Review Oli X-Ten XT-30 Matic di Honda Spacy

Kali ini saya kembali akan mengulas tentang oli motor. Dan kali ini yang mendapatkan jatah untuk di-review adalah oli baru yang belum punya nama di tanah Indonesia, belum terkenal, bahkan bisa jadi belum pernah terdengar namanya di seantero indonesia alias sangat amat terbatas orang yang tau oli ini.

Seperti tulisan saya sebelumnya tentang review ban motor corsa ss09t di blog saya ini, saya informasikan bahwa saat membeli ban tersebut saya juga mendapatkan ‘bonus’ sebuah oli motor bernama X-Ten. Kebetulan saya membeli ban-nya adalah ban untuk motor matic spacy jadi saya mendapatkan oli untuk motor matic.

etalase oli xten di kios planet ban

Saya seumur hidup baru hari ini 7 Januari 2016 saya mencoba dengan rasa penasaran untuk menggunakan oli motor X-Ten di spacy saya. Sebelumnya darah di mesin spacy saya menggunakan Castrol Power1 Scooter 10W-40 yang sudah digunakan lebih dari 1000 km dan saya puas dengan kemampuannya, anda bisa baca review oli Castrol Power1 Scooter ini di blog saya disini.

Sebenarnya saya tidak ada niat sedikitpun bahkan secuil pun untuk menggunakan oli xten ini, karena 2 jam setelah saya mendapatkannya, saya langsung online dan mencari di google informasi tentang oli ini dan bisa dikatakan hasilnya NIHIL NOL BESAR, tidak ada satupun blogger yang saya temukan menggunakan oli ini dan me-reviewnya, sampe disini saya sudah gak yakin dng oli ini ibarat kata oli ini mungkin terlalu ‘istimewa’ penjualannya hanya disediakan di cabang Planet Ban saja sampe gak pernah terdengar di luar kios planet ban kali ya? Bahkan website resmi-nya pun gak bisa diakses karena domain tidak terkoneksi dengan server dengan baik (saya melacak via intodns sampe whois-nya). Jadi dengan hasil 4×10 hasil searching di google dan kehampaan web oli xten ini, saya sudah 1000% amat sangat gak mau pake oli ini.

spanduk oli xten di kios planet ban

Alasannya:

1. Terlalu beresiko: Buat apa pake oli yang gak jelas informasinya? Mutunya? Bahkan sample bukti legalitas test oli ini yang katanya mampu 2x lebih lama dari oli mesin lainnya pun saya gak temukan di google, yahoo dan bing search engine.

2. Website Hampa: Website resminya saja gak bisa diakses. Domainnya sih pake 4 name server tp data SOA gak ada sama sekali.

Disisi laen saya juga penasaran dengan oli ‘bonus’ dari planet ban ini. Saya baca-baca informasi di sekujur botol oli yang saya dapatkan ini, kebetulan saya dapatnya yang oli matic untuk Honda yaitu oli X-Ten XT-30 Matic dimana sebenarnya ada juga yang versi XT-40 Matic yang kata pegawai planet ban ukuran 40 itu untuk mesin matic Yamaha. Sebenarnya pelanggan bebas memilih oli ukuran mana yang diinginkan sebagai bonus (diakui pegawai planet ban), saya awalnya mau ambil yang XT-40 Matic untuk jaga” saja digunakan di mio 2010 adik saya yang kondisinya sudah harus ganti oli, pertimbangan saya kan klo ini oli parah paling gak yg rusak itu mesin mio adik saya bukan spacy saya (kejam memang alasan ini bahaha). Tapi pas selesai pasang ban corsa ss09t, seorang karyawan planet ban laennya malah sudah membungkuskan yang versi XT-30 Matic untuk saya (krn melihat matic saya honda spacy), ya udahlah daripada pikir panjang saya ambil saja, toh saya juga gak ada minat dng oli ini, niatnya sih mo saya jual aja. Harga jual oli ini di planet ban sendiri adalah Rp.39.500.

