Dimana Bayar Iuran Pertama BPJS?

Jika anda baru saja mendaftar bpjs baik online ataupun datang langsung ke kantor bpjs, setelah berkas data anda diregistrasikan maka anda akan menerima virtual account.

Saya jelaskan dulu apa itu virtual account. Virtual account adalah akun tidak nyata/tidak ada fisiknya yang digunakan (umumnya) untuk pembayaran di jaringan pembayaran dimana mungkin anda tidak memiliki keabsahan kepesertaan di jaringan pembayaran tersebut.

Jadi misal, anda hanya punya rekening bank BCA, sedangkan BPJS baru bekerjasama dng 4 bank selain bca, maka bagaimana anda bisa mendapatkan nomor rekening dari 4 bank tsb? Pihak BPJS scr otomatis sudah men’daftar’kan anda ke 4 bank tsb, anda akan diberi nomor rekening virtual yang scr umum fungsinya hanya satu yaitu menerima pembayaran yang anda kirimkan ke nomor rekening tsb.

Virtual account perbankan sudah menjadi hal umum, dan ini legal. Jadi anda tidak perlu khawatir dng keabsahannya karena kerjasama dalam hal VA diatur resmi. Dan anda tidak perlu khawatir, setiap bank mengeluarkan nomor VA berbeda untuk setiap orang.

Setiap bank akan memiliki kode perbankan VA miliknya sendiri dan atau jika mrk punya kerjasama sistem tertentu mrk bisa pakai kode bank yang sama selama sistem itu dipisah dari sistem gateway internal milik mereka.

Setiap pendaftar bpjs akan diberikan VA, dan hanya berupa kode angka saja, VA itu bukan buku tabungan dan sejenisnya! VA hanyalah sebuah angka tertentu yang diberikan spesifik per tiap orang.

Jika anda memiliki akses layanan e-banking, anda bisa memasukkan nomor VA ini ke dalam sistem nomor rekening VA di sistem e-banking bank yang anda gunakan. Contoh; saya punya rek BCA dng fasilitas e-banking, di dalamnya ada menu VA, dan ini saya gunakan untuk pembayaran semisal rek.reksadana di jaringan VA bank permata. Anda bisa memasukkan VA yang anda miliki (anda bisa pilih salah satu dari 4 VA bank dari BPJS) dan bayar langsung via sistem e-banking.

Kembali ke topik awal bagaimana dan dimana bayar iuran pertama bpjs? Saya memang sengaja tekankan kata pertama karena saya melihat standing banner di kantor bpjs juga sptnya tidak spesifik/agak rancu dalam penjelasannya.

Kita dapat membayar iuran pertama bpjs dimana saja di pihak yang bekerja sama dng BPJS, tidak wajib harus di bank yang bekerja sama dng bpjs! Seperti kita ketahui beberapa minggu lalu pihak BPJS dan Indomaret sudah bekerja sama utk menerima pembayaran iuran bpjs, nah anda bisa tuh ke merchant indomaret untuk bayar iuran bpjs. Oya setau saya indomaret lagi promo bayar iuran bpjs di t4 mrk kena charge 2500 dapat teh botol gratis (gak ada maksud promo – tapi fakta, gak usah saya sebutkan lah mereknya).

Pembayaran iuran bpjs di merchant biasanya dikenakan bea admin, rata” sebesar 2500 per transaksi. Nah mungkin membingungkan, maksudnya per transaksi gmn mas? Kalau saya bawa 3 VA anggota keluarga saya yg didaftarkan di BPJS, itu berarti 1x transaksi saja atau 3x?

Maksudnya 1x transaksi adalah per individu per nomor VA. Ingat, tadi sudah saya jelaskan, setiap VA itu adalah nomor spesifik untuk tiap orang, tidak ada nomor VA yang sama dikeluarkan oleh pihak manapun (kecuali tindakan ilegal). Jadi berapapun anda bawa nomor VA untuk dibayarkan iurannya di merchant yang bekerjasama dng bpjs, hitungannya adalah jumlah VA tsb sama dengan jumlah transaksinya. Jadi kalau anda bawa 5 ya sama dengan 5x transaksi. Karena setiap transaksi itu ditujukan ke nomor yang berbeda walau dibayarkan ke bank yang sama.

Virtual Account bpjs itu adalah nomor rekening iuran anda di bpjs, dan ini yang digunakan sbg tujuan pembayaran iuran tiap individu pengguna BPJS. Sedangkan nomor kartu BPJS adalah nomor kepesertaan bpjs yang digunakan di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dng BPJS, dng nomor kartu bpjs inilah anda dapat didata dan mendapatkan layanan sesuai level keanggotaan bpjs anda.

