Cara Cek Pajak Motor Online di Jawa Tengah

Pernahkah anda berpikir berapa banyak uang yang akan anda keluarkan untuk membayar pajak kendaraan bermotor anda di jawa tengah? Khusus untuk anda yang memiliki kendaraan bermotor apapun dengan plat masih area jawa tengah, anda bisa mengikuti petunjuk yang saya tulis di artikel ini.

Satu hal yang anda perlu ketahui dulu, plat jawa tengah artinya adalah plat kendaraan bermotor yang diregistrasikan di samsat kota manapun dalam area wilayah jawa tengah diluar atau non wilayah daerah istimewa yogyakarta. Daerah jogja dengan jawa tengah dibagi terpisah dalam pengurusan administrasinya.

Contoh plat kendaraan wilayah jateng: AA, AD, H, contoh plat kendaraan DIY: AB. Artikel ini saya tulis dari pengalaman pribadi saya sewaktu saya memutuskan membeli motor 2nd di area jawa tengah.

Caranya mudah, hanya berbekal sms ke samsat jateng seharga Rp.550,- per satu kali permintaan informasi maka anda akan mendapatkan informasi tentang status kendaraan dari plat nomor yang anda lacak. Beginilah caranya:

Buka aplikasi sms di hape anda (hape apapun bisa), lalu ketik: JATENG (spasi) PLAT NOMOR. Contoh: JATENG H3590ACC. Kirimkan sms tersebut ke 9600. Setelah sms terkirim, anda akan mendapatkan balasan notifikasi untuk menyetujui proses permintaan data sms tersebut seharga Rp.550,-/sms, jika anda setuju lanjutkan dengan membalas pesan tersebut dengan mengetik: OK dan kirim kembali ke nomor sms tersebut dan tidak berapa lama anda akan mendapatkan sms informasi yang anda minta.

Melalui pengecekkan status kendaraan secara sms online, anda akan mendapatkan informasi tentang:

1. Status plat kendaraan: Terdaftar / Tidak Terdaftar.
2. Status pajak terakhir: Kapan pajak kendaraan terakhir dibayarkan.
3. Status info jumlah pajak: Jumlah bayar pajak tahunan kendaraan tersebut (PKB+JR=Pajak Tahunannya).
4. Status info jumlah BBN: Jumlah biaya Bea Balik Nama kendaraan tersebut.

Semua informasi tersebut tersedia dalam satu sms balasan saja. Mudah kan?

Walau sms ke 9600 hanya untuk plat motor jateng, saya pernah iseng mencoba untuk plat nomor DIY (prambanan) dan ternyata saya mendapatkan data dari balasan smsnya tentang status motor itu! Jogja sendiri menyediakan nomor terpisah dari 9600 untuk melakukan pengecekkan online, tapi selama anda bisa melakukannya via 9600, ya kenapa tidak tho? toh sama-sama kena 550 rupiah sekali sms data.

Silahkan anda coba sms samsat online tersebut, semoga membantu 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s