Kirain Jargon Baru, Ternyata Mak Vipros Merek Motor!

Hehehehe…. bentar bentar…saya jujur aja nih nulis sambil ketawa šŸ˜€

Ok…ambil nafas….hembuskan…..dan ayo lah lanjut nulis. Jadi gni, semalam saya sedang mencari motor 2nd via aplikasi olx. Nah saya iseng-iseng nih cari motor di kategori Honda, dan saya memasukkan kata kunci supra. Dan anda tahu apa yang selanjutnya terjadi? hehehe

Saya mencari motor bekas merek honda di area DIY, setelah saya cek motor yang saya coba cari di area Jateng ternyata gak pas di hati. Dengan kata kunci Supra, munculah list iklan tersebut, saya pun scrolling down dan melihat sebuah iklan dengan gambar motor supra x125, namun…ya…ada namun-nya… judul iklannya adalah Supra x125 (max vipros) blablabla….

Saya cek nih foto gambar produknya, ternyata stiker, logo sampe bentuk ya nongolnya supra x125 made in honda. Harganya untuk tahun 2012 ditawarkan Rp.4.5jt, jelas disini saya langsung mikir ah ni iklan php penipuan lagi dilolosin olx.

Lalu saya cari motor merek lain dan belum nemu yg pas dkantong dan dhati, lanjutin tidur aja deh pikir saya. Nah pas sudah beberapa saat memejamkan mata nih, saya kok teringat lagi kata mak vipros itu. Saya yang pernah tinggal beberapa tahun di jogja pun terbangun karena penasaran, apa sih itu mak vipros? apa jargon/kata gaul bahasa baru di jogja x kah?

Hmm…coba tanya mbah dukun…eh salah..mbak gugel, dan eng ing eng… bahahaha ternyata Mak Vipros 125 itu merek motor lokal masbro! šŸ˜€

mak-vipros

Gambar comot dari gugel. Bentuknye mirip supra x125, namun buatan lokal made in Jogja. Persisnye dibuat oleh PT.Mega Andalan Motor Indonesia yang berlokasi di Jl. Solo, km.13, Tirtomartani, Kalasan (area prambanan) Yogyakarta. Perusahaan ini membuat merek motor bernama MAK alias Mega Andalan Kalasan. Dan mereka telah menelurkan dua produk motor dengan satu merek yang sama yaitu Vipros X125 dan Vipros X100, paham ya angka dbelakang itu buat pembeda cc mesinnya?

Sayangnya yang dipajang di olx, sellernya pajang motor honda supra x125 asli, bukan memajang vipros x125 yg asli. 

Singkat kata, motor vipros ini memiliki harga tertinggi 10juta tambah dikit saja untuk varian tertinggi mereka yaitu vipros x125. Bentuknye plek persis supra x125 namun yang menjadi pembeda adalah mesin vipros made in china dan 70% komponen motor vipros made in indonesia, hanya 30% yang masih import. Dari penelususan di gugel sih produsen MAK memberi garansi 30.000km atau 3 tahun pertama mana yang lebih dulu dicapai. Mereka menjamin sparepart mudah dan dealer plus bengkel sudah mulai nyebar di beberapa kota di sekitar jogja. Bahkan si owner perusahaan berani klaim urusan cat sudah seperti produsen yamaha.

Well, sayangnya produsen yang sudah sekitar 5-6 thn berdiri ini tidak memiliki website dan saya baru semalam saja akhirnya tahu bahwa di indonesia pun sudah ada motor produksi lokal walau ya blm 100% made in indonesia sih, wajar aja…bikin mesin motor kan gak sepele.

Saya tidak bisa menjudge kualitas motor ini, karena juga blm pernah cobain. Tapi sih dari produsennya siapapun bisa mampir ke tempat dealer/perakitan dan diberikan kesempatan test drive langsung sebelum membeli, bagus juga sih ya….soalnya belum pernah hal spt itu jadi standard pelayanan ke calon konsumen di indonesia dari produsen motor lainnya.

Ya harapan saya sih semoga motor nasional dapat perhatian pemerintah, dan bisa meningkatkan kualitasnya juga. Walau belum 100% buatan anak bangsa, tapi masih bolehlah diapresiasi niatnya.

Tinggalkan Balasan