tampak depan oli xten xt-30 matic

Nah, rasa penasaran saya berujung dengan rasa ingin mencicipi performa oli ini, dengan catatan bahwa oli ini saya dapatkan dari planet ban sbg bonus pembelian ban corsa ss09t, maka dari itu saya datangi lagi kios planet ban setelah saya searching info review oli ini di internet gak nemu juga. Saya datang dan bicara dng salah satu pegawainya bahwa saya minta jaminan ini oli bonus dari PB adalah oli beres, klo ada apa” dengan spacy saya setelah oli ini masuk ke mesin spacy, saya minta PB tanggungjawab terhadap produk oli tsb. Dan pegawainya cuma bisa berkata ini oli bagus kok pak, hanya ada di jaringan planet ban saja, oli-nya sanggup dipake sampe 5rb km kok pak….alias tidak menjawab YA KAMI BERI GARANSI!

tampak belakang oli xten xt-30 matic

Ok, akhirnya sore itu saya pulang karena mo ganti oli di PB malah baut pembuangan oli spacy saya sudah halus pinggirnya sampe susah dbuka. Esok harinya tanggal 7 Januari 2016 jam 11.30 saya menuju bengkel ahas honda yang terletak tidak jauh dari rumah saya. Saya minta ganti baut pembuangan oli dan sekalian ganti oli dengan X-TEN XT-30 Matic yang saya bawa.

Mengapa saya akhirnya putuskan untuk mencoba hari ini juga? Karena saya saat itu juga ada acara keluar kota, jadi saya merasa ini adalah kesempatan baik untuk menguji oli xten xt-30 matic di motor spacy saya.

bengkel ahass honda 02765

Untuk ganti ring tap oli dan baut tap oli ukuran 17 saya dikenakan biaya Rp.4.000 di bengkel ahas honda, sedangkan untuk ganti oli (bawa sendiri) tidak dikenakan ongkos kerja alias Gratis!

Spek Oli X-TEN XT-30 Matic ini adalah:

  • SAE 10W-30
  • JASO MB
  • API SL
  • Full Syntetic Esther
  • Volume 800ml 

Oli ini dibagian belakang botolnya tertulis diproduksi oleh PT. Nusaraya Putramandiri (saya baru denger perusahaan ini) dan di distribusikan oleh PT.Surganya Motor Indonesia (alias Planet Ban). Jadi klo planet ban mengatakan oli x-ten ini oli eksklusif karena hanya dipasarkan oleh Planet Ban ya itu ada benarnya, tapi sifat eksklusif tersebut juga jadi senjata makan tuan karena orang bisa mikir oli ini oli yang gak bisa menemukan jalan ‘hidup’nya sendiri tanpa planet ban. Kan gak lucu bikin oli yg katanya 2x lebih lama daya tahannya tapi cuma dijual di satu tempat doank? Paham maksud saya? yah ini urusan internal mereka, bukan urusan saya sebagai penerima oli dan calon pengguna di motor matic saya! Mereka mau pasang harga jual berapa kek, mau dijual dimana kek, itu urusan mrk masbro!

Ya benar, oli ini memang sudah full synthetic dan menggunakan formula jenis esther, klo denger kata esther pada sebuah oli biasanya pengguna sepeda motor langsung teringat pada sebuah merek oli bernama Motul. Dan seumur hidup saya punya motor jenis apapun, baru kali ini saya akan menggunakan oli full synthetic yang mengandung/jenis esther untuk motor milik saya. Denger denger sih jenis oli esther memang lebih bagus, khususnya dalam perlindungan friksi piston dan dinding silinder.

oli_xten_xt-30matic_back2

siap siap ganti oli
tutup botol warna merah
bagian dalam mulut botol dilapisi kertas
setelah lapisan kertas di mulut botol dilepas masih ada lapisan seal silver biasa tanpa logo dan hologram
tuangin aja full dah 800ml sekalian
selesai ganti oli

Beres ganti oli dan bayar di kasir, langsung dah saya hidupkan mesin dengan starter elektrik dan mesin langsung hidup lancar, tapi saya lupa saat itu saya buru-buru jadi kepala masih pake helm gak kedengeran jelas suara pertama oli ini ketika saya hidupkan mesin. Hanya saja sih di dalam helm suara mesin terdengar halus. Langsung dipake di jalan raya dalam kota sebelum saya ke arah luar kota saya merasa oli xten ini sudah sombong performa!

spacy_14736
km spacy 14736 saat oli xten sudah dimasukkan

Penilaian test dalam kota kondisi padat kendaraan dengan jarak sejauh 14km kondisi jalanan halus, tidak rata, bergelombang, berlubang dan 5 polisi tidur.

