Wifi dan Bluetooth Hilang Di Windows 10

Kali ini saya akan menuliskan tentang pengalaman galau binti mengesalkan menggunakan OS Win 10 versi 2016.

Sebelum dilanjutkan, sebagian dari anda akan bertanya “Kok windows 10 2016?”. Saya akan jelaskan dulu agar tidak bingung..

Saat windows 10 mulai di launching resmi pada akhir juli 2015 windows 10 masih menggunakan pembaharuan sistem untuk tahun 2015. Anda dapat menemukan versi windows 10 di dalam System Properties windows anda. Cara yang mudah adalah dengan klik kanan pada This PC icon di dekstop anda dan pilih opsi terbawah Properties.

win10-1511-fail1
Nah awalnya windows 10 2015 memang lancar digunakan di sebagian besar perangkat komputer based di semua negara. Dalam rilis windows 10 pun produsen perangkat komputer juga ikut menyertakan driver yang sesuai untuk edisi windows 10 tersebut dan ini akan membuat hardware akan berfungsi normal di perangkat komputer yang digunakan.

Masalah mulai muncul sejak akhir oktober 2015, lebih tepatnya sih tanggal 30/10/2015 dimana sejak beberapa hari menjelang tanggal itu, windows 10 mendapatkan updates terbarunya yang bisa kita dapatkan melalui fasilitas Settings, dan updates besar ini akan membuat windows 10 2015 mengalami proses reboot dan memuat instalasi windows 10 versi terbaru yaitu updates windows 10 edisi 2016 yang mulai beroperasi penuh sejak 30/10/2015.

Di dalam pembaharuan sistem windows 10 2016 memang tampak perubahan yang terlihat jelas, khususnya ke arah tampilan windows 10 itu sendiri yang terlihat lebih elegan (menurut saya) dimana windows bar aktif untuk semua aplikasi secara default menggunakan warna dasar soft blue, pembaharuan lain juga dapat ditemukan dalam menu Settings.

Windows 10 memang os yang makin stabil dan makin berkinerja multi tasking yang menyenangkan, ini menurut saya selama pemakaian win 10 pro sejauh ini. Namun…kini win 10 2016 menjadi masalah besar bagi sebagian user windows 10 edisi 2016 di seluruh dunia.

Masalah ini saya alami sendiri di laptop saya. Satu hal yang membuat berbeda dari edisi windows 7 ke edisi berikutnya (win 8 – win 10) adalah tentang sistem updates itu sendiri. Untuk saya pribadi, windows 7 adalah os terakhir windows yang mengadopsi layout sistem non metro, sejak win 8 diperkenalkan, microsoft telah mengadopsi sistem layout yang disebut metro yang terlihat jelas di menu Start os ini. Pada windows non metro (win 7 disini maksud saya) kita masih dapat menemukan sistem updates yang tersedia dalam bentuk opsi checkbox download list, artinya kita bisa memilih mana saja list updates sistem yang kita kehendaki untuk di download saat itu sedangkan yang lain bisa di kemudian hari, dengan kata lain tidak ada force updates total sekali proses updates dimulai. Berbeda sejak microsoft mengeluarkan windows 8 hingga windows 10 kita tidak lagi bisa menemukan opsi updates list checkbox itu, sehingga user tidak diberikan pilihan untuk memilih daftar updates yang dikehendaki untuk di download sesuai periode yang diinginkan, artinya user dipaksa untuk mendownload semua updates yang ada dalam sekali proses updates. Bisa dibayangkan tidak bila ini terjadi ke user yang minim bandwidth dan susah koneksi internet?

Sekedar info saja, saat os windows 10 pro 64bit edisi 2015 saya mendapatkan notifikasi sistem updates di menu Settings, saya temukan satu updates bernama Microsoft Windows 10 blablablabla…namanya beda dng nama updates sistem yang biasa, jadilah saya klik updates dan ternyata updates ini makan waktu yang tidak sebentar, dan ketika saya cek ternyata proses download satu ini makan bandwidth sekitar 2GB-an!! Setelah download updates selesai, minta reboot, saya lakukan, dan ternyata masih harus menunggu lama sekaleee sekitar hampir 1 jam agar proses finalisasi updates tersebut selesai dikerjakan (diinstalasikan). Proses instalasinya sendiri mirip 100% dengan instalasi upgrade dari edisi non windows 10 sebelumnya yang didapatkan dengan auto upgrade, gilaaa lama sekaleee instalasi ugradenyaaaa!!

