Trik Sederhana Agar Windows 10 Tidak Menghilangkan Wifi dan Bluetooth Komputer Anda

Sudah lebih dari seminggu terakhir ini banyak sekali kenalan yang mencari saya, persoalannya sama setiap dari mereka yaitu: Wifi hilang di windows 10!

Dan oleh karena itu saya pun membantu memberi solusi untuk mereka dan sejauh ini 100% berhasil. Maka dari itu saya akan berbagi pengalaman saya dalam hal bagaimana menghindari wifi dan bluetooth hilang di windows 10.

Sebagian perangkat komputer saat ini sudah dibenamkan teknologi wifi internal dan ada beberapa yang juga diberikan adapter bluetooth (biasanya laptop).

Nah seperti yang diberitahukan sebelumnya di blog saya ini, microsoft telah resmi melaunching windows 10 edisi 2016 pada sekitar akhir bulan Oktober 2015. Windows 10 edisi 2016 memang memberikan sentuhan penampilan layout yang lebih elegan, namun disisi lain soal driver hardware bawaan laptop/komputer pun akan mengalami kendala dalam aksesibilitasnya. Akibatnya adalah beberapa komputer/laptop yang menggunakan windows 10 edisi 2016 akan mengalami hilang fungsi wifi dan bluetooth (khusus utk komputer/laptop yg ada bluetoothnya).

Yang perlu diketahui terlebih dulu adalah, windows 10 bisa dikatakan merupakan sistem operasi yang haus akan updates, dan sialnya lagi adalah updates os ini berjalan otomatis dan kita tidak diberikan opsi untuk memilih updates mana saja yang akan di download dan di-instal. Hal yang bisa kita lakukan adalah meng-hapus/un-install updates yang telah di download dan terinstal tersebut.

Di Windows 10, updates terdiri dan dieksekusi dng beberapa opsi, yang saya temukan adalah:

1. Updates system file khusus utk keperluan os windows 10.
2. Updates aplikasi microsoft (office, silverlight dsb).
3. Updates driver hardware komputer.

Updates pertama adalah updates yang dilakukan oleh system windows 10 guna untuk mendapatkan pembaharuan system terbarunya, dan ini adalah updates yang termasuk kategori Important. Updates inilah yang menjadikan os windows 10 anda tetap mendapatkan paket security terbaru hingga versi windows terbaru. Kadang kala updates ini tidak terlalu diperlukan bagi sebagian pengguna windows 10, maka dari itu anda bisa menolak updates ini dengan mencentang opsi Defer Updates melalui: Settings – Update & Security – Advanced options – centang/check opsi Defer Upgrades.

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_6

Dengan demikian os windows 10 anda tidak akan mendownload updates untuk sistem dengan terus menerus, bahkan tidak melakukan pengecekkan terbaru karena opsi Defer Upgrades membuat windows 10 anda merasa tidak memerlukan pembaharuan terbaru dan cukup dng file system terkini yang sedang digunakan.

Updates kedua lebih diprioritaskan untuk memperbaharui versi dan file aplikasi microsoft yang diinstalasikan di os windows 10 komputer anda, anda perlu jika yang akan diupdates ini bukanlah aplikasi yang berhubungan dng Windows Store! Beberapa contoh updates yang termasuk opsi kedua ini adalah: Microsoft Office, Silverlight dsb. Kebetulan saya menggunakan microsoft office 2013, silverlight, adobe flash player untuk internet explorer/edge dan untuk mendapatkan updates versi terbaru semua itu kita cukup melakukan centang/check melalui: Settings – Update & Security – Advanced options – centang/check opsi Give me updates for other Microsoft products when I update Windows, yang persis berada diatas opsi Defer Upgrades.

Kemudian yang terakhir untuk updates di windows 10 adalah windows 10 juga merasa perlu ikut menyediakan bantuan versi driver hardware komputer terbaru agar sesuai dengan os windows 10 mereka. Nah sayangnya hal ini juga yang menjadikan komputer ber-OS windows 10 menjadi berantakan, dimana fungsi wifi dan bluetooth menjadi hilang/tidak terlacak/gagal difungsikan.

Dari mana windows 10 mendapatkan hak akses untuk mendownload driver yang ‘dibutuhkan’ tersebut? Semua ini disimpan dari opsi yang sulit diketahui kebanyakan user windows 10, namun jangan khawatir, saya telah menemukannya.

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_4

Agar windows 10 edisi 2016 anda tidak mendownload file driver yang tidak compatible dng hardware komputer anda (saya katakan tidak compatible krn bila terunduh maka wifi dan bluetooth akan menghilang) maka anda cukup ikuti petunjuk saya ini dan dijamin 100% driver asli wifi/bluetooth di komputer dng os windows 10 anda tetap dpt digunakan tanpa masalah di windows 10 edisi 2016 dan anda dapat menggunakan wifi/bluetooth tanpa kendala ama sekali.

