Review Ban FDR Genzi 100/80-14 di Honda Spacy

Pertama kali si bohay dapat merasakan ban baru sejak pertama kali di tangah saya, ya walau cuma ban belakang dulu saja sih, tapi setidaknya sudah berarti daripada tidak sama sekali.

Ban bohay yang standardnya saya dapatkan dari pemilik spacy pertama adalah FDR 90/90-14, diganti dengan FDR 100/80-14 tipe Genzi. Sebelum saya putuskan (dng terpaksa) pake FDR Genzi, sudah jauh-jauh hari saya cari review ban fdr genzi ini di google.

Saya cari blogger yang bener-bener pake ini ban, bukan sekedar review dari situs berita sampe blogger fans berat merek ini.

Singkat kata, saya temukan review tentang ban fdr genzi ini termasuk normal, tidak parah amat tidak bagus amat. Ya kalau ditelisik dari performa sih ban fdr genzi ini termasuk baik tapi gak wow banget dari ulasan di internet. Dan selama tidak negatif, saya masih bisa putuskan untuk membeli produk tsb, dan ini salah satu alasan saya membeli produk ban fdr genzi di planet ban (walo juga terpaksa).oie_NofQH9o7WTxE

Mengapa sih dikatakan terpaksa beli?
1. Karena saya belinya tidak ada opsi dari merek lain di ukuran 100/80-14 dengan harga dibawah 250rb.
2. Satu-satunya tipe 100/80-14 yang ada yaitu Michelin dng tipe pilot seriesnya dan harganya jelas gak masuk di kantong saya!
3. Sempat incar corsa, tapi yang ada malah stok 90/90 dan 110/80 yang 100/80 kagak ada!

Mengapa saya tetap beli ban FDR Genzi 100/80-14 ini?

1. Supaya si spacy tidak terlalu sering cium poldur. Ban belakang ganti ukuran segitu dng pertimbangan akan ganti shockbreaker belakang dng tipe vario 125, sehingga lebih pas untuk tidak mentok cium poldur lagi walau kenyataannya pas pulang dari PB dng ganti ban belakang ukuran sgitu pun sudah mulai terbebas dari poldur yang biasa dilewati (dng single rider, klo boncengan jelas cium poldur lg!).oie_zdLhwO1Zjrb6

2. Saya pertimbangkan alurnya, ban FDR Genzi 100/80-14 yang saya beli ini adalah ban belakang matic dengan jenis ban basah, bisa dilihat dengan jelas dari alur kembangannya yang terbuka hingga keluar sisi ban-nya. Jadi kalau saya sedang berbelok dng si bohay, saya merasa lebih aman air di jalanan basah bisa dbuang hingga ke pinggiran ban-nya.

3. Kedalaman kembangannya termasuk bagus, jika dibandingkan dng FDR standard matic honda, kembangan ban fdr genzi menurut saya lebih dalam.

4. Harga termasuk wajar, yaitu 245rb, rata-rata ban tubeless ukuran sgini ya harganya sgitu pula!

5. Sudah mulai masuk musim hujan, gak ganti ban belakang bisa makin selip di tikungan saat berkendara di jalanan basah!

Menengok sebentar ban ini, ban FDR Genzi 100/80-14 48P yang saya beli termasuk ban yang ‘rame’. Maksudnya adalah, bisa ditemukan banyak sekali emboss tulisan ini itu di sekujur body-nya seperti:oie_EsIH9SoHUcMZ

1. Maksimal load 180kg.
2. Maksimal preasure 33psi (suhu dingin/cold).
2. Tulisan jenis komponnya: M/C (medium compound).
3. Ada tulisan tipe ban-nya: Genzi (walo font-nya susah dibaca).
4. Pada bagian telapak/kembangan ban ada tulisan: Virtual 3D Design Technology.

Kebetulan saya dapat ban produksi tahun 2015, anda bisa cek bulan n tahun produksi di fisik ban itu sendiri. Kode tahun produksi ban fdr genzi yang saya beli adalah 4015. Satu hal yang perlu diketahui, jika anda membeli ban, sebisa mungkin dapatkan ban yang diproduksi di tahun yang sama anda akan menggunakannya (present), karena stok produksi tahun sebelumnya cenderung akan membuat kondisi karet ban itu sendiri makin kurang elastis jika lama disimpan/tidak digunakan.oie_6rKUi5QqLUkA

Untuk saya pribadi ban fdr genzi ini motif kembangannya gak wow banget sih, biasa aja, gak bikin napsu mata, tapi.. soal kedalaman kembangannya menurut saya termasuk bagus untuk ukuran ban matic 14″.

beli ban termurah, gratis ongkir se-indonesia, diskon 10%, vocer 25rb cuma disini

Soal performa bagaimana?

Pulang dari Planet Ban, saya menempuh jarak 8km dng kondisi cuaca dingin dan jalanan aspal kering, bergelombang, tidak rata aspalnya sampe dihadang poldur. Pertama yang saya rasakan sih jelas karetnya, empuk dan terasa mencengkeram aspal dng baik. Ukuran ban yang lebih besar tidak membuat honda spacy saya kelabakan, performa masih tetap maksimal (setelah diservis, ganti oli dan ganti filter udara).