Setelah proses updates os selesai, login ke windows 10, saya menemukan perubahan tampilan, memang lebih elegan jadinya. Saya cek apa saja yang berubah di updates besar 2Gb-an ini, ternyata..hal yang mendasar adalah perubahan edisi windows 10 itu sendiri dimana os saya sebelumnya adalah windows 10 pro 64 bit 2015 berubah menjadi edisi 2016 yang sekali lagi dapat ditemukan di Properties This PC di desktop windows anda!

Lanjutlah cek updates sistem terbaru melalui Settings, sampe disini semua berjalan lancar. Ternyata edisi 2016 pun langsung ada updates tersedia, saya pun download saja. Nah tidak berapa lama selesai, saya lanjutkan ke restart, masuk windows lagi…dan saya temukan masalah besar baru setelahnya, yaitu akses WiFi dan Bluetooth di laptop saya langsung bermasalah!

win10-1511-fail2
Masalahnnya dimana? Ya, windows 10 edisi 2016 memang langsung membawa masalah besar yaitu tidak lagi dapat mendeteksi perangkat nirkabel yang ada di perangkat komputer yang digunakan (dalam situasi ini saya pake laptop). Kebetulan laptop saya ada bluetooth internal dan saya pun langsung dapat dua masalah yaitu tidak dapat di diteksinya perangkat adapter wifi dan bluetooth di laptop saya!

win10-1511-fail3

win10-1511-fail4
Saya pun sudah mencoba menginstal driver versi windows 10 keluaran terakhir dari produsen laptop ini, driver wifi masih dpt diinstal dng sukses, tapi driver bluetooth sama sekali tidak dapat diinstal karena windows mengeluarkan notice tidak ada perangkat dimaksud. Walaupun sudah instal driver wifi-nya, opsi wifi pada Notification dan Settings justru malah jadi hilang total, yang tadinya masih nongol tp tidak dpt difungsikan malah jadi hilang total setelah instal driver wifi yang sama sebelumnya! Saya berusaha kembalikan via System Restore pun tetap tidak berhasil mengembalikan wifi dan bluetooth ke kondisi sebelum updates os windows!

Nah loh…masalahnya dimana ini jadinya? Tambah ribet! Apa masalahnya memang di windows 10 2016 itu sendiri? Atau di driver perangkat yang hilang itu? Saya cek tanggal driver updates perangkat laptop saya untuk wifi dan bluetooth dikeluarkan terakhir pada bulan Agustus 2015, 2 bulan sblm windows 10 2016 resmi dirilis dalam bentuk sistem updates, dan selama itu pula semua perangkat hardware di laptop ini tidak bermasalah. Masalah mulai timbul sejak laptop ini ‘dipaksa’ pake windows 10 2016.

Saya mulai mencoba coba membereskan masalah ini, sampe saya akhirnya memformat drive C windows ini dan fresh install microsoft windows 10 2016 keluaran 30 Oktober 2015 yang saya dapatkan resmi dari situs microsoft (fresh iso). Ketika sudah terinstal, saya instal semua driver versi windows 10 laptop saya, dan cling… wifi dan bluetooth nongol kembali dan dapat berfungsi dng normal.

Apakah sudah beres sampe disitu saja masalahnya dan solusinya? Ternyata oh ternyata, masalahnya nongol lagi, setelah windows 10 2016 dapat updates dari Settings, bluetooth mendadak menghilang dan fasilitas wifi mati sendiri dan tidak lagi dapat dinyalakan dng cara apapun!

Sampe disini sbnrnya sudah hampir menyerah, sudah terlanjur doyan dng win 10 tapi malah ada aja masalah barunya di edisi win 10 2016. Dari penelusuran saya masalah wifi dan bluetooth (khusus untuk perangkat komputer yang memang sudah ada bluetooth internalnya) hilang di windows 10 edisi 2016 bukanlah masalah di os windows 10 itu sendiri.

Memang sih windows 10 berhak memberikan updates sistem, sebuah OS adalah induk dari faktor lainnya, termasuk dari driver hardware itu sendiri. Driver hardware dibuat dng menyesuaikan dng kondisi sebuah os yang ada walau tidak selalu hadir cepat menyesuaikan kondisi os terkini.

Apa yang membuat wifi dan bluetooth menghilang di windows 10 edisi 2016?

1. Driver: YA! Masalah utama adalah ketidaksesuaian driver wifi dan bluetooth (dan bisa dipastikan ke semua driver hardware nirkabel) yang tidak lagi dapat digunakan secara normal di windows 10 edisi 2016. Secara umum produsen komputer hingga saat ini masih banyak yang merilis driver hardware komputer mereka dengan menggunakan patokan windows 10 edisi 2015 (sebelum 30/10/2015).