Ikuti petunjuk ini setiap langkahnya dengan teratur.

1. Buka Settings.
2. Masuk ke Settings -> Devices.
3. Dalam menu Devices, anda akan diperlihatkan opsi Printer & Scanners, uncheck/hapus centang pada opsi Download over metered connections.

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_8
4. Lanjutkan ke opsi berikutnya yaitu Connected Devices (masih dalam menu Devices), dan uncheck/hapus centang pada opsi Download over metered connections.Pastikan anda melihat tulisan Off pada setiap kali anda uncheck/hapus centang pada opsi Download over metered connections.

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_9
5. Langkah terakhir adalah mengunci opsi bandwith internet anda untuk keperluan updates driver sehingga windows 10 edisi 2016 tidak akan pernah melakukan cek dan download updates system driver hardware komputer anda khususnya adapter wifi dan bluetooth dengan langkah sbb:

5.1 Anda wajib mengaktifkan wifi terlebih dahulu di komputer anda, dan terhubung dengan koneksi wifi yang anda pilih. Ini wajib! Setelah itu lanjutkan dengan..

Buka Settings -> Network & Internet -> disini anda akan melihat nama koneksi wifi yang terhubung dng komputer anda. Setelah itu anda pilih Advanced options yang terletak persis di bawah daftar nama ssid wifi yang tertangkap oleh adapter wifi komputer anda.

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_1

Setelah anda membuka Advanced Options, anda harus mencentang/check opsi Metered Connection yang terlihat spt pada gambar di bawah ini sehingga opsi Set as metered connection tersebut berubah menjadi ON.

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_3

Anda wajib melakukan perubahan set as metered connection ke posisi ON pada setiap SSID Wifi yang anda gunakan, opsi ini bukanlah opsi ON default to all SSID Wifi yang digunakan di windows 10 edisi manapun (2015/2016).

Apa maksud Set as metered connection menjadi ON ini? Kunci dari updates apapun di windows 10 berasal dari opsi ini. Windows 10 akan mendeteksi bahwa anda sedang berada pada koneksi internet yang terbatas dan tidak memungkinkan melakukan download updates terbaru untuk: system, aplikasi dan driver. Jika opsi ini sudah dinyalakan ke posisi ON, maka windows 10 tidak dapat melakukan pengecekkan updates apapun dan tidak akan mengunduh updates apapun juga.

Hal yang menjadi kendala tersembunyi mengapa wifi dan bluetooth bisa menghilang di windows 10 semua berasal dari opsi ON/OFF pada Set as metered connection di dalam Advanced Options ini. Jika ini di setting off, maka windows dapat kembali aktif untuk melakukan pengecekkan updates terbaru sesuai dengan opsi pilihan updates yang anda aktifkan.

Jika anda memilih untuk updates system tanpa updates driver, ada kemungkinan besar salah satu updates tersebut akan menutup akses file asli driver wifi/bluetooth di komputer anda yang mana ini sudah saya coba dan memang ada updates system windows 10 yang menolak driver asli hardware wifi dan bluetooth di laptop saya.

Kondisi terbaik saat ini adalah tetap membiarkan windows 10 edisi 2016 melakukan updates untuk aplikasi, tapi kita menutup akses untuk akses updates driver dan system os itu sendiri. Anda tidak perlu updates driver hardware komputer anda karena pada dasarnya jika secara default produsen hardware komputer anda sudah menyediakan driver untuk windows 10 edisi 2015 maka hardware juga akan berjalan lancar di windows 10 edisi 2016 selama anda tidak melakuan updates driver file via updates windows 10! Caranya mudah, ikuti langkah demi langkah ini untuk hanya tetap mendapatkan updates versi aplikasi microsoft windows 10 terbaru tanpa menghilangkan wifi/bluetooth komputer anda:

1. Buka Settings.
2. Settings -> Update & Security
3. Update & Security -> Advanced Options. Centang/check opsi Give me updates for other Microsoft products when I update Windows dan juga centang opsi Defer Upgrades.

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_6
4. Lanjutkan dengan masuk ke Settings -> Network & Internet -> Advanced Options. Anda harus menghapus/un-check opsi Metered Connection yang terlihat spt pada gambar di bawah ini sehingga opsi Set as metered connection tersebut berubah menjadi OFF. Dengan demikian windows 10 diberikan mandat akses untuk dapat terkoneksi ke server untuk melakukan pengecekkan updates terbarunya.