1. PERFORMA: Oli X-Ten XT-30 Matic ini benar-benar sombong! Saya merasakan performa mesin spacy menjadi berbeda, menjadi lebih responsif halus bertenaga mulai di putaran 40kpj. Ini adalah hal pertama yang saya pernah rasakan dimana sebelumnya saya pake oli repsol 10w-30 matic dan Castrol Power1 Scooter 10w-40 biasanya putaran bawah mulai nendang di 50kpj. Daya respon tenaga oli ini benar-benar menarik di rentang 30-40kpj dan ini berjalan konstan tidak pernah ngambek sekalipun seketika saya mempertahankan, menurunkan, dan membuka gas di rentang 30-40kpj sampe naek ke 60 tenaga yang dihasilkan benar-benar terasa enak di jalanan perkotaan yang padat yang membutuhkan tarik ulur gas untuk membuat spacy bohay meliuk-liuk menyalip kendaraan.

2. KONSTAN DAN STABIL: Ketika diajak di jalanan mendatar hingga mulai menurun oli ini spt meresapi perintah bukaan gas di tangan saya dengan baek, tenaga yang dikeluarkan termasuk konstan dan stabil dari 40-80kpj dapat diberikan dengan lancar jaya, halus, getaran mesin mampu diredam dengan baik dan saya tidak mendengar knalpot meraung kasar ketika spacy sudah mencapai puncak bukaan gasnya di 90kpj.

Setelah beres keperluan di dalam kota, saya pun melanjutkan perjalanan ke luar kota, dimana jarak tempuh total dari awal penggunaan oli ini  PP adalah 72km dengan kondisi jalan raya rata, bergelombang, berlubang, tanjakan, tikungan sempit. Jika anda pernah mencoba jalan lingkar selatan jawa dari wonosobo ke parakan, anda pasti tau persis jalan yang saya lalui ini. Wonosobo – Kertek – Parakan, ini adalah jalur yang benar-benar menguras tenaga mesin, kopling, dan rem! Tanjakan dan turunannya termasuk maut juga sih menurut saya.

Penilaian test luar kota kondisi sejauh PP Wonosobo – Parakan:

1. PERFORMA: Saya akui oli ini memang termasuk memiliki performa stabil, bertenaga dan responsif untuk motor spacy karburator 2011 milik saya. Bahkan di jalanan menanjak pun oli ini tetap dapat memberikan performa yang sama di jalanan padat perkotaan dimana oli ini mulai berkinerja baik di putaran 40kpj dan ini benar-benar dapat dirasakan ketika saya tarik ulur gas di rentang 30-40kpj di jalanan menanjak performa oli ini tetap stabil sampai saya membuka gas perlahan-lahan sampe penuh oli ini mampu mendorong spacy dan saya + barang bawaan (total sekitar 112kg) di jalanan menanjak dengan performa 60kpj dengan stabil, dan kondisi dari 40-60kpj dapat dicapai dengan putaran mesin yang terus terjaga baik tidak loyo dan respon mencapai 60kpj di saat jalanan menanjak jujur buat saya pribadi termasuk cepat dimana saya melakukannya di jalanan menanjak yang kosong jarak kendaraan di depan saya masih jauh.

2. AKSELERASI: Oli X-TEN XT-30 Matic ini termasuk oli yang dapat memberikan daya dan gaya akselerasi yang bagus di spacy saya. Mampu membuat spacy saya bergoyang aduhai saat di gas menyalip kendaraan di jalanan mendatar dan ketika berbelok di tikungan. Rasanya gmana ya jelasinnya, enak gtu loh, gak wow banget tapi uenak!

Sesampainya PP 72km di rumah, saya langsung memasang standar tengah, saya tidak mendengar klitik klitik rame di mesin spacy saya dimana bunyi tsb adalah bunyi untuk proses pendinginan mesin setelah digunakan. Bisa saya asumsikan oli ini termasuk baik dalam memberikan perlindungan panas dengan mengurangi friksi di dalam ruang mesin antara piston dan dinding mesin.

