Sudah Daftar BPJS Online, Perlukah Datang ke Kantor BPJS?

Masih membahas tentang bpjs, karena saya melihat di web bpjs banyak pertanyaan yang belum (atau tidak) terjawab oleh tim IT bpjs.

Saya tidak mewakili bpjs dalam semua artikel tentang bpjs yang saya tulis di blog ini!

Ada pertanyaan, kalau saya sudah daftar online, apa masih perlu saya datang ke kantor bpjs?


Kalau menurut saya jawabannya; YA – PERLU DATANG!

Mengapa?

1. Untuk memastikan validasi data anda dari sistem daftar online di web bpjs kesehatan. Trust me, jangan langsung percaya 100% dng sistem IT pemerintahan indonesia! Yang versi daftar di tempat saja masih sering bermasalah apalagi online?

Saya dengar langsung dari petugas laki yang melayani si ibu muda yang nyerobot antrian saya di kantor bpjs, bahwa pemda kota saya kena ‘sentil’ saat mengurusi daftar bpjs sblm peraturan baru bpjs bulan juli 2013 (kalau saya gk salah ingat).

Mengapa harus datang utk validasi? Hal ini mungkin sepele ya, tapi biasanya yang sepele masyarakat kita sering meremehkan sedangkan pemerintah gak perduli soal sepele menyepelekan yang penting bikin aturan dan masyarakat wajib patuh walo pemerintah sendiri gak bisa sebar luaskan semua peraturan yang ada sampe ke pelosok nusantara, jadi ini spt sistem paksa saja untuk terima perintah dan wajib paham dan wajib nurut! Kampretos!

IMG_20151201_093247_bpjs

Setelah daftar online, datanglah ke kantor bpjs sebelum 14 hari masa tenggang bayar iuran pertama berakhir. Datang untuk minta validasi data, tanyakan apakah data yang anda daftarkan sudah masuk ke sistem bpjs, mintalah petugasnya untuk cross check, siapa tau ada data yang salah ketika koneksi internet lemot? Dan tanyakan apakah kantor bpjs disitu masih ready stok kartu anggota untuk dicetakkan setelah 14 hari masa bayar iuran pertama tiba? Karena jika tidak ada stok kartu, maka anda gak perlu datang balik scptnya utk minta cetak kartu fisik, sementara anda bisa pake e-ID yang anda dapatkan.

Rata-rata waktu tunggu antrian tamu di kantor bpjs 10-15 mnt per tamu (jika tidak ada tamu yang rewel). Kantor BPJS sendiri buka dari jam 8 pagi pada hari reguler, pada hari sabtu buka setengah hari saja sedangkan pada hari minggu kuturut ayah ke kota alias tutup mas!

Jika anda datang ke kantor bpjs, setidaknya anda sudah siap dng data, biasanya data yang diminta pertama bukanlah pin BBM anda tapi KARTU KELUARGA (ini pasti selalu diminta datanya), kadang minta bukti ktp, nomor rek bank, nomor hape. Anda tidak perlu bawa dokumen fisik semua itu kecuali mau daftar, cukup catat di kertas atau di hape, kalau bisa anda simpan dalam bentuk foto saja di hape dan sebisa mungkin tidak perlu pake narsis selfie pake pegang KK segala!

Sekali lagi, ingatlah…sistem administrasi kependudukan berbasis IT di indonesia belum benar-benar fixed, masih amburadul dan datanya tidak konsisten antar lembaga. Jadi selalu simpan copy dokumen resmi anda untuk berjaga-jaga!

Semoga info ini membantu.

Salam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s