Perpanjang Pajak Motor di Samsat 1 Online Semarang – Cepat, Puas, Mantab!

Dari judulnya berasa spt ngiklan x ye? Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam mengurus perpanjangan pajak motor saya di samsat 1 online semarang.

Beberapa hari lalu, tanggal 15 Oktober 2015 tepatnya, saya sudah siap untuk memperpanjang pajak motor honda spacy 2011 milik saya. Saya cek di stnk ternyata ada tulisan Samsat 1. Dulu tahun 2011 memang ditulis demikian ada benarnya dan wajar karena di tahun itu proses pendataan dan pelayanan belumlah online se-area wilayah motor itu diregistrasikan sehingga pemilik kendaraan bermotor memang diarahkan ke kantor pelayanan samsat yang telah ditentukan. Namun sejak semuanya berubah menjadi serba layanan online, kini kita pemilik kendaraan semakin dimudahkan untuk memperpanjang pajak dan stnk motor kita di samsat manapun selama masih di wilayah motor itu diregistrasikan.

Umumnya kota besar setingkat ibu kota propinsi memiliki lebih dari satu samsat, hal ini memang wajar dikarenakan jumlah pertumbuhan kendaraannya memang pesat dan dibutuhkan tempat pelayanan yang lebih banyak agar dapat melayani lebih cepat dan mengurangi antrian. Untuk anda yang memiliki kendaraan bermotor yang di-registrasikan masih di wilayah yang sama, anda bisa bebas melakukan perpanjangan pajak/stnk di samsat manapun karena semua data sudah terhubung dalam server yang sama untuk diakses di semua cabang samsat.

Saya bahas sepintas, di semarang sendiri anda bisa menemukan banyak sekali cabang samsat. Dari mulai di arah bawen-semarang ketika anda hendak memasuki semarang dari terminal bawen anda akan temukan samsat online terletak di sebelah kiri jalan, kemudian sekitar 20km berikutnya anda akan temukan papan penunjuk arah di sebelah kanan jalan yang mengarahkan anda menuju samsat juga ini sudah 2 samsat. Lalu di kotanya sendiri anda akan temukan samsat di sekitar bundaran tugu muda (klo saya gk salah ingat-dekat dengan bank bri/bni gtu lah) lalu ada juga samsat di jl.majapahit/jl.brigjen.s.sudiarto alias di sekitar pedurungan ini-lah samsat 1 online semarang yang saya tuju.

SAMSAT SEMARANG 1 – JL.BRIGJEN.S.SUDIARTO

Ini adalah pertama kalinya saya memperpanjang pajak motor plat H sendiri langsung ke tkp, tkp yg saya pilih adalah samsat 1 online semarang. Saya tiba sekitar jam 8.30, begitu masuk anda akan disambut tukang parkir yang menyambut anda dengan karcis tertulis plat nomor kendaraan anda dan diminta langsung membayar 1rb saja (untuk motor) kemudian anda bisa lanjut menuju parkiran. Lokasi parkiran berada di dalam halaman samsat dan cukup luas lah menurut saya ya sekitar 9x8m. Lalu anda akan temukan dua pintu di gedung samsat yaitu pintu masuk dan pintu keluar (sudah terlihat jelas tulisannya).

Saya sempat tanya ke tukang parkirnya, dimana bagian perpanjangan pajak motor? Tukang parkirnya dng ramah memberi arahan “Mau cepat atau yang biasa pak?”… ketika tukang parkir menjawab spt itu saya sudah mikir “Wah, jangan-jangan ini maksudnya yg cepat itu pake calo x ya?”. Ternyata pemikiran saya keliru, maksud tukang parkirnya begini: Jika kita datang ke samsat online 1 itu dan anda membawa dokumen asli, maka anda bisa langsung menuju ke bagian pelayanan cepat, namun jika anda hanya membawa copy-an dokumen saja anda harus masuk ke jalur pelayanan standard. Nah pintu masuknya itu menuju langsung ke bagian pelayanan standard sedangkan bagian pelayanan cepat terletak di dalam sebelah kanan setelah anda memasuki pintu keluar itu. Ooo…begitu tho mas…hehehe…kirain pake calo, ternyata….ada dua jenis pelayanan tho dari samsat 1 online ini ๐Ÿ˜€

Satu hal yang saya sempat agak kaget dan jelas gak percaya adalah ketika tukang parkirnya menambah jawaban “Di bagian pelayanan cepat 5 menit selesai kok mas!”. Saya pikir ini tukang parkir mengada-ada, mana ada pelayanan di indonesia 5 menit selesai klo gak pake duit extra! Saya pun langsung masuk melalui pintu Keluar (sebenarnya pintu Masuk dan pintu Keluar sama-sama untuk satu gedung pelayanan saja sih, gak ada bedanya kecuali fungsinya). Begitu masuk saya tanya satpam dimana mesin tiket antrian, saya diarahkan ke mesin antrian dan saya dapat nomor 1042, saya langsung kaget begitu liat nomor antrian sudah seribu sekian itu, ternyata setelah saya awasi sistem disitu ternyata maksud nomor tiketnya spt ini: 1042, 1 adalah menggambarkan nomor loket pelayanan cepatnya, sedangkan 3 digit berikutnya 042 adalah nomor antrian kita sebenarnya, jadi nomor antrian saya adalah 42 bukan 1042 hal ini karena pada dasarnya saya lihat dari jam kerja dan proses layanan yang cepat dan saya perkirakan rata-rata bagian layanan cepat ini paling setiap hari hanya melayani dalam kisaran 3 digit saja tidak sampai 4 digit. Ini analisis biasa saja dan pasti anda akan temukan hal sama dengan saya begitu sampai disana.

Di bagian loket pelayanan cepat ini memang hanya terdapat 1 loket saja yang terdiri dari 2 orang petugas: seorang petugas pria di sebelah pojok kanan (dari posisi kita duduk di depan loket) merupakan petugas pendaftaran dan verifikasi dokumen dan seorang petugas perempuan di sebelahnya merupakan bagian kasir/pembayaran dan pengesahan dokumen cetak. Jadi ketika nomor antrian anda dipanggil, anda harus melalui dua orang petugas ini dulu, dimulai dari bagian petugas pendaftaran kemudian anda bergeser ke sisi kiri menghadap petugas perempuan, membayar biaya yang diperlukan, lalu tunggu semenit dan dokumen kendaraan bermotor anda pun telah selesai dicetak langsung disitu. Hanya diperlukan 2 proses sederhana saja dan semua ini berlangsung selama 4 menit saja. Dan ini membuat saya super kaget, ternyata yang dikatakan tukang parkirnya itu benar adanya! pelayanan di loket cepat ternyata memang super wuuuzz wuuzz wuuzz cepat sekali maksimal itu adalah 5 menit per orang! Untuk sebuah loket kecil berukuran 2x3m saja melayani per orang maksimal 5 menit adalah sebuah terobosan besar! Eits..tapi tunggu dulu, pelayanan 5 menit ini hanya untuk perpanjangan pajak 1 tahun saja, untuk perpanjangan pajak 5 tahunan waktu yang dibutuhkan seingat saya adalah 10mnt (CMIIW). Anda dapat melihat petunjuk waktu layanan yang diberikan dari papan informasi yang terpasang di dinding.

samsat1smrg
Loket cepat ini hanya khusus melayani anda yang datang dengan membawa dokumen asli berikut ini:

  • KTP ASLI
  • STNK ASLI dan SURAT PAJAK DAERAH ASLI (biasanya dsimpan jadi satu dng stnk motor anda)
  • BPKB/FAKTUR MOTOR ASLI

Jika salah satunya yang anda bawa tidak asli (copy), anda akan ditolak oleh petugas! Jadi sebelum anda malu terlebih dulu sebaiknya jangan melawan syarat ketentuan layanan yang sudah ditetapkan, karena semua demi keteraturan dan kedisiplinan bagi yang mengantri! Jika anda membawa copy dokumen salah satunya, anda akan diarahkan menuju ke bagian loket pelayanan standard.

Apa sih loket pelayanan standard samsat? Ini sebenarnya adalah loket dimana semua prosesnya sama seperti di samsat online biasa yang anda temukan di kota manapun, dimana anda datang harus fotocopy dokumen ini itu, lalu daftar ke petugas bank yang ada disitu, kemudian anda serahkan dokumen ke loket pendaftaran, lalu setelahnya anda ke loket pembayaran dan anda terakhir ke loket pengambilan dokumen baru dimana semua proses ini rata-rata makan waktu 15 menit (untuk perpanjangan pajak 1 thn-walau saya pernah alami sampe 20mnt!) ketika mengurus perpanjangan pajak mio adik saya di samsat kota adik saya!

Sayangnya…sayangnya nih…ketika saya di dalam ruangan samsat 1 itu, ternyata masih lebih banyak pemilik kendaraan bermotor duduk ngantri di bagian pelayanan standard. Entah krn mrk punya waktu lebih untuk ngantri, gak tau tentang pelayanan loket cepat, atau tidak sempat membawa dokumen asli. Rata-rata dari orang yang saya ajak ngobrol saat duduk ngantri di bagian pelayanan standard adalah mereka jauh dari rumah untuk ambil BPKB, yang mrk bawa cuma copy-an-nya saja. Jumlah tempat duduk di bagian loket cepat terbilang lebih sedikit, ya sekitar 15an kursi saja karena memang ukuran ruangan ini terbilang kecil, klo saya ukur total paling sekitar 3x6m saja. Tapi…pelayanannya itu loh, benar-benar amat sangat the flash buanget! Dan gak ada calo, gak ada tarikan aneh-aneh, semua benar-benar amat sangat mudah dan sangat cepat! Sampai terkagum-kagum saya dibuatnya! Ruangan samsat 1 yang nyaman, sejuk, bersih, satpamnya ramah dan sangat membantu, dan sangat menghemat waktu.

Baru kali ini saya di Indonesia benar-benar ngerasain pelayanan administrasi yang bukan sekedar cepat lagi, tapi super cepat ngalahin beli makan fastfood saja!! bahahaha ๐Ÿ˜€

Rencana tahun depan saya akan mutasi motor, kita lihat seberapa cepat prosesnya berjalan!

Good job samsat 1 semarang!

2 thoughts on “Perpanjang Pajak Motor di Samsat 1 Online Semarang – Cepat, Puas, Mantab!

    1. Kalau seingat saya di standing banner dlm samsat tsb adalah 30 menit pengerjaan klo pemilik bawa dokumen lengkap plus msh satu wilayah kota dng data pemilik pertama. Klo beda kabupaten satu propinsi saya gk tau gan ๐Ÿ˜Š

      Suka

Tinggalkan Balasan

