Cerdas Memilih Motor Second di OLX

Saat itu saya sedang browsing di OLX, iseng-iseng cari motor 2nd beberapa bulan lalu dan saya fokus mencari motor di wilayah jateng dan diy. Dapat sih beberapa motor yang saya minati, beberapa diantaranya dipajang tanpa diperlihatkan plat nomornya, beberapa lainnya merupakan iklan ‘dipaksakan’. Maksudnya iklan dipaksakan adalah seperti ini: Penjual memasang iklan jual motor di wilayah jateng/diy, tapi motor yang dijual bukanlah plat kendaraan wilayan tersebut, dari record pencarian motor yang saya temukan biasanya penjual ini memasang plat nomor kendaraan Jakarta! Jadi bisa anda bayangkan betapa mengesalkan tipe penjual spt itu!

Ada beberapa tipe penjual di OLX (dari pengalaman hasil cari motor), ada yang jujur jual apa adanya, ada yang pelit dihubungi via sms, ada yang hanya (nuntut sih) minta dihubungi via bbm (dipikirnya semua orang pake bbm!) dan telepon, sampe ada yang gak respon dihubungi lewat jalur apapun (yg ini sebenarnya penjual sinting!). Ada yang jual motor dengan informasi singkat dan kurang jelas, hanya mengatakan motor normal mulus blablabla, tapi gak disebutkan kondisi dokumen dan pajaknya? Nah anda akan temukan penjual seperti yang saja jelaskan terakhir itu dimana penjual menjual motornya dengan harga ‘bantingan’ murah di bawah pasar karena merupakan plat luar kota di jual di jateng dan biasanya dibelakangnya ada embel-embel tersembunyi pajak mati sekian tahun! Nah loh!?

Saya sempat menemukan beberapa penjual ‘gak fair’ seperti diatas, mereka mayoritas jual barangnya di wilayah ujung jawa tengah seperti kudus dan jepara, ada juga penjual pasang iklan di Solo tapi malah motornya aslinya keberadaan di Nganjuk jawa timur! Kembali ke topik awal, tentang bagaimana cek bahwa motor yang anda incar untuk dibeli itu adalah motor asli dan beres?

Cara yang saya lakukan adalah:

1. Memprioritaskan iklan motor yang memasang foto lengkap dengan plat nomor kendaraannya. Dengan demikian kita bisa melacak lebih singkat kejelasan status motor itu. Kita bisa melacak pajak motor dari plat nomor tersebut melalui fasilitas sms samsat online yang tersedia di beberapa wilayah indonesia (sejauh ini saya tau sms samsat online sudah disediakan di jakarta, jateng, diy, dan jatim). Kita cukup ketik plat nomor motor tsb dan kirimkan ke nomor sms server samsat daerah tujuan (sesuai dengan daerah plat nomor tsb. Biaya yang dikenakan adalah Rp.350 sekali balasan permintaan info sms.

2. Setelah melacak status pajak motor itu dan keaslian plat kendaraannya memang terdaftar di samsat, maka saya hubungi penjual (pengiklan) kendaraan tersebut. Bila dia merespon, silahkan dilanjut, bila penjualnya/pengiklannya lebih irit pulsa dan hemat waktu tidak mau merespon, lupakan saja tipe penjual spt itu! Bisa dibayangkan kan, sms saja gak merespon apalagi kalau pinjam ktp buat perpanjang pajak!?

Saya melacak beberapa motor jateng yang dijual di OLX dari plat nomornya, saya temukan beberapa penjual yang menjual dengan tipu-tipu dimana tidak menyediakan informasi asli tentang status pajak motornya di iklannya. Sebagian besar pajaknya mati 2 tahunan dan ada yang lebih parah lagi dijual dengan kondisi stnk hilang cuma ada bpkb-nya…hadeuh! Saran saya, carilah penjual yang memang mulai merawat kendaraannya, menyayangi kendaraannya dengan membayar pajak teratur bukan nunggak pajak teratur!

Ada juga (walau minim terang”an) penjual di OLX yang berasal dari pihak tenaga leasing motor yang hanya menjual motor dng bpkb saja tidak ada stnk-nya (saya pernah baca 2 iklan gnian di OLX utk wilayah jateng), kasus ini biasanya menimpa bagi pelanggan leasing yang motornya diambil/disita oleh pihak leasing melalui tenaga lapangan mereka, tapi biasanya tidak dilaporkan ke kantor dan tenaga lapangan ini maen kucing”an dng jual motor apa adanya tanpa dokumen lengkap dan ketika sudah tiba masanya pemilik asli mengambil (lunasi) motor tsb, maka keributan akan terjadi di pihak pemilik asli dengan pembeli motor tsb.

