Komponen Untuk Meningkatkan Performa Akselerasi Honda Spacy

Menggunakan motor matic memang terasa nyaman, namun sayangnya setelah pemakaian beberapa lama dari pengalaman pribadi performa matic akan mulai menurun di tahun kedua dan akan mulai benar-benar loyo di tahun ketiga bila kurang mendapatkan perawatan yang optimal sejak awal digunakan.

Matic mesin standard yang masih bisa digunakan berboncengan dengan kecepatan berkisar 60kpj dalam jalur menanjak tanpa kendala mesin yang loyo masih terbilang memiliki performa yang baik.

Memang tidak semua matic memiliki performa yang sama, ada matic yang lebih mengejar efisiensi bahan bakar, ada yang lebih ke performa dan bagaimanapun juga kedua hal itu tidak akan pernah berimbang karena mau tidak mau salah satu harus diutamakan.

Adik saya sendiri menggunakan yamaha mio 2010 karbu, memang dari awal sampe setelah 5 tahun penggunaannya, mio ini dikenal kuat untuk berakselerasi di putaran bawah hingga menengah. Bisa dikatakan mencapai kondisi akselerasi menengah terbilang cepat dibandingkan matic honda secara umum. Salah satunya karena umumnya matic yamaha menggunakan roller yang lebih ringan sehingga putaran bawahnya memang lebih cepat. Dan sudah terbukti berboncengan berdua menggunakan mio 2010 pun masih kuat untuk menghadapi tanjakan wonosobo-parakan mengalahkan honda spacy saya yang saya gunakan sendiri.

Saya sendiri menggunakan matic honda spacy, dan saya ingin agar tarikan bawah-menengah honda spacy 2011 karburator ini dapat lebih cepat akselerasinya karena saya sudah merasakan performanya sungguh kurang bagus di akselerasi awal – menengah. Honda spacy 2011 akan mulai nendang di jalanan mendatar setelah kecepatan mencapai 50kpj dan dari 0-50kpj buat saya terhitung lambat juga akselerasinya sampai saya pun kalah menyalip sebuah mobil yang ada di depan spacy ketika lampu lalu lintas sudah berubah hijau dan ini benar-benar memalukan sekali, nyalip mobil yang baru saja di gas untuk ganti gigi ke kopling 2 saja spacy saya gak bisa lebih cepat akselerasinya sampe gagal nyalip, kejadian ini saya alami bulan kedua setelah saya memiliki honda spacy 2nd ini.

Saya tidak pernah membawa penumpang di spacy saya karena saya tau honda spacy saya tidak kuat dipake berboncengan di tanjakan, badan saya sendiri saja sudah berat apalagi ditambah pembonceng?

Nah saya sering kepikiran untuk menaikkan performa bawah honda spacy saya, untung ada saja rejeki datang dan pada akhirnya pada bulan januari 2016 ini saya pun bisa mulai mengupgrade si spacy.

Sebelumnya saya beri sedikit penjelasan perbedaan yamaha mio 2010 karburator dengan honda spacy 2011 karburator:

1. Honda spacy memiliki karakter mesin yang dibuat untuk mengejar akselerasi menengah-atas. Mesin akan mulai memberikan daya akselerasi yang bagus setelah kecepatan mencapai 50kpj sedangkan Yamaha mio lebih kuat dalam tarikan awal hingga ke menengah dimana akselerasi dari 0 – 60kpj terbilang cepat dan kuat. Di putaran bawah – menengah, yamaha mio lebih bertenaga dan lebih cepat akselerasinya dibandingkan honda spacy.

2. Pada saat kecepatan sudah mencapai 80kpj dan terus bertambah, honda spacy memiliki performa mesin yang lebih halus, lebih stabil dan memiliki putaran gas yang lebih dalam dibandingkan yamaha mio yang cenderung akan bergetar, suara knalpot akan cepat berteriak dan keseimbangan motor juga akan dipengaruhi oleh getaran dari mesin dan rangka motor yang benar-benar terasa ke tubuh pengendara dan pembonceng. Di kecepatan atas, honda spacy lebih tenang, lebih nyaman dan nafas gas lebih panjang.

