Penjara Kebebasan di Halaman Samsat Online Wonosobo!

Jadi begini kejadiannya, pada tanggal 1 Desember 2015 saya pagi-pagi jam 7 menuju samsat online wonosobo yang terletak di area alun-alun wonosobo untuk mengurus stnk dan tnkb motor adik saya. Saya memarkirkan motor di dalam halaman samsat, saya mendapatkan nomor parkir, saya sempat bertanya ke petugas parkir bagaimana caranya perpanjang stnk 5 tahunan dan buat plat nomor baru (TNKB) apakah urus stnk dulu atau cek fisik dulu, dan petugas parkir yang ramah ini memberi petunjuk dng singkat, padat, jelas dan baik.

Saat saya di samsat, belum tampak kegiatan apapun dari petugas samsat, ruang fotocopy pun blm ada orangnya, ruang cek fisik pun blm dbuka sedangkan pengunjung sudah cukup banyak, perkiraan saya sudah 50-an orang menunggu samsat buka hari itu. Saya pun keluar dari samsat untuk memfotocopy stnk dan ktp dan kembali ke dalam samsat. Tahun ini adalah kali kedua saya mengunjungi samsat online wonosobo, yang pertama untuk bayar pajak motor jupiter z1 saya di bulan maret dan kali ini untuk keperluan motor adik saya.

Di dalam halaman samsat terdapat sebuah mobil samsat keliling, pun tergeletak belum ada petugas untuk mengoperasikannya. Singkat kata, kami semua pengunjung disitu menunggu hingga jam 7.40 barulah satu persatu ruangan dibuka petugas.

IMG_20151201_074038

IMG_20151201_074227

IMG_20151201_074040

IMG_20151201_074043

Saya menunggu berdiri tidak jauh dari depan ruang cek fisik, mengamati orang yang sudah mulai mengantri di mobil samsat keliling, ada yang duduk di kursi dpn ruang cek fisik, dsb. Lalu ruangan cek fisik motor pun mulai dibuka seorang petugas polisi muda, jelas polisi krn pakai kaos coklat kepolisian tanpa baju dinasnya dan pengunjung diluar pun mulai memasuki ruang cek fisik untuk memberikan berkas lalu kembali ke luar.

Nah, cerita dimulai setelah saya memberikan berkas dan menunggu di luar ke tempat berdiri semula, saya melihat orang sudah mulai mengantri tertib mendaftar di mobil samsat keliling yang sudah mulai dioperasikan. Saya ingin mendokumentasikan bagaimana pengalaman saya memperpanjang pajak motor (stnk) 5thnan dan ganti TNKB di hari itu agar bisa menjadi informasi yang berguna bagi siapapun yang mengunjungi blog saya.

Tentu saja donk saya memutuskan untuk mengambil hape dan memotret agar suasana bisa terlihat di blog saya ini. Ketika saya sudah selesai memotret 3 foto, seorang polisi muda berpakaian dinas lengkap keluar dari ruang cek fisik (bukan polisi muda pertama yg saya sebut sblmnya), petugas ini memanggil saya dengan melambaikan telapak tangan kanannya “Mas, kesini mas.” Saya lihat kanan kiri untuk memastikan siapa yang dipanggil, saya bilang “Saya pak?”, si polisi ini mengangguk dan saya pun mendatanginya dan berkata “Ya, ada apa pak?”. Polisi ini berkata “Mas barusan yang foto-foto disini ya mas?”, saya jawab “Ya pak, memangnya ada apa?”, dia balas “Mas, kalau mau foto disini, ijin dulu mas.”

Jelas saya cukup terkaget, dalam hati saya mikir kagak salah nih untuk memotret suasana pagi di dalam area halaman samsat harus ijin? Saya tanya ke dia “Gini mas, situ siapa yang kasih perintah, aturan siapa, mana peraturannya kasih tunjuk saya. Cuma foto suasana orang ngantri aja pake ijin?”. Polisi ini membalas “Maaf pak, sudah aturannya begitu.” Saya yang makin heran pun balas menjawab lagi “Hah? aturan? Aturan dari siapa itu?”. Polisi ini menjawab “Bapak kalau mau foto-foto disini ijin dulu itu temui orangnya pak di dalam.”