Jika anda hendak membayar iuran VA anda di fasilitas perbankan atau di merchant manapun, anda wajib menggunakan 16 digit VA milik anda tsb dimulai dari 5 digit kode perbankannya. Anda bisa membayarkannya via jaringan atm bank tersebut yaitu; BNI, BRI, BTN, MANDIRI. Hal ini juga berlaku jika anda membayarkan VA anda dng e-banking! Anda bebas menggunakan salah satu nomor VA dari ke-4 daftar bank yang diberikan ke anda.

Keanggotaan awal bpjs anda akan dimulai sejak iuran pertama dibayarkan paling cepat 2 minggu dibayarkan SETELAH HARI DIMANA ANDA MENDAFTARKAN DIRI DI BPJS!

Setiap pembayaran iuran bpjs yang anda lakukan wajib diberikan bukti pembayaran fisik/digital. Bukti fisik adalah seperti nota pembayaran/nota slip atm, bukti digital adalah seperti informasi transfer dana via e-banking dsb. Misal anda bayar via atm/merchant pastikan sistem print out mrk tdk bermasalah, dan simpanlah bukti pembayaran itu untuk jaga”, lakukan secara disiplin membayar, simpan bukti bayar, dan disiplin periksa kesehatan sebulan sekali.

Salam.

Iklan

34 thoughts on “Dimana Bayar Iuran Pertama BPJS?

  1. Mas….mw nxa. Kmren sya dftr BPJS tuk sya dan istri,dan udah dpt VA BNI/ BRI/BTN 88888******, Bank mandiri 89888******** .nah sya bngung hrus byar iuran sya dan istri k 1 no VA / 2 no VA tu tuk sya dan istri.mhon konfrmx

    Suka

    1. Sudah djelasin di artikel dan jawaban komentar lainnya. Silahkan dibaca lg dng perlahan agar paham ya.

      Bayar iuran bpjs bisa dmana aja mas, mau di minimarket, via online jg bisa. Cukup berikan VA k kasir atau masukan nomor VA ke sistem bayar ol spt.di toko ol gtu kan ada, nanti langsung keluar datanya, anda bayarkan. Dpt bukti pembayaran, itu dbawa k kantor bpjs utama dkota domisili anda mendaftar sesuai identitas utk ditukarkan dng kartu bpjs.

      Suka

      1. saya sudah dapat VA setelah byar di indomaret, petugas indomaret memasukan VA tapi tidak bisa katanya harus bayar lewat bank atau tf via ATM yang tertera di sms, bagaimana ?

        Suka

        1. Mungkin sdg ada gangguan teknis di indomaret utk pembayaran spt itu, sudah coba di alfamart?

          Klo minimarket gk bisa anda bisa bayar via atm atau ebanking atau via toko online yg menyediakan payment channel BPJS.

          Salam.

          Suka

  2. om fery mau tanya nih… saya baru daptar ke anggotan bpjs pribadi langsung daftar ke kantor cabang, di suruh bayar tgl 14 maret 2017 tetapi nyampe tgl 21 maret 2017 uang iurannya katanya belum masuk.. padahal saya sudah bayar iuran tgl 14 di indomart.. tolong solusinya bang !!!

    Suka

    1. 1. Anda bayar iuran d minimarket atau dmanapun akan dpt bukti copy pembayaran baik di secarik kertas atau lampiran file digital (bila bayar djasa online). Bawa bukti pembayaran itu dng dokumen kepesertaan bpjs yg dbayarkan iurannya tsb ke kantor bpjs utk konfirmasi bahwa anda sdh melakukan pembayaran.

      2. Jika anda sudah dpt struk fisik bukti pembayaran dr indomaret itu tanda transaksi pembayaran telah berhasil dilakukan.

      3. Jika pihak bpjs memang telah crosscheck dan sama sekali blm menerima dana iuram bpjs yg anda bayarkan berarti ada kemungkinan kendala server antara server nomor VA BPJS anda dengan sistem jaringan pembayaran bpjs yg dgunakan pihak indomaret. Setau saya indomaret menggunakan layanan pihak ketiga utk berbagai macam jasa pembayaran dr bpjs, tiket ka dsb. Jd setelah anda datang n konfirm ke kantor bpjs tp memang sistem bpjs blm menerima dana anda maka anda bisa datangi indomaret tempat anda membayarkan iuran tsb dng bawa bukti struk pembayaran bpjs utk minta dikonfirm ulang ke pihak jasa ketiga yg dgunakan indomaret dlm menyalurkan jasa pembayaran iuram bpjs anda tsb.

