Review Ban Corsa SS09T 80/90-14

Hari ini 6 Januari 2015, si bohay spacy saya mendapatkan jatah tahun baru berupa ganti ban depan dan jatah bbm pertamax.

Setelah kurang lebih masuk bulan ke-5 si bohay spacy saya miliki, kini saya mulai dapat memberinya jatah perawatan yang semakin rutin.

Bulan november 2015 saya sudah memberi jatah ban tubeless belakang untuk spacy dengan menu 100/80-14 merek FDR tipe Genzi seharga Rp.245.000 plus Rp.8.000 yang saya dapatkan di Planet Ban di kota saya.

Nah setelah hampir 2 bulan berselang, saya pun siap dengan memberi jatah ban depan baru untuk si spacy. Sebelumnya saya sudah siap dengan menu 90/80-14 untuk ban depan tipe tubeless, tapi apa daya sangat amat susah mendapatkan ukuran itu di kota saya bahkan di toko online. Dapat di toko online pun ternyata dijatah pengiriman paling lambat 6 hari setelah order dibayarkan, artinya adalah…terlalu lamaaa ban toko online sampai di tangan saya sedangkan kebutuhan ganti ban depan sudah sangat mendesak mengingat ban standard depan spacy yang bertipe tube type merek FDR FT235 itu sudah sangat membahayakan untuk digunakan selain karena licin juga kompon karetnya sudah kurang mencengkeram aspal di kondisi cuaca panas dan cilakanya lagi adalah ketika kondisi hujan setiap kali saya melakukan pengereman depan, ban depan fdr tube type itu pasti akan slip dan sudah 4x saya hampir cilaka menggunakan ban fdr tube type ft235 itu di spacy saya.

beli ban termurah, gratis ongkir se-indonesia, diskon 10%, vocer 25rb cuma disini

Memang sih ban fdr ft235 ini sangat amat mudah ditemukan di banyak toko ban/bengkel umum dan bengkel resmi honda, tapi masalahnya adalah kualitas komponnya kurang oke, ya ini pengalaman pribadi saya setelah 5 bulan pake ban tsb.

Karena sudah terlalu sering cilaka dng kondisi ban dpn fdr ft235 tsb saya pun memutuskan untuk mencari ban depan baru, namun sayangnya hal ini baru bisa saya penuhi setelah 5 bulan spacy saya miliki, alasan klasik…yaitu dana belum ada!

Saya mencoba mencari di toko biasa sampe di toko online dan saya sampe lagi di Planet Ban, pertimbangannya adalah harga ban sudah termasuk ongkos pasang. Nah, sesampainya di PB saya menemukan sedikit opsi ban 80/90-14 yang tersedia. Ada sih ban ukuran segitu merek IRC tupe type harganya hampir mendekati 200rb itupun belum termasuk ban dalam yg memang hrs dganti juga krn kondisi ban dalam yg masih digunakan kondisinya sudah tdk baik…ahh out of budget. Sempat saya tanyakan zeneos tapi PB tidak stok merek itu. Tipe tubeless ukuran 80/90-14 yang saya temukan mulai dari merek Swallow, Michelin, Corsa. Dan akhirnya setelah mempertimbangkan budget dan alur kembangan saya menjatuhkan pilihan membeli ban corsa ss09t 80/90-14 dengan alasan ban tipe ini satu-satunya ban yang memiliki kembangan terbuka di tengah ban, untuk ban depan saya termasuk mutlak harus pake ban dengan kembangan di tengah ban, umumnya kembangan ini bentuknya lurus membulat seukuran ban tersebut, gunanya untuk memecah air di jalan. Tanpa alur kembangan tengah, ban memang akan semakin nge-grip di aspal kering apalagi di cuaca panas tapi jika digunakan di kondisi jalanan licin dan hujan ban depan tanpa alur kembangan di tengah akan membuat agak slip saat di-rem dan mungkin klo pengemudinya kurang sigap slip itu bisa menjadi kecelakaan.