Top speed spacy dengan oli x-ten x-30 matic yang bisa saya raih di jalanan mendatar adalah 80kpj untuk jarak 2km, menurut saya ini sudah baik karena mencapai 80kpj itu responnya termasuk cepat ketika digas dari 40kpj dan ketika sudah mencapai 80kpj di depan sudah ada avanza yang mo nyalip minibus jadi saya harus mengerem perlahan juga karena menyalip juga tidak memungkinkan sisi jalan luar sudah mo diambil si avansa.

Sedangkan di jalanan menurun begitu saya kembali dari parakan saya bisa memacu spacy 2011 ini dengan top speed mencapai 100kpj dan ini dapat dicapai dengan kondisi jalanan menurun yang kemiringannya bagus dengan jarak turunan sekitar 2.5km. Ini saya dapatkan dengan kondisi cuaca lingkungan sudah mulai berkabut dan dingin. Dari 40-100kpj di jalanan turunan saya tidak merasakan knalpot bersuara kasar, getaran mesin masih normal tidak terasa sampe di pantat (jok) saya, hanya saja riskannya adalah pada bagian stang memang getarannya lebih terasa ini juga karena profil kembangan ban corsa yang digunakan yang kurang baik dalam meredam getaran di jalanan aspal halus. Ini tidak serta merta karena oli, tapi juga dari sasis honda spacy dan profile mesin spacy itu sendiri yang memang dikenal baik dalam meredam getaran.

Vonis akhir untuk Oli X-Ten XT-30 Matic versi saya pribadi (Skor 1-5):

1. PERFORMA DALAM KOTA: 4
2. AKSELERASI DALAM KOTA: 4
3. RESPON SPONTAN: 4 (mulai di 40kpj)
4. PERFORMA LUAR KOTA: 4.5
5. AKSELERASI LUAR KOTA: 4
6. RESPON SPONTAN: 4 (mulai di 40kpj)
7. POWER: 4
8. REDAM GETARAN MESIN: 4
9. REDAM PANAS MESIN: 4.5
10. PUTARAN GAS RINGAN: 4
11. HEMAT BBM: YA – HANYA DENGAN PERTAMAX.
12. HARGA PRODUK: Rp.39.500, menurut saya harga termasuk murah, terjangkau dan memberikan kinerja yang baik. Kata lainnya adalah Price to Performance.

Tes diatas saya jalankan di siang hari mulai jam 11.30 sampai jam 17.30 wib di tanggal 7 januari 2016, dimana kondisi saat berangkat bercuaca cerah panas dan ketika pulang jalanan aspal dan suhu lingkungan sejuk berkabut.

Tes menggunakan:

  • Honda Spacy 2011 (karburator)
  • BBM Pertamax 5 liter (full tank PP)
  • Berat Penumpang dan barang” saat Pergi: 112kg.
  • Berat Penumpang dan barang” saat Pulang: 110kg (iyee aye tau dah aye berat!). 
  • Ban Depan: Corsa SS09T 80/90-14 dengan tekanan 28.5psi (suhu dingin)
  • Ban Belakang: FDR Genzi 100/80-14 dengan tekanan 33.5psi (suhu dingin)

Anda perlu tahu, saya sudah 3 hari terakhir menggunakan pertamax di spacy saya, termasuk saat masih dengan oli Castrol Power1 Scooter dan saat oli x-ten ini mulai digunakan. Saya menuliskan hemat bbm untuk oli ini didasarkan dari bukti bahwa pertamax fuel tank di tangki bbm spacy saya dan di fuel meter ketika pulang dari parakan masih menunjukkan jarum tidak jauh dari batas garis penuhnya.

Memang ketika berangkat pertamax benar-benar dibabat abis karena kondisi jalanan menanjak yang benar-benar panjang dan menyiksa pembakaran bbm sehingga saya yang awalnya berangkat full tank pertamax 5 liter ketika mau pulang jarum bbm sudah hampir ditengah, saya isi pertamax sebanyak 11rb setelah saya melewati jarak 15-an km (saya isi pertamax 11rb di SPBU kanan jalan pertama setelah spbu pertamina pasar parakan – jarum bbm sudah ditengah) sehingga bbm menjadi penuh.