Solusinya bagaimana untuk dapat mengaktifkan lagi perangkat hardware yang ‘menghilang’ di windows 10 edisi 2016? Masa saya format ulang drive C dan instal baru semua aplikasi dan tetek bengek laennya? Capek atuh mas!

Solusinya ada kok, ketika windows 10 edisi 2016 membuat driver hardware perangkat nirkabel bermasalah, hal ini tidak membuat kondisi hardware network LAN ikut bermasalah juga. Artinya adalah windows 10 2016 tidak menutup akses driver hardware lan di perangkat komputer itu sendiri (dengan catatan anda sudah menggunakan driver lan edisi windows 10 terakhir dari produsen komputer anda).

Jadi anda masih bisa mengakses internet dengan menggunakan:

1. Port RJ-45 atau biasa orang sebut lubang kabel lan. Memang ini bagi sebagian besar user akan merepotkan, karena tidak semua orang di jaman ini masih menggunakan kabel lan untuk koneksi internet pribadi yang sudah mulai digeser penggunaan koneksi wifi. Ini juga jadi kendala untuk akses internet di perusahaan dimana mungkin akan merepotkan pihak staff IT yang harus narik kabel lan, pasang jack dan cari lubang slot kosong di router/switch/modem untuk dapat memberikan akses internet ke user windows 10 2016 itu.

2. Gunakan port usb: Port usb disini masih dapat digunakan untuk koneksi internet dengan menggunakan modem usb. Bahkan dengan bantuan software anda pun bisa menduplikasi koneksi usb modem ke bentuk koneksi wifi untuk digunakan bersama-sama di perangkat lainnya.

Apa gak ada solusi yang lebih ok mas?

ADA! Untuk anda yang kurang menyukai dng dua opsi koneksi internet diatas, anda bisa mengaktifkan lagi adapter nirkabel bermasalah di windows 10 2016 dengan cara melakukan updates driver ke edisi terbaru yang sudah disupport di windows 10 edisi 2016.

Tapi bagaimana melakukannya jika saya tidak dapat mengaktifkan adapter wifi-nya?

Untuk sementara anda bisa ambil koneksi internet dulu dari kabel lan atau modem usb. Kemudian anda membuka web support produsen komputer anda, dan cek driver yang akan di download, pastikan driver yang dirilis merupakan driver terbaru diatas tanggal 30/10/2015 (artinya sudah mensupport windows 10 edisi 2016).

Saya sudah mampir ke web produsen komputer saya tapi mereka belum rilis driver terbaru? Gimana nih mas? Ada lagi gak solusinya?

Solusi terakhir adalah menggunakan software driver updates pihak ketiga. Software ini akan mendeteksi masalah driver hardware yang ada dan melakukan download updates driver hardware terbaru (yang sudah support edisi windows terkini) dan windows akan mendeteksi driver tersebut dan kembali mendeteksi hardware secara normal dan mengaktifkan lagi perangkat hardware nirkabel di komputer anda. Tentu anda masih harus menggunakan koneksi kabel lan atau modem usb selama proses download software dan driver download itu sampai adapter wifi komputer anda dideteksi lagi oleh windows 10 2016.

Anda bisa menggunakan software driver updates windows 10 2016 yang saya sediakan disini.

Download, install di windows 10 anda dan software ini akan auto detect driver hardware di perangkat komputer anda dan memberi bantuan updates driver terbaru.

Berikut adalah tampilan bluetooth tetap berfungsi normal di Microsoft Windows 10 Profesional edisi 2016 di laptop saya.

klik utk melihat gambar lebih besar lebih jelas

Cara ini sudah dicoba dan berhasil di laptop lenovo saya dan semoga menjadi solusi di komputer anda.

Salam.

28 thoughts on “Wifi dan Bluetooth Hilang Di Windows 10

  1. mau bagi2 info aja pengalaman ane setelah install windows 10 bluetoothnya aktif bagus, tapi setelah di upgrade malah ilang notifnya dari pengaturan, ane coba utak atik ngikutin intruksi mas ferry tapi tetap ngga berhasil, pas di coba di rollback melalui driver booster bluetooth yg udah di install eh bagus lagi ternyata…

    makasih om ferry..

    Suka

    1. Terima kasih kembali mas iqbal sudah mampir ke blog saya.

      Utk bbrp versi win 10 rollback update bisa memperbaiki masalah hardware yg brmslh di deteksi, ada yg permanen ada yg sementara kalo brmasalah dng driver atau file lain fasilitas hardware tsb bisa hilang lg.

      Ini saya pakai win 10 pro 64 bit rilis update terakhir hasilnya stabil banget.

      Salam.

      Suka

Tinggalkan Balasan

