Kartu BPJS Hilang, Harus Bagaimana?

Saat saya kemarin datang ke kantor bpjs untuk mutasi data, ada seorang ibu muda yang baru masuk ke dalam kantor blm ada 5 menit langsung menerobos antrian tamu lainnya yang sudah berjam-jam duduk di kursi – termasuk saya. Dan makin kesalnya lagi adalah petugas di meja kerja bpjs itu, seorang staff bapak, melayaninya langsung tanpa tanya mana nomor antriannya! Ya syaiton bener yak!?

Ini bukan masalah gender, tapi soal hati nurani dan disiplin, walau penting banget tp klo sudah ke hal pelayanan nyerobot antrian kan kampretos banget ibu muda ini!

Singkat kata saya menoleh kanan kiri saya, dan tamu lainnya cuma bisa geleng” kepala. Saya pun beranikan diri maju dan berkata ke ibu muda ini “Bu, antrian nomer brp? Barusan nomor 31 bu disebelah.” Ibu muda ini menjawab pake bhs jawa “Mas, saya buru” mas kartu saya ilang diambil dompet isi ktp juga sama satpol pp mas”. Saya cuma bisa jawab “Bu, liat kebelakang tuh bu, yang laen dah pada ngantri berjam jam termasuk saya, saya ni urutan 39 sudah 1 jam lebih ngantri, ibu baru masuk 5 menit dah nyerobot antrian, pake malu donk bu!”. Ibu muda ini bukannya berdiri dari kursi dan ambil nomer antrian malah tetep aja duduk nerusin dilayani petugasnya. Kampretos bener!

Kembali ke topik awal, bagaimana jika anda bernasib spt ibu muda tadi yg nyerobot antrian, kehilangan kartu bpjs?

Saya ikut mendengarkan dari t4 duduk si petugasnya memberikan arahan:

1. Orang yang kehilangan kartu bpjs wajib meminta surat kehilangan di kepolisian.

2. Bawa surat kehilangan itu ke kantor bpjs, dan pihak bpjs akan mencetak kartu baru.

Jika BPJS tidak bisa mencetak kartu saat itu juga karena hambatan alat IT maka akan diberikan e-id yang akan dicetak di tempat untuk digunakan sementara.

Dan si ibu muda ini sukses mengatrol 15mnt wkt pelayanan yang shrsnya sudah bisa diberikan ke tamu lain yang sudah antri berjam-jam untuk nunggu dilayani.

Saya yang semalam cuma tidur 2.5jam paginya ke BPJS dibajak ibu muda dng mudahnya tanpa pake nomer antrian!

Sudah hilang urat malunya x!

Tinggalkan Balasan