Ketika saya melalui jalanan yang sama PP dengan menggunakan premium dan pertalite di oli repsol dan Castrol Power1 Scooter, hasil PP biasanya adalah jarum bbm berada di bawah garis tengah fuel meter.

Memang ini beda oktan antara premium, pertalite dan pertamax. Tapi disini saya pastikan bahwa saya selalu isi SPBU di tempat yang sama di jalur wonosobo-parakan dan oli x-ten xt-30 matic ini benar-benar berkinerja sangat baik jika diberi ‘teman’ pertamax. Jika spacy saya menggunakan oli x-ten xt30 matic ini dengan konsumsi premium atau pertalite feeling saya oli ini tidak akan memberikan hasil irit bbm yang seimbang lagi pasti akan jatuh hasilnya sama dengan saat saya menggunakan premium dan pertalite dengan oli repsol dan Castrol Power1 Scooter.

Jadi hasil akhir mengenai irit bbm dengan oli x-ten xt-30 matic di motor honda spacy karburator 2011 milik saya menurut versi saya sendiri adalah bisa dicapai jika menggunakan bbm minimal pertamax saja dan performa oli ini pun dapat memberikan hasil baik memuaskan jika motor matic diberi minum pertamax juga, jika diberi premium/pertalite saya merasa oli ini kurang dapat memberi respon yang optimal mulai di kisaran 40kpj, saya rasa akan sulit disitu minimal akan mulai tercapai di 50kpj.

km 14808 spacy pulang sampai di rumah

Menurut saya pribadi, Oli X-Ten XT-30 Matic ini termasuk berkinerja baik, responsif, stabil, konstan, bertenaga, tidak ngambek-an. Dua kata yang saya berikan untuk menggambarkan oli tipe xt-30 matic ini adalah: STABIL dan RESPONSIF, baik di jalanan padat perkotaan hingga keluar kota di jalur menurun dan menanjak.

Citarasanya lebih mendekati Oli Repsol Matic 10W-30 ketimbang mendekati Oli Castrol Power1 Scooter 10W-40, tapi beda rasa dan respon ke mesin dibandingkan dng oli repsol, oli x-ten lebih cepat responnya di putaran bawah untuk spacy saya. Mungkin ini tidak berlaku sama ke semua matic, kondisi mesin, perawatan, gaya berkendara, gaya tarik ulur gas dsb juga berbeda. Untuk saya pribadi oli xten ini menawarkan kenikmatan berkendara yang enak dan ‘hawanya’ beda dibandingkan saat saya pake dua oli sebelumnya, feeling saya karena kandungan full synthetic esther-nya itu sendiri yang memang benar ada perbedaan rasanya. Bagi saya pribadi setiap oli ada ke-khas-an masing-masing, rasanya berbeda dari satu oli dengan oli lainnya. Belanja oli sekarang sudah jamannya online masbro, belanja disini udah dijamin asli, segel, harga diskon, kita dberi free ongkir pula masbro! Gimana gak racun?

Hmm…apakah saya akan menggunakan X-Ten XT-40 Matic di mio 2010 milik adik saya setelah ini? Hehehe…tunggu mood yang tepat dulu πŸ™‚

Salam.

Note: Pihak pihak yang terkait dengan produksi, distribusi, marketing hingga penjualan oli ini dilarang menggunakan review artikel ini baik sebagian atau sepenuhnya untuk kegunaan dan kepentingan apapun tanpa seijin saya! Khususnya kepentingan komersial branding!!

===============================================================================

Update: Yang mau komen saya minta anda wajib menyertakan informasi lokasi kios PB dimana anda mendapatkan oli ini plus plat nomor motor anda yang menggunakan oli tsb agar menjadi info dan bukti jika agan memang pengguna real bukan sekedar supporter abal abal demi ranking brand oli ini! – rules 4/10/2016 -. Kalau saya cek data anda palsu, maaf saja komen terpaksa saya tolak/hapus. Ingat…sekarang samsat sudah online loh!