Polisi itu tidak jelas menyebutkan nama oknum orang yang dimaksud. Saya katakan oknum ya karena tidak bisa spesifik saya sebutkan tanpa dasar kejelasan info dari si polisi itu.

Saya pun cuma menjawab “Ok, saya nanti temui orangnya setelah urus perpanjang stnk!” Dan polisi ini kembali masuk ke ruang cek fisik. Untuk info saja, obrolan singkat kami dilakukan dengan intonasi suara yang tidak bermuatan perlawanan, nada suara kami seperti orang ngobrol biasa saja bukan spt orang adu kuasa atau adu otot, singkat kata polisi itu termasuk ramah dalam memberi penjelasan tidak pake sok sok-an, maka dari itu saya memberi respon balasan yang sama.

Saya masih diluar menunggu cek fisik, dan ternyata si petugas polisi muda pertama tadi yang pake kaos dinas polisi warna coklat itulah yang bertugas melakukan cek fisik semua motor pagi itu termasuk motor adik saya. Saya perlu sabar menunggu antrian cek fisik motor adik saya, bisa dikatakan sekitar 15 menitan lah lalu saya dapat stiker cek fisik (gratis) dan kembali masuk ke dalam ruang cek fisik. Di dalam ruang itu ada si polisi muda yang menegur saya mengambil foto dan seorang pengunjung duduk di depannya sdg nunggu berkas motornya, jadi cuma 3 orang di ruangan itu dan saya pun bertanya..

Saya: “Mas, tadi siapa yang kasih sampeyan perintah menegur saya yang ambil foto? Komandan anda?”

Polisi: “Bukan pak, bukan komandan saya, kalau disini dia itu seperti petugas XX-nya (saya samarkan).”

Saya: “Oh, saya kira komandan sampeyan yang kasih arahan. Dimana itu orangnya saya mo temui? Sejak kapan ada aturan dilarang memotret di samsat sobo?”

Polisi: “Di dalam mas (nunjukin pake jari ke arah dalam ruangan samsat dan dia mulai cerita awal mulanya).”

Saya: “Ok, makasih, nanti saya cari orangnya lalu saya katakan ke polisi muda ini siapa saya, dan polisi muda ini minta maaf.”

Polisi: “Siap pak! maaf pak saya tidak tahu, silahkan pak. Maaf pak, saya cuma jalankan perintah saja.”

Saya: “Ya, gpp, saya paham.”

Polisi itu cerita jadi beberapa waktu lalu ada orang juga ambil foto di dalam area halaman samsat pun juga ditegur dan dipanggil untuk minta ijin dulu. Singkatnya kata dia kan ini bangunan samsat numpang lahan pemda, jadi kalau mau foto harus ijin dulu sama petugas XX-nya itu.

Lalu saya kembali urus perpanjang pajak stnk lanjut ke loket BRI, bayar 80ribu, masuk kasihkan berkas ke petugas samsat, masuk jam 8.15 dipanggil bayar pajak sebesar 170rb, lalu selesai serah terima stnk baru jam 9.10, hmm…layanan perpanjang stnk 5thn barunya lebih dari waktu standard yang seharusnya, pikir saya sih tumben gni biasanya sesuai wkt..hmm entahlah mungkin petugasnya lagi sedikit x di dalam karena area ruang kerjanya sudah ditutup dng papan jd kita pengunjung tidak lagi bisa melihat suasana kerja petugasnya, padahal menurut saya asyik loh bisa melihat petugas kepolisian di samsat bekerja membuat kita lebih menghargai kinerja mereka. Saat maret saya perpanjang stnk motor jupiter saya, ruangan sekat papan itu blm ada. Saat saya datang kali ini urus pajak motor adik saya, di dalam ruangan samsat sudah berubah, kursi pun serba baru dan lebih nyaman 🙂

Saya tidak dapat mencari si oknum petugas XX ini di dalam samsat saat saya menunggu panggilan.