Awalnya sih saya pikir ganti ukuran 100/80 gtu akan bikin tarikan spacy jd berat, akselerasi berkurang, tapi ternyata gak tuh! Spacy saya masih tetap mantap diajak bergoyang nyalip kendaraan bisa tuh spacy saya nempel 70kpj di jalanan menanjak. Saat diajak menyalip, goyang kanan goyang kiri ban belakang tetap berasa mencengkeram aspal dng baik, saat berpindah dari jalanan rata ke jalanan kasar bergelombang ban fdr genzi masih bisa meredam perpindahan bentuk jalanan dng baik (ya maklum telapak masih baru sih).

Diajak berbelok di jalanan menurun pun ban belakang tidak selip walo aspalnya juga gak begitu halus, digas 60kpj di belokan menurun masih ok juga.

Pagi tadi jam 9an saya ajak main ke jalanan tanah yang lembab sedikit basah bergelombang, berumput dan berbatuan kecil (lebih tepatnya sih masuk area kuburan umum di kota saya), ban belakang termasuk bagus dalam melewati halang rintang ini tidak slip ban sih, daya cengkeram ke tanah yang cukup basah masih baik terbukti power mesin tidak berkurang saat digas. Ketika di rem belakang ban masih bisa menahan daya cengkeram ke tanah dengan stabil. Sempat berhenti untuk melihat ban belakang, kedalaman kembangannya memang memberi arti di kondisi jalanan spt ini.

Untuk ban tubeless seharga 245rb bisa dikatakan worth it, tapi ini belum dinilai dari daya tahan usia pakainya loh!

Tinggal dihitung masuk usia berapa kilometer-kah ban fdr genzi ini mulai berasa keras dan tidak nyaman?

Overall untuk ban FDR Genzi 100/80-14 di Honda Spacy saya beri nilai positif dengan catatan ini ditest oleh single rider dengan load 113kg (rider+barang bawaan), bukan boncengan!

nasib ban standard spacy

Belum di tes di jalanan aspal kering berpasir dan aspal basah berpasir sih (kondisi jalanan ini memang ada di indonesia). Tapi untuk anda yang mencari ban tubeless reguler merek lokal dengan harga di bawah 250rb (pulau jawa) untuk matic ring 14, ban FDR Genzi 100/80-14 bisa dipertimbangkan untuk digunakan.

Tapi ingat, ban saja tidak cukup, yang penting itu kemampuan rider-nya bukan ban-nya!

Sekarang belanja ban-nya online aja masbro disini, kalau dihitung-hitung murah juga nih, udah dapat vocer belanja ban 100rb, dberi bonus free ongkir se-indonesia pula masbro gimana saya gak senang? Lah hari gni belanja ban bisa diskon gede mana bisa nolak ya tho?

Safe Driving!

 

 

 

============ Update 21/11/2015 ============

Setelah digunakan bbrp hari ini dan sudah dicoba di cuaca hujan deras di sore hari pada hari ini 21/11, ban ini termasuk memberi performa yang baik di jalanan aspal kondisi hujan. Saat diajak menikung di jalanan yang basah ban belakang fdr genzi ini membuat saya nyaman menarik gas hingga 60kpj, untuk saya pribadi ban fdr genzi ini rasanya nyaman aja sih saat diajak berbelok dng ukuran ban 100/80-14 ini.

6 thoughts on “Review Ban FDR Genzi 100/80-14 di Honda Spacy

    1. 1. Klo yg dtanya bisa atau tidak jawab saya BISA. Ini krn setelah ganti ban blkg dng tubeless 100/80 saya ukur bagian tepi ban dng struktur frame spacy msh ada sisa sangat sedikit paling sekitar 0.5cm saja ini sangat mepet kalau dpakaikan 110/80 dpakai pengendara bertubuh gede dan berat ada kemungkinan itu uk.ban akan beradu dng sisi frame bag.body cvt dan frame bwh jok.

      2. Walau dtambah penggantian shockbreaker vario tp memang dasarnya spacy bagian kakinya pendek n ruang trbatas jd tetap beresiko dng uk.110/80.

      Saran saya 100/80 + ganti shockbreaker vario 125 dan pastikan tekanan angin tepat agar saat dpakai boncengan gk kena poldur.

      Salam.

      Suka

  1. Ban standar honda itu Federal bukan FDR.
    Itu dua merk berbeda. Kecuali jika maksud anda adalah ban standard waktu anda beli motor tersebut. Agak rancu….

    Suka

    1. Yup benar bung Wayan, terima kasih utk koreksi kerancuannya, maksud saya ban standard honda spacy yg saya beli saat itu, bukan standard honda scr umum dari pabrikan. Terima kasih sudah mengkoreksi tata bahasa artikel saya. Akan segera diperjelas lagi artikel tsb.

      Salam.

      Suka

      1. ban federal dan fdr memang beda, tetapi diproduksi oleh pabrik yg sama, PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI).
        band fdr itu ban yang dijual untuk umum.
        ban federal itu ban oem, yang dipakai oleh honda. Kenapa honda pakai ban dari PT tersebut? karena kualitas, harga, dan PT SRI juga sama-sama anak perusahaan Astra.

        Suka

Tinggalkan Balasan