      Ini indonesia dimana jaringan internet dan segala layanan di dalamnya masih amburadul tp berbagai pihak seolah gk peduli dng resikonya dan tetap menjual layanan walo tdk 100% prima jd harap maklum ya mas.

      Semoga kendala anda cepat selesai.

      Suka

  3. Maaf … Saya mau tanya . saya sdh mendaftar kan anak saya ke bpjs kesehatan . singkat cerita … Saya sdh dpt sms dr pihak bpjs . yg memberi tahu kan no rekening pembayaran pertama utk mendpt kan kartu bpjs . tapi …. Sms itu terhapus oleh saya … Kira2 ada yg tau gak ya no rekening nya utk Atm bni …. Terimakasih

    Suka

    1. 1. Jika anda daftar bpjs online anda dpt cek email saat anda selesai daftar ada link nya ketika anda klik akan keluar data di web bpjs akun virtual account dan no bpjs satu kk yg di daftarkan.

      2. Jika anda tidak daftar bpjs online, silahkan datang ke kantor bpjs bawa KK dan KTP anda utk minta data akun keluarga anda yg terdaftar bpjs. Kalau bisa anda bawa nomor bpjs anda juga untuk bahan pembantu.

      Salam.

      Suka

  4. Mas Ferry saya mau tanya, tgl 28 Nov sya daftar BPJS k kantor cabang,kta petugasnya tunggu sms virtual acount,tp sudh hampir 3 minggu sya blm terima virtual acountnya. Gmna ya mas?

    Suka

    1. 1. Sudah cek email anda? Coba cek di semua folder email anda kalau tidak ada di inbox, mungkin ada di folder Bulk/Spam atau lainnya.

      2. Jika sudah cek email masih belum ada juga, silahkan datangi kembali kantor bpjs dan membawa bukti pendaftaran online anda (saya asumsikan anda mendaftar online). Dan jika pihak kantor bpjs masih belum menyediakan data VA anda, tanyakan kendalanya dimana? Apakah perlu daftar ulang lagi? Jika sebelumnya anda daftar bpjs online dan bermasalah, coba daftar ulang dengan data yang sama melalui daftar langsung di kantor bpjs, sekaligus memverifikasi dan validasi ulang data pendaftaran sblmnya.

      Semoga segera mendapatkan solusinya ya mas.
      Salam.

      Suka

  5. Hallo mas Ferry,

    Saya beberapa waktu silam, melakukan pendaftaran bpjs online, setelah dpt kan VA saya TIDAK melakukan pembayaran iuran pertama, dan kini saya mendapati informasi dari kantor ada tunggakan pembayaran bpjs,
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah setelah aktivasi / cetak VA itu sudah terhitung menjadi kepesertaan bpjs mas.., walaupun belum bayar iuran pertama,
    2. Saya sempat mendatangi bank dan m-banking , tercatat bahwa VA saya belum terdaftar,

    Solusi terakhir, mungkin saya akan coba ke merchant (indomar** ) tuk lakukan pembayaran pertama

    mohon pendapatnya mas ferri, terima kasih

    Suka

    1. 1. Iuran BPJS anda pribadi atau pekerja? Krn bpjs kesehatan pribadi dan perusahaan beda.

      2. Klo yg dmaksud anda daftar online pribadi setelah selesai daftar anda akan terima VA ke email anda dan itu VA dlm kalimatnya di sistem bpjs dbayarkan dalam 14 hr agar kartu bpjs bisa aktif. Sayangnya memang ada kasus aneh dmana blm bayar iuran pertama tp dbulan berikut udah kena denda juga pdhl bpjs blm aktif. Jadi disini sistem denda tetap aktif sjk dapat VA itu. Jd setelah mendaftar diri dan selesai dpt VA sistem bpjs sudah menganggap peserta sudah terdaftar tp status blm aktif dan tetap wajib bayar. Tidak bayar iuran pertama sistem yg skrg langsung kena denda beda ma sistem bpjs dulu.

      3. Mungkin maksud anda VA sdh terdaftar tp sistem blm membacanya krn itu VA kadang butuh wkt setelah 14 hr pertama daftar baru aktif dan bisa dibayarkan

      4. Saran saya tunggu 14 hr +1 setelah dapat VA dan mulai bayar iuran anda. Kalau sudah lewat 14hr pertama VA anda msh blm absah dbaca dsistem bahwa anda sudah terdaftar berarti ada kesalahan sistem di bpjs anda bisa datangi kantor bpjs di lokasi anda dan bawa bukti pendaftaran yg dikirim ke email. Utk jaga jaga bawa juga KK dan KTP.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s