Review Oli Castrol POWER1 Scooter 4T 10W-40 API SL di Honda Spacy, Tembus 107kpj!!

Hari ini bisa dikatakan si bohay spacy saya mendapatkan perawatan lagi setelah memasuki bulan ke-4 kepemilikan di tangan saya, saya mulai bisa mencicil untuk merawat si bohay ini. Selain karena kesibukan saya dan lelah fisik bekerja, alasan pendanaan pun jadi pikiran tambahan untuk merawat si bohay. Tapi perlahan lahan mulai atur jadwal kerja supaya tidak terlalu capek (biasa kerja malam-paginya molor) dan mulai menyisihkan dana untuk si bohay, akhirnya sedikit demi sedikit bisa memberi perawatan untuk si bohay.

Setelah edisi pertama saya ganti oli mesin, oli gear sampe ganti bbm pertalite, saya mulai menambah perawatan si bohay ini dengan servis mesin hingga ganti ban.

Yang diulas kali ini adalah lebih ke performa oli mesin matic. Yup, saya balik lagi mengulas oli, yang jadi sasaran kali ini adalah Oli Castrol Scootek. Speknya:

1. Tipe: Semi Sintetic
2. Viskositas: 10W-40
3: Sertify: API SL JASO MB
4. Volume: 800ml
5. Bottle: Gold Bottle

Sebelum saya ulas performa oli ini, sebagian dari anda pembaca blog saya pasti tau sebelumnya saya terakhir menggunakan oli Total 20W-40 untuk si bohay spacy, lalu mengapa saya ganti ke oli castrol ini?

Saya putuskan ganti karena saya sudah sangat lama mencari oli castrol matic tapi gak nemu juga di bengkel di kota saya, dan tak disangka sebuah bengkel motor kecil di kota saya ternyata menjual oli castrol yang saya cari, inipun mrk jual stok coba-coba saja, karena di etalase oli mrk cuma ada sisa 4 oli castrol ini (mrk cuma stok 1 dus saja – saya gak tau isi brp gak nanya!). Dan akhirnya saya pun memborong 2 botol oli castrol ini, sebotolnya dihargai Rp.40.000,- saja.castrol_scootek

Hehehe saya ganti oli total ke oli castrol matic ini karena saya penasaran dng castrol versi matic setelah sebelumnya memberikan performa yang bagus di jupiter z1 injeksi saya (motor saya sebelumnya).

Dan akhirnya hari ini setelah dapat oli castrol matic ini saya boyong si spacy ke bengkel ahass, rencana awal sih cuma servis mesin dan ganti oli. Beeuh..gak disangka, mekaniknya bawa sesuatu ke ruang tunggu, kasih lihat ke saya filter udara si spacy yang udah tewas, tidak bisa lagi dibersihkan, dan akhirnya pun ganti filter baru. Servis mesin matic kena charge Rp.37.500 plus filter udaranya Rp.51.500, total abis Rp.89.000,- dalam waktu 30mnt di bengkel ahass. Ganti oli bawa sendiri gratis bro! Saya gak sempat fotoin oli castrolnya saat di ahass, sibuk balas email dari hp! Boleh cek ahass 02765 deh klo gak percaya matic yg ganti oli castrol tgl 19/10 2015 cuma matic spacy aye doank πŸ˜€oie_96xnKE4s1AdY

Saking semangatnya si spacy udah dpt servis mesin, ganti filter udara dan ganti oli castrol, langsung dah dicoba di jalan. Dan hasilnya bisa dikatakan wow buanget! Di jalanan sepanjang 2.5km mendatar hingga mulai menurun, si bohay spacy bisa berlari hingga 107kpj!! Dan itupun tarikan gasnya tetap ringan, getaran mesin halus, suara knalpot tidak kasar.

Satu hal yang pasti, daya akselerasi oli castrol scootek 10w-40 ini bukan sekedar isapan jempol saja! Akselerasi dari 50-100kpj di jalanan mendatar benar-benar berasa cepat dan bertenaga, tidak ada gejala loss power sama sekali. Akselerasinya jauh meninggalkan si repsol 10w-30!

Memang sih saat pake repsol filter udara masih belum diganti, tapi repsol 10w-30 saat itu bisa tembus 100kpj pun dng lancar sudah bikin saya senang. Hanya saja memang daya akselerasinya masih kalah dibandingkan castrol scootek 10w-40 ini.

Spacy 110cc dng oli castrol scootek 10w-40 saya rasakan sangat bagus digunakan di jalanan perkotaan dng kondisi menyalip kendaraan yang begitu sering, macet, stop n go akselerasinya kuat dan responsif.Β  Saat tes oli ini pun saya sempat bertemu honda vario 125cc fi 2014 dan duel di jalanan mendatar beraspal sejauh 1km, hasilnya soal akselerasi dan tenaga si vario fi harus bertekuk lutut di hadapan spacy saya ini, walau kenyataan rider vario itu pria yang lebih kecil dan lebih ringan daripada saya seharusnya bisa lebih cepat ya?

Saat digas dijalanan agak menanjak, spacy saya masih bisa nempel dng jarak tetap 2m di belakang suzuki satria di kecepatan 80kpj. Gap yang tetap sepanjang 2m sejauh 1km menanjak cukup membuat saya kagum dng spacy 2011 milik saya ini.