3. Untuk penggunaan dalam kota, yamaha mio akan lebih baik dalam akselerasi untuk menyalip kendaraan dimana di dalam kota biasanya putaran gas yang digunakan jarang diatas 60kpj dan butuh tenaga bawah – menengah yang lebih cepat dan bertenaga. Sedangkan untuk penggunaan luar kota, honda spacy lebih diuntungkan karena dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik dimana kecepatan yang bisa digunakan bisa diatas 60kpj ditunjang struktur rangka spacy dan mesin honda yang lebih tenang dan stabil juga.

Kenyamanan memang tidak serta merta soal mesinnya, tapi juga dari ukuran ban, suspensi, dsb. Tapi intinya yaitu yamaha mio lebih berkuasa di akselerasi awal-menengah, sedangkan honda spacy lebih juara di kecepatan menengah-atas.

Nah kembali ke topik awal bagaimana caranya meningkatkan performa akselerasi honda spacy?

Untuk saya sendiri, saya tidak menginginkan perubahan radikal ke honda spacy saya. Saya lebih memilih untuk penggunaan sehari-hari dengan lebih fokus memperbaiki ke akselerasi bawah – menengah saja dan tidak mengejar performa tarikan atas karena bagaimanapun juga saya sadar saya pake matic bukan motor bebek lagi jadi tidak perlu gila tarikan atas lah. Intinya bagaimana caranya agar spacy saya masih bisa menyalip dari 0-50kpj dengan lebih cepat dan bertenaga, jangan sampe loss power lemah gemulai tak berdaya menyalip kendaraan di depan karena klo dari arah berlawanan ada kendaraan yang lebih cepat datang, spacy saya tidak bertenaga untuk menyalip ya bablas deh saya ke akherat.

Cara yang saya pilih adalah:

1. Mengganti roller bawaan spacy dari ukuran standardnya 12gr ke roller merek TDR ukuran 10gr (kebetulan saya dapatnya merk TDR). Kalau saya ganti dng ukuran 11gr, menurut saya jarak perbedaan 1gr untuk kondisi jalanan yang saya lalui tidak akan terlalu ngefek, jadi saya putuskan untuk menggunakan ukuran 10gr saja. Ukuran roller yang lebih ringan akan memberikan tarikan akselerasi yang lebih cepat dan lebih bertenaga, sedangkan ukuran roller yang lebih berat akan memberikan tenaga mesin yang lebih panjang di putaran atas.

roller_tdr_10gr_1

2. Mengganti per cvt spacy standard ke per cvt racing tipe 1500rpm dan kebetulan saya dapatnya merk Kawahara. Dengan merubah per cvt dengan ukuran yang lebih keras akan membuat mesin spacy tidak akan terlalu membuang tenaga pasif (loss power) yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk tenaga aktif ketika putaran gas dibuka.

per_cvt_kawahara_1500rpm_1

Untuk saat ini kedua hal itu yang menurut saya lebih penting untuk segera diterapkan, yang lain bisa menyusul.

Hari ini 13/1/2016 paket pesanan per cvt dan roller yang saya beli online dari toko aksesoris di bali sudah datang.

1. Roller 10gr TDR = Rp.70.000.
2. Per cvt 1500rpm Kawahara = Rp.75.000.
3. Ongkir+asuransi+administrasi packing: Rp.22.883.

Total: Rp. 167.883.

Tunggu kelanjutan hasil pemasangan komponen tersebut di spacy saya pagi nanti.

Salam.

3 thoughts on “Komponen Untuk Meningkatkan Performa Akselerasi Honda Spacy

    1. Ok thx, tp perbandingan pengurangan per racing dibanding komponen standard juga blm jelas. Mungkin klo peningkatannya lbh 2x tinggi ukuran dr ukuran standard memang lbh cepat bikin aus bbrp komponen mesin tp tergantung pemakaian dlapangan juga sih

      Suka

Tinggalkan Balasan

