu adalah biaya tarif pajak dan dicetak pada lembar kertas resi paket anda juga.

Saya dengar sih di beberapa kota pos indonesia di hari minggu sudah mulai tetap beroperasional loh, hebat kan? 🙂

Tinggalkan Balasan