Ini adalah pertama kali saya bisa narik matic honda karburator berusia 4thn dng kecepatan 107kpj dng lancar jaya (faktor jalan beraspal yg panjang dan kosong salah satu faktornya)

Skor (1-5) akhir tes jalanan mendatar untuk Oli Castrol Scootek 10W-40 API SL:

1. Akselerasi 0-50kpj: 4.5
2. Akselerasi 50-100kpj: 5
2. Power: 5
3. Tarikan Gas Ringan 0-50kpj: 4.5
4. Tarikan Gas Ringan 50-100kpj: 5
5. Redam Getaran Mesin 80-100kpj: 5
6. Redam Panas Mesin: 5
7. Kehalusan Suara Mesin: 4.5
8. Kick Starter Suhu Dingin: 5

Oli castrol scootek yang saya pakai bukan yang tipe zip booster, ini satunya zip booster tech, harga beda tipis. Dan saya beruntung oli castrol scootek ini sudah API SL pula πŸ™‚

Dengan harga sebotolnya 40rb oli castrol scootek ini sanggup memberikan performa stabil yang ganas di segala cuaca panas ataupun hujan, kelebihannya ada di kemampuan akselerasinya yang kuat dan responsif yang anda bisa rasakan langsung sejak pertama kali menggunakannya di jalanan perkotaan yang padat dan anda pasti akan menyukainya saat menarik matic anda di jalanan lapang karena saya sudah merasakannya nikmatnya honda spacy 2011 milik saya tembus 107kpj dng lancar jaya dan minim getaran dng oli ini.

Motor spacy menggunakan bbm pertalite dalam uji review oli ini. Load weight 110kg, bbm terisi 3 literan.

Untuk anda yang sedang mencari oli untuk motor matic, Castrol Scootek 10W-40 API SL JASO MB seharga 40rb ini bisa jadi salah satu opsi menarik untuk mengeluarkan performa tersembunyi matic anda! Cuma satu hal aja yang perlu anda ketahui, oli matic castrol tipe yang botol gold termasuk tidak mudah ditemukan di semua bengkel umum, klo yang botol putih mah banyak bengkel umum jual!

Castrol scootek yang saya pakai adalah sodara kembarnya si castrol zip booster tech, hanya beda tipis di harga dan tipe produknya.

============ Update 21/11/2015 ============

Setelah digunakan bbrp hari ini dan sudah dicoba di cuaca hujan deras di sore hari pada hari ini 21/11, oli ini tetap mampu membuat performa spacy tetap stabil dan bertenaga, tidak ada gejala tenaga loss. Dan konsumsi bbm dng pertalite menjadi lebih irit saat menggunakan oli castrol power 1 scootek ini dibandingkan saat pakai repsol matic 10w-30 dan total oil scooter 20w-40.

6 thoughts on “Review Oli Castrol POWER1 Scooter 4T 10W-40 API SL di Honda Spacy, Tembus 107kpj!!

  1. Salam kenal mas,
    Pake castrol spacy harusnya bisa lebih dari 107 kpj loh gan..
    spacy saya pakai oli AHM mpx2 bbm premium sudah bisa tembus 110kpj!.
    Dan saya udah ganti pake castrol matic persis kaya agan pakai, benar apa yang dibilang akselerasi jadi lebih nampol..! Tapi saya belum geber diatas 100kpj

    Suka

    1. Hehehe masalahnya 2.5km saya itu tidak benar-benar kosong jalanannya πŸ˜€ mentoknya baru sampe sgitu aja, baru segitu aja loh…artinya belum maksimal saya gebernya πŸ˜€

      Klo bisa ganti pertalite aja gan, jng premium lagi, ngelitik pisan euy.

      Ok deh thanx utk sharingnya ya gan πŸ™‚

      Suka

  2. Kebetulan saya emang gak suka kenceng bawa motornya mas, paling mrntok 80 km dah cukup…. nah yg dibutuhkan hanya performanya yg stabil, dan efisiensi bahan bakar, sesuai yg disebutkan oleh mas ferry… brarti cocok deh mitorku ma oli Castrol power 1 scooter… Terimakasih infonya mas Ferry…..

    Suka

  3. Makasih ulasannya mas ferry… saya terbantu dengan adanya pengalaman mas…. jadi referensi buat saya buat memilih oli yang akan saya gunaka dimotor all new soul gt 125 saya yg baru sebulan saya beli… sekarang masih pake oli yamalub gratisan….. saya mau coba castrol power 1 scooternya…

    Suka

    1. Terima kasih juga telah mampir.
      Klo msh oli yamalube dia berat di akselerasi atas dia cenderung bermain aman di putaran bwh menengah makanya ada tagline bikin lbh irit bbm krn pd dasarnya oli yamalube memang susah diajak main ke top speed ini saya sdh membuktikan di motor bebek yamaha jupiter z1, mio, vega, vixion.

      Sekedar info saja walau sdh ganti oli yg lbh baik jika mesin matic yamaha msh standar masih sulit mencapai top speed spt matic honda krn memang daleman spek mesin mrk berbeda khususnya mengenai ukuran roller maticnya. Yg didapatkan dpenggunaan dmatic yamaha nantinya lebih ke performa yg stabil, respon yg lbh cepat, efisiensi bahan bakar dan gesekan yg minim.

      Salam.

      Suka

Tinggalkan Balasan