Saya pun menuju ruang cetak TNKB yang terletak di samping ruangan cek fisik, hanya menunjukkan stnk yang baru jadi itu ke petugasnya (di dalam ada 2 petugas biasa) dan hebat banget tidak sampe 5 menit TNKB baru untuk motor adik saya sudah langsung jadi! Saya sempat melihat proses pembuatannya, semua langsung dibuat ditempat 🙂

IMG_20151201_091514

IMG_20151201_091507

Untuk memperpanjang stnk 5 tahunan dan TNKB baru di samsat online wonosobo yang diperlukan:

IMG_20151201_090244

1. Copy STNK dan copy ktp pemilik motor sesuai di stnk @ 1 lbr
2. BPKB asli atau salinan dari leasing (jika anda menjaminkannya).
3. KTP Asli.
4. Bawa dokumen 1-3 ke ruang cek fisik.
5. Tunggu petugas cek fisik menggesek rangka motor dan nomor mesin motor anda, anda akan diberikan hasil stiker gesekan tsb dan bawa ke ruang cek fisik lagi. Tunggu penyerahan berkas 1-3 yang anda berikan sebelumnya dikembalikan ke anda.
6. Bayar di loket BRI Rp.80.000 dimana 30rb adalah bea TNKB baru.
7. Lanjut masuk ke ruang samsat loket terima berkas, dapat nomor antrian.
8. Lanjut tunggu panggilan ke loket pembayaran, disini kita bayar pajak motor sesuai di stnk kita, saya bayar Rp.170rb.
9. Langkah terakhir, nunggu panggilan stnk baru selesai dikerjakan diambil di loket penerimaan/serah terima dng menunjukkan bukti kertas slip pembayaran dari loket pembayaran ke petugas serah terima stnk tsb.
10. Lanjut ke ruang cetak TNKB, tunjukkan stnk baru, petugas mencetak TNKB baru (jika bahan tnkb ada stoknya), tidak sampe 5mnt plat nomor kinclong baru sudah anda dapatkan.

Total dari 1-10 makan wkt 70-80 menit.

Saya baru memutuskan untuk menulis ini agar menjadi informasi terbuka untuk siapapun yang memerlukannya. Dan bila anda oknum petugas XX di samsat online wonosobo membaca blog ini (anda pasti tau lah diri anda siapa karena anda yang memerintahkan polisi muda itu untuk menegur saya saat ambil foto orang ngantri di mobil samsat keliling) silahkan anda beranikan diri menulis argumen anda di komentar artikel ini.

Sejak kapan yak ambil foto di dalam halaman kepolisian atau halaman tanah pemda itu dilarang? Monggo kalau memang ada aturan undang-undangnya silahkan diterangkan kepada publik. Sebelum”nya saya perpanjang pajak motor di samsat gedung baru di alun-alun tidak pernah ada larangan memotret di area halaman dalam samsat ataupun di dalam ruang tunggu samsat! Bahkan rambu dilarang memotret sampai spanduk dan x-banner pun tidak ada! Saya yakin bahkan Pak Presiden Jokowi pun akan geleng kepala mengetahui hal ini!

Seharusnya anda tidak melarang karena memotret bukan tindakan kriminal, tapi menegur melalui perwakilan petugas polisi yang memang bukan bagian dari kewenangannya itu sudah menunjukkan arogansi kekuasaan anda dan bisa juga sebagian diantaranya sifat pengecut anda yang tidak berani menegur saya langsung sendiri! Jujur saya tidak mengerti apa manfaatnya melarang orang memotret disitu, kecuali ada sesuatu yang ingin disembunyikan???

Samsat Online Wonosobo itu bagi saya pelayanannya sudah bagus, ramah, aman, tidak ada calo, ruangan nyaman, petugas parkirnya berwawasan dan mau menolong memberi informasi resmi. Tapi karena oknum petugas XX ini anda sendiri yang mencoreng kesemuanya itu!

Pengalaman ini akan saya tembuskan ke Gubernur Jateng, Mabes Polri, dan Presiden Jokowi agar bisa dibenahi kekonyolan aturan dilarang memotret disana!

Matursuwun..

2 thoughts on “Penjara Kebebasan di Halaman Samsat Online Wonosobo!

Tinggalkan Balasan

