Solusi Data KK Bermasalah Saat Daftar BPJS Online

Sudah hampir sebulan ini saya mengirimkan pertanyaan bantuan di website bpjs kesehatan untuk daftar online bpjs namun saya tidak mendapatkan satupun respon dari pihak BPJS. Tepatnya saya mengirimkan pertanyaan tanggal 11 Nov 2015.

Seperti biasa, negara ini lebih pintar ngomong dan membuat di awal tapi praktek di lapangan selalu saja bermasalah. Menurut saya pribadi masalah terbesar sistem pemerintahan indonesia adalah KOORDINASI dan TANGGUNGJAWAB, tanpa benahi kedua itu tidak akan pernah ada fast respon dalam kendala apapun! Urusan komplain bpjs dari tanggal 11 Nov 2015 saja blm ada respon 1 pun dari pihak bpjs apalagi kalau ada bencana alam beeuh lambatnya masih lebih lambat daripada keong berjalan.

Solusi satu”nya untuk dapat solusi selain di google adalah datangi langsung pihak layanan pemerintah yang bermasalah dan ‘hajar’ langsunng mereka di tempat karena tidak becus urus pelayanan pada masyarakat!

Kembali ke topik awal, bagaimana bila anda telah mendaftar online tapi kartu keluarga anda bermasalah di hasil ouput formulir daftar online bpjs?

Saya akan berbagi pengalaman tentang daftar online bpjs dan kendala dalam data kk milik keluarga saya dan solusinya!

1. Tanggal 11 Nov 2015, saya daftar bpjs scr online di website bpjs kesehatan. Saya ikuti langkah pertama yaitu kewajiban ikut syarat ketentuan dan tibalah saya di langkah kedua yaitu input nomor KK.

bpjsk2

2. Saat sudah input data KK, pihak web bpjs mengeluarkan data yang salah, tidak sesuai dng data real milik keluarga saya yang hanya tersisa 2 anggota dalam KK dimaksud, tapi malah menampilkan data lama yaitu 3 anggota keluarga. Sebenarnya sampe sini sudah keliatan tidak becusnya sistem IT kependudukan pemerintah indonesia karena seharusnya hanya 1 sistem data kependudukan untuk semua urusan penduduk dalam mendapatkan layanan dari pemerintah, tapi faktanya disini sistemnya tidak up-to-date sama sekali! Saya yang sudah capek” sendiri urus bikin kk baru eh malah data di sistem kependudukan pemerintah masih menampilkan data lama, ya anjing bener kan sistem mereka ini?

3. Langkah ke-3 saya kirim komplain resmi lewat jalur online dan sama sekali tidak ada tanggapan 1 pun dari pihak bpjs baik via web mereka ataupun ke alamat email saya! Bayangkan, untuk sebuah pertanyaan singkat dan ringan “Kenapa data KK saya ada 3 orang sedangkan data termutakhir terakhir milik keluarga saya sesuai dng KK fisik adalah 2 orang anggota saja?” tapi sudah hampir sebulan ini tidak ada respon sama sekali! Benar-benar sangat amat lambat tim respon helpcare IT BPJS, pecat saja lah mereka itu!

4. Karena kelamaan nunggu respon tim bpjs online, saya pun nekat daftar online dng cara apa adanya saja, rada nekat memang. Tepat tanggal 1 Des 2015 saya daftar online sampai selesai prosesnya. Saya terpaksa mencentang anggota ke-3 dalam output KK yang dikeluarkan sistem daftar bpjs online yaitu nama adik saya yang shrsnya sdh tdk ada lagi di dalam daftar KK keluarga kami karena adik saya sudah ikut KK baru dng suaminya.

Singkat kata, saya daftar online sampe selesai dan sistem bpjs memaksa saya utk mencentang semua ke-3 anggota keluarga tanpa syarat, dari sini sbnrnya saya sudah kesal dng tim IT pembuat web ini, rasanya pingin saya gampar saja bikin malu bikin sistemnya spt itu!! Sesama orang IT jangan segitunya lah anda pake nalarnya!