105 thoughts on “Review Oli X-Ten XT-30 Matic di Honda Spacy

  1. .
    ane dukung artikel ini, ini murni dari pengguna pribadi yg men tes oli XTen.
    .
    sedikit saya jelaskan tentang oli sintetik dan oli mineral.
    .
    oli xten ini memakai bahan dasar sintetic ester yg juga dipakai oli Motul. Ciri khas ester adalah jika sudah mencapai suhu kerja mesin maka itulah puncak kemampuan oli nya.
    karena itu pemakai oli ester disarankan sangat agar memanaskan mesin motor minimal 2 menit sebelum menjalankan motor, kurang cocok bagi pemakai motor langsung jalan, biasanya anak sekolah atau emak2, πŸ˜€.
    .
    Sebuah merk oli tidak boleh mencantumkan label Full Syntetic jika bahan dasarnya masih menggunakan oli mineral, karena bisa dituntut secara hukum. makanya oli yg masih pake bahan mineral (seperti memesan oli mineral ke pertamina lalu dicampur aditif sintetic), memakai label sintetic teknologi atau sintetic blend atau yg lain, bukan Full Syntetic.
    .
    ane udah pake oli xten ini sejak juni 2016 dari sejak motor honda spacy PGM-F1 masih usia 2 bulan (cuma manfaatin oli gratis lalu pake xten), sekalian ganti ban FDR EXO Sport 110-80/14 (buat spacy ga mentok tanggul). ini karena ane sudah lihat bukti beberapa motor yg memakai oli standar honda yg dipakai harian jarak jauh, mesinnya kasar dan knalpotnya sudah ngebul.
    .
    secara kualitas ane rasa tidak kalah dng motul, di daerah dingin malah lebih enak dan mesin lebih halus. ane pakai jakarta-sukabumi, jakarta-puncak. dan pekerjaan ane menempuh jarak antara 50 km – 150 km / hari setiap hari dalam cuaca panas 34Β°C sampai dingin puncak 23Β°C.
    ane ganti setiap 3500 km, ane ganti bukan karena mesin udah ga enak narik tapi kasihan mesin kerja keras setiap hari.
    secara akselerasi jauh lebih baik dibanding oli standar honda, ane berani bilang sebanding dng motul.
    ane pengalaman banget pake motul, tahun 1995-2002, ane pakai vespa yg diisi oli motul 1/2 liter (dari bengkel mobil, motul sisa dari botol 4 liter yg mobil cuma pake 3,5 liter), tarikan vespa ane ga kalah dng honda grand impressa bahkan honda supra x lama. vespa ane masih sanggup lari 100 km/jam, vespa ane bodi bulet tahun 1964, blok mesin super standar, koil danmotor vespa, bus NGK, magnet bajaj, lampu depan terang seperti honda grand, mantaps. tuh vespa pernah ane pakai jakarta-yogya (1 kali), jakarta-bandung (7 kali), jakarta-sumedang (3 kali), jakarta -puncak/sukabumi (33 kali), dipakai harian, dll secara nonstop (kecuali isi bensin / makan).
    dan ane pernah tes dng vespa super standar (utk balap one make race vespa di sentul 2001) dan vespa milik bengkel bermesin PX150 seher RX King, vespa ane kalah tipis πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€.
    kalo ada orang jadul yg pernah lihat vespa bulat warna biru yg suka melaju kencang (sebagian besar jalur cijantung -tomang hanya 1/2 jam ) tahun 1995-2002, itulah ane.πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    .
    ane nilai oli xten ini layak dipakai untuk motor harian yg kerja keras.
    .
    tapi ingat, untuk motor yg sudah berumur lebih dari 3 tahun lebih baik memakai viscositas lebih kental misal standar 10 W-30 pakai 10W-40. ini karena umur membuat ring piston sudah aus, lebih kental bisa meredam gesekan.
    bahkan kalo ada pake 0W-30 seperti oli Amsoil buat mobil, harganya bisa 125 ribu /botol., hehheheπŸ˜€.
    .
    harga oli Xten 39.500 (promo) atau 49.500 (normal) utk sebuah oli Full Sintetic 800 ml, ane rasa termasuk murah bagi daya beli pemakai motor yg ingin performa motor meningkat dan daya tahan mesin lebih tangguh,
    .
    .

    Suka

Komentar ditutup.