corsa_ss09t_1

Ban corsa ss09t ini sebelumnya sudah saya lihat sewaktu survey mo ganti ban belakang di PB, waktu november 2015 harga ban corsa ss09t 80/90-14 hanya seharga Rp.130.000. Apes bener nih saya datang lagi di bulan januari 2016 harga ban itu sudah naek melambung menjadi Rp.170.000 di PB. Kaget saya lihat kenaikan sebesar itu 40ribu cuy! Saya tanya kenapa kok baru hampir 2bulan harga ban itu naek? Karyawan PB menjawab “Itu harga ban sudah paketan dengan oli X-Ten ini pak (nunjukin olinya)”. Saya sempat nawar apakah boleh saya beli ban itu tanpa paketan olinya karena saya tidak butuh oli itu, karyawannya menjawab “Gak bisa pak, ini sudah dari pusatnya diseting begini pak.”

corsa_ss09t_2

Yawdah karena saya sudah butuh ban baru mengingat ban fdr 235 sudah tidak mampu memberi performa normal, saya pun dengan tidak iklas membeli ban corsa ss09t di planet ban, dan dapat satu oli X-Ten XT-30 Matic. Saya seumur hidup belum pernah brand oli itu, saya pun tidak ngeh dengan oli itu.

oli_xten_1

Dan akhirnya si spacy dapat sepatu baru, pasang ban corsa ss09t 80/90-14, prosesnya sama saja di PB bongkar ban, bersihkan peleg khususnya lubang pentil, pasang ban, cek kebocoran di pinggiran ban dan peleg, isi dengan nitrogen ala PB dengan tekanan 30psi, beres dlanjut pasang ke motor lagi, semua ini prosesnya sekitar 15 menit saja untuk satu ban satu karyawan.

corsa_ss09t_4_planetban

corsa_ss09t_3_planetban

corsa_ss09t_5_planetban

corsa_ss09t_6_planetban

corsa_ss09t_7_planetban

Jadi otomatis dalam 2 bulan terakhir ini, spacy sudah lengkap menggunakan sepatu baru, belakang dengan FDR Genzi 100/80-14 yang menjadikan tampilan lebih nge-donut dan ban depan dengan CORSA SS09T 80/90-14 dimana ukuran standard ban depan spacy memang 80/90-14. Saat itu saya menolak ganti oli gratis dengan oli x-ten xt-30 matic yang saya terima karena merasa oli castrol activego yg bertapa di dalam mesin spacy masih memberi performa yang baik.

Saya pun langsung membawa pulang spacy ke rumah dengan jarak 7km.

Impresi Ban Corsa SS09T 80/90-14 yang saya rasakan di honda spacy:

1. Saya merasa komponnya kurang menggigit di jalanan aspal kering baik di cuaca sore hari dan cuaca panas.

2. Ban corsa ss09t kurang memberi daya tapak yang nyaman ke jalanan beraspal rasanya itu seperti kita berusaha jalan kaki seimbang di tengah sebuah bambu. Analisis saya ini memang salah satu kekurangan alur kembangan corsa ss09t yang dibuat terlalu rame dan jarak antar kembangannya termasuk sempit sehingga bidang karet yang luas di ban tersebut yang seharusnya digunakan untuk dapat mencium aspal dengan lebih luas dan greget menjadi berkurang.

3. Kompon ban-nya ditulis medium, tapi kualitas gigitannya ketika diajak berbelok di tikungan bahkan menyalip kendaraan di jalanan padat perkotaan menurut saya kualitas gigitannya kurang greget. Yang paling membuat saya kawatir adalah saat berbelok di tikungan, saya menjadi lebih extra waspada di kecepatan 60kpj, nyali jadi ciut dan saya hanya berani mentok di 40kpj menikung dengan ban corsa ss09t ini hal ini juga karena bentuk kembangan di sisi ban terlalu banyak dan jaraknya sempit.

4. Yang membuat paling tidak enak tidak nyaman adalah faktor redam getaran pada jalanan beraspal dan jalanan berlubang yang bisa saya katakan termasuk kategori parah. Memang sih ini ban tubeless, memang lebih tebal, tapi bukan berarti keras, dan ketebalannya biasanya hanya pada bagian tertentu dari struktur bentuk ban tubeless itu sendiri yang biasanya ada di bagian dinding samping.