Saya beruntung mendapatkan motor 2nd dengan pajak hidup, pajak termasuk murah, dan pemiliknya ramah dan mau meminjamkan ktp selamanya saya butuhkan untuk proses administrasi motor yang saya beli tersebut. Dan menariknya lagi, motor yang saya dapatkan berharga sangat terjangkau, kondisi masih baik dan bila diberesin pun tidak habis banyak duit. Mantab abis!

So, saran saya jika cari motor 2nd di media online adalah:

1. Sabar, Sabar dan Sabar. Jangan terpikat dng bujuk rayu jual cepat ataupun harga yang bisa dinego miring.

2. Sebisa mungkin belilah motor dengan plat daerah yang sesuai daerah propinsi KTP anda. Kalau bisa dapat yang se-kota malah lebih baik!

3. Hubungi penjual, minta dia terangkan jujur apa adanya kondisi motor dan dokumen-nya lalu minta nomor plat motor tsb untuk dapat di cek secara online keabsahannya dan status pajaknya (dng ini penjual tdk lagi bisa berbohong soal pajak).

4. Tanyakan dimana keberadaan fisik motor tsb saat ini? Apakah memang berada di kota yang sesuai dengan yang diiklankan atau berada diluar kota. Sebisa mungkin motor harus ada di kota yang sesuai diiklankan, kalau ditempatkan diluar kota jelas penjual sudah berbohong sejak awal memasang iklan. Penjual spt ini biasanya sulit diminta untuk membawa motor tersebut ke kota yang disepakatai pada iklan, biasanya penjual yang minta calon pembeli datang di kota dimana motor berada. Tipe penjual yang tidak konsisten dan merepotkan!

5. Beres 1-4, tanyakan bagaimana cara transaksinya? Sebisa mungkin anda hindari untuk DP uang barang yang ditransaksikan apapun alasan yang dikeluarkan penjual dan lakukan transaksi di tempat aman sebisa mungkin tempat yang cenderung ramai, misal; di alun-alun, di depan dealer motor, di bank. Kalau anda diminta datang dulu ke tempat tinggalnya, pastikan anda tidak membawa banyak uang, cukuplah isi beberapa lembar di dompet anda untuk jaga-jaga dari tindak kriminalitas penipuan jual beli di tempat tersebut. Cek fisik motor tsb, depan belakang atas bawah, tarikan gas, fungsi kelistrikan, ban, baut-baut, dll intinya periksa dengan seksama fisik dan fungsi motor tsb! Lalu pastikan anda diberikan kesempatan melihat dokumen pembelian dan kepemilikan motor itu, dan sebisa mungkin pastikan kunci motor masih dobel (2) sesuai dari jumlah yang diberikan dari pabrikan. Jika anda menemukan sesuatu yang janggal dari dokumen legalitas motor, sebaiknya anda jangan lanjutkan transaksi.

6. Jika anda cocok dengan motor tsb, silahkan cari bank, ambil uang secukupnya utk bayar motor tsb. Pastikan anda mendapatkan bukti transaksi jual beli, bisa dari kwitansi ditandatangani penjual diatas materai 6rb atau dari kertas berupa surat jual beli (anda bisa buat sendiri) yang diisi tanda tangan diatas materai kedua belah pihak (penjual dan pembeli). Kalau bisa kosongkan tanggal bulan tahun transaksi anda hal ini dapat meringankan anda saat hendak balik nama/mutasi kendaraan. Jangan lupa minta copy ktp si pemilik kendaraan dan si penjual (jika beda orang/diwakilkan).

7. Selesai transaksi, segera bawa motor anda ke bengkel resmi motor anda untuk diperiksa dan di servis. Minta mekanik periksa dengan teliti karena itu motor 2nd yang baru dibeli dan minta kasih tau ke anda bila ada yang tidak beres dng motor tsb.

Ok, selesai sudah. Semoga anda bisa mendapatkan motor 2nd berkualitas dan beres legalitasnya melalui sarana media online.

Iklan

2 thoughts on “Cerdas Memilih Motor Second di OLX

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s