Apa Itu Kartu e-ID BPJS?

Untuk anda yang mendaftarkan diri di kantor bpjs, kemungkinan besar anda akan langsung mendapatkan kartu bpjs setelah anda membayarkan iuran pertama bpjs anda. Karena sistemnya begini:

Daftar -> Dapat Nomor Virtual Account -> Bayar Iuran Nomor VA Anda -> Bawa Bukti Bayar Iuran Pertama ke kantor BPJS untuk dicetakkan kartu anggota BPJS.

Nah kebetulan saya daftarnya bpjs online di http://www.bpjs-kesehatan.go.id.

Syarat daftar bpjs online:
1. Sediakan nomor KK, sediakan nomor hape tiap anggota keluarga yang akan di daftarkan, sediakan satu nomor rekening bank (anda pun bisa isi nomor rek asal jika anda tidak punya rek bank BRI,BNI,BTN,MANDIRI) dan sebuah alamat email tentunya.

Ikuti prosedurnya, kurang lebih 10 mnt daftar online selesai anda akan langsung menerima email aktivasi registrasi online yang dikirimkan ke alamat email anda, klik link aktivasi yang disertakan maka anda sudah resmi terdaftar penuh di sistem bpjs.

Ingat, terdaftar tidak sama dengan sudah resmi bisa pake layanan faskes bpjs!

Nah ketika anda sudah aktivasi registrasi online, dari link aktivasi yang sama akan muncul dua opsi yaitu:

reg_success_bpjs2
Nomor VA dan e-ID, keduanya dipersiapkan oleh sistem web bpjs dalam bentuk file .pdf dan dapat di download.

Gunakan nomor VA anda paling cepat 14 hari setelah satu hari pertama selesai registrasi. Misal anda daftar tanggal 1, anda baru bisa bayar iuran pertama paling cepat tanggal 15 sampai tanggal 30, tenggat waktu bayar iurannya 2 minggu. Lewat dari batas itu, registrasi anda dinyatakan gugur dan wajib daftar ulang dari awal.

Lalu apa itu e-ID? e-ID adalah kartu keanggotaan peserta BPJS yang diterbitkan secara virtual/digital oleh sistem web bpjs, yang diberikan kepada orang yang mendaftarkan diri secara online (scr umum begitu sistemnya).

e-ID ini tidak berbeda dng identitas pada kartu fisik keanggotaan bpjs, hanya saja e-ID ini berupa file .pdf yang dapat dicetak mandiri oleh anda yang mendaftarkan diri scr online.

e-ID ini adalah bukti keanggotaan anda di bpjs, dan e-ID ini dapat digunakan setelah anda membayar iuran pertama bpjs anda. Jadi bisa dikatakan e-ID ini hanya bisa di-klik/di download setelah 14 hari pertama anda daftar dan aktivasi registrasi online dimana diharapkan setelah hari ke-14 anda sudah bayar iuran pertama.

Jadi misal anda daftar tanggal 1, bayar iuran pertama paling cepat tgl 15, jika anda bayar iuran tgl 15 maka e-ID anda siap di-klik/di download tanggal 15 itu juga. Semua sistem ini terkoneksi otomatis. Dan anda bisa menggunakan layanan faskes bpjs setelah anda membayar iuran pertama, jadi anda bayar tanggal 15 pun hari itu juga anda sudah resmi bisa dapat pelayanan faskes bpjs.

e-ID ini berisi sama dng kartu fisik anggota bpjs yaitu: Nomor Anggota, Nama, dsb. Anda cukup download e-ID anda dari link aktivasi yang diberikan dalam email yang digunakan pada saat daftar online, dan cetak e-ID tsb dng printer berwarna.

Untuk jaga-jaga sebaiknya anda laminating hasil cetakan e-ID tsb spy tidak rusak karena lembab dan air.

Jika anda memerlukan menggunakan faskes bpjs, anda bisa bawa e-ID tsb mulai dari puskesmas, dokter rujukan hingga ke RS.

Tidak ada perbedaan fungsi Kartu Fisik dan e-ID. Bedanya adalah pada dimana anda mendaftar bpjs di awal mula, kartu fisik biasanya langsung dicetak di kantor bpjs setelah anda bayar iuran pertama, kartu e-ID dicetak sendiri dari web bpjs saat daftar online dan iuran pertama dibayarkan.

Lalu pertanyaannya, bisakah saya tukar e-ID dengan kartu fisik di kantor bpjs? Jawabannya BISA dan GRATIS!

Mungkin anda ingin kesan kartu bpjs yang lebih kuat dan eksklusif dibuat dari bahan pvc dan bukannya sekedar cetakan kertas A4 di printer berwarna dibungkus laminating?

Silahkan datang ke kantor bpjs terdekat, bawa e-ID anda dan minta dicetakkan kartu fisik anggota bpjs milik Anda. Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Sekali lagi saya ingatkan, kantor BPJS tidak memungut biaya sepeserpun untuk pelayanan apapun, fungsi utama kantor bpjs adalah: mencatat, menyimpan data, memvalidasi data, mutasi data, mencetak data dan bukan bayar membayar!

Saya sempat melihat ada mesin EDC bank BNI di kantor bpjs, tapi itu sptnya digunakan langsung terhubung ke jaringan bank untuk pembayaran iuran anggota bpjs di tempat jika sewaktu-waktu anggota tidak bisa, sempat melihat seorang tamu ibu tua menggunakannya ditempat.

Lalu mengapa harus ada e-ID? e-ID diterbitkan sebagai bukti identitas anggota bpjs yang sah untuk mendapatkan faskes bpjs, fungsinya sama dng kartu fisik, hanya saja tidak semua kantor bpjs memiliki stok kartu anggota yang siap dicetakkan di tempat. Saat saya datang tanggal 2 Des kemarin saya tanya ttg e-ID dan kartu fisik, petugasnya menjawab kebetulan bahan kartunya sedang habis stoknya jadi tidak bisa mencetakkan untuk saat itu, pakai e-ID sama saja fungsinya dng kartu fisik tidak ada perbedaan dalam hal pelayanan apapun, hanya scr fisik saja bedanya.

Oya terakhir, anda tidak akan dimintai syarat bawa kelengkapan dokumen apapun saat meminta e-ID anda diganti kartu fisik karena biasanya proses ini hanya dijalani oleh mrk yang selesai daftar online, aktivasi, dpt VA, bayar VA dan e-ID dapat di download. Tapi jika anda sudah dapat kartu fisik dan hilang, maka anda akan dimintai wajib bikin surat kehilangan di kepolisian dan disertakan di kantor bpjs untuk minta kartu baru.

Semoga info ini dpt membantu.

Salam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s