Saya sudah coba test pengereman rem depan dengan ban baru ini di jalanan mendatar dengan kecepatan 60kpj dan hasilnya ban masih dapat memeluk aspal dengan baik tanpa slip. Hanya memang stang kemudi yang tidak stabil saja ketika saya menge-rem dan ini lebih ke persoalan cakram dan kampas rem saja bukan ke ban-nya. Saat diajak menyalip di jalanan padat perkotaan, saya merasa agak jadi berat saat berusaha mengarahkan stang kemudi untuk berbelok ke arah luar dan masuk ke arah dalam saat menyalip kendaraan, rasanya ban corsa ss09t ini seperti ngambang kurang menggigit ya seperti kata saya tadi ibarat kita jalan kaki menyeberangi sepotong bambu.

Ketika diajak berlari di aspal halus mendatar (benar-benar halus aspalnya di cuaca panas) ban corsa ss09t ini termasuk bekerja dengan baik saat saya menggeber spacy sampe 80kpj.

Memang tidak bisa dibandingkan dengan FDR FT235 karena ini tipe tube type sedangkan corsa ss09t tipe tubeless sehingga terjadi perbedaan kenyamanan dan keringanan akselerasi putaran ban yang selalu lebih unggul untuk tipe tupe type.

Ada sih ban tubeless yang komponnya lebih lembut, seperti merek Dunlop dan Mizzle, namun sayangnya untuk Dunlop stoknya sedang habis saat saya mau order online sedangkan untuk mizzle saat saya order online dikirimnya 7 hari kemudian sedangkan saya sudah butuh ban baru secepatnya. Jadi sekali lagi ini persoalan waktu dan kesempatan saja mengapa saya tidak menggunakan mizzle atau dunlop. Tapi saya lebih pilih dunlop untuk ban depan karena ban dunlop pake alur kembangan tengah sedangkan mizzle tidak ada alur kembangan tengahnya jadi riskan untuk saya pake di cuaca hujan.

Saya pun akan segera mengetes ban corsa ss09t 80/90-14 ini besok keluar kota. Dan mungkin jika sudah ada stok ban dunlop yang saya incar, saya akan segera mengganti ban corsa ini dengan dunlop saja.

beli ban termurah, gratis ongkir se-indonesia, diskon 10%, vocer 25rb cuma disini

Jadi hasil akhirnya adalah, ban corsa ss09t ini dibuat dengan alur kembangan yang rame dan jarak sempit membuat daya gigit telapak ban ke jalanan beraspal menjadi berkurang, dan ini juga berlaku di jalanan yang agak berpasir.

corsa_ss09t_3

Tujuan utama ban corsa ss09t memang bukan untuk performa di jalanan aspal kering dan di jalanan aspal basah karena dari jumlah alur kembangan dan jarak antar kembangannya yang sempit sudah bisa dipastikan ban ini ditujukan untuk daya tahan pemakaian yang lebih lama karena bidang luas karet pada fisik ban ini memang terhitung sempit.

corsa_ss09t_4

Untuk penggunaan sementara tidak ada salahnya menggunakan ban corsa ss09t tubeless ini apalagi di musim hujan sekarang ini, hanya saja harus lebih memperhatikan tekanan ban yang standardnya 30psi sebaiknya dikurangi dikit menjadi sekitar 28.5psi saja agar ban bisa lebih mencengkeram ke jalanan, apalagi jika di jalanan aspal panas tekanan dalam ban akan makin mengembang dan ketika di jalanan aspal hujan/basah ban tidak akan mudah slip saat di-rem. Pastikan berhati hati menggunakan ban corsa ss09t tubeless di matic anda saat menikung, sebaiknya jangan lebih dari 60kpj, baiknya sih 40kpj saja pelan saja nikungnya.

spacy_14707

Well, untuk saya pribadi ban corsa ss09t termasuk dalam kategori cukup baik dalam penggunaan dan baik dalam umur pemakaian ban-nya. Kalau agan butuh ban motor tubetype ataupun tubeless tapi keuangan terbatas, gak mau pake repot keluar kehujanan kepanasan, mending beli ban online aja masbro disini, soalnya udah gratis ongkir se-indonesia, harganya juga murah kitanya dberi vocer belanja pula masbro! Lah irit duit dikit bisa beli ban sepasang depan belakang kan enak masbro 🙂

Salam.

One thought on “Review Ban Corsa SS09T 80/90-14

Tinggalkan Balasan