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_2

Anda selalu dapat memeriksa updates terkini melalui Settings -> Update & Security -> Windows Updates (klik pada tombol Check for updates).

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_5

Ingat, anda harus terlebih dahulu mengkoneksikan adapter wifi anda ke SSID Wifi yang akan anda gunakan agar opsi di dalam Advanced Options dapat muncul. Jika anda tidak terhubung ke jaringan wifi maka ketika anda membuka Advanced Options yang akan muncul hanyalah informasi Properties hardware adapter wifi komputer anda!

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_11

Anda tidak perlu melakukan updates driver hardware komputer anda selama hardware tersebut dapat beroperasi normal di windows 10 edisi 2015/2016 dan jika anda merasa perlu updates driver hardware, saran saya adalah JANGAN MENGGUNAKAN OPSI UPDATES DRIVER bawaan microsoft windows 10 tapi kunjungilah website produsen hardware tersebut dan periksalah tanggal rilis driver terbaru mereka pastikan diatas tanggal 30/11/2015 dan sudah resmi compatible dengan windows 10 edisi 2016. Dan jika anda merasa sangat concern bahwa system windows 10 wajib terus diupdates setiap saat maka anda harus bersabar karena jika anda mengaktifkan opsi updates system windows 10 edisi 2016 maka bisa dipastikan 100% wifi dan bluetooth (koneksi nirkabel) di komputer anda akan menghilang/gagal difungsikan dan satu-satunya harapan anda untuk mengakses internet adalah dengan kabel LAN ataupun modem usb yang sudah compatible dengan windows 10 edisi 2016 (yang sayangnya masih teramat sangat sedikit ada di dunia saat ini).

Satu hal yang wajib anda ingat adalah windows 10 hanya akan menerima perintah dan menurut pada perintah Set as metered connection pada posisi ON (untuk semua jenis metered connection yg ada) jika anda menggunakaan koneksi Wifi dalam mengakses internet, jika anda menggunakan koneksi jack 45/KABEL LAN maka windows 10 akan menolak menerima keputusan Set as metered connection pada posisi ON karena merasa bahwa koneksi dengan kabel lan adalah koneksi unlimited.

Yang terakhir adalah, semua yang saya tulis ini hanya dapat dipraktekkan bagi anda yang melakukan fresh installation windows 10 edisi 2016, dan bukan untuk anda yang sudah menginstal dan sudah kehilangan akses wifi/bluetooth di windows 10 edisi 2016!

Jadi jika anda sudah terlanjur sayang cinta suka dengan windows 10 dan menggunakan edisi 2016, silahkan format driver utama harddisk anda dan instal ulang windows 10 edisi 2016 dan silahkan mencoba saran saya yang ditulis dari awal di artikel ini.

Jika anda sudah menginstal windows 10 edisi 2016 dan terlanjur kehilangan fungsi wifi/bluetooth di komputer anda, maka saran yang saya bisa anjurkan untuk dicoba adalah silahkan menghapus semua updates yang pernah dilakukan sejak pertama kali windows 10 edisi 2016 anda melakukan unduhan update-nya. Namun sayangnya saya sudah mencoba cara ini menghapus semua updates dan tetap wifi dan bluetooth di laptop masih menghilang walau sudah diinstalasikan driver bawaannya edisi windows 10 2015.

Saat ini laptop saya Lenovo menggunakan windows pro 64 bit edisi 2016 dengan driver hardware asli bawaan lenovo edisi windows 10 2015 dan semua hardware berfungsi normal karena saya tidak melakukan updates driver dan system file windows 10, hanya melakukan updates untuk aplikasi microsoft saja via updates manager bawaan windows 10.

win10_2016_wifi_bluetooth_solusi_12

Silahkan mencoba, dan ingat, resiko tanggung sendiri jika tidak paham apa yang saya tulis silahkan konsultasi dengan rekan yang lebih memahami os windows 10 edisi 2016.

Dan mohon jangan copy paste atau mengambil sebagian dari tulisan artikel di blog saya ini, khususnya artikel ini karena hasil jerih payah saya untuk mencari solusi wifi dan bluetooth hilang di windows 10 edisi 2016. Jika anda mau mencomot harap sertakan link blog saya ini agar tidak dianggap mencuri 🙂

Update: Berikut adalah tampilan bluetooth tetap berfungsi normal di Microsoft Windows 10 Profesional edisi 2016 di laptop saya.

klik utk melihat gambar lebih besar lebih jelas

Terima kasih!