Selesai daftar, saya mendapatkan bukti konfirmasi pendaftaran dan aktivasi pendaftaran via email. Klik pada link konfirmasi yang disediakan dalam email dan otomatis pendaftaran online sudah dianggap resmi (tapi blm aktif akun bpjsnya!).

reg_success_bpjs

Setelah teraktivasi, kita akan mendapatkan virtual account tiap anggota keluarga yang didaftarkan online. Nomor virtual account ini sudah include dng kode bank yang bekerja sama dng BPJS untuk melayani pembayaran iuran anggota bpjs. Singkatnya, 5 digit angka pertama dimulai dari angka 8 adalah angka kode bank dimaksud, dan nomor virtual anggota bpjs dimulai dari angka 0 setelah 5 digit pertama, bagaimana saya tau ttg ini? Akan saya jelaskan terpisah di blog ini.

reg_success_bpjs2

Di dalam formulir virtual account akan diberitahukan bahwa anda pendaftar bpjs online mulai dapat membayar iuran pertama yaitu 14 hari setelah tanggal pendaftaran online dan aktivasi online. Sebisa mungkin anda aktivasi online di tanggal dimana anda isi formulir pendaftaran online.

va_bpjs

Jadi, saya yang daftar online tanggal 1 Des 2015 dan mengaktivasi pendaftaran online di tanggal itu juga akan mendapatkan kesempatan bayar iuran pertama dari tanggal 15 Desember sampai 30 Desember 2015. Ya, masa tenggang pembayarannya juga selama 14 hari.

Nah, saya mendapatkan 3 virtual account masing” utk: Ibu, Saya, Adik saya (yg srhsnya adik saya tdk masuk dlm daftar online).

Lalu bagaimana untuk menyelesaikan masalah output KK yang salah di sistem bpjs yang ikut menyertakan adik saya sbg anggota ketiga dlm KK yang shrsnya hanya 2 orang anggota KK saja?

Caranya adalah, labrak kantor BPJS! Ya ini yang saya lakukan.

Kemarin tanggal 2 Desember 2015 saya mendatangi kantor BPJS di kota saya, tepat jam 8.15 saya datang dan dapat nomor antrian 39. Tentu saya datang juga sudah dng persiapan data yang valid, sekalian bawa laptop utk bukti daftar onlinenya dsb.

Giliran saya tiba jam 10.45 WIB, jadi bisa anda bayangkan sendiri betapa lama menunggu giliran dipanggil! Itupun saya bisa lbh cpt dipanggil karena ada bbrp nomor antrian orang tidak ada di lokasi alias mrk memilih pulang. Hari itu hanya buka sampe jam 11.30 saja karena kata mrk ada rapat.

So anyway, giliran saya tiba, langsung buka laptop di meja karyawan, saya tunjukkan bukti email konfirmasi pendaftaran yang saya terima, saya tunjukkan bukti virtual account utk 3 orang dan saya berikan KK (fisik) ke petugasnya lalu saya mulai bercerita..

“Kemarin tanggal 1 Des saya sdh daftar online dan saya sudah validasi pendaftarannya, ini bukti VA sbg salah satu bukti pendaftaran saya sudah valid. Yang jadi pertanyaan saya kesini adalah anda lihat di KK itu adalah KK yang saya gunakan utk daftar online, isinya hanya 2 orang saja yaitu Ibu dan Saya, tapi di sistem daftar online bpjs yang keluar hasilnya justru data lama 3 orang, adik saya dimasukkan dlm hasil output KK di sistem bpjs, padahal adik saya sdh ikut KK baru dng suaminya dan sdh dpt bpjs ketenagakerjaan dr perusahaannya. Jadi singkat saja karena anda tidak urusi sistem kependudukan, maksud saya kemari saya minta data adik saya dihapus dari daftar online kemarin itu!”

Lalu petugasnya memeriksa kode registrasi pendaftaran online yang dikirimkan ke email saya dan di cek di sistem mereka. Kemudian petugasnya menerima komplain dng melihat data real yang saya bawa (khususnya KK) dan kemudian memvalidasi permintaan saya dng menghapus data adik saya dalam proses daftar online. Singkat kata proses penghapusan data dan perbaikan data registrasi ini mereka sebut Mutasi Data. Jadi kalau anda alami masalah yang sama spt saya dan ingin solusi yang sama, ckp datang ke kantor BPJS dan minta Mutasi Data!

Singkat kata proses mutasi data selesai dan data sudah dibenarkan dng kondisi terkini yang real sesuai data KK yang saya gunakan saat daftar yaitu hanya 2 anggota keluarga bukannya 3 anggota. Semua proses ini makan wkt 12mnt karena saya bawa data lengkap dan to the point gak kesana kemari dalam menjelaskan maksud dan tujuan saya!

Setelah data mutasi selesai, saya diberi secarik kertas data yang dicetak berisi info nomor kartu bpjs dua anggota keluarga dalam KK dalam sistem bpjs yaitu nama saya dan ibu saya saja, dan juga nomor virtual account ibu dan milik saya.

