Meningkatkan Akselerasi Honda Spacy Dengan Penggantian Roller dan Per CVT

Melanjutkan tulisan artikel sebelumnya tentang meningkatkan akselerasi honda spacy. Spacy bohay baru saja mendapatkan pemasangan dua komponen baru yang semuanya saya percayakan di bengkel ahass honda.

Biaya pasang roller dan per cvt di bengkel ahass: Rp.25.000,-
Pengerjaan: 30 menit.

bongkar cvt
bongkar semuaaa
rumah roller
roller asli spacy (kiri) dan roller tdr 10gr (kanan)

Sesudah dipasang, langsung saya tes di jalanan perkotaan yang biasa saya lalui. Dengan merubah kedua komponen tersebut, hasil yang saya dapati:

1. Performa bawah spacy mengalami peningkatan yang lebih signifikan terasa. Di kondisi jalanan padat stop n go, spacy terbilang lebih cepat dalam berakselerasi di putaran bawah hingga menengah. Dari 0kpj – 50kpj terasa lebih cepat dibandingkan kondisi standardnya. Getaran mesin di putaran bawah tidak mengalami perbedaan dengan kondisi mesin standard.

2. Spacy karbu milik saya masih dapat memberikan nafas mencapai 80kpj dengan stabil, masih minim getaran dan nyaman, tidak ada jauh bedanya dengan saat mesin masih menggunakan komponen standard. Bedanya hanya untuk mencapai 0 – 80kpj lebih cepat akselerasinya di jalanan mendatar.

pasang_roller

3. Setelah tes jalanan mendatar, menurun dan menanjak sepanjang 14km PP dalam kota, sesampainya di rumah saya tidak mendapati blok mesin spacy menjadi lebih panas dibandingkan saat masih kondisi mesin masih dengan komponen standardnya.

4. Suara mesin memang lebih terdengar dibandingkan saat masih pakai onderdil asli pabrikan, namun secara keseluruhan masih khas honda..suaranya halus.

5. Untuk konsumsi bbm tetap hemat saya belum melihat perubahan drastis perubahan konsumsi bbm di spacy saya dengan penggantian roller 2gr lbh ringan dan per cvt 1500rpm. Intinya adalah bisa membuka dan mengurangi bukaan gas dengan baik, jangan terlalu buru-buru karena ini mesin cvt matic.

Awalnya saya kurang yakin penggantian roller dari 12gr (standard) ke 10gr akan membuat spacy tidak mampu diajak berlari di putaran tinggi, tapi ternyata masih bisa diajak berlari hingga 80-90kpj di jalanan mendatar, tidak ada perubahan pengurangan kemampuan berlari di kecepatan tinggi dari penggunaan roller standard sebelumnya. Hanya saja saya merasakan tingkat smooth di putaran tinggi memang lebih terasa dng roller 12gr standard spacy, dengan roller 10gr putaran mesin berasa lebih mantap memang tp saya merasa kurang smooth saja.

Intinya adalah keinginan saya untuk mendapati akselerasi bawah-menengah di honda spacy karbu saat ini sudah cukup tercapai dengan hasil yang baik seperti yang saya harapkan namun saya tetap ingin akselerasi bawah menengah yang lebih baik lagi, mungkin mengganti dng kombinasi roller 9-10-11gr akan lebih baik lagi?

Untuk anda yang memiliki honda spacy memang jenis matic dari honda ini termasuk matic yang di anak tirikan oleh astra honda indonesia. Anda bisa cek sendiri di website astra honda dan di we love honda, bahwa komponen dan aksesoris untuk matic spacy terbilang amat sangat langka dan tidak lebih cepat disediakan ada daripada matic vario dan beat.

perbandingan per cvt racing 1500rpm (kuning) dng per cvt asli spacy

Honda spacy sendiri ada beberapa komponen yang bisa digunakan dari komponen sejenis untuk honda beat dan vario, maka dari itu jika anda belanja online dan mencari beberapa komponen aksesoris spacy anda bisa merujuk ke beberapa varian komponen aksesoris milik honda matic tersebut. Asalkan disamakan saja, misal anda pake spacy karburator ya itu disamakan dengan tipe honda beat/vario karburator, tipe injeksi dengan tipe injeksi pula. Tapi ingat, tidak semua komponen aksesoris bisa mix n match diterapkan!

bongkar rumah per cvt

Maka dari itu roller yang saya beli untuk honda spacy memang bisa diterapkan di mesin honda beat dan per cvt-nya bisa diterapkan di honda vario karbu juga karena dari sellernya memang memajangnya untuk honda beat dan vario karbu bukan untuk honda spacy, tapi buktinya bisa tuh dipasang tanpa kendala di mesin honda spacy karbu saya.

pasang per cvt baru

Lumayan, merubah dua komponen tersebut sudah bisa membuat si bohay spacy lebih pede dan lebih siap membawa penumpang tambahan di jalanan yang menanjak. Mungkin klo ada dana lagi, akan ganti karburator juga dengan KEIHIN PE24 thailand.

Berikutnya spacy bohay saya akan mendapatkan upgrade komponen kelistrikan dan perbaikan pembakaran bbm seperti kiprok, koil racing, kabel busi dan busi iridium..tinggal tunggu saja tulisan di episode berikutnya 🙂

Note: BBM dengan pertamax 3 liter + Oli X-Ten XT-30 Matic 10w-30 Full Synthetic Esther. Hasil dapat berbeda di spacy lainnya dengan jenis bbm, jenis oli dan berat pengendaranya.

Salam.

Iklan

6 thoughts on “Meningkatkan Akselerasi Honda Spacy Dengan Penggantian Roller dan Per CVT

    1. Kalau butuh akseerasi = ringankan ukuran rolernya.
      Kalau butuh kecepatan atas = naikkan ukuran rollernya.

      Kalau utk matic jng berharap disamakan respon kecepatan/akselerasi seperti motor bebek/laki. Bagaimanapun juga mesin cvt beda dng mesin non cvt mau dibuat spt apapun juga hasilnya gak akan spt non cvt.

      Jd yg bisa (umum) dilakukan di matic biasanya main di akselerasi krn matic umumnya dipakai di jalanan rata/perkotaan dimana butuh akselerasi lbh cepat (bukan utk maen top speed). Apalagi dipakai berboncengan jelas butuh akselerasi lebih, makanya disini matic yamaha dan honda beda di akselerasi dan top speednya.

      Penggunaan per cvt 1500rpm dan roller lbh ringan dari pengalaman saya di spacy karburator hasilnya tdk begitu signifikan, gak akan spt di matic yamaha yang memang lbh ke akselerasi awal yg bagus.

      Suka

    1. Ya, vbelt sudah tetap ukurannya. Ibarat sabuk di pinggang kita, klo terlalu kencang tidak akan baek juga, klo terlalu kendor juga gk berfungsi optimal. Perbedaan sesama merek vbelt lebih pada jenis kompon karet dan ketahanannya saja. Kebetulan saya pernah kerja di toko mesin diesel belajar ngerakit mesin diesel cina spt jiangdonk, cang hong dsb, ukuran pully dan vbelt harus cocok/tepat. Prinsipnya sama saja.

      Suka

    1. kabel vbelt tdk terlalu berpengaruh, kecuali kekuatan karetnya saja, ukuran pasti harus sama klo terlalu besar jd kendor, klo terlalu kecil jd terlalu kencang dan memaksakan dpasang jd tdk akan bisa berfungsi dng baik.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s