Review Oli Total Matic Hi-Perf 4T Scooter 20W-40 di Honda Spacy

Kembali lagi untuk mengulas tentang oli motor. Setelah sekian lama saya belum menulis artikel seputar oli motor *yang sering jadi pertanyaan pengunjung blog saya*, kini saya akan mengulas tentang oli motor yang semoga bisa menjadi referensi untuk Anda yang membutuhkannya.

Kalau dulu saya mengulas oli motor untuk kendaraan bermesin non-matic dengan menggunakan motor jupiter z1 fi milik saya yang jadi kendaraan percobaannya, sekarang lain cerita lagi, kini saya akan mengulas tentang oli untuk motor matic dengan menggunakan motor honda spacy karburator tahun 2011 milik saya yang akan menjadi tokoh utamanya.

Seperti yang sebagian anda tahu, saya mendapatkan motor honda spacy karburator tahun 2011 ini sekitar 4 bulan lalu dengan kondisi tidak jelas perawatan mesin dan fisiknya. Hal yang saya lakukan pertama kali setelah spacy mendarat di tempat saya adalah: ganti oli dengan repsol matic 10w-30, ganti kabel spedometer, ganti bbm mjd pertamax, ganti kampas rem cakram, dan tentu saja…cuci bersih motornya!

Sebelumnya saya menggunakan oli repsol matic 10w-30 yang berjenis semi sintetik. Kali ini, dan yang pertama kali di hidup saya, saya menggunakan oli untuk motor matic dengan jenis dari bahan mineral. Untuk saya pribadi, saya tidak terlalu merisaukan soal bahan dasar pembuatan oli itu sendiri, bagi saya yang terpenting adalah formula yang digunakan hingga menghasilkan oli itu sendiri. Jika bicara soal ketahanan pemakaian usia oli: full sintetik, semi sintetik dan mineral, untuk saya pribadi itu tergantung dari pengguna motor itu sendiri dan lingkungan perjalanan yang dilalui, semakin berat kondisi perjalanan maka kondisi mesin akan bekerja lebih extra dan tentu zat oli itu sendiri akan bekerja diatas kemampuan rata-ratanya dan lebih cepat mengurangi usia pakainya. Untuk bahan dasar oli itu sendiri dari pengalaman saya jika bicara soal performa bahan dasar oli itu sendiri akan lebih berasa di jenis motor dengan mesin penggerak gir (non matic), jadi sebenarnya tidak ada masalah soal apakah motor matic boleh menggunakan oli dengan bahan dasar mineral.

total_oil_matic_5

Oli repsol itu sendiri sudah bersemanyam di mesin spacy selama 2300km-an dan saya pun agak terkejut juga saat menghitungnya. Oli repsol itu sendiri selama digunakan sudah menunjukkan performa yang baik dan karena sudah saatnya ganti oli, saya putuskan untuk menggunakan oli baru, dan oli yang saya pilih kali ini adalah Oli Total Matic Hi-Perf 4T Scooter 20W-40.

Saya mendapatkan Oli Total Matic Hi-Perf 4T Scooter 20W-40 ini dari seorang penjual di jawa timur seharga Rp.33.000,- belum termasuk ongkos kirimnya menggunakan pos indo ke alamat saya, total untuk sebuah oli plus ongkirnya saya menghabiskan dana sebesar Rp.57.000,-. Setelah menunggu 4 hari akhirnya oli sampai juga ke tangan saya.

total_oil_matic_2

Sebelum anda membaca hasil review oli ini, saya beri dulu spesifikasi oli total ini:

  • Nama Oli: Total
  • Produsen: Total Oil – Perancis
  • Jenis: Hi-Perf Matic
  • Viskositas: 20W-40
  • Volume: 0.8L / 800ml
  • Sertifikasi: SAE API SL-JASO MB
  • Bahan Dasar: Mineral

total_oil_matic_3

Apa alasan saya membeli oli total matic ini?

1. Sertifikasi: Saya cek speknya oli ini sudah mendapatkan sertifikasi hingga API SL, dimana kebanyakan oli matic lain di bengkel yang saya temukan amat sangat jarang yang sudah mendapatkan api sl, mentok itu api sj.

2. Viskositas: Saya mempertimbangkan usia mesin spacy yang sudah memasuki usia 4 tahun, saya pikir sudah saatnya memberi oli dengan viskositas yang lebih tinggi, maka dari itu saya pilih 20W-40.

3. Harga: Untuk sebuah oli matic, harga Rp.33.000,- menurut saya masuk akal apalagi spek sudah api sl, jadi disini saya membandingkan dengan oli matic lain di kisaran harga serupa, viskositas yang sama dengan spesifikasi dibawah yang bisa diberikan oleh oli total ini.

4. Seumur-umur saya belum pernah pakai oli matic dari bahan dasar mineral dan dari produsen Total Oil, jadi ini lebih ke persoalan penasaran saja!

total_oil_matic_4

Oli ini di’bungkus’ dalam botol plastik berwarna abu-abu, memiliki emblem emboss logo dan merek Total pada tutup botolnya, dan di bagian dalamnya mulut botol diproteksi dengan seal biasa saja berwarna abu-abu bertuliskan Total dengan warna merah. Warna dasar oli ini adalah gold dan terdapat ukuran volume oli di bagian sisi samping botol ini.

Dan terhitung mulai dari hari Jumat 30 Oktober 2015 spacy sudah mulai menggunakan oli total matic ini. Saya mencoba kemampuan oli ini di lingkungan dalam kota dan jalanan keluar kota dalam kondisi cuaca cerah  pagi – siang hari dan kondisi cuaca gelap suhu dingin jam 4 subuh selama periode itu.

Hasilnya adalah:

Dengan kondisi mesin yang sudah memasuki tahun ke-empat saya merasa perlu adanya percobaan dengan kekentalan oli yang berbeda, maka dari itu saya pilih spek 20W-40. Saya merasakan oli total matic yang menggunakan formula super strong film ini termasuk cocok digunakan di motor matic honda spacy karburator tahun 2011 ini. Ketika saya menggunakan motor spacy di lingkungan dalam kota yang padat dan macet karena ada pembongkaran dan pembangunan sistem drainase di kota saya, oli ini tidak termasuk rewel, masih dapat memberi performa yang baik ketika diajak menyalip kendaraan. Menyalip kendaraan di kondisi jalanan cukup menanjak oli masih dapat memberi daya akselerasi yang baik dan ketika melalui jalanan menurun motor dapat berakselerasi dengan cepat dan lancar untuk mencapai 90kpj. Dan ketika mencapai 90kpj, saya merasakan getaran mesin tidak begitu berat, suara knalpot juga tidak terlalu riuh.

Mesin dapat dihidupkan lancar sekali kick starter langsung nyala baik di kondisi suhu cuaca panas siang hari dan di kondisi suhu dingin di subuh pagi hari.

Menurut saya oli ini memberi performa yang lebih baik di kondisi lingkungan yang dingin, saya merasa ada perbedaan dalam hal akselerasi di suhu cuaca panas dan dingin. Mesin juga lebih terasa smooth di kondisi suhu cuaca dingin. Suara yang dikeluarkan dari knalpot baik di suhu cuaca panas dan dingin saya merasa suaranya lebih bertenaga dibandingkan pakai repsol 10w-30 (oli repsol mengeluarkan suara knalpot lebih lembut). Ketika mencoba di jalanan agak menurun (tanpa pake helm) dengan kondisi bukaan gas statis di 50kpj, suara mesin spacy saya pun mengalahkan iklan suara mobil panther alias sangat amat hening sekali sampai saya berpikir apakah mesinnya mati?

Selama pengujian oli total, spacy sudah resmi mengkonsumsi 100% bbm pertalite. Untuk saya pribadi, saya merasakan pertalite juga ikut berkontribusi dalam hasil performa mesin spacy dengan oli total ini, hasilnya memang mesin lebih responsif dan smooth dan bertenaga.

Nilai Akhir Oli Total Matic Hi-Perf 20W-40:

  • Akselerasi Cuaca Panas: 3.5
  • Akselerasi Cuaca Dingin: 4
  • Redam Getaran Mesin: 4
  • Redam Panas Mesin Cuaca Panas: 4
  • Redam Panas Mesin Cuaca Dingin: 4.5
  • Kehalusan Suara Mesin: 3.5
  • Kecepatan 0 – 90kpj jalanan mendatar: 3.5

Untuk oli matic dengan bahan dasar mineral seharga Rp.33.000,- yang digunakan di motor honda spacy karburator 2011 untuk saya pribadi saya merasakan oli ini sudah termasuk ber-performa baik, mungkin bisa saya katakan oli ini seimbang di semua aspeknya namun saya merasakan kekuatan utamanya ada di performa akselerasi di cuaca dingin dan kemampuan redam panas mesinnya menurut saya termasuk sangat baik sekali di matic honda ini. Saya sangat menikmati performa oli ini ketika diuji jam empat subuh saat suhu di kota saya benar-benar adem dan jalanan sangat lapang, menarik gas spacy 50 – 100kpj benar-benar terasa lebih bertenaga. Suara knalpot spacy memang menjadi tidak sehalus saat pake repsol semi sintetik 10w-30, tapi suara knalpot berubah menjadi lebih ‘berbobot’ bertenaga dan benar-benar terdengar jelas perbedaannya dan ini satu hal yang cukup bikin saya penasaran karena motor matic pun bisa memberi ‘sensasi’ yang berbeda dari suara output knalpotnya. Memang tidak bisa langsung dibandingkan dengan repsol matic 10w-30 karena beda viskositas-nya tapi setidaknya ini perbandingan atas penilaian pribadi penggunaan yang saya alami sendiri.

Entah kenapa, saya merasakan ciri khas oli dari Total baik saat masih pakai oli total semi sintetik untuk motor jupiter z1 fi saya dan oli total matic mineral di honda spacy saya ini, kekuatan utama yang menjadi ciri khas dari oli Total adalah performanya benar-benar bisa menggila di suhu cuaca dingin. Dengan sedikit keberuntungan anda bisa membuat performa oli dari Total ini mengaum di suhu cuaca dingin dan bisa membuat saya pun takjub saat dulu masih menggunakan jupiter z1 fi!

Untuk anda yang mencari opsi oli matic berkualitas untuk motor matic anda, Oli Total Matic Hi-Perf 4T Scooter 20W-40 menurut saya bisa dijadikan salah satu pilihan bijak untuk mesin motor matic anda selain harganya terjangkau, kualitasnya juga tidak dapat dianggap remeh. Satu hal yang pasti yaitu tidak mudah untuk mendapatkan oli jenis apapun dari merek Total ini, dan hal ini-lah yang harus anda sadari terlebih dulu dan sabar untuk bisa mendapatkannya.

Harapan saya untuk produsen saya sih berharap mereka bisa merilis varian 10w-30 atau 10w-40 selain varian 20w-40 ini. Karena selama oli ini digunakan di motor spacy saya, saya merasakan konsumsi bbm pertalite menjadi lebih boros baik di cuaca dingin ataupun cuaca sedang cerah panas, dng hadirnya viskositas yg lbh encer tentu akan membuat konsumsi bbm lbh irit pula.

Well, edisi berikutnya saya akan mencoba oli matic lainnya yang semoga bisa di dapatkan juga 🙂

Salam.

3 thoughts on “Review Oli Total Matic Hi-Perf 4T Scooter 20W-40 di Honda Spacy

Tinggalkan Balasan