Iklan

15 thoughts on “Trik Sederhana Agar Windows 10 Tidak Menghilangkan Wifi dan Bluetooth Komputer Anda

  1. maaf sebelumnya…menurut saya penjelasan anda di atas sudah baik dan sangat membantu…tapi condong berbelit belit…sebagai contoh untuk opsi update 3, pertama anda mengatakan ON kan setiap metered connection untuk wifi dan bluetooth namun pada penjelasan selanjutnya (point nomor 4 anda mengatakan OFF kan metered connection) jadi yang lebih baik di ON atau OFF kan metered connection nya
    thanks

    Suka

    1. 1. Mungkin cara saya menjelaskan tidak pas untu anda, gaya penulisan saya mungkin agak susah dipahami utk bbrp org. Dan untuk keputusan on off metered connection sdh saya jelaskan panjang lebar di artikel tsb, hanya butuh anda pahami lbh sabar 🙂

      Suka

    1. 1. Coba anda uninstal driver network card n wifi bawaan komputer anda. Lalu restart dan setelah masuk windows 10 anda instal ulang 2 driver bawaan komputer anda tsb. Jika memungkinkan anda kunjungi web produsen komputer/laptop/hardware network card n wifi utk download driver terbaru yg support win 10.

      2. Cara kedua bila anda sdh terlanjur instal driver n tetap gk terdeteksi anda masuk driver manager, cek hidden driver maka akan terlihat semua driver hardware yg blm pas di win 10 dtanda dng tanda seru warna kuning, anda update driver itu bisa pakai versi win10 atau dr software driver pihak ketiga.

      3. Bila cara 1 dan 2 sudah ditempuh msh blm terdeteksi, anda update win 10 anda dng update terbaru dr menu Update di dalam Setting win 10 yg skrg sdh jadi solusi utk win 10 lama yg brmslsh dng driver network card n wifi.

      Semoga berhasil.

      Salam.

      Suka

    1. Laptop apa tablet? Windows versi brp? Adapter internal pa external?

      Jarang soalnya adapter wifi di taskbar/notifications menu hilang. Coba anda cek di All Settings – Network & Internet.

      Kalau anda pakai os lain di 1 hd semisal linux, anda balik lg login dulu ke linuxnya n aktifkan wifinya lalu restart n masuk ke windows.

      Suka

  2. Mas tlg bntu saya..saya bru bli asus x455la wx401d dan itu udh d install win 10 single home language bkn win 10 edisi 2016 sprt agan..mslhny d asus sy bluetoothnya ilang…itu gmn y gan…sy udh ikutin cr agan d atas agar gx update..truz cr ngembaliin bluetoothnya gmn…tlg bntu..maaf sy newbie..

    Suka

    1. Klik dng tombol mouse kanan icon my computer/computer di desktop lalu pilih Properties akan muncul jendela berisi info singkat OS anda cari kelanjutan tulisan Microsoft windows 10 xxxx nah xxxx itu angka 2015/2016? Angka tahun itu menandakan edisi win 10 anda.

      1. Jika anda yakin os win 10 anda edisi 2015 anda ckp instalasikan driver bluetooth laptop anda dan nanti os akan mendeteksinya klo blm terdeteksi restart dulu laptopnya. Dng catatan jika laptop anda dari sananya memang sdh include hardware bluetooth jg.

      2. Baca baik” artikel judul tips xxxx windows 10 di blog saya dan tutup akses update os n driver otomatis dari windows update.

      Salam.

      Suka

    2. Isinya gnie mas..windows 10 home single language
      2015 microsoft corporation.all rights reserved.

      Apakah itu edisi 2015..?

      Suka

  3. Mas maaf sy bru pke asus x455la dgn windows 10.sy gx tau apkh laptop sy mnggunkn win 10 edisi 2016 krna d win 10 sy windows 10 home single language..di laptop sy wifi msh bs pi bluetoothny gx da…sy bru bli udh lgsung gnie..ini gmn y mas..tlg bntu…krna sy pengguna bru..

    Suka

  4. Mas tolongin saya dong. Windows saya udah trlanjur update, alhasil fungsi bluetooth nya hilang. Untungnya wifii nya masih berfungsi.
    Cara agar bluetooth nya berfungsi lg gimana ya mas?sudah saya reinstal device bluetooth nya masih ga bisa.
    Jika ada solusi tolong kabarin saya ya mas.
    Email : dedy.prabowo1@gmail.com

    Trimakasih

    Suka

    1. 1. Silahkan uninstal update yg sempat terdownload.
      2. Instal bersih windows 10 edisi 2016 dan ikuti langkah” yg saya tulis utk mengunci update win 10 agar tdk mendownload otomatis.
      3. Mampir ke website produsen komputer/laptop anda utk mndptkan driver terbaru yg sudah compatible dng win 10 edisi 2016.

      Salam.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s