Review / Ulasan Oli Federal Supreme 30 10W-30 di Honda Revo Karburator

Setelah ditinggal kesibukan di dunia nyata selama beberapa bulan terakhir, kali ini saya menyempatkan nulis lagi.

Yang jadi bahan tulisan x ni masih seputar oli motor dan yang menjadi sasaran ulasan kali ini adalah oli buatan dalam negeri yang namanya sudah dikenal di berbagai penjuru indonesia.

Hari ini 9 Juni 2016 saya mengunjungi bengkel motor langganan di pusat kota, memang tujuannya satu saja yaitu cari oli mesin dan air aki. Oli mesinnya utk motor honda revo karbu keluaran 2009 milik ponakan saya dan air aki-nya rencananya utk mio karbu adik saya.

Oli mesin setelah dilihat” dan budget mentok 35ribu (maklum ni bukan motor saya jd saya hanya ikhlasin duit segitu doank) akhirnya pilihan oli mesin jatuh ke Federal Oil Supreme 30 dng spek:

img_20160609_083756

SAE 10W-30
API SL
JASO MA2
Volume 800ml / 0.8L
JENIS: SYNTHETIC (gak ditulis full/semi di botolnya). Mboh gak jelas apa maksud tulisan Synthetic Special di info produk botol ini.

Harga oli ini ditebus sebesar Rp.34.000. Dibawah harga ini mata saya sempat melirik Evalube 10W-30 yang dijual dengan harga 22ribu saja. Jujur saya kaget ada oli 10W-30 hari gni djual harga 22ribu doank? Saya gak inget bener tuh tadi evalube yg mana tp warna botolnya hijau.

Mengapa malah jd beli oli Federal saja dan bukannya evalube yg lbh murah dng spek yg sama? Jawabannya singkat saja justru krn dijual di harga 22ribu saya jadi kurang percaya dng mutunya!! Apalagi setelah dilihat info produk di belakang botol oli evalube rating bintang performa oli, ketahanan oli hingga keiritan bensin cuma mentok di 2 bintang! Lah…bisa semaput saya nih!

Ini revo sudah sebulanan saya pakai, drpd nganggur drmh ponakan. Ya sebenarnya revo ini gak terawat sih, kondisinya ya hampir berantakan. Kampas rem dpn blkg dah ngenes, rantai, standar tengah pernya ilang sampe cuma diikat rafia doank, aki juga dah semaput, ban dpn dah botak, gir roda (dan karetnya) ban blkg dah bikin was was, blm lg bulan kmarin karburator sampe bocor pula sampe 2x masuk ahass yg berbeda tetep gagal tp dbengkel pinggir jalan dkerjain bisa beres! (Kampret bener ahass neh!). Ya intinya motor yg aslinya bukan milik saya biasanya gak terawat betul.

Saya sdh membereskan karbu bocor, standar tengah, ban depan, ban dalam blkg, bensin dng pertalite, dan skrg ganti oli mesin. Gak tau dah besok apaan lg.

Sebenarnya usia mesin segini udah masuk tahun ke-7 saya merasakan performa mesin masih bisa diajak kerjasama lah dng gaya berkendara saya. Hanya saja memang sebaiknya oli yg dipakai diatas 10w-30. Saya sdh coba cari 15w-30 gak nemu juga dbengkel. Adanya ya 20w-40, hmm…disini jadi dilema antara mau tarikan enteng irit bensin tp suara mesin berisik atau oli lebih kental utk meredam suara mesin lbh baik dan putaran gas yang lebih berasa tp bikin gak begitu irit bensin?

Ah sudahlah….ngikut bawaan pabrikan aja dulu lah 10W-30 lagipula ni bukan motor saya, keluar duit juga duit saya sendiri (perhitungan yee bahahaha).

img_20160609_084354

Sampai dirumah langsung buang oli mesin lama, gak tau dah oli merek apaan tp kata ponakan terakhir dservis dbengkel ahass ya pasti olinya bawaan honda juga, dah ketebak sendiri? Kurang lebih saya pakai motor ini sekitar 2000km dan saya rasa sdh saatnya dganti oli.

img_20160609_085524

Oli federal supreme ini adalah oli pertama yang saya pakai di semua motor yang pernah ditangan saya. Malamnya sih sempat browsing cari oli murah nemunya ya federal oil ini πŸ˜€

Kalau dilihat scr fisik sih botol oli federal supreme ini menurut saya punya bentuk kemasan yg mungil dan dipadu padankan dng warna yang sederhana tp agak mencolok warna merahnya itu sih. Di bagian tutup botol sudah diberi perlindungan identitas oli dng tulisan federal berwarna emas, setelah dibuka tutup botolnya bagian mulut botol masih ditutup seal silver dng tulisan federal oil. Sayangnya sih gak emboss dan gak berhologram (supaya irit ongkos produksi n menekan harga produk jg sih).

img_20160609_085317

Oli pun masuk ke ruang mesin revo. Oli federal ini berwarna gold jernih dan gak ada aromanya sama sekali, goldnya kurang bold, beda spt oli castrol, oli total, oli repsol yg pernah saya coba.

img_20160609_085537

Setelah masuk, di kick starter bbrp x lalu nyalakan mesin dan bruumm…

Impresi saya:
Awal: Suara mesin sih biasa aja ya masih khas berisik mesin spek oli 10w-30 honda yg dah berumur. Jadi disini suara mesin dng oli federal pertama kali di kick starter ya tidak begitu sunyi senyap lah. Maklum aja…sae 10w-30 dan usia mesin dah tahun ke-7 bro!

Tarikan gas kondisi motor statis standar tengah: hmm…ringan memang sih ketika bukaan gas ditarik, memang saya agak merasakan ada tenaga keluar di putaran gasnya tapi gak seberapa kuat rasa tenaga itu keluarnya. Rasanya beda ya dng oli castrol,repsol apalagi oli total. Ini kesan bukaan gasnya ringan tp gak se-ringan shell advance ax7 itu, mendekati repsol/castrol/total pun gak banget. Gak tau deh ni mendekati rasa oli apaan susah diberi perbandingannya.

Dicoba dijalan raya: Dicoba dalam kontur jalan raya aspal halus yang miring menanjak ringan oli ini ya bisa dibilang sanggup memberi tenaga ke si revo, bukaan gasnya masih ringan tp tenaganya ya khas honda utk menanjak gak begitu greget spt yamaha. Oli ini gak begitu nendang diajak di tanjakan di gigi 2. Ketika diajak lari di jalanan aspal mendatar sampai 80kpj sih larinya mulus aja khas bebek honda suara mesin sih gak begitu berteriak (tapi ya gk senyap juga). Di tanjakan yg tajam kertek-parakan dng gigi 1 sampai gigi 2 dipakai dua penumpang si revo sudah berteriak jerit malam πŸ˜€ tapi tenaga stabil di kisaran 40-50kpj dng total berat 2 penumpang+bawaan sekitar 170-180kg. Hanya saja ya jangan berharap suara mesin khas honda itu akan muncul, ya…suara ‘teriakan’ mesinnya begitu berasa sampe ke kuping walo sdh pake helm! Utk getaran mesin sih oli ini masih belum terlalu greget utk meredam putaran mesin. Getaran itu masih ada walo di jalanan mendatar aspal halus tp getaran mesin baru bener” berasa di telapak kaki saya mulai 70kpj inipun narik gasnya harus slow but sure sampe di putaran statis 70kpj getaran mulai berasa di 75kpj seterusnya.

Faktor Cuaca: Kebetulan saya pakainya pas di cuaca yg berubah panas cerah suhu dingin sampai hujan ringan hujan lebat di kota saya. Yang saya rasakan sih blok mesinnya gak begitu panas banget ketika diajak berkeliling di dalam kota sejauh 14km PP di cuaca panas suhu dingin dng penggunaan rata” kecepatan 50-60kpj blok mesin ya berasa hangat saja. Ketika diajak di cuaca hujan suhu dingin revo ini lebih berasa enak dipakeknya, mesin lebih responsif tenaga stabil dan getaran mesin minim. Tes ini dilakukan satu pengendara (saya sendiri).

Well hasil akhirnya utk saya pribadi skor 1 – 5 penilaian Oli Federal Supreme 30 10W-30 seharga Rp.34.000 dng dua penumpang di Honda Revo karbu 2009 adalah:

  • Tenaga Mesin Cuaca Panas Suhu Dingin: 2.5
  • Tenaga Mesin Cuaca Hujan Suhu Dingin: 3.
  • Redam Panas: 2 (saya beri 2 krn faktor lingkungan di area saya dan luar kota yg saya tuju memang sedang masuk suhu dingin setiap harinya jd disini diberi 2 krn ada faktor eksternal – kalau suhu lingkungan panas ya bisa jadi 3 kalo beruntung sih).
  • Redam Getaran Mesin Cuaca Panas Suhu Dingin: 2.5 (maksimal 75kpj jalan mendatar).
  • Redam Getaran Mesin Cuaca Hujan Suhu Dingin: 3. (maksimal 80kpj jalan mendatar).
  • Tingkat Respon Akselerasi di Jalan Mendatar dan Menanjak Suhu Dingin: 2.5.
  • Membantu Irit BBM: Sedikit, +/- 5% dng pertalite.

Performa Keseluruhan: Hampir 3! Lebih tepatnya utk saya antara 2.5-2.8. Beli langsung oli ini gratis ongkir ke seluruh indonesia disini.

img_20160609_083726

Layak Direkomendasikan? hmm…utk oli federal supreme ini di honda revo 2009 buat saya pribadi sih rasanya biasa aja ya, kurang memberi greget spt oli laen yg pernah saya coba di bebek honda. Kebetulan pernah cobain castrol 10w-40 di honda supra 100 milik teman, yg usianya lbh lama drpd revo ini dan si castrol bisa memberi performa lbh baik (iya aye tau 30 ame 40 beda). Bahkan oli sebangsa laennya yaitu Pertamina Enduro Racing 10W-40 lebih berasa gregetnya buat saya!

Buat saya oli federal supreme 30 ini memang lbh pasnya dipakai harian saja di motor honda. Harganya ya utk saya masuk akal sih tp dng performa spt ini saya rasa pasnya dijual dibawah 30rb deh ya sekitar 28-29rb, dijual di kisaran 30ribuan harus fight dng oli import yg sudah punya nama n kualitas itu. Maksud saya gni, ada oli yg bisa bikin mesin bebek honda standar jadi lebih nendang hanya dng ganti oli saja dan bbm yg lbh ber-oktan tapi ada juga oli mesin yang hanya memberi performa biasa saja spt performa bawaan pabrikan motor tsb dan oli federal ini masuk ke jenis kedua tsb yaitu performa standard di mesin honda bebek standard juga…gak ada gregetnya!

Dari info halaman belakang botolnya sih oli ini dpt memberi perlindungan ke mesin dng lbh lama. Klo gtu saya akan melihat hasilnya dan mengukur sisa oli ini dng gelas takar di edisi ganti oli berikutnya setelah 2000km pemakaian πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