Yang harus anda bawa saat minta mutasi data:

1. Kartu KK (wajib) karena sistem bpjs itu sistem paksa dimana dalam satu KK itu tidak bisa didaftarkan hanya 1 orang saja tapi semua anggota KK itu wajib diikutsertakan. Hal ini akan saya jelaskan di blog terpisah.

2. Bawa bukti daftar online yang anda terima di alamat email anda, bpjs hanya mengirimkan 1 email balasan saja terkait proses pendaftaran online dimana isinya nama anggota keluarga yang diikutsertakan dlm daftar online dan link aktivasi daftar online. Di dalam pesan emailnya terdapat nomor registrasi daftar online.

3. Bawa bukti virtual account yang diberikan scr online oleh sistem bpjs untuk sekedar jaga-jaga bila ditanya ketika sistem IT kantor bpjs sdg offline.

4. Anda akan dimintai nomor rekening bank untuk dimasukkan dalam sistem bpjs anda. Nomor rek bank anda akan digunakan sebagai informasi penerimaan pembayaran saja. Anda cukup hapalkan nomor rekening tabungan anda, bila tdk hapal, catat di hape atau bawa serta buku tabungannya. Buku tabungan ini tidak diwajibkan dalam permintaan mutasi data, tapi hanya diminta sekali saat daftar langsung di kantor sebagai pelengkap saja.

Nah bila ada satu atau lebih anggota keluarga anda yang seharusnya tidak ada lagi dalam KK milik anda saat ini dan anggota tsb sdh punya BPJS sendiri, ada baiknya anda minta dulu nomor bpjs semua anggota keluarga yg sdh terpisah dari KK tsb, sehingga nomor tsb bisa ikut divalidasi saat mutasi data yang anda minta. Jadi kalau petugasnya tanya apa anggota keluarga lain sdh daftar bpjs, anda bisa berikan bukti nomor bpjs mereka tsb. Beberapa petugas juga ada yang menanyakan nomor KTP atau nomor KK anggota keluarga anda yang shrsnya tdk terdaftar di KK milik anda saat ini (spt kasus saya ini).  Intinya anda datang siap perang validasi data!

Jika anda sudah bawa bukti data lengkap, semua proses mutasi data akan makan wkt 10-15mnt saja kalau petugasnya gak nyambi melayani pertanyaan tamu lainnya! Jika sudah dimutasi, anda bisa minta data terbaru/terkini status keanggotaan bpjs keluarga anda yang bisa divalidasi dari nomor KK yang digunakan, anda bisa minta petugasnya mencetak data terkini, dan semua GRATIS TANPA BIAYA! Kalau anda dimintai tarikan biaya sepeserpun dalam hal pengurusan data di kantor BPJS, bisa saya pastikan itu 100% ilegal, karena kantor bpjs tidak menerima uang/pembayaran tunai dlm bentuk apapun. Pembayaran layanan iuran hanya di bank yang bekerja sama dng bpjs dan atau merchant lainnya, bukan di kantor bpjs!!

Semoga tulisan saya ini bisa menjadi salah satu solusi untuk anda yang mengalami masalah serupa dng saya.

Salam.

Tambahan;

Jika anda mendaftar online, dan nama bank pada rekening tabungan anda tidak disediakan di formuir daftar online bpjs, maka anda cukup asal masukkan nomor angka standard ini; 123456789101112. Nantinya ketika anda mengunjungi kantor BPJS, anda akan dimintai nomor rek tabungan yang asli milik anda untuk diinput oleh petugasnya, jangan lupa anda sebutkan nama bank rekening bank anda! Kalau petugasnya sampe tidak meminta, ya anda yang kasih tau ke mereka jangan hanya diam saja!

Iklan

2 thoughts on “Solusi Data KK Bermasalah Saat Daftar BPJS Online

    1. 1. Klo menjawab dr bahasan artikel ini jwbn saya adalah saya belum membayar iuran pertama dan kartu bpjs blm dcetak dan belum disahkan.

      Krn di kantor bpjs tsb blanko pvc e-id bpjs habis.

      2. Walaupun kartu bpjs sudah dicetak, kalau kita mau ubah data semisal nih pindah kota (karena beda faskes bpjsnya juga) kita harus datang ke kantor bpjs tempat kita mendaftar awal utk minta mutasi data dulu dng menyerahkan dokumen baru sesuai domisili dmana lokasi bpjs yg baru akan digunakan krn bpjs tidak berfungsi senusantara tapi cuma berlaku lokal di tempat (kota) peserta mendaftar bpjs.